Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Kluet

Suku Kluet


Rumpun : Mandailing
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 25.000
Kristen yang diketahui : 0
Persentase Kristen : 0%
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum
Radio : Belum

Suku ini berdiam di 2 Kecamatan di Kab. Aceh Selatan yaitu kemukiman Meunggamat dan Sejahtera di kec. Kluet Utara serta kemukiman Makmur dan Perdamaian di Kec. Kluet Selatan. Kecamatan ini dipisahkan oleh sungai Krueng Kluet yang berhulu di Gunung Lauser dan bermuara di Lautan Hindia. Wilayah kediaman orang Kluet ini terletak di pedalaman berjarak 20 km dari jalan raya, 50 km dari kota Tapak Tuan atau 500 km dari Banda Aceh. Bahasa Kluet terbagi atas 3 dialek yaitu Dialek Paya Dapur, Meunggamat, dan Krueng Kluet. Mata pencahariannya umumnya adalah bertani (meusawah), berladang (merumo) dan berkebun (merumpus). Sampai sejauh ini belum di ketahui adanya orang Kluet yang sudah mengenal Injil. Mari kita tangisi suku ini siang dan malam.

  1. Berdoa agar Tuhan melembutkan hati orang Kluet agar mereka terbuka dan mau menerima Injil.

  • Berdoa agar gereja-gereja di D.I Aceh, Sumatera Utara dan daerah lain di Indonesia penuh rasa belas kasihan dan kasih Allah untuk melayani dan mengirimkan utusan Injil kepada suku ini.
  • Berdoa untuk sejumlah murid Kristus (pendatang) yang tinggal di daerah kec. Kluet Utara dan Selatan dan sekitarnya supaya mereka dipenuhi Roh Kudus sehingga dengan berani dan bijaksana menceritakan Injil Kristus kepada orang Kluet.
  • Berdoa bagi Pemerintah daerah dan tokoh-tokoh masyarakat setempat agar dapat menerapkan program-program pembangunan yang menyentuh kebutuhan masyarakat secara langsung dan mereka terbuka bagi pelayanan Injil.
  • Berdoa agar ada literatur, Alkitab, pelayanan radio dan film Yesus yang dapat diterjemahkan dan disebarkan kepada suku ini sehingga mereka dapat mempelajari berita Injil.