Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Orang Kristen asli di region ini sering merasa sendirian, karena mereka sulit berkumpul dengan orang Kristen, mereka takut diketahui jika mereka sudah percaya Kristus. Kalau diketahui mereka akan menghadapi kesulitan -- sampai tahanan, malah pembunuhan bisa terjadi.

Mauritania

Mauritania: Umat Kristen menghadapi banyak tekanan. Banyak dari mereka yang ditangkap bulan Juni 2009, sejak ini mereka telah kehilangan pekerjaan. Sesudah dibebaskan mereka pun harus membayar jaminan dengan biaya yang cukup tinggi. Mereka perlu mendapatkan pekerjaan kembali dan Tuhan yang akan menyediakan apa yang mereka butuhkan sehari-hari.

Maroko

Maroko (32 juta), Ibu kota Ara-Rabat (1,7 juta), agama Islam 99%, Kristen 0,1%. Orang Kristen hanya 1.000 orang berasal dari berbagai suku. Program radio dan TV Kristen menolong mereka dalam pembinaan. Orang Kristen sudah membentuk satu pelayanan lewat telepon, orang memunyai masalah mereka bisa menelepon dan mereka mendapat nasihat untuk mengangkat mereka dari berbagai kesusahan. Tetapi mereka tidak hanya mendapat panggilan dari orang yang mencari nasihat, tetapi juga berbagai ancaman. Akhir-akhirnya sekian orang asing diusir dari negara ini, termasuk mereka yang membantu dan memelihara orang cacat yang sekarang ini ditinggalkan.

Aljazair

Aljazair (33,7 juta), Ibu kota Algiers (3 juta, ratusan orang Kristen tinggal di Ibu kota), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen ada sekitar 70.000 orang (khusus di antara orang Berber), mungkin lebih. Anak-anak Kristen di sekolah harus mengikuti pelajaran agama Islam, mereka diajarkan dan diharuskan belajar ayat-ayat kitab agama lain dan belajar cara berdoa sebagaimana cara umat agama lain. Ini sungguh membuat mereka bingung. Orang tua mereka memerlukan hikmat Tuhan untuk membina anak mereka secara Kristen dengan situasi ini.

Mesir

Mesir (77 juta), Ibukota Kairo (18 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Tekanan terhadap orang Kristen dan Koptik meningkat lagi. Empat orang yang membunuh seorang Kopten pada tanggal 10 Oktober 2009 dibebaskan oleh tuduhan pembunuhan karena tidak bersalah oleh pengadilan setempat. Meskipun pembunuhan diadakan secara terbuka dan mayat dipamerkan.

Sudan

Sudan (40 juta), Ibukota Khartum (5 juta), agama: Islam 70%, Kristen 5%, Katolik 10%, Animis 15%. Penginjilan dilarang keras. Di bagian Utara khusus di desa-desa sejumlah orang percaya hidup dalam ketakutan dan penolakan dari keluarga. Mereka mencoba hidup sebagai orang Kristen diam-diam, tetapi tidak selalu bisa, karena akhirnya diketahui mereka sudah percaya Kristus. Pemerintah menekan umat Kristen, tetapi di kota Khartum orang Kristen dibiarkan, tetapi mereka tidak boleh membangun gedung gereja. Di Khartum masih ada gedung gereja dari zaman penjajahan, mereka memakai gedung-gedung ini. Sebenarnya pemerintahan tidak senang ada kebaktian Kristen. Tetapi terjadi satu mujizat: Pada malam Natal satu badan PI sempat membagikan lebih dari 35.000 Alkitab dan Perjanjian Baru di berbagai tempat di kota Khartum. Beberapa orang langsung mulai membaca. Regu itu mendapat izin menyanyi lagu Kristen di jalan-jalan. Mereka yang sudah mendapat Firman TUHAN ini mengirim berbagai pertanyaan. Untuk petobat baru di pegungunan Nuba sedikit lebih gampang untuk hidup sebagai orang Kristen. Di bagian Selatan ada satu sekolah teologia Emmanuel yang menyiapkan tenaga buat jemaat-jemaat dalam negara ini.

Israel

Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95%, Kristen berbagai aliran 1-2%), berdoalah untuk damai di dalam negara ini.

Suriah

Suriah (19,5 juta), Ibukota Damaskus (2,5 juta): Agama: Islam 90,3% (termasuk 7% aliran Alawi), Ortodoks 5,1%, orang Injili sedikit. Satu regu mengunjungi berbagai tempat untuk memperlihatkan satu film tentang hidup rasul Paulus. Jemaat-jemaat menyiapkan kamp-kamp untuk musim panas.

Irak

Irak (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Bulan Maret sudah diselenggarakan pemilihan, meskipun banyak ancaman dan peledakan bom cukup banyak orang ikut dan memberi suara. Berdoalah bahwa akan satu pemerintahan baru dapat dibentuk yang bisa menjaga keamanan dalam negara sendiri. Tetap ada banyak kekerasan.

Kurdistan

Kurdistan: Orang Kurdi (4 juta) hidup di bagian Utara di Irak, agama utama: Islam dalam berbagai aliran, Kristen ada sekitar 200 orang. Para pemberita Injil memerlukan hikmat, bagaimana membina mereka yang sudah dijamah oleh berita Injil. Program radio Kristen dalam bahasa Sorani tiga kali seminggu disiarkan. Sudah ada beberapa jemaat orang Kurdi di hampir semua kota. Sangat diperlukan penerjemah yang terampil untuk mengalihkan bahasa di bagian Alkitab yang belum diterjemahkan dan juga untuk buku-buku Kristen, agar makin banyak literatur dalam bahasa mereka.

Iran

Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Baha'i 350.000, Ortodoks Armenia 0,2% (150.000), orang Kristen Injili lebih dari 250 ribu orang, jumlah ini meningkat terus. Pemancar satelit TV Kristen SAT-7 yang sudah lama menyiarkan berita Injil dalam bahasa Arab, sejak Desember 2009 sudah menyiarkan dalam bahasa Persia. Meskipun dilarang pemerintahan, hampir semua rumah memunyai alat di rumah untuk dapat menangkap signal dari satelit, karena mau terima siaran dari pemancar luar negeri. Paling sedikit 14 orang ditahan, karena meninggalkan Islam. Keluarga mereka dan pengacara tidak boleh mengunjungi mereka. Pada tanggal 2 Februari seorang pendeta dari gereja Asiria Injili ditangkap oleh polisi rahasia, gedung gerejanya disegel. Sampai kini ia ditahan dan akan diseret kepada pengadilan dengan tuduhan, bahwa ia sudah membaptis orang beragama Islam.

Yaman

Yaman (20 juta), Ibu kota Sana'a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, tetapi semua harus tersembunyi. Jumlah orang Kristen yang dibunuh belum pernah setinggi daripada di tahun 2009. Negara ini kurang aman, di mana-mana terjadi pemberontakan, pertikaian dan penculikan. Sebagian daerah di sebelah Utara, di sekitar kota Saada, sudah dikuasai oleh gerombolan Huthi yang dipimpin oleh aliran Islam Zaidi, semacam aliran Syiah. Kelompok ekstrem agama bertambah, mereka menekan masyarakat. Pemerintah sudah mencoba mengalahkan dan mengusir gerombolan Huthi, meskipun sudah jatuh banyak korban jiwa, mereka tidak berhasil mendamaikan daerah ini. Sejak bulan Februari berhenti tembak-menembak, tetapi belum ada damai. Juga di bagian Selatan ada satu gerakan yang mau memisah dari Yaman, atau paling-paling mau otonomi yang luas. Pada tanggal 13 Juni 2009 ada sembilan tenaga asing yang bekerja di salah satu rumah sakit diculik. Tiga wanita dibunuh oleh para penculik, yang lain nasib sampai kini tidak diketahuinya. Al-Kaida juga sudah masuk dan pemerintah mencoba menyerang mereka.

Turki

Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), kota besar Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran, termasuk aliran Alewi, dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan takhayul. TV Satelit di bahasa Turki sudah dimulai. Dalam waktu dekat diterbitkan Ensiklopedia Alkitab dalam bahasa Turki dan Alkitab studi dalam bahasa Turki sudah selesai dan diterbitkan, dua buku akan menjadi sumber yang baik buat hamba TUHAN untuk menyiapkan diri dalam membagikan Firman TUHAN. Seorang pendeta begitu diancam dari pihak radikal, bahwa tidak ada tuan rumah yang mau terima sewa dari dia. Ia terpaksa untuk membeli satu rumah, agar bisa meneruskan pelayanan setempat. Pada tanggal 18 April ada hari doa sedunia buat negara Turki. Tiga tahun yang lalu tiga orang Kristen dibunuh secara sadis, sejak waktu itu setiap tahun ada hari doa Kristen Turki. Info < http://www.prayforturkey.com > atau < prayforturkey(at)gmail.com >.v

Afghanistan

Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, semua agama lain dilarang keras. Baik pemerintahan maupun pemberontak Taliban melawan kekristenan. Pemerintah membiarkan orang Kristen asing berkumpul untuk berbakti secara diam-diam, tetapi orang Afghan yang bertobat diadili, kalau diketahui mereka sudah pindah agama. Selain Taliban ada panglima perang pribadi yang menguasai satu daerah, di situ mereka dengan paksa menagih pajak dari penduduk dan yang berkunjung. Situasi sangat sulit.

Tunisia

Doakan Tunisia (10,3 juta), Libia (5,7 juta), Lebanon, (4,5 juta), Jordania (4,8 juta), Arab Saudi (27,6 juta), Kuwait (2,7 juta), Qatar (0,7 juta), Bahrain (1 juta), Uni Emirat Arab, Oman (3 juta), agar kepada masyarakat di negara-negara ini dapat Injil diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan (1 Timotius 2:1-8).