Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Deli

Suku Deli


Rumpun : Deli
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 2.000.000
Presentase Kristen : 0,002%
Kristen yang diketahui : 50
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Suku ini terletak di propinsi Sumatera Utara, menempati desa-desa pantai di Kabupaten Deli Serdang dan disekitar Kotamadya Medan. Kabupaten ini pada masa silam, selain pernah terkenal sebagai daerah Dolar bagi pemerintah Hindia-Belanda, juga merupakan bekas kesultanan Deli dan kesultanan Serdang. Karena kesuburan tanahnya, maka di daerah ini terdapat banyak perkebunan seperti tembakau, karet dan kelapa Sawit. Kelompok masyarakat ini tidak terlalu memperhatikan pendidikan. Itulah sebabnya perubahan dalam masyarakat sangat lambat. Kondisi masyarakatnya bercampur dengan pekerja kontrak dari Jawa dan dari India yang dibawa oleh Belanda abad-abad yang lalu.

  1. Berdoa untuk suku ini yang bermukim di daerah pesisir pantai, agar lokasi mereka dapat menjadi wilayah strategis bagi pemberitaan Injil.

  • Berdoa untuk para pemimpin Kristen, pendeta, penginjil dan keluarganya mendapat perlindungan dari Tuhan. Juga bagi gereja-gereja di wilayah Sumatera Utara agar memiliki visi untuk menjangkau suku ini.
  • Berdoa supaya mahasiswa yang tengah studi di Sekolah Theologia di propinsi ini berniat untuk mengabdikan diri di tengah suku ini.
  • Doakan untuk beberapa Sekolah Teologia seperti STT HKBP Nomensen, ITAS, STTS, IAKPSU, ITM, STII agar dapat mewujudkan langsung tindakan untuk menjangkau suku Melayu Deli.
  • Doakan untuk orang Batak yang tinggal sebagai pendatang di antara orang Melayu Deli, supaya mereka menjadi terang di tengah-tengah suku ini. Selain itu doakan pemerintah setempat dalam pola pembangunan yang memberi dampak baik bagi orang Deli.