Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Mauritania

Mauritania (2,6 juta), Penduduk: Suku Maur Hitam dan Putih 65%, orang Afrika Hitam 30%, Berber 5%. Semua suku dalam negara ini masih terabaikan. Baru-baru ini ada pemungutan suara tentang undang-undang dasar baru, antara lain seorang presiden hanya bisa menjawab dua kali lima tahun, dan ada sedikit kebebasan pendapat. 97% dari pemilih setujui perbaruan ini. Diharapkan bahwa tahun depan pemerintah militer bisa diganti dengan pemerintah demokratik. Jumlah orang Kristen kira-kira 100 orang, mereka harus berbakti secara tersembunyi, jangan ketahuan polisi.


Maroko
Maroko (27,6 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. 900+ orang Kristen. Kami memuliakan Yesus, karena sekarang ini Kerajaan Allah bisa bertumbuh dalam negara ini.

Aljazair
Aljazair (33,7 juta), Ibukota Algiers (3 juta), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 30 000 orang, bahasa-bahasa resmi Arab dan Tamazight (orang Berber). Khusus di Perancis sudah Ratusan orang berasal dari negara ini menjadi Kristen. Di Perancis sudah tinggal jutaan orang berasal dari Afrika Utara. 50 jemaat Injili di Aljazair makin bertambah, khusus di antara orang Berber di pegunungan. Jangan berhenti mendoakan tantangan ini: Ada satu peraturan presiden, tidak boleh membicarakan Injil kepada orang non-Kristen, tidak boleh menerbitkan bahan yang bisa dipakai untuk mengganggu iman non-Kristen, juga tidak boleh menyimpan Alkitab, traktat, dan buku Kristen di rumah untuk akan dibagikan. Mempunyai dua Alkitab atau dua buku dengan judul yang sama, ini berarti pemilik mau membagikannya. Siapa yang melanggar peraturan presiden ini diancam 2-5 tahun penjara dan denda US$ 7000-14 000,-.

Mesir
Mesir (71 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Orang buta tidak bisa memakai komputer, karena itu satu badan P.I. menyiapkan satu program (software), di mana yang dilihat dalam layar dirubah menjadi perkataan yang bisa didengar oleh orang buta. Dengan program ini orang buta juga bisa memakai komputer tanpa pertolongan.

Sudan
Sudan (31,5 juta), Ibukota Khartoum (2,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Di bagian Selatan tetap damai, tetapi sampai kini banyak penderitaan dalam masyarakat, karena lewat perang kepanjangan banyak fasilitas umum dan ladang pertanian hancur, karena itu ada kekurangan makanan. Di Sudan ada sejumlah orang Kristen yang dewasa rohani. Di propinsi Darfur, di Sudan Barat, sayang, pembunuhan dan kekerasan maju terhadap suku Fur. Meskipun ada beberapa pembicaraan, tetapi damai belum kelihatan. Dari orang Fur, yang beragama Islam, 200 000+ orang mati, dua setengah juta diusir dari desa-desa mereka oleh gerombolan Arab dan terpaksa hidup di kamp pengungsi. Banyak penderitaan, karena kekurangan fasilitas dan makanan apa pun.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 92%, Kristen berbagai aliran 7%): Masyarakat umum di Israel dan Palestina rindu damai, tetapi tetap ada kekerasan.

Suriah
Suriah (18 juta), agama: Islam 87,5% (termasuk 7% aliran Alawi, presiden dan para pemimpin lain hampir semua berasal dari aliran ini), Druze 3%, Katolik 3,9%, Ortodoks 4,9%, Kristen 0,2%. Ibukota Damaskus (2,5 juta). Ekonomi bertumbuh dengan baik. Orang Kristen dari semua aliran bebas berbakti di gedung gereja mereka sendiri dan di antara mereka sendiri, tetapi mereka tidak boleh menginjili orang lain. Kalau ada acara khusus, mereka harus minta izin dari pemerintahan.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah mau berhenti. Akhir-akhirnya pastor-pastor dari gereja Ortodoks dan Katolik diserang dan dibunuh. Juga anggota gereja dibunuh. Meskipun kekerasan ini, jumlah Kristen meningkat terus, 2003 hanya enam jemaat Injili di seluruh negara, sekarang ini di mana-mana ada jemaat, di kota Baghdad ada 25 jemaat. Berseru kepada TUHAN dan minta damai! Sudah satu juta orang mengungsi ke Jordania, karena tidak bisa bertahan terhadap kekerasan dalam negara ini. Injil diberitakan di antara mereka, di Ibukota Amman sudah dibentuk tujuh jemaat warga Iraq, hampir semua anggota baru bertobat di tempat pengungsian.

Kuwait
Kuwait (dari 2,7 juta orang 1,7 juta orang asing), agama Islam, Ibukota Al-Kuwait (0,2 juta), Kristen Kuwaiti 200 orang. Orang Katolik, Koptik, Anglikan, dan Kristen Injili asing masing-masing dibolehkan mempunyai gedung gereja. Di gedung Kristen Injili berbakti 54 jemaat dalam 27 bahasa.

Arab Saudi
Arab Saudi (22 juta), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit Kristen. Penduduk: 72,7% orang Saudi, 27,3% orang asing. Di negara ini dilarang berbakti dalam nama Kristus, meskipun hanya untuk pribadi saja. Pemerintahan sudah menjanji kepada pemerintah Amerika bahwa akan ada kebebasan agama, tetapi sampai sekarang ini sama sekali tidak kelihatan bahwa janji ini diimplikasikan. Sebenarnya diakui secara umum bahwa orang Kristen asing berbakti di rumah mereka, dan biasanya dibiarkan, tetapi polisi agama yang super aktif selama tahun 2005 menahan 70 orang Kristen asing, karena mereka berbakti di rumah sendiri.

Oman
Oman (3 juta, 0,6 juta adalah orang asing), Ibukota Muskat (0,6 juta), Agama Islam (aliran Ibadi) 100%. Tidak banyak orang Kristen di antara orang Oman, di antara orang asing jumlah Kristen lebih tinggi. Ada pelayanan di antara orang Kristen. Kota Salalah, letaknya 1000 km dari Ibukota, merupakan pusat satu-satunya di mana ada hujan cukup dan bisa menaman tumbuh-tumbuhan lebih luas.

Bahrain (1 juta), Ibukota Manama (0,2 juta), agama Islam (Syiah 65%, Sunni 35%). Doakanlah!

Yaman
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen. Orang Kristen asli harus berbakti secara sembunyi, kalau ketahuan oleh berwajib, mereka susah dan dipukuli, mungkin dipenjarakan, malah bisa dibunuh. Dalam bulan-bulan ini di mana-mana ada orang Yaman bertobat kepada Yesus, ini merupakan satu perkembangan yang baru. Puji TUHAN, Yesus sudah mendengar doa syafaat kita. Pelayanan tindak lanjut sulit diadakan.

Iran
Iran (68,2 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 99%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 30 ribu orang. Penganiayaan orang Kristen sudah meningkat betul. Mereka dipukuli, diancam, ditahan. Seorang Kristen diserang orang di tempat umum, sesudah itu polisi menuduhnya ia menyerang orang lain. Banyak penderitaan. Orang Kristen yang dipenjarakan memerlukan ketabahan.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), 79 propinsi, suku bangsa: Turki 78%, Kurdi 18%, Arab 1,8%, dan sekian suku lain. Agama: Islam 99,8%, banyak kepercayaan okultisme dan tahyul. Orang Kristen Injili jumlah bertambah sedikit menjadi 3 500 orang yang berbakti di dalam 96 jemaat , kadang-kadang jemaat itu hanya satu kelompok kecil. Pelayanan lewat literatur efektif, di negara ini ada satu penerbit Kristen. Di bagian Timur tinggal suku Zaza (2 juta), mereka mempunyai bahasa dan kebudayaan sendiri, mereka sebagian Islam Alawi, sebagian Islam Sunni. Hanya antara orang Zaza yang merantau sudah ada sedikit orang Kristen.

Afghanistan
Afghanistan (26 juta), agama: Islam secara radikal. Suku-suku: Pashtun 42%, Tajiki 27%, Hazara 9%, Uzbeki 9%, Almak 4%, Turkmen 3%, Baluchi 2%, yang lain 4%. Secara resmi hanya agama Islam diperbolehkan. Dua bahasa utama Pasthtu dan Dari, di samping ini ada banyak bahasa lain. Jangan berhenti berdoa untuk negara ini. Keamanan tetap terganggu. Banyak korban jiwa. Negara ini perlu damai yang luas. Doa kita sudah dikabulkan, jumlah orang percaya sudah meningkat betul, hanya semua orang Kristen harus berbakti secara sembunyi, karena orang Kristen tetap diancam. Mungkin ada 400 orang yang menyaksikan Injil kepada masyarakat umum, tetapi selalu sedemikian rupa bahwa tidak diketahui oleh orang lain. Sekarang ini sudah ada sejumlah tempat, di mana orang Kristen (3 000 orang? Ada yang memperkirakan jumlah malah lebih tinggi lagi) berbakti secara diam-diam, karena bahaya betul, kalau ketahuan oleh para pemimpin agama dan yang berwajib.

Tunisia
Doakan Tunisia (9,7 juta), Libia (5,7 juta), Lebanon, (4,5 juta), Jordania (4,8 juta), Qatar (0,7 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas dan bisa mengerti, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan hidup baru. 1 Timotius 2:1-8.