Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.20 Vol.04/2001 / Suku Siang (Kalimantan)

Suku Siang (Kalimantan)


Suku ini berada di Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Murung Raya, dengan 5 kecamatan yaitu Kecamatan Tanah Siang, Permata Intan, Laung Tuhup, Sumber Barito, dan Kecamatan Murung. Mereka menganut dialek Siang dan Murung-murung, dan agama kepercayaannya adalah animisme. Suku ini memunyai bahasa pemersatu yaitu bahasa Ngaju, tetapi tidak menjadi bahasa utama yang selalu dipakai oleh masyarakatnya. Masyarakat suku ini juga dilayani oleh para penginjil atau zending protestan yang ada di Kalimantan Tengah. Sampai sekarang belum diketahui dengan jelas berapa orang yang percaya dari suku Siang ini.

Suku Siang membutuhkan perbaikan prasarana perhubungan untuk memudahkan komunikasi dengan daerah sekitar yang bisa meningkatkan pemasaran hasil-hasil pertanian, maupun membuka wawasan mereka. Mereka juga perlu diperkenalkan dengan peralatan yang lebih modern untuk meningkatkan penghasilan mereka secara maksimal.

Populasi : 79.000 jiwa
Rumpun : Barito
Anggota Gereja : 300 (0,38 persen)
Alkitab : Tidak Ada
Film Yesus : Tidak Ada
Radio : Tidak Ada

Pokok Doa:

  1. Doakanlah untuk kelanjutan penginjilan kepada orang Siang, juga doakan kesiapan hati orang-orang Siang untuk mendengarkan Injil.

  2. Doakanlah untuk para hamba Tuhan dan para pelayan lintas budaya yang sedang melayani suku ini, supaya mereka beroleh kesehatan, kekuatan, dan hikmat dalam pelayanan.

  3. Doakanlah untuk pengadaan Alkitab dalam bahasa suku Siang dan juga Injil yang direkam dalam bahasa dan dialek orang Siang.

  4. Doakanlah agar Allah meruntuhkan segala benteng-benteng, kubu-kubu, serta mematahkan siasat Iblis (1 Korintus 10:3-4) yang menghalangi Injil diberitakan pada suku Siang.

Sumber: CD-ROM SABDA

e-JEMMi 20/2001