Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereSuku Bangka

Suku Bangka


Rumpun : Riau
Wilayah : Sumatera
Jumlah Penduduk : 200.000
Presentase Kristen : 0,01%
Kristen yang diketahui : 10
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum
Radio : Belum

Diperkirakan 60% dari penduduk pulau Bangka adalah orang Melayu Bangka. Pulau ini terletak di propinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten Bangka, yang terkenal sebagai penghasil tambang timah putih dan Kotamadya Pangkal Pinang. Kesenian daerah, Sepintu Segudang yang mengisahkan sifat kegotong royongan masyarakat sering dipentaskan. Injil telah tersebar antara Suku Tiong Hoa Hakka yang tinggal di pulau ini, namun baru sedikit orang Melayu yang terjangkau. Penyebaran orang percaya secara mayoritas terjadi melalui perkawinan dengan orang dari suku ini. Sementara mereka yang membaur melalui pernikahan belum berhasil mengabarkan kabar baik kepada suku mereka sendiri.

  1. Berdoa supaya orang-orang percaya yang telah menyebar di antara suku ini semakin giat untuk bersaksi. Agar mereka mempunyai teladan hidup yang memuliakan Allah.

  • Berdoa supaya para utusan Injil memiliki kesungguhan untuk menjangkau suku ini, sesuai dengan ketrampilan mereka.
  • Berdoa supaya daerah pertambangan timah menjadi salah satu tempat strategis untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dan juga menjadi sarana kesaksian bagi orang percaya.
  • Doakan untuk anggapan yang keliru terhadap kekristenan, karena Kristen dianggap identik dengan agama Belanda, sahabat Israel, dan musuh Arab. Hal ini disebabkan oleh adanya pribadi-pribadi tertentu yang mengendalikan mereka untuk tujuan tertentu.
  • Doakan pemimpin Rohani, pemerintah, tokoh masyarakat supaya Allah berkenan memihara hidup mereka dan keluarga masing-masing.