Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Ada berita sukacita, doa kita dikabulkan, di mana-mana di negara-negara Arab ada orang yang terima Yesus, ada yang berpendidikan dan yang tidak berpendidikan, ada yang kaya dan yang miskin, muda dan tua, laki-laki dan perempuan! Doakanlah para petobat baru, agar mereka bertumbuh.

Maroko
Maroko (27,6 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. 900+ orang Kristen. Hanya 5% dari penduduk negara ini mengenal orang Kristen secara pribadi. Orang Kristen memerlukan kekuatan/ketabahan, agar mereka bisa bertahan dalam penganiayaan sekarang ini dan dalam kesusahan yang akan datang, dan perlindungan, kekuatan dan wibawa dari Roh Kudus untuk tugas mereka sebagai Kristen dan pemberita Injil di negara sendiri. Doakanlah!

Aljazair
Aljazair (33,7 juta), Ibukota Algiers (3 juta), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 30 000 orang, bahasa-bahasa resmi Arab dan Tamazight (orang Berber). Kegiatan Kristen sangat dibatasi dengan ancaman denda dan penjara yang tinggi. Mereka memerlukan ketabahan. Kita berdoa untuk masyarakat umum, meskipun ada banyak kesulitan, bahwa mereka tidak mundur dari mencari kebenaran dalam Kristus Yesus.

Mesir
Mesir (75 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Hubungan antara orang Islam dan orang Koptik sering tegang. Pada tanggal 11 Mei 2007 satu kelompok orang Islam yang dihasut dalam khotbah di mesjid keluar dengan senjata seadanya membakar 36 rumah dan 7 toko milik orang Koptik, 10 orang terluka di satu desa, polisi hanya pasif saja.

Sudan
Sudan (31,5 juta), Ibukota Khartoum (2,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Di propinsi Darfur, di Sudan Barat (6 juta pendukuk), sayang sekali, pembunuhan dan kekerasan maju terhadap suku Fur, 200 000+ orang mati, dua setengah juta diusir dari desa-desa mereka oleh gerombolan Arab dan terpaksa hidup di kamp-kamp pengungsi dan menderita di situ. Meskipun ada berbagai pembicaraan dengan PBB dan antara berbagai negara, belum ada satu perbaikan! Doakanlah! Orang Lopit merupakan satu suku yang kecil dan hidup tersendiri, orang biasanya tidak mengenal mereka, tetapi Allah mempeduli mereka. Belum lama 100 kambing dicuri, hamba TUHAN berdoa, bahwa melalui kecurian ini tidak terjadi perang antara desa-desa.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95+%, Kristen berbagai aliran 1-2%, 1967 masih 12%). Selama pertikaian antarkelompok di Gaza, beberapa orang Kristen terlukai, kantor gereja dibongkar, pesawat TV dan loudspeaker dicuri. Orang Kristen dinilai sebagai pengkhianat, meskipun orang Kristen tinggal di daerah ini turun-menurun selama 2000 tahun. Karena berbagai ancaman orang Kristen menjadi takut, tetapi mereka tetap meneruskan dengan berbakti kepada Yesus. Ada beberapa penginjil yang tetap memberitakan Injil kepada masyarakat yang sering menderita, karena pertengkaran di daerah mereka. Juga literatur Kristen diedarkan. Mereka juga bisa mendengar radio Kristen. Sekarang ini Jalur Gaza dikuasai oleh Hamas yang fanitik, Palestina dikuasai satu kelompok yang siap untuk bicara. Meskipun ada berbagai kekerasan dan ancaman ada orang Islam menjadi percaya akan Kristus. Berdoa, agar orang Kristen, milik mereka, dan gedung gereja dilindungi. Masyarakat umum di Israel dan Palestina rindu damai.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Jangan berhenti berseru kepada Yesus: Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah mau berhenti. Minta agar kekuatan yang mau menghancurkan negara ini diberhentikan! Orang Katolik dan Ortodoks makin lari ke luar negeri. Sebenarnya lebih banyak misionaris diperlukan, karena masyarakat sudah putus asa dengan keadaan dalam negara ini, mereka memerlukan satu harapan yang baru. Orang Katolik dan Ortodoks sering diancam, 'kalau tidak mau pindah agama mereka akan dibunuh.' Sudah ada yang menjadi korban peledakan bom atau penculikan.

Orang Kurdi
Orang Kurdi (4 juta) di bagian Utara di Iraq agama utama: Islam, Kristen 200 orang. Daerah otonom Kurdi sampai sekarang cukup aman, tetapi juga sekali-kali sudah ada bom. Akhir-akhir ini orang Kristen diancam. Mereka memerlukan perlindungan dan ketabahan. Program Kristen yang disiarkan lewat radio dan telepon didengar oleh orang Kurdi! Sedang dikerjakan revisi PB dalam bahasa Sorani dan penerjemahan PL, karena kurang pekerja kemajuan pelan-pelan saja. Orang Kurdi di Turki memakai bahasa Kurmanji, Injil juga diberitakan lewat radio dan juga lewat INTERNET. Perlu tenaga tambahan yang bisa menyiapkan bahan ini yang akan disiarkan.

Arab Saudi
Arab Saudi (22 juta), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit Kristen secara diam-diam. Penduduk: 72,7% orang Saudi, 27,3% orang asing. Berdoalah, bahwa pemerintah berhenti mengongkosi penyebaran Islam radikal di seluruh dunia dan mengerti bahwa orang lain juga mempunyai hak untuk menganut satu kepercayaan. Dengan cara "hati-hati" Injil diberitakan dalam negara ini. Orang Saudi mencari berita Injil lewat Internet atau pergi ke luar negeri dan membeli Alkitab di situ.

Qatar
Qatar (0,7 juta) Ibukota Doha (0,3 juta), agama: Islam. Orang Islam tidak boleh pindah agama. Kebaktian Kristen diperbolehkan untuk para pendatang. Karena banyak orang kaya raya dalam negara ini kehidupan mereka tidak sesuai etika lagi, maka banyak orang beragama kecewa. Berdoa, agar timbul kerinduan rohani antara masyarakat yang akan mau mencari hidup yang benar. Sebagian besar dari penduduk belum pernah mendengar Injil sekali saja.

Oman
Oman (3 juta, 0,6 juta adalah orang asing), Ibukota Muskat (0,6 juta), Agama Islam (kebanyakan aliran Ibadi) 100%. Sultan mempunyai kuasa mutlak, tetapi ada kebebasan bicara. Sedikit orang Kristen dalam negara ini. Penginjilan dilarang keras, Kristen boleh berbakti di tempat tertutup.

Yaman,
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana'a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen. Di dalam pertikaian antara pemberontak dan pemerintahan sudah jatuh 4000 korban jiwa.

Iran
Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 100 ribu orang, jumlah ini meningkat terus, karena orang kecewa dengan agama mereka sendiri. Di antara orang Iran di perantauan jumlah orang Kristen lebih tinggi lagi. Di banyak negara sudah ada jemaat Kristen dari orang berasal dari Iran. Berdoalah, agar Allah membuka jalur buat orang Kristen dari luar bisa masuk sebagai penolong dalam masalah social, sebagai pebisnis, atau dengan cara lain.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan tahyul. Orang Kristen Injili jumlah bertambah sedikit menjadi 3500 orang. Para pemimpin Kristen tetap terima surat-surat ancaman, makin lama di antara Kristen ada yang bertambah takut untuk masa depan mereka dalam negara sendiri. Di dalam surat kabar diceritakan, siapa yang masuk Kristen merupakan pengkhianat. Tolong doakan orang Kristen Turki dan juga para Hamba TUHAN agar mereka tetap tabah.

Afghanistan
Afghanistan (26 juta), agama Islam secara radikal, tidak ada satu agama lain yang diperbolehkan. Sama sekali tidak ada kebebasan agama. Berdoalah bahwa pemerintah mau mengakui keberadaan agama Kristen. Suku-suku yang masih terabaikan: Pashtun 42%, Tajiki 27%, Hazara 9%, Uzbeki 9%, Almak 4%, Turkmen 3%, Baluchi 2%, yang lain (50+) 4%. Suku Brahui Kur Galli adalah nomad yang membawa ternak mereka ke tempat, di mana ada rumput dan air. Ada kaset Injil dalam bahasa mereka, semoga mereka mendengarkan dan terima berita Injil. Satu masalah besar di dalam negara ini: 90% dari obat bius heroin yang diproduksi di dunia secara ilegal berasal dari negara ini. Tahun 2006 diperkirakan penuaian 6100 ton, 50% lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Ladang yang dipakai sudah menjadi 165.000 hektar untuk menghasilkan bahan sumber heroin. Rupanya pemerintahan tidak bisa mengkontrol hal ini. Uang yang berasal dari perjualan obat bius dipakai gerombolan untuk memerangi pemerintahan. Banyak korban jiwa jatuh. Tetap terus-menerus ada kekerasan, tembak-menembak, pemboman, pemerintahan kuatir, bahwa jumlah kejadian kekerasan malah akan meningkat lagi. Jangan berhenti berseru untuk damai dalam negara ini.

Doakan Mauritania (2,6 juta), Tunisia (9,7 juta), Libia (5,7 juta), Lebanon (4,5 juta), Jordania (4,8 juta), Suriah (19,5 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Kuwait (2,7 juta), Bahrain (1 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran. 1 Timotius 2:1-8.