Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Belitung

Suku Belitung


Rumpun : Riau
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 400.000
Persentase Kristen : 0,007%
Kristen yang diketahui : 30
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Suku ini tinggal di pulau Belitung, yakni pulau di sebelah timur Bangka yang termasuk pada wilayah Kab. Belitung, Propinsi Sumatera Selatan. Pulau ini juga terkenal sebagai hasil tambang timah terbesar selain pulau Bangka. Di pulau ini terdapat batu "Satan" yang menurut penduduk setempat berasal dari angkasa, yang jatuh ke bumi. Sebagian orang Belitung mendiami pulau Mandanau, Gresik, Seliu, Kalimambang, dsb. Mayoritas dari penduduk pulau Belitung ialah orang Melayu yang juga memakai dialek Melayu. Walaupun gereja di pulau Belitung cukup banyak, sampai sekarang segala usaha untuk membawa Kabar baik kepada orang Melayu di sana kurang berhasil.

  1. Berdoa untuk sejumlah murid Yesus (pendatang) yang tinggal di kota Tanjungpandan dan Manggar, bersama kota-kota lain di Belitung agar mereka dapat menyatakan kasih Yesus Kristus kepada orang-orang Belitung.

  • Berdoa supaya orang-orang percaya yang telah menyebar di antara suku ini semakin giat untuk bersaksi. Berdoa supaya para utusan Injil memiliki kesungguhan untuk menjangkau suku ini.
  • Doakan petugas negara, aparat daerah, guru-guru, tokoh masyarakat agar arif dalam pekerjaan mereka meningkatkan pendapatan rakyat.
  • Berdoa supaya daerah pertambangan timah menjadi salah satu tempat strategis bagi pembangunan ekonomi rakyat dan arena kesaksian bagi orang percaya yang bekerja di sini. Doakan agar ada tenaga yang siap diutus dan mulai bekerja menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa setempat.