Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Ada gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" buat suku-suku terabaikan
di Timur Tengah dan Afrika Utara, pada bulan Desember 07. Info: ethne@ethne.net - www.ethne.net.

Di Timur Tengah dan Afrika Utara hidup 280 juta orang yang berbahasa Arab, 251 juta beragama Is-lam. Yesus mendengarkan doa syafaat para setiawan. Di mana-mana ada orang yang haus akan kebenaran, dan juga yang bertobat, sekali bukan hanya seorang saja, tetapi seluruh keluarga.

Maroko
Maroko (31 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. 1000+ orang Kristen yang berkumpul 40 jemaat rumah, dipimpin oleh orang Kristen setempat. Secara resmi ada kebebasan agama, secara praktis orang Kristen ditekan dan mengalami berbagai kesusahan.

Tunisia
Tunisia (9,7 juta), Ibukota Tunis (1,9 juta), agama Islam 99%, Katolik 18 000, Kristen Injili 300 orang. Masyarakat umum lebih cenderung mencari uang daripada pusing agama, orang Kristen terisolir. Karena banyak kesusahan dan tekanan orang Kristen sering mengeluh dan patah semangat.

Libia
Libia (5,7 juta), Ibukota Tripolis (1,7 juta), agama Islam. Penduduk: orang Arab 63%, orang Berber 9,4%, Touareg 1%, orang asing 25%. Orang Libia hampir semua beragama Islam.

Mesir
Mesir (75 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Hubungan antara orang Islam dan orang Koptik sering tegang. Orang Koptik sering merasa seperti warga kelas dua. Di dalam ceramah-ceramah diungkapkan dan semua yang hadir dihasut dengan pernyataan, semua orang yang meninggalkan Islam masuk Kristen harus dihukum mati.

Sudan
Sudan (31,5 juta), Ibukota Khartoum (2,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Rekaman Injil Kenia sudah merekam sekian keterangan tentang HIV/AIDS dalam bahasa Dinka agar akan diedarkan antara masyarakat Dinka di negara Sudan, agar masyarakat terlindungi.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kris-ten 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Baru-baru ini ada kebakaran di satu gedung di Jerusalem yang dipakai oleh empat jemaat Baptist. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95+%, Kristen berbagai aliran 1-2%, 1967 masih 12%). Pada tanggal 6 Oktober pemimpin toko Lembaga Alkitab di Gaza dibunuh orang, sesudah ia mendapat berulang kali surat atau telpon ancaman, dan toko juga dua kali dibom lebih dahulu. Doakan isterinya yang sedang hamil bersama dua anak kecil. Masyarakat umum baik di Israel maupun di Palestina rindu damai.

Jordania
Jordania (4,8 juta), Ibukota Amman (1,4 juta), agama: Islam 94%, Ortodoks 2,7%, Katolik 1,5%, Kristen 0,5%. Tidak diperbolehkan menginjili orang Islam. Di negara ini banyak orang mencari kebenaran, mereka mendengar Injil lewat kesaksian Kristen, lewat radio atau TV, atau membaca literatur. Ada orang sudah mulai percaya akan Kristus, tetapi tidak berani menyatakan diri karena ketakutan ada banyak masalah, meskipun mereka mulai berdoa dalam nama Yesus.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Jangan berhenti berseru kepada Yesus: Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah mau berhenti. Sudah 2,3 juta orang mengungsi ke luar negeri, seperti Jordania, Suriah dan banyak negara lain, karena kekerasan dalam negeri. 1,9 juta orang sudah mengungsi dalam negeri ke bagian lain dengan harapan di situ lebih aman. Banyak penderitaan.

Orang Kurdi
Orang Kurdi (4 juta) di bagian Utara di Iraq agama utama: Islam, Kristen 200 orang. Daerah otonom Kurdi sampai sekarang cukup aman, tetapi juga sekali-kali sudah ada peledakan bom. Sekarang ini ada pertikaian antara orang Kurdi dengan Turki, sudah jatuh korban jiwa di dua belah pihak. Minta ada solusi dalam pertikaian, jangan pekabaran Injil di antara orang Kurdi diganggu.

Bahrain
Bahrain (1 juta), Ibukota Manama (0,2 juta), agama Islam (Syiah 65%, Sunni 35%). 62% orang Bahrain, 38% orang asing. Yang beragama Islam tidak boleh percaya akan Kristus, belum ada kebebasan memilih agama sendiri. Orang asing bebas berbakti dalam Nama Yesus, kita mengharap bahwa orang Kristen di negara ini memakai pengaruh mereka juga di negara-negara tetangga.

Kuwait
Kuwait (dari 2,7 juta orang 1,7 juta orang asing), agama Islam, Ibukota Al-Kuwait (0,2 juta), Kristen Kuwaiti hanya 200 orang. Karena penduduk cukup berada mereka tidak ada kerinduan tentang hal yang rohani, hidup bersama keluarga secara enak dan mempunyai cukup uang penting.

Oman
Oman (3 juta, 0,6 juta adalah orang asing), Ibukota Muskat (0,6 juta), Agama Islam (kebanyakan aliran Ibadi) 100%. Orang Arab di negara ini dengan bangga sebutkan diri "Omani-Omanis", karena mereka merupakan keturunan Arab sejak dahulu, lain daripada mereka yang merupakan keturunan orang Baluchi, orang Persia atau orang Zanzibari (Afrika Timur).

Yaman,
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana'a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, sebagian masih tersembunyi, jarang sekali seorang yang mempunyai pengaruh sudah menjadi Kristen atau percaya akan Kristus. Orang Kristen ditekan oleh keluarga mereka. Di bagian Utara ada pertikaian antara pemberontak dan pemerintahan, sudah jatuh 4000 korban jiwa; pendukuk biasa menderita, karena keamanan untuk mereka sangat terganggu. Di antara suku Mahra belum ada yang percaya kepada Kristus. Suku Hadrami tinggal di gurun pasir Hadramaut, di antara wanita banyak tidak bisa membaca, apa lagi menulis, berdoalah agar orang Kristen mendapat izin untuk pindah ke daerah, di mana suku Mahra dan Hadrami.

Arab Saudi
Arab Saudi (27,6 juta, termasuk 5,6 juta orang asing), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit Kristen secara diam-diam. Satu juta orang Pilipina bekerja di negara ini, sebagian besar orang Filipina adalah orang Katolik. Pada tanggal 6 November 2007 Raja Abdullah mengunjungi Paus Benedict XVI di Roma, antara lain Paus minta, bahwa orang Filipina dapat izin untuk menjalankan kebaktian misa. Sebagian penduduk negara ini adalah Bedouin, tetapi masa kini sebagian besar dari mereka tidak lagi bisa menggembalakan ternak mereka, malah mereka harus pindah ke kota untuk mencari pekerjaan di situ. Kalau ada waktu luang mereka kembali ke tempat asalnya untuk menik-mati hidup di tenda tradisional, meskipun hanya untuk singkat waktu saja. Doakan mereka, agar mereka akan mengenal Juruselamat mereka. Jangan berhenti berseru kepada Yesus, bahwa pen-duduk mendapat hak memilih agama sendiri. Sampai kini hanya ada satu agama saja yang diperbo-lehkan, siapa yang pindah diancam hukuman mati.

Iran
Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 100 ribu orang, jumlah ini meningkat terus, karena orang kecewa dengan agama mereka sendiri. Ada satu TV Kristen yang menyiarkan program selama 24 jam sehari. Mereka mendapat banyak permintaan untuk Alkitab, tetapi permintaan ini sulit dipenuhi, karena ada kekurangan Alkitab dalam bahasa Farsi (bahasa utama di Iran). Sering yang berwajib menghancurkan kitab Alkitab.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan tahyul. Negara ini merupakan negara yang tidak dijangkaui oleh Injil yang terbesar. Peraturan tentang kebebasan agama sering kurang jelas, karena itu yang berwewang sering menafsirkan peraturan sedemikian rupa bahwa hak orang Kristen dirugikan. Orang Kristen Injili jumlah bertambah sedikit menjadi 3500 orang. Hanya ada di 15 propinsi dari 80 propinsi ada satu gereja, yang biasanya masih kecil. Orang Kristen Turki dan para Hamba TUHAN seterusnya memerlukan dukungan doa syafaat dari umat Kristen sedunia. Ancaman terhadap orang Kristen dan pemberitaan fitnah dan cerita dusta tentang gereja meningkat lagi. Di negara ini juga hidup orang Adygeis dan orang Kabardini, mereka mempunyai yayasan kebu-dayaan untuk memelihara bahasa dan budaya mereka dari tempat asal di daerah Kaukasus. Lewat kunjungan mereka bisa mendengar Injil dalam bahasa mereka sendiri, berdoalah mereka, agar mereka mau terima Yesus sebagai Juruselamat. Berdoalah bahwa pertikaian antara orang Turki dengan orang Kurdi akan diselesaikan dengan baik dan tidak seterusnya jatuh banyak korban jiwa.

Doakan Mauritania (2,6 juta), Maroko (27,6 juta), Aljazair (33,7 juta), Lebanon (4,5 juta), Suriah (19,5 juta), Qatar (0,7 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Iran (69 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan. 1 Timotius 2:1-8.