Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Jangan berhenti mendoakan rencana raksasa badan Injili Gospel Recordings International: sam­pai tahun 2020 mereka mau merekam 4400 bahasa baru, agar menjadi 10 000 bahasa dan dialek, di mana ada rekaman cerita Injil. Info: http://globalrecordings.net/topic/10k.

Di INTERNET ada banyak home-page yang memberitakan kabar baik seperti bahasa Arab, Indo­nesia, Inggris: www.soon.org.uk, di URL ini juga ada bahasa lain. Di seluruh dunia ada 1,1 milyard orang yang memakai e-mail. Juga di Timur Tengah dan Afrika Utara ada makin banyak orang me­makai INTERNET untuk mendapat informasi terkini, karena di negara sendiri, sering informasi di­sensor. Lewat ini juga makin banyak orang membaca Firman TUHAN dan buku-buku Kristen on-line. Kalau buku di rumah sendiri bisa susah dengan keluarga sendiri, tetapi kalau dibaca lewat INTERNET tidak ada yang bisa memeriksa. Ini merupakan satu pintu terbuka. Di Indonesia 1,5 juta langganan INTERNET, lewat warnet ada 16 juta orang berhubungan dengan INTERNET.

Maroko
Maroko (27,6 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. 900+ orang Kristen. Kami memuliakan Yesus, karena sekarang ini Kerajaan Allah bisa bertumbuh dalam negara ini.

Tunisia
Tunisia (9,7 juta), Ibukota Tunis (1,9 juta), agama Islam 99%, Katolik 18 000, Kristen Injili 300 orang. Karena banyak kesusahan dan tekanan orang Kristen sering mengeluh dan patah semangat, doakan mereka, agar mereka diisi dengan sukacita dalam Kristus.

Aljazair
Aljazair (33,7 juta), Ibukota Algiers (3 juta), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 30 000 orang, bahasa-bahasa resmi Arab dan Tamazight (orang Berber). 50 jemaat Injili makin bertambah, khusus di antara orang Berber di pegunungan. Se­karang ini ada satu peraturan baru, tidak boleh membicarakan Injil kepada orang non-Kristen, juga tidak boleh menyimpan Alkitab, traktat, dan buku Kristen di rumah untuk akan dibagikan. Siapa yang melanggar peraturan presiden ini diancam 2-5 tahun penjara dan denda US$ 7000-14000,-. Orang Kristen dan para penginjil memerlukan tambahan hikmat dan perlindungan.

Libia
Libia (5,6 juta), Ibukota Tripolis (1,7 juta), agama Islam. Penduduk: orang Arab 63%, orang Berber 9,4%, Touareg 1%, orang asing 25%. Doa pergumulan kita sudah dikabulkan: sekarang ini sudah ada 30 orang Libia yang percaya akan Kristus, yang harus berbakti secara sembunyi. Mereka dimuridkan secara pribadi di tempat sembunyi. Orang Kristen asing memerlukan tempat berbakti yang lebih luas, karena jumlah orang mau ikut berbakti bertambah terus. Orang asing boleh berbakti terbuka.

Mesir
Mesir (71 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Masalah besar di Mesir adalah ketakutan secara umum: orang Kristen, karena mereka kuatir pemerintah akan menekan orang Kristen lagi lebih berat, orang Islam yang haus akan hubungan hidup dengan Allah, tetapi tidak berani me­nyatakannya, petobat baru yang harus merahasiakan kepercayaan baru.

Sudan
Sudan (31,5 juta), Ibukota Khartoum (2,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Puji TUHAN, doa kita dikabul­kan: Di propinsi Darfur, di Sudan Barat, pemerintah de­ngan pemberontak sudah berdamai. Tetapi ada berita bahwa masih ada permasalahan dan keamanan belum dijamin seluruhnya. Dari orang Fur, yang beragama Islam, selama perang saudara 300 000+ orang mati, tiga juta diusir oleh ge­rombolan Arab dan hidup di kamp-kamp pengungsi.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, 92% Islam, 7% Kristen berbagai aliran): Masyarakat umum di Israel dan Palestina rindu damai. Tetapi terus-me­ne­rus ada pertikaian, peledakan bom, dan tembak-menembak, mintalah TUHAN damai untuk mereka.

Arab Saudi
Arab Saudi (22 juta), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit Kristen. Penduduk: 72,7% orang Saudi, 27,3% orang asing. Sama sekali tidak ada kebebasan agama, hanya satu agama diper­bolehkan, yaitu Islam aliran Wahhabi. Di perpustakaan-perpustakaan umum tidak ada satu buku pun tentang agama lain daripada Islam. Di sekolah-sekolah juga tidak ada pengajaran umum tentang keberadaan agama-agama lain selain Islam. Pindah agama diancam hukuman mati.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Di salah satu jemaat di Baghdad berbakti 900 orang. Jemaat in berkembang dan ma­kin banyak orang setempat mengikuti kebaktian, karena mencari hiburan di tengah bom mobil dan tembak-me­nembak. Pendeta dicari oleh musuh Injil. Banyak masalah keamanan menjadi dorong­an untuk men­cari TUHAN. Jangan berhenti berdoa untuk negara dan masyarakat yang menderita luar biasa karena peledakan bom dan tembak-menembak, sudah jatuh puluhan ribu korban. Minta damai! Orang Kurdi (4 juta) tinggal di bagian Utara di Iraq. PB dalam bahasa setempat (Sorani) sudah selesai. Sekarang ini dimulai lagi program radio tiga kali seminggu dalam bahasa ini. Dipakai nats dari PB dan cerita-cerita dari PL. Berdoa, agar banyak orang mau mendengarkan program ini.

Kuwait
Kuwait (2,7 juta, 1 juta orang Kuwait, 1,7 juta orang asing), agama Islam, Ibukota Al-Kuwait (0,2 juta), Kristen Kuwaiti 200 orang. Orang Kristen asing mempunyai cukup banyak jemaat yang di­boleh­kan. Mereka memerlukan gembala-gembala dalam bahasa-bahasa mereka, te­tapi jarang sekali se­orang pendeta mendapat visa untuk melayani. Pada akhir Juni sudah diadakan pemilihan umum, un­tuk pertama kali wanita juga boleh memilih. Islam fanatik dapat 21 kursi, parpol pemerintah ha­nya 13 kursi, sisa yang lain-lain, seluruhnya 50 kursi, tidak ada seorang calon wanita yang terpilih.

Qatar
Qatar (0,7 juta), Ibukota Doha (0,3 juta), Emir sudah memberikan tanah di pinggiran ibukota, agar bisa didirikan sebuah gedung gereja. Kita bersyukur pembangunan maju!

Yaman
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen. Mereka hanya bisa berbakti secara sembunyi, kalau ketahuan oleh berwajib, mereka susah dan dipukuli, mungkin dipenjarakan. 80% dari laki-laki dan 60% dari wanita mengunyah daun qat , obat bius diambil dari satu tumbuh-tumbahan yang tumbuh dalam negara itu, 40% dari ladang di­pakai untuk menanam qat , para pekerja sering hanya bekerja empat jam untuk mempunyai lebih ba­nyak waktu untuk menikmati qat . qat ini salah satu alasan kemiskinan dalam negara ini.

Iran
Iran (68,2 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 99%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 30 ribu orang. Penganiayaan orang Kristen sudah meningkat betul. Banyak pen­derita­an. Orang Kristen yang dipenjarakan memerlukan ketabahan. Berdoalah bahwa gereja TUHAN men­ja­di satu kesaksian tentang Kasih dan Terang terhadap mereka yang menganiaya umat Yesus. Salah satu pendeta dari suku Turkmen dibunuh orang karena Kristus. Masyarakat heran, bahwa ada satu orang rela mati demi kepercayaan akan Kristus. Sekarang mereka ingin tahu tentang percaya akan Yesus.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), 79 propinsi, agama: Islam 99,8%, banyak kepercayaan okultisme. Orang Kristen Injili jumlah bertambah sedikit menjadi 3 500 orang yang berbakti di dalam 96 jemaat . Tekanan terhadap orang Kristen meningkat: seorang pastor katolik dibunuh, dua keluarga Kristen disiarkan di TV sebagai ancaman keamanan negara, seorang Kristen setempat dipukuli. Satu masalah lain: di antara orang Kristen sering ada perselisihan, jemaat yang kecil lagi dibagi. Orang Kristen dari luar yang berpengalaman sering didatangi atau ditelpon oleh orang yang memerlukan nasihat dalam kehidupannya, seperti merawat anak kecil, pendidikan anak, masalah keluarga, kesusahan dengan tetangga, persoalan di tempat pekerjaan.

Afghanistan
Afghanistan (26 juta), agama: Islam secara radikal. Suku-suku: Pashtun 42%, Tajiki 27%, Hazara 9%, Uzbeki 9%, Almak 4%, Turkmen 3%, Baluchi 2%, yang lain 4%. Secara resmi hanya agama Islam diperbolehkan. Dua bahasa utama Pasthtu dan Da­ri, di samping ini ada banyak bahasa lain. Jangan berhenti berdoa untuk negara ini. Keamanan sering terganggu. Sekarang ini sudah ada sejumlah tempat, di mana orang Kristen (3 000 orang?) berbakti secara diam-diam, karena bahaya betul.

Mauritania
Doakan Mauritania (2,6 juta), Lebanon, (4,5 juta), Jordania (4,8 juta), Suriah (18 juta), Bahrain (1 juta, Oman (3 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat ke­sempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan ke­be­nar­an dan hidup baru. 1 Timotius 2:1-8.