Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Simeulue

Suku Simeulue


Rumpun : Aceh
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 130.000
Presentase Kristen : 0,36%
Kristen yang diketahui : 470
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Suku ini terletak di wilayah D.I Aceh. Suku ini adalah penduduk asli pulau Simeulue yang terletak di bagian wilayah Kabupaten Aceh Barat, yang terbagi atas Kecamatan Simeulue barat, Simeulue Tengah, Simeulue Utara, Salang, Teupah selatan dan di kelilingi lautan Indonesia. Mereka dikenal orang yang ramah dan berani. Adat istiadat Aceh memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap masyarakat pulau Simeulue, sehingga pada umumnya mereka bisa berbahasa Aceh, walaupun mereka telah memiliki bahasanya sendiri, yakni bahasa Ulau (pulau) yang terbagi menjadi dua jenis. Pertama, bahasa Sigulai dipergunakan oleh penduduk di Simeulue Barat dan Salang; kedua bahasa Defayan digunakan di Simeulue Timur, Tengah dan Tepang Selatan.

  1. Seandainya ada murid Yesus (pendatang) yang tinggal di kota Sinabang, Labuhan Bajau, Kampung air, atau sekitarnya, berdoa agar mereka dapat menyatakan kasih Yesus Kristus kepada orang Simeulue.

  • Doakan pemerintah, guru-guru, tenaga medis, juru penerang agar mendapat pertolongan dari Tuhan dalam segala hal. Supaya ada hikmat dalam pekerjaan. Supaya mereka terbuka.
  • Berdoa agar orang-orang yang sungguh percaya boleh tetap teguh dalam iman mereka, mengingat mereka berada dalam wilayah `Serambi Ka'bah'.
  • Berdoa supaya para pemimpin iman dapat berjuang cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati, sehingga dapat menangkal gencatan-gencatan yang menghambat pertumbuhan iman.
  • Berdoa supaya literatur dapat disebarkan kepada suku ini, sehingga mereka dapat mempelajari berita Injil dengan tenang/diam-diam.
  • Belum ada satu kitab pun yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Simeulue. Demikian halnya dengan rekaman Injil. Doakan dalam mempersiapkan bahan yang bisa dipakai untuk menjangkau suku ini.