Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTeknologi Yang Mengubah Hidup

Teknologi Yang Mengubah Hidup


Radio ... apa istimewanya radio? Anda cukup menekan tombolnya, maka akan ada suara yang mengudara. Kadang-kadang suara itu berupa musik. Jika Anda bosan pada iklan yang muncul, Anda bisa mematikan radio. Yang satu ini mungkin menjadi satu pengecualian bagi radio. Radio ini merupakan jeritan bagaimana radio dipandang dalam membangun negara-negara, di mana radio tidak hanya memberi hiburan, tapi lebih dari itu. Dan tidak seorang pun melihat semua itu dengan lebih jelas dari yang dilihat Dean Swartz, Direktur Komunikasi dan Pengembangan, pada kunjungannya ke FEBC-Filipina baru-baru ini. Pada kunjungan itu dia menyaksikan pengetahuan dasar tentang radio dan keefektifannya.

Sebelum mengikuti perjalanan ini, saya harus mengatakan bahwa saya hanya mengerti secara teori bagaimana radio Kristen bekerja, tetapi pada waktu di Manila saya menjadi semakin mengerti dengan jelas. Di sana, radio Kristen dan FEBC secara khusus melayani orang-orang dalam berbagai hal. Radio benar-benar menjadi suatu teknologi untuk pelayanan. Di mana lagi seorang ibu yang tidak memiliki pendapatan bisa mendengarkan pelajaran Alkitab setiap hari, mendengarkan suatu program acara yang mengajarkan bagaimana mengasuh anak yang sesuai dengan ajaran Tuhan, dan menerima nasihat dari berita-berita tentang keamanan dan kesehatan?

Keunggulan radio adalah bahwa radio dapat menembus letak geografis, budaya, dan halangan-halangan politis. Siaran radio diperuntukkan bagi siapa saja dengan sajian yang layak. Radio menjangkau orang-orang yang buta huruf, tuna netra, teraniaya, kekurangan, dan lapar secara rohani. Dalam beberapa kasus, program Kristen adalah satu-satunya cara di mana pendengar dapat mengikuti kebaktian gereja. Salah satu pendengar dari Asia Tenggara akhir-akhir ini mengatakan, "Mohon diingat bahwa Anda adalah satu-satunya pendeta yang kami miliki dan kami benar-benar tergantung kepada ajaran Anda"

Untuk meningkatkan efektifitasnya, FEBC menggunakan penyiar nasional, yang dapat menggunakan bahasa atau dialek dari orang-orang yang mereka layani dengan cara yang sesuai dengan budaya setempat.

MEMASUKI KEGELAPAN ROHANI

Ribuan surat yang dikirimkan ke FEBC dapat membuktikan, bahwa program Kristen ini melayani orang lain dengan cara yang mengagumkan dan mengubah hidup. Program Kristen ini merupakan sumber yang kuat untuk menginjili orang-orang yang hilang dan memuridkan iman. Seperti yang ditulis oleh seorang pendengar dari Moskow, "Saya tidak membesar-besarkan jika saya mengatakan bahwa hidup saya benar-benar telah diubah oleh stasiun radio Anda. Saya tidak pernah berdoa selama empat puluh tahun ini dan sekarang saya berdoa setiap hari. Yang menakjubkan adalah sekarang saya tahu bahwa Tuhan dapat mendengar saya dan saya tahu dia peduli. Stasiun radio Anda sudah membangkitkan iman saya."

Kadang-kadang pekerjaan Tuhan dalam hidup seseorang dapat menyentuh orang lain. Kami sering mendengar dari para pendengar yang telah mengundang teman-teman, tetangga, dan bahkan seluruh warga desa mereka untuk berkumpul guna mendengarkan siaran FEBC. Itulah sebabnya penyiar di radio itu menjadi pendeta jarak jauh.

MENAWARKAN INFORMASI KESELAMATAN HIDUP

Selain menyediakan program kristiani, radio juga melayani sebagai penolong jutaan pendengar, menawarkan kemampuan dasar untuk hidup yang sehat. Banyak orang yang mendengarkan radio dengan tujuan mendapatkan konseling dalam menjadi orang tua dan pernikahan yang alkitabiah. Yang lainnya mempelajari dasar kesehatan dan langkah-langkah keamanan, seperti memberi obat-obatan atau merebus air supaya aman diminum. Dean menyaksikan kebutuhan kesehatan berhubungan dengan program ini ketika seorang wanita Filipina berbincang-bincang dengannya pada saat mengikuti penjangkauan (outreach) di Manila. "Saya membutuhkan suatu mujizat," katanya. "Anak saya menderita TBC. Tolong doakan dia." Ketika mereka berbincang- bincang, Dean mendapati bahwa meskipun dia telah mengobati anaknya, dia tidak tahu bagaimana harus mengobatinya dengan benar.

Dalam merespons kebutuhan yang sangat berlebihan seperti ini, beberapa pelayanan FEBC telah membuat program-program yang membagikan secara gratis nasihat-nasihat mengenai pengobatan. Contohnya, FEBC Filipina menyiarkan program perawatan kesehatan selama enam hari dalam seminggu. Program ini menampilkan dokter-dokter lokal yang dengan sukarela memberikan waktu mereka untuk memberikan konsultasi penting mengenai kesehatan.

MEMBERIKAN KESEMPATAN UNTUK KONTAK PRIBADI

Gregg Harris, Presiden FEBC, baru-baru ini mengatakan, "Radio adalah media yang luar biasa dan ketika dikombinasikan dengan kontak pribadi, dampaknya berkembang berlipat ganda. Salah satu kekuatan terbesar FEBC adalah cara staf lokal kami yang melayani pendengar kami yang sangat banyak secara pribadi. Dengan menyatukan kekuatan media dan dampak besar kontak pribadi maka ini akan membawa perubahan hidup yang penting."

Menjangkau para pendengar kami merupakan suatu ciri dari FEBC; setiap hari kami merespons ribuan surat dan email. Dengan munculnya telepon seluler, pesan singkat menjadi cara komunikasi yang populer, dan staf kami dengan rajin berusaha untuk menjawab setiap pesan yang masuk.

Usaha-usaha penjangkauan lainnya, seperti Far East Relief dan Development Services (FERDS), yang merupakan bagian dari FEBC Filipina, memainkan peran yang aktif dalam mencari kebutuhan fisik pendengar kami. Mereka juga mendistribusikan radio-radio jika dana yang tersedia mencukupi.

FERDS membantu memasang sistem udara baru dalam komunitas yang sangat miskin pada tahun 2004. "Ratusan keluarga harus berbagi sumber air umum dan sering harus antri menunggu," kata Dean. "Sekarang penduduk di komunitas itu sudah memiliki air segar di dekat pintu masuk mereka. Mereka juga senang dengan radio yang dibagikan kepada mereka. Mereka bersyukur kepada Allah karena ada FEBC."

MEMBANGUN GEREJA LOKAL

Pada saat staf kami melayani secara rutin sebagai "flesh to the Word" (daging bagi Firman), mereka tidak melakukannya sendiri. Mereka dengan sengaja bekerja sama dengan gereja-gereja lokal ketika menangani radio, pelayanan pengobatan, dan makanan. Dengan demikian, orang-orang yang baru percaya bisa berhubungan dengan jemaat, di mana mereka dapat merasakan persekutuan Kristen dan dimuridkan.

Dalam kasus di mana gereja-gereja Kristen dilarang, organisasi- organisasi gereja secara pribadi menghubungi pendengar yang telah menulis surat ke FEBC, memberikan Alkitab, menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang kekristenan, dan kadang-kadang membawa mereka kepada Tuhan.

FEBC juga melatih ratusan pemimpin gereja China dan orang-orang awam melalui program Voice of Friendship Seminary (VOFS). Beberapa orang Cina yang menjadi Kristen menghadiri gereja rumah "tidak resmi" yang kekurangan pendeta dan Alkitab. VOFS memperlengkapi para pemimpin gereja, khususnya yang berada di daerah pedesaan dimana ajaran sesat disebarluaskan dan ada kebutuhan mendesak akan pendeta-pendeta yang berpendidikan.

MENGUBAH MASA DEPAN

Rusia adalah salah satu dari beberapa negara yang hampir tidak memiliki dukungan bagi keluarga. Sebagai hasilnya, ketika anak-anak berada dalam usia yang rawan, mereka akan mendapatkan masalah. FEBC berkomitmen untuk membuat suatu perubahan dalam hidup mereka melalui program-program harian untuk anak-anak yang berusia 5 -- 15 tahun. Selain itu, FEBC menawarkan program untuk orang tua, untuk membimbing mereka melewati tahap-tahap membesarkan anak. Banyak surat yang yang dikirimkan kepada kami oleh anak-anak maupun orang tua yang bersyukur atas adanya siaran kami ini.

FEBC-Mongolia menawarkan program "call in" yang disebut "Teenager to Teenager", di mana para remaja Kristen memoderatori suatu acara "talk show" untuk teman-teman sebaya mereka.

Di salah satu daerah di Indonesia, di mana orang tua harus membayar pendidikan anak-anak mereka, seorang penyiar menawarkan sekolah gratis sekali dalam seminggu untuk anak-anak miskin, yang beberapa diantaranya adalah Muslim. Penyiar ini mengajari mereka apa yang dimaksud dengan memiliki belas kasih seperti Yesus, khususnya terhadap orang-orang yang mungkin mempunyai pikiran yang berbeda dengan mereka. Dengan demikian, dia berharap dapat menghilangkan ajaran-ajaran Muslim lokal dalam ajaran sekolah yang mengajarkan kepada anak supaya membenci orang-orang Kristen dan orang-orang Yahudi.

Setiap hari stasiun jaringan FEBC menyiarkan 594 jam acara dalam 158 bahasa, dengan respons rata-rata tiap tahun dari pendengar setianya lebih dari 500.000 respons. Beberapa cerita mereka berkaitan dengan hidup yang diubah oleh kekuatan Allah melalui FEBC. Dan ini adalah dampak yang dilihat oleh Dean di Manila.

"Saya tidak pernah menyadari bahwa radio dapat menyentuh hidup banyak orang," kata Dean. "Saya mengikuti perjalanan ini dengan satu rasa kebanggaan yang dalam terhadap apa yang sedang Tuhan kerjakan melalui Far East Broadcasting. Apa yang dikerjakan oleh organisasi ini untuk orang lain, semua yang ada dalam nama Kristus, sangatlah menakjubkan." (t/Ratri)

Bahan diterjemahkan dari:

Judul artikel asli : Technology that Transforms Lives
Penulis : --
URL : http://www.febc.org/resources/article_41.html

e-JEMMi 15/2007