Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Talang Mamak

Suku Talang Mamak


Rumpun : Riau
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 20.000
Kristen yang diketahui : 0
Persentase Kristen : 0
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum
Radio : Belum

Suku ini berdiam di kab. Indragiri Hulu dan tersebar di 3 Kecamatan Pasirpenyu, Siberida dan Rengat. Mereka termasuk masyarakat terasing, hidup berkelompok-kelompok dan berpencar di daerah hutan. Sudah ada usaha dari pemerintah membangun pemukiman menetap untuk mereka. Bahasa Talang Mamak dapat digolongkan ke dalam bahasa Melayu Tua. Mata pencahariannya adalah bercocok tanam padi ladang dengan pola berpindah-pindah. Sebagian besar mereka belum beragama mereka masih menganut kepercayaan kepada kekuatan-kekuatan gaib yang terdapat di pohon besar, sungai, batu keramat, dll. Juga dijumpai penyembahan- penyembahan roh-roh nenek moyang pada suku ini. Marilah kita menangisi suku ini siang dan malam dalam doa agar kerajaan gelap digantikan dengan kerajaan terang Yesus Kristus. Doa saudara dapat menerobos jarak ratusan bahkan ribuan km, melalui kampung, hutan, sungai. "Karena Injil Kerajaan ini akan diberitakan ke seluruh dunia barulah tiba kesudahannya (\\/TB #Mat 24:14*\\)."

  1. Berdoa agar Tuhan melembutkan hati orang Talang Mamak agar mereka menjadi terbuka terhadap orang luar, mau berkomunikasi dan mendengar Injil.

  • Berdoa agar gereja di Kab. Indragiri Hulu atau di Riau umumnya supaya mereka mau peduli dan berbelas kasihan sehingga mereka mau melayani dan memberitakan kabar baik kepada suku Talang Mamak.
  • Berdoa untuk sejumlah murid Kristus (pendatang) yang tinggal di daerah Kab. Indragiri Hulu dan sekitarnya supaya mereka dipenuhi kuasa Roh Kudus sehingga dengan berani dan penuh hikmat menceritakan Injil kabar keselamatan. Doakan adanya pola pendekatan yang cocok untuk memperkenalkan Injil kepada mereka.
  • Berdoa bagi Pemerintah daerah dan tokoh-tokoh masyarakat setempat agar dapat menerapkan program-program pembangunan yang menyentuh kebutuhan masyarakat secara langsung dan agar mereka juga membuka diri bagi pelayanan Injil.
  • Berdoa agar Alkitab, literatur, pelayanan radio dan Film Yesus dapat diterjemahkan dan dimengerti untuk disebarkan kepada suku Talang Mamak sehingga mereka dapat mengenal berita Injil.