Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Doakanlah yang mereka yang menjawab surat-surat yang datang dari negara-negara yang tertutup, karena mereka sudah mendengar Injil lewat radio, TV, atau membaca tentang berita Injil dalam INTERNET. Lewat ini orang percaya di tempat sembunyi dilayani.

Mauritania

Mauritania (3,1 juta), Agama hampir 100% Islam. Banyak proyek dari LSM Kristen di negara ini yang memerlukan dukungan finansial. Pada waktu yang bersamaan proyek-proyek ini juga membawa kesempatan untuk bertumbuh lebih luas. Semoga Tuhan memberikan hikmat bagi para pemimpin LSM dalam membina pertumbuhan gereja yang ada secara sembunyi.

Maroko

Maroko (32 juta), Ibu kota Ara-Rabat (1,7 juta), agama Islam 99%, Kristen 0,1%. Sejak bulan Maret sudah 130 orang asing diusir dari negara ini tanpa prosedur apa pun, tidak ada diberi waktu untuk pamit dan membungkus, termasuk yang sudah bertahun-tahun bekerja dalam negara ini dan juga mereka yang membantu dan memelihara orang cacat yang sekarang ini ditinggalkan, semuanya dengan tuduhan mereka memberitakan Injil yang dilarang keras dalam negara ini, kadang-kadang tidak ada tuduhan. Setelah terjadi pengusiran atas hampir semua umat Kristen WNA, umat Kristen lokal menghadapi tekanan dari pemerintah. Mereka makin sering dipanggil polisi, diinterogasi, dan diancam. Tantangan buat orang Kristen sudah menjadi besar, kadang-kadang polisi datang dan menyita Alkitab yang ada di rumah. Berdoalah bagi keluarga-keluarga Kristen di Maroko yang mulai merasa lelah dengan situasi ini, agar mereka semua dikuatkan oleh Yesus.

Tunisia

Tunisia (10,3 juta) Ibu Kota Tunis (0,8 juta). Agama Islam 99%, sedikit Katolik, Protestan, Yahudi. Orang Kristen bisa berkumpul dan berbakti di ibu kota tanpa banyak kesulitan. Lewat Satelit TV Injil bisa diberitakan dan orang di Tunisia mendengar. Jumlah orang Kristen sembunyi meningkat.

Libia

Libia (5,7 juta), Ibukota Tripolis (1,7 juta), agama Islam. Penduduk: orang Arab 63%, orang Berber 9,4%, Touareg 1%, orang asing 25%. Berdoalah agar Tuhan melindungi umat-Nya di Libia saat mereka melakukan penginjilan. Kiranya, mereka diberi kepekaan dan hikmat, khususnya di tengah situasi yang cukup berbahaya, karena penginjilan dilarang keras oleh pemerintahan.

Mesir

Mesir (77 juta), Ibukota Kairo (18 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Bulan Maret yang lalu orang Koptik di desa Reefiya diserang oleh 300 orang Islam. Mereka dihasut di desa tetangga, agar mereka berjihad dan menyerang desa orang Koptik, 24 orang Koptik terluka, 17 rumah dijarah, 14 mobil dirusakkan dan gedung-gedung dibakar.

Jordania

Jordania (4,8 juta), Ibukota Amman (1,4 juta), agama: Islam 94%, Ortodoks 2,7%, Katolik 1,5%, Kristen 0,5%. Buat orang Kristen keturunan ada sedikit kebebasan agama, tetapi yang bertobat dari Islam menghadapi berbagai kesulitan, dari yang berwajib, keluarga, dan lingkungan mereka sendiri. Mereka kehilangan semua hak sebagai warga negara Jordania, misalnya pernikahannya dapat diceraikan, hak warisan hilang. Tidak diperbolehkan menginjili orang Islam.

Israel

Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Orang Kristen memunyai banyak kesempatan untuk bersaksi tentang Yesus dan membagikan buku-buku kepada orang Yahudi, karena sebagian besar senang bisa membicarakan agama. Meskipun mereka terbuka untuk bicara, ini tidak berarti mereka lekas bertobat. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95%, Kristen berbagai aliran 1-2%), orang Kristen tetap ditekan. Berdoalah untuk damai di seluruh negara ini. Bulan Juli orang yang tidak kenal melempar sebuah granat ke dalam satu gedung yang dimiliki satu badan Kristiani.

Suriah

Suriah (19,5 juta), Ibukota Damaskus (2,5 juta): Agama: Islam 90,3% (termasuk 7% aliran Alawi), Ortodoks 5,1%, orang Injili sedikit. Orang Kristen keturunan lebih kurang dilindungi oleh pemerintahan, tetapi kalau seorang yang beragama Islam menjadi Kristen memulai kesusahan untuk orang ini dan orang Kristen yang melindunginya. Jemaat-jemaat mengadakan kamp-kamp selama musim panas.

Irak

Irak (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Meskipun banyak ikut pemilihan umum, tetapi sampai kini belum bisa dibentuk satu pemerintahan baru. Sayang, tetap ada luar biasa banyak kekerasan. Pada tanggal 2 Mei satu mobil mendekati tiga bis dengan mahasiswa dari kota Qaraqosh yang menuju ke Universitas Mossul, mobil meledak, satu mahasiswa menjadi korban jiwa dan 120 orang luka, tiga antara mereka berat. Pemda tidak memperhatikan musibah ini. Orang Kristen di Irak merasa makin ditinggalkan oleh Pemda.

Kurdistan

Kurdistan: Orang Kurdi (4 juta) hidup di bagian Utara di Irak, agama utama: Islam dalam berbagai aliran, Kristen 200 orang. Ada orang Kurdi yang minta sebuah Alkitab. Sebagian orang Kristen Kurdi yang tidak bisa membaca dan menulis bergumul dan berusaha agar dapat membaca.

Arab Saudi

Arab Saudi (27,6 juta, termasuk 5,6 juta orang asing), Ibu kota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit orang Kristen sembunyi. Penduduk: 72,7% orang Arab Saudi, 27,3% orang asing.

Yaman

Yaman, (20 juta), Ibu kota Sana’a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, tetapi semua harus tersembunyi. Empat orang yang diculik tahun yang lalu belum ketemu.

Qatar

Qatar (0,9 juta) Ibukota Doha (0,4 juta), agama: Islam. Orang Islam tidak boleh pindah agama. Dalam negara ini hidup 70.000 orang Kristen, di antara mereka 50.000 orang Filipina, mereka biasanya orang Katolik. Orang asing yang Kristen boleh berbakti, tetapi tidak boleh pasang iklan di koran tentang kebaktian ini. Orang dari India, Pakistan, Mesir, Filipina, Eropa, Amerika, Arab berbakti di jemaat-jemaat yang diperbolehkan buat orang asing. Minta supaya mereka menjadi saksi TUHAN.

Iran

Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Baha’i 350,000, Ortodoks Armenia 0,2% (150,000), orang Kristen Injili lebih dari 250 ribu orang, jumlah ini meningkat terus. Situasi kekristenan dan golongan minoritas lainnya makin gawat setiap hari. Pergolakan terus meningkat di Iran. Di antara pemerintah dan masyarakat cekcok terus meningkat. Seorang penginjil mengatakan, "Ada gerakan yang terus berlangsung bukan untuk menghentikan kekacauan, tetapi melanjutkan agenda keagamaan mereka. Namun, di tengah keadaan yang sulit ini, gereja terus bertumbuh." Sedang diterjemahkan Alkitab ke dalam bahasa kedua nasional Iran, yaitu bahasa Azeri. Orang Kristen Injili berdoa bersama, supaya mereka diberikan petunjuk kepada siapa mereka bisa memberikan sebuah Alkitab. Tujuan mereka, setiap hari menghadiahkan satu Alkitab kepada orang luar. Kalau mereka ditangkap polisi mereka akan dikukum keras.

Turki

Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), kota besar Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran, termasuk aliran Alewi, dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan takhayul. Di Turki 26,5 juta orang memakai internet, karena itu ada kesempatan yang emas untuk memberitakan Injil lewat internet buat orang Turki. Hampir satupertiga dari orang percaya menerima Yesus sebagai Juru Selamat sesudah mereka melihat Yesus dalam mimpi atau satu penglihatan. Di Turki tidak boleh buka sekolah teologia. Di negara ini ada ratusan ribu orang dari Iran sebagai pengungsi, seribu di antara mereka sudah menjadi orang Kristen. Berdoalah, agar mereka menjadi saksi di antara orang Iran lain, karena banyak di antara mereka sangat kecewa dengan Islam. Pemerintah mencoba menjaga Internet melalui polisi, agar tidak ada bahan yang menafsirkan agama Islam secara salah. Dengan demikian kebebasan pendapat makin dibatasi.

Afghanistan

Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, semua agama lain dilarang keras. Baik pemerintahan maupun pemberontak Taliban melawan kekristenan secara keras. Pemerintah membiarkan orang Kristen asing berkumpul untuk berbakti secara diam-diam. Taliban dan panglima perang pribadi menyerang tentara pemerintah, instansi pemerintah dan juga orang sipil, setiap bulan jatuh banyak korban jiwa dari semua pihak. Meskipun ada tentara asing yang menolong pemerintah, situasi tetap sangat sulit. Satu problem lain adalah korupsi yang meningkat dalam bulan demi bulan di semua lapisan pemerintahan, masyarakat sangat kecewa.

Aljazair

Doakan Aljazair (33,7 juta), Sudan (40 juta), Lebanon, (4,5 juta), Kuwait (2,7 juta), Bahrain (1 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Oman (3 juta), agar kepada masyarakat di negara-negara ini dapat Injil diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan (1 Timotius 2:1-8).