Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Gerakan doa syafaat khusus dari Gerakan Ethnê ke Ethnê buat suku-suku terabaikan di Ti­mur Tengah dan Afrika Utara selama bulan November ini. Info: ethne@ethne.net - www.ethne.net.

Mauritania
Mauritania (2,6 juta), Penduduk: Suku Maur Hitam dan Putih 65%, orang Afrika Hitam 30%, Berber 5%. Semua suku masih terabaikan. 200 hari setahun ada badai pasir, gurun pasir maju, karena itu, ba­nyak orang tidak bisa beternak lagi dan mengungsi ke kota, di situ mereka hidup dalam ke­kurang­an. Sepertiga anak-anak kurang gizi. Ada LSM Kristen dari luar negeri yang menolong mereka. Jumlah orang Kristen kira-kira 100 orang, mereka berbakti secara tersembunyi, jangan ketahuan polisi.

Maroko
Maroko (27,6 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. 900+ orang Kristen. Kami memuliakan Yesus, karena sekarang ini Kerajaan Allah bisa bertumbuh dalam negara ini. Gerakan Arise Shine Morocco mengundang para pelayan lintas budaya, badan pengutus dan wakil-wakil dari gereja-gereja mengikuti pertemuan Maroko 06 di Amerika bulan November. Para pelayan la­pangan akan men­ceritakan tentang pengalaman mereka, di dalam kelompok-kelompok kecil akan dibicarakan per­masalahan di lapangan. Tujunan: mempersatukan pelayanan, membagikan informasi dan menguatkan para peserta untuk pelayanan yang lebih efektif.

Aljazair
Aljazair (33,7 juta), Ibukota Algiers (3 juta), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 30 000 orang, bahasa-bahasa resmi Arab dan Tamazight (orang Berber). 50 jemaat Injili makin bertambah, khusus di antara orang Berber di pegunungan. Ja­ngan berhenti mendoakan tantangan ini: Ada satu peraturan presiden, tidak boleh membicarakan Injil kepada orang non-Kristen, tidak boleh menerbitkan bahan yang bisa dipakai untuk mengganggu iman non-Kristen, juga tidak boleh menyimpan Alkitab, traktat, dan buku Kristen di rumah untuk akan dibagikan. Kebaktian Kristen harus dilaporkan. Siapa yang melanggar peraturan presiden ini diancam 2-5 tahun penjara dan denda US$ 7000-14000,-. Orang Kristen dan para penginjil memerlukan tambahan hikmat dan perlindungan di tengah tantangan ini.

Mesir
Mesir (71 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Di dalam negara ini ada satu gerakan doa syafaat buat penginjilan sedunia yang makin lama makin meluas.

Sudan
Sudan (31,5 juta), Ibukota Khartoum (2,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Di propinsi Darfur, di Sudan Barat, sayang, pembunuhan dan kekerasan maju terhadap suku Fur. Meski­pun ada beberapa pembicaraan, tetapi damai belum kelihatan. Dari orang Fur, yang beragama Islam, selama perang saudara dengan gerombolan Arab 400 000+ orang mati, dua setengah juta diusir dari desa-desa mereka oleh ge­rombolan Arab dan terpaksa hidup di kamp-kamp peng­ungsi. Banyak penderitaan, karena kekurangan fasilitas dan makanan apa pun. Orang Kristen dalam ne­gara ini juga menderita berbagai kesusahan, sering mereka dianaktirikan dan dirugikan.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 92%, Kristen ber­bagai aliran 7%): Masyarakat umum di Israel dan Palestina rindu damai. Sesudah perang di Le­ba­non kami mengharapkan akan diciptakan satu suasana damai. Berseru kepada Yesus untuk mereka.

Lebanon
Lebanon, (4,5 juta), Ibukota Beirut (2,1 juta), agama: Islam 60% (Syiah 35%, Sunni 25%), Katolik 22%, Ortodoks 9%, Druze 7%, Kristen 0,6%. Negara ini sangat menderita oleh perang dengan Israel. Doakan khusus aliran fanatik yang dengan provokasi mereka memulai dengan pertikaian ini.

Suriah
Suriah (18 juta), agama: Islam 90,5% (termasuk 7% aliran Alawi, presiden dan para pemimpin lain hampir semua berasal dari aliran ini), Druze 3%, Katolik 2,9%, Ortodoks 4,9%, Kristen 0,2%. Ibukota Damaskus (2,5 juta). Aliran Alawi (l.k. 1,5 juta) dianggap dari orang Islam lain sebagai bidat.

Arab Saudi
Arab Saudi (22 juta), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit Kristen. Penduduk: 72,7% orang Saudi, 27,3% orang asing. Di negara ini dilarang berbakti dalam nama Kristus atau mem­baca dalam Alkitab, meskipun hanya untuk pribadi saja. Sebenarnya diakui secara umum bah­wa orang Kristen asing berbakti di rumah mereka, dan biasanya dibiarkan, tetapi polisi agama yang super aktif selama tahun 2005 menahan 70 orang Kristen asing, karena mereka berbakti di rumah sendiri.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Sayang, sampai kini tidak berhenti kekerasan berdarah. Jangan berhenti berdoa untuk negara dan masyarakat yang menderita luar biasa, karena peledakan bom dan tembak-menembak, sudah jatuh puluhan ribu korban. Seolah-olah tidak ada harapan. Minta damai!

Orang Kurdi (4 juta) tinggal di bagian Utara di Iraq. Daerah otonom Kurdi cukup aman. Program radio Kristen dalam bahasa Sorani tiga kali seminggu disiarkan. Berdoalah, agar banyak orang mau mendengarkan program ini dan lewat ini akan mengenal Yesus Kristus sebagai Juruselamat.

Oman (3 juta), Ibukota Muskat (0,6 juta), Agama Islam 100%, Sultan mempunyai kuasa mutlak, tidak ada parpol, tetapi ada kebebasan bicara. Minta, bahwa orang Kristen dalam negara ini hidup dalam kesucian, agar mereka menjadi satu kesaksian buat masyarakat secara umum.

Yaman
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen. Gedung gereja hanya berada di sekitar kota Aden, hanya orang asing boleh memakai untuk kebaktian. Orang Kristen asli harus berbakti secara sembunyi, kalau ketahuan oleh berwajib, mereka su­sah dan dipukuli, mungkin dipenjarakan, malah bisa dibunuh. Doakan pelayanan medis Kristen dalam negara ini. Diperlukan tenaga utusan dengan ke­­ahlian medis dan berbeban memberitakan Injil. Di negara ini sering ada kekerasan dan penculikan orang, para pelayan TUHAN juga diancam, perlu perlindungan. Diizinkan mengimpor Alkitab buat orang Kris­ten dari luar negeri.

Iran
Iran (68,2 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 99%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 30 ribu orang. Penganiayaan orang Kristen sudah meningkat betul. Banyak pen­derita­an. Orang Kristen yang dipenjarakan memerlukan ketabahan. Rupanya pemerintah mau memberantas semua kegiatan Kristen dalam negara ini. Berdoalah bahwa gereja tetap men­ja­di satu kesaksian tentang Kasih dan Terang terhadap mereka yang menganiaya umat Yesus. Jemaat-jemaat di antara orang Iran di luar negeri bertumbuh betul. Mungkin satu juta orang Iran sudah pindah ke luar negeri.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), 79 propinsi, suku bangsa: Turki 78%, Kurdi 18%, Arab 1,8%, dan sekian suku lain. Agama: Islam 99,8%, banyak kepercayaan okultisme. Orang Kristen Injili jumlah bertambah sedikit menjadi 3 500 orang yang berbakti di dalam 96 je­maat , kadang-kadang jemaat itu hanya satu kelompok kecil orang. Akhir-akhirnya serangan dan peledakan bom meningkat lagi, diduga oleh pihak teroris Kurdi, puluhan orang menjadi korban. Ber­doalah, agar gedung gereja dan milik orang Kristen tidak dirusak oleh orang fanatik. Di Izmir ada satu jalan, di mana ada banyak toko kecil (kiosk) yang menjual buku-buku bekas. Di situ juga ada satu kiosk buku Kristen, ini kesempatan baik, bahwa PB, Alkitab dan buku-buku Kristen bisa dijual kepada masyarakat yang ramai mengunjungi tempat ini, khusus anak muda dan mahasiswa.

Afghanistan
Afghanistan (26 juta), agama: Islam secara radikal. Suku-suku: Pashtun 42%, Tajiki 27%, Hazara 9%, Uzbeki 9%, Almak 4%, Turkmen 3%, Baluchi 2%, yang lain 4%. Secara resmi hanya agama Islam diperbolehkan. Dua bahasa utama Pasthtu dan Da­ri, di samping ini ada banyak bahasa lain. Jangan ber­henti berdoa untuk negara ini. Keamanan terus-menerus terganggu. Banyak korban jiwa. Negara ini perlu damai yang luas. Se­karang ini sudah ada sejumlah tempat, di mana orang Kristen (3 000 orang?) berbakti secara diam-diam, karena bahaya betul, kalau ketahuan oleh para pemimpin agama dan yang berwajib. Satu bahaya untuk masa depan: Pemerintah memikirkan mendirikan polisi aga­ma lagi. Satu masalah besar di dalam negara ini: Lebih dari duapertiga dari obat bius heroin yang diproduksi di dunia secara ilegal berasal dari negara ini. Tahun 2006 diperkirakan penuaian 6100 ton, 50% lebih tinggi daripada tahun yang lalu. Rupanya pemerintahan tidak bisa mengkontrol hal ini. Di negara ini sering sekolah umum putri dibakar orang, malah ada bahwa ibu guru dibunuh.

Doakan Tunisia (9,7 juta), Libia (5,7 juta), Jordania (4,8 juta), Kuwait (2,7 juta), Bahrain (1 juta), Qatar (0,7 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat ke­sempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan ke­be­nar­an dan hidup baru. 1 Timotius 2:1-8.