Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Batin

Suku Batin


Rumpun : Jambi
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 70.000
Persentase Kristen : 0,014%
Kristen yang diketahui : 10
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Orang Batin mendiami daerah Kabupaten Bungo Tebo dan Kabupaten Sarolangun Bangko di propinsi Jambi. Masyarakat suku ini mulai menempati tempat-tempat tersebut diperkirakan sekitar abad pertama Masehi. Ada dua pendapat mengenai asal usul dari masyarakat ini, yaitu berasal dari suku Kerinici atau dari suku Minangkabau. Pendapat ini didasarkan pada beberapa hal, di antaranya adalah dari segi aksen, logat dan kemiripan kata dalam bahasa ketiga suku tersebut. Masyarakat/orang Batin termasuk dalam ketegori proto-Melayu. Sudah ada 10 orang Batin yang menjadi ciptaan baru dalam Tuhan Yesus.

  1. Berdoa untuk sejumlah murid Yesus (pendatang) yang tinggal di kota Bangko, Rantaupanjang, Muarabungo, Muara Tebo dan sekitarnya agar mereka menjadi teladan sekaligus dapat menyatakan kasih Yesus Kristus kepada orang Batin.

  • Berdoa supaya Tuhan membuka hati orang Batin menjadi terbuka dan siap menerima Berita Injil. Berdoa supaya ada utusan Injil yang rindu untuk melayani suku ini.
  • Doakan pemerintah, tokoh masyarakat agar arif dan bijaksana menerapkan program pemerintah secara baik. Guru-guru mendapat bimbingan dari Tuhan.
  • Berdoa supaya melalui sarana apapun Berita Injil dapat disampaikan dengan efektif dan mendapat buah yang kekal.
  • Belum ada satu kitab pun yang diterjemahkan ke dalam bahasa Batin. Demikian halnya dengan rekaman Injil. Doakan dalam mempersiapkan bahan yang bisa dipakai untuk menjangkau suku ini.