Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Jambi

Suku Jambi


Rumpun : Jambi
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 800.000
Kristen yang diketahui : 0,0025%
Persentase Kristen : 20
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Kabupaten Batanghari meliputi: aliran sungai beserta anak sungainya, Kabupaten Bungo Tebodan Kotamadya Jambi adalah wilayah Orang Jambi. Suku ini masih tergolong ke dalam bangsa Melayu baru; dan keberadaannya lebih tua jika dibandingkan dengan Melayu Musi. Bahasa yang dipergunakan adalah Melayu Jambi. Meskipun suku ini beragama, namun pada kenyataannya di pedesaan sisa-sisa kepercayaan seperti Animisme dan Budha masih bercampur baur dengan agama mereka. Mata pencaharian penduduknya bersumber dari komoditas beras, kacang, tembakau, teh, dll. ditambah dari sektor perikanan dan minyak. Setiap orang Melayu Jambi pada umumnya ramah terhadap orang yang sudah dikenal, tetapi bagi yang belum dikenalnya mereka selalu menatap penuh curiga. Walaupun telah berdiri 90 gereja di seluruh wilayah propinsi ini, namun beberapa saja orang Melayu Jambi asli yang terjangkau oleh Injil.

  1. Doakan agar para pelayan Tuhan semakin berani untuk menaburkan benih Injil di antara orang Melayu Jambi.

  • Doakan para wanita Melayu Jambi yang pada umumnya buta huruf. Hal ini disebabkan oleh adanya falsafah dan tradisi yang mengatakan: "Sepandai-pandai Bangau terbang, akhirnya ke kubangan juga. Sepandai-pandainya wanita, akhirnya ke dapur juga."
  • Doakanlah orang Jambi asli yang telah menerima Injil supaya mereka semakin teguh dan semakin berani bersaksi kepada sesama suku mereka.
  • Berdoa agar ada penginjil yang diutus ke daerah Jambi khusus untuk melayani orang Melayu-Jambi. Berdoa adar unsur-unsur budaya Melayu Jambi yang tidak bertentangan dengan Injil dipakai untuk memperlancar penginjilan kepada suku ini.
  • Doakan supaya reaksi yang keras terhadap penginjilan tidak menghambat para penginjil untuk menyampaikan Kabar Baik itu.