Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTelapak Kaki Yang Indah

Telapak Kaki Yang Indah


Bacaan: Roma 10:13-15; 15:17-22

Sekarang anda telah mengetahui bahwa sejak dulu hingga sekarang dan untuk selamanya, Misi telah menjadi inti dari isi hati Allah dan rencana Allah bagi dunia ini. Alkitab merupakan buku yang senantiasa mencatat bagaimana Allah telah melakukan berbagai cara untuk membawa segenap manusia di dalam dunia ini menjadi keluarga Allah.

Anda mungkin berkata Ya, tetapi apa hubungannya dengan saya? Apakah saya juga mempunyai bagian dalam rencana Allah? Suatu pertanyaan yang bagus! Ingatkah anda bagaimana Allah telah memakai Abraham ? Dan Bangsa Israel? Dan juga Rasul Paulus? Allah akan memakai anda juga jika anda mengijinkan-Nya. Anda dapat membuat perubahan total di dalam kehidupan seseorang yang terhilang di dalam dunia ini.

  1. Sebagian orang beranggapan bahwa untuk menjadi seorang saksi, terutama melalui pekerjaan misionaris, sebenarnya tidaklah perlu, sebab Allah sangat mengasihi semua orang sehingga Ia tidak akan membuang mereka ke dalam neraka. Kita mengetahui bahwa Allah mengasihi dunia ini melalui ayat-ayat seperti Yohanes 3:16. Karena kasih tersebutlah Yesus turun ke dunia dan kemudian mati disalibkan. Tetapi apakah yang juga dikatakan dalam ayat tersebut mengenai hal yang akan terjadi kepada mereka yang tidak percaya? (juga di dalam Yohanes 3:18,36).

    Jawab: __

  2. Kita lebih senang memikirkan tentang surga dari pada neraka, tetapi Yesus mengajarkan bahwa keduanya adalah nyata. Apakah yang dikata-kan-Nya mengenai hal yang akan terjadi kepada mereka yang mati sebe-lum diselamatkan? Lukas 16:19-31; Matius 18:7-9; 24:51; 25:30; 41-46.

    Jawab: __

Bagaimanakah neraka digambarkan di dalam kitab Wahyu? Wahyu 20:11-15; 21:8; 22:12-15

Jawab: __

Jelaskan bagaimanakah hal tersebut digambarkan dalam 2 Tesalonika 1:8,9? Pemisahan dari

Jawab: __

Kabar baik yang terkandung dalam Alkitab adalah : Semua orang dapat diselamatkan dan masuk menjadi anggota keluarga Allah melalui Anak-Nya, Tuhan Yesus Kristus. Tetapi ada juga kabar buruk: Karena dosa mengakibatkan kematian rohani (memisahkan manusia dari Allah), siksaan yang tak berkesudahan menanti mereka yang belum dilahirkan kembali melalui imannya kepada Tuhan Yesus Kristus.

  • Ada yang beranggapan bahwa walaupun kesaksian dan misi meru-pakan hal yang baik, tetapi keadilan Allah akan memastikan bahwa semua orang yang tidak pernah mendapat kesempatan mendengar Injil dan mengenai keselamatan akan lolos dari keharusan membayar hukuman dosa. Apakah yang dikatakan Paulus mengenai hal itu dalam Roma 1:18-20? (baca juga Roma 3:9-18).

    Jawab: __

  • Apakah isi dari kedua ayat berikut (21,22) mengenai yang dilakukan manusia dengan pengetahuan yang telah dikaruniakan Allah? Dapatkah anda memberikan sebuah ilustrasi jaman modern ini yang menyangkut hal tersebut?

    Jawab: __

    Memang benar, Allah menghakimi manusia berdasarkan pengetahuan-nya, tetapi Roma 2:12-16 mengatakan bahwa semua orang telah gagal.

    Kita dapat percaya bahwa Allah akan melakukan apa yang benar karena Tuhan itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih dalam segala perbuatan-Nya. Mazmur 145:17 (baca juga Kejadian 18:25)

    Apakah Alkitab juga mengajarkan bahwa seseorang dapat diselamatkan tanpa terlebih dahulu mendengar dan mempercayai isi Injil? 1Timotius 2:3-6; Yohanes 14:6; Kisah 4:12

    Jawab: __

    Alkitab menegaskan bahwa barang siapa menolak Yesus Kristus adalah sesat. Yohanes 3:18,36; Roma 2:8. Jika seorang yang belum pernah men-dengarkan Injil dapat diselamatkan melalui cara lain, apakah yang terburuk yang dapat kita lakukan sebagai orang yang percaya terhadap orang tersebut?

    Jawab: __

    Apakah hal itu yang diajarkan Alkitab kepada kita ? Roma 10:13-15

    Jawab: __

  • Beberapa waktu yang lalu di Inggris, seorang bernama Willliam Carey mempelajari Alkitab seperti yang anda lakukan saat ini. Ketika dia berdoa mengenai kebenaran Alkitab, maka ia berkesimpulan bahwa Allah memanggilnya untuk menjadi seorang misionaris. Ketika Carey mengungkapkan keyakinannya ini kepada sekelompok pendeta, diantara mereka ada yang berkata, "Anak muda, duduklah! Jika Allah bermaksud untuk menyelamatkan orang- orang sesat, Ia akan melakukan-Nya tanpa bantu-anmu maupun saya!" Apakah anda menganggap bahwa tanggapan tersebut merupakan sebuah saran yang baik? Jelaskan!

    Jawab: __

  • William Carey berangkat ke India, dan melalui dia Allah melakukan pekerjaan-pekerjaan yang besar. Padahal Carey hanyalah seorang pembuat sepatu dengan sedikit pendidikan formal, tetapi kehidupannya merupakan bukti bahwa Allah memakai orang-orang awam yang mengasihi dan menaati-Nya. Bagaimanakah Allah memakai Filipus? Ananias Petrus? Kisah 8:26-29; 9:10-12; 10:19-22

    Jawab: __

  • Apakah anda memiliki telapak kaki yang indah? Kita jarang menganggap bahwa telapak kaki itu indah. Tetapi telapak kaki menyimbolkan perjalanan, dan dihadapan Allah mereka yang memberitakan tentang Yesus Kristus mulai dengan orang-orang yang ada di sekitarnya sampai ke seluruh dunia (Yesaya 52:7,10; Roma 10:13-15) adalah orang- orang yang mempunyai telapak kaki yang indah.

    Jawab: __

    Buatlah daftar cara-cara bagaimana anda dapat menjadi bagian dari rencana Allah bagi dunia saat ini?

    Jawab: __

    Dengan cara bagaimanakah Ia dapat memakai anda pada masa yang akan datang?

    Jawab: __

  • Berjalan Keluar:

    Dapatkah anda memilih seorang sahabat atau kenalan yang terhilang dan dengan penuh kasih dan kesabaran menyaksikan tentang Yesus Kristus? Catatlah siapakah orang tersebut, kapan anda akan melakukan hal tersebut, dan bagaimana anda akan memulainya. Gunakan catatan ini untuk meng-ingatnya alam doa dan mengingatkan anda untuk bersaksi. Tetapi jika anda sendiri belum pernah menghadap Yesus secara pribadi lakukanlah itu hari ini juga* dan bergabunglah dalam keluarga Allah. Sangatlah indah jika keselamatan anda pribadi merupakan hasil pertama keputusan anda dalam menjadi bagian dari rencana Allah yang Agung.
    * Didalam doa ingatlah untuk bersyukur kepada Allah karena Ia telah mengaruniakan Anak-Nya. Ingatlah untuk memberitahukan kepada orang Kristen yang lain apa yang telah anda lakukan dan mulailah bersaksi kepada seorang teman. Anda pasti memiliki banyak hal untuk dibagikan kepadanya.