Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Gayo

Suku Gayo


Rumpun : Aceh
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 200.000
Persentase Kristen : 0,005%
Kristen yang diketahui : 10
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Pusat Gayo berada di Kabupaten Aceh Tengah, sebagian Aceh Tenggara dan sebagian Aceh Timur. Kabupaten ini memiliki tanah yang subur, itulah sebabnya banyak penduduknya hidup bercocok tanam, baik bertani di sawah maupun berkebun. Kopi adalah hasil utama dari daerah ini. Sebagai bahasa sehari-hari digunakan bahasa Gayo yang memiliki dua dialek, yakni dialek Gayo (dengan sub dialek Cik dan sub dialek Bukit) serta dialek Lues. Bahasa mereka tidak berkaitan erat dengan bahasa-bahasa lain yang dipakai di Indonesia. Telah ada orang Gayo yang sudah mengenal Yesus Kristus karena mereka menikah dengan orang Kristen dari suku lain, tetapi jumlah mereka tidak lebih dari sepuluh orang.

  1. Berdoa untuk sejumlah murid Yesus (pendatang) yang tinggal di kota Takengon. Blangkejeren dan sekitarnya agar mereka berusaha untuk menyatakan kasih Yesus Kristus kepada orang Gayo.

  • Doakan pemerintah daerah, para pendidik yang mengabdi di sana supaya Allah memelihara dan menjadi terbuka bagi pelayanan pemberitaan Injil. Berdoa supaya mereka yang sungguh percaya menjadi teguh dalam iman mereka.
  • Berdoa supaya orang-orang yang rindu untuk memberitakan Injil tidak terlalu mengalami hambatan masalah bahasa.
  • Berdoa supaya orang-orang percaya dapat bertahan mengahadapi tekanan-tekanan, khususnya karena suku ini terletak di daerah Serambi Mekah.
  • Belum ada satu kitab pun yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Gayo. Demikian halnya dengan rekaman Injil. Doakan dalam mempersiapkan bahan yang bisa dipakai untuk menjangkau suku ini.