Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Mauritania

Mauritania (2,6 juta), Penduduk: Suku Maur Hitam dan Putih 65%, orang Afrika Hitam 30%, Berber 5%. Agama hampir 100% Islam. Gurun pasir luas. Meskipun orang Mauritania sudah sejak 1000 tahun yang menganut agama Islam kepercayaan penyembahan roh tetap merajalela, mereka takut terhadap roh. Kalau ada penyakit mereka yakin dengan dukun dan mereka mengikuti okultisme

Maroko

Maroko (31 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. Meskipun dalam UUD ada jaminan kebebasan beragama, tetapi secara praktis tidak ada kebebasan, misalnya anak-anak Kristen harus belajar agama Islam di sekolah, kalau tidak mau mereka tidak lulus sekolah. Ada beberapa gedung gereja yang diakui pemerintah, tetapi gereja-gereja ini hanya untuk orang luar negeri yang hidup di Maroko. Di Universitas ada cukup banyak mahasiswa orang Afrika Barat, mereka biasanya orang Kristen dan mereka giat mengikuti kebaktian gereja. Orang Maroko yang pergi ke Spanyol mendapat Injil di situs atau video dengan berita Injil. Ada televisi Satelit Kristen.

Tunisia

Tunisia (10,3 juta), Ibukota Tunis (1,9 juta), agama Islam 99%, Katolik 18 000, Kristen Injili 300 orang. Pemerintah mengkontrol Radio, TV, semua koran dan INTERNET provider, dengan demikian tidak ada kebebasan untuk mengudarakan sesuatu yang tidak cocok dengan pemerintahan. Ada tekanan, orang Kristen sering dipanggil polisi, perlu ketabahan. Doakanlah para pelayan dari luar negeri yang dengan hati-hati memberitakan Injil kepada masyarakat umum.

Libia

Libia (5,7 juta), Ibukota Tripolis (1,7 juta), agama Islam. Penduduk: orang Arab 63%, orang Berber 9,4%, Touareg 1%, orang asing 25%. Puji TUHAN, sekarang ini ada sedikit orang Kristen yang berasal dari Libia, Bapa kita sudah mengabulkan doa kita. Belum ada Alkitab dalam bahasa Arab dialek Libia, perlu siapa yang bisa menerjemahkannya. Pekabaran secara terbuka dilarang keras. Di mana-mana ada jaringan polisi intel yang mengawasi seluruh negara, agar Injil tidak bisa maju.

Mesir

Mesir (75 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Aliran fanatik meningkat kegiatannya, dan sering orang Kristen menjadi sasaran mereka. Orang Kristen, apa lagi orang Injili, memerlukan perlindungan terhadap serangan dari pihak ekstrim.

Sudan

Sudan (38,5 juta), Ibukota Khartoum (4,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Daerah Dafur - Sudan Barat - sudah menderita karena perang antara pemberontak dan gerombolan Arab, lebih dari 300,000 orang sudah menjadi korban dan paling sedikit dua setengah juta orang sudah mengungsi di negara sendiri atau ke luar negeri, termasuk Chad. Belum ada tanda bahwa dua belah pihak mau mencari damai. Tentara damai dari luar negeri juga tidak bisa membuat apa-apa. Doakanlah suku-suku di rumpun Nuba Mountains, dan suku-suku Lahawin Arabs, Shaikia.

Israel

Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Negara Israel sudah merayakan 60 tahun sebagai negara. Baru-baru ini sebuah bom (kelihatan seperti bungkusan hadiah) diletakkan di muka rumah salah pemimpin jemaat, waktu anak mengambil bungkusan ini, bom meledak, anak ini luka berat, rumah hancur. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95+%, Kristen berbagai aliran 1-2%), 1000 orang berasal dari agama Islam. Injil diberitakan dengan literatur dan secara pribadi di Jalur Gaza dan Palestina. Pelayanan terhambat, karena di jalan sering ada pos pemeriksaan polisi dengan menunggu lama. Bagian Barat dikuasai oleh Fatah, Jalur Gaza dikuasai oleh Hamas. Masyarakat umum rindu damai, tetapi ada orang lain yang tidak ingin damai, lalu roket diterbangkan lagi.

Suriah

Suriah, Badan P.I. "The Gideons" yang menempatkan Firman TUHAN di hotel-hotel, di penjara-penjara, sekolah-sekolah dan tempat lain sudah membuka cabang di negara ini.

Iraq

Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Jangan berhenti berseru kepada Yesus: Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah mau berhenti, malah meningkat lagi bulan Maret 1080 korban jiwa, 920 di antara mereka orang sipil; 50% lebih tinggi daripada bulan sebelumnya.

Orang Kurdi

Orang Kurdi (4 juta) hidup di bagian Utara di Iraq, agama utama: Islam dalam berbagai aliran, Kristen 200 orang. Injil tetap diberitakan dengan cara hati-hati. Daerah otonom Kurdi sampai sekarang cukup aman, tetapi juga sekali-kali sudah ada peledakan bom. Kami bersyukur bahwa pertengkaran berdarah antara orang Kurdi dan negara Turki sudah berhenti. Orang Kristen sempat membagikan cukup banyak PB di salah satu kota. Ada laki-laki yang mencari kebenaran membacanya, bertobat dan menceritakan pengalaman mereka kepada yang lain, satu jemaat baru sudah lahir. Di salah satu pameran buku 25.000 bagian Alkitab dan video Film Yesus dibagikan kepada para pengunjung, satu perpustakaan mobil umum minta empat jilid dari semua judul yang ada untuk perpustakaan mereka yang khusus diperuntukkan untuk wanita. Minta bahwa benih ini bertumbuh. Sangat diperlukan penerjemah yang terampil untuk mengalihkan bahasa baik untuk bagian Alkitab yang belum diterjemahkan dan juga untuk buku-buku Kristen. Mereka juga harus mengasingkan waktu untuk tugas ini, sering dalam tugas itu ada berbagai gangguan.

Yaman

Yaman, (20 juta), Ibukota Sana'a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, sebagian masih tersembunyi. Orang setempat terima Yesus dan menjadi saksi Bapak kita, tetapi para pelayan ditantang dengan serangan pikiran depresif dan penyakit. Mereka memerlukan dukungan doa, agar terlindung terhadap serangan ini.

Arab Saudi

Arab Saudi (27,6 juta, termasuk 5,6 juta orang asing), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit orang Kristen secara diam-diam. Selama musim panas orang Arab Saudi senang pergi luar negeri untuk berlibur, ada yang ke Australia, ada ke Jerman, ada ke tempat lain. Berdoalah, bahwa mereka dalam perjalanan bertemu dengan orang Kristen yang menyaksikan Injil kepada mereka, atau mereka mendapat Alkitab dan literatur Kristen yang mengantar mereka akan Kristus.

Iran

Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 100 ribu orang, jumlah ini meningkat terus, karena masyarakat umum kecewa dengan agama mereka sendiri. Penduduk negara melihat, bahwa keberadaan negara mereka makin merosot, mereka menyalahkan para pemimpin agama yang berkuasa. Karena itu para pemimpin dianggap gagal dalam urusan, penduduk meninggalkan agama mereka, mesjid di Iran makin kosong. Karena kecewa dengan agama sendiri makin banyak orang Iran terbuka terhadap Injil. Tetapi yang berwajib mencoba dengan kekerasan menghambat perkembangan Injil dalam negeri. Kalau di luar negeri sudah diperkirakan, bahwa satu juta orang Iran sudah menjadi orang Kristen di berbagai negara.

Turki

Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan tahyul. Di surat-surat kabar dan TV minggu demi minggu disiarkan berita bohong, bahwa orang Kristen terlibat dalam cuci uang, simpan senjata api, mengatur pelacuran, dan terlibat dalam membajak pesawat udara, dan berita lain yang serupa bisa dibaca hampir setiap hari, di samping ini sering diberitakan, bahwa Alkitab sudah dipalsukan. Lewat banyak berita ini, masyarakat umum untuk pertama kali mengetahui ada satu Alkitab. Dalam pameran buku umum stan penerbit Kristen dibanjiri orang (lebih daripada yang lain) yang mau membeli "buku yang dipalsukan" supaya dapat dibaca. Pengunjung juga bertanya, kapan Alkitab dipalsukan, mengapa nama nabi dihapus. Kesempatan yang emas untuk bicara dengan banyak orang yang siap mendengarkan. Bulan September ada pameran buku terbesar di Istanbul, doakanlah persiapannya. Orang Kristen memerlukan ketabahan terus-menerus mendengar tuduhan-tuduhan yang disebutkan di atas, malah dua orang diseret ke pengadilan dengan tuduhan yang tidak-tidak. Kawanan pembunuh orang Kristen sedang di pengadilan, rupanya masih lama sampai ada vonis, karena masing-masing mengakui bahwa dia tidak membununh, juga tidak ada rencana untuk membunuh orang Kristen ini. Pisau hanya dibawa untuk perlindungan sendiri.

Aljazair

Doakan Aljazair (33,7 juta), Lebanon, (4,5 juta), Suriah (19,5 juta), Jordania (4,8 juta), Kuwait (2,7 juta), Qatar (0,7 juta), Bahrain (1 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Oman (3 juta), Iran (69 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan, (1 Timotius 2:1-8).