Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.05 Vol.04/2001 / Suku Rejang (Bengkulu)

Suku Rejang (Bengkulu)


Suku Rejang tinggal di pulau Sumatera, terutama di propinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan. Umumnya mereka tinggal di daerah yang dingin yaitu di pegunungan Bukit Barisan. Sebagian besar daerah orang Rejang masih berhutan lebat. Bunga Reflesia Arnoldy dan bunga anggrek liar terdapat juga di sini.

!--break-->

Mata pencaharian utama suku Rejang adalah bercocok tanam. Usaha lainnya adalah: peternakan, pertukangan kayu, penebangan kayu, menangkap ikan di sungai, penyadapan karet, atau bekerja di perkebunan dan pengolahan kayu. Mereka juga melakukan penggalian batu bara, perak, emas, timah, seng, tembaga, dan belerang yang masih dikerjakan secara tradisional.

Pola pemukiman orang Rejang adalah rumah panggung di atas tiang-tiang setinggi 1,5 - 2 meter di atas permukaan tanah. Desa orang Rejang disebut juga Marga. Ini merupakan daerah administratif pemerintah yang dikepalai oleh seorang Ginde (pemimpin tradisional), yang dibantu oleh seorang Penggao. Dalam adat orang Rejang pegawai pemerintah juga merupakan pemimpin tradisional, yang juga disebut sebagai raja penghulu. Selain itu, ada orang yang dianggap sesepuh desa yang biasa disebut Tua Dusun. Orang Rejang menyebutnya Tuai-kutai, seorang persona grata, seorang penasehat, dan selalu ditunjuk sebagai pemimpin tertua dalam upacara-upacara tradisional.

Sebagian besar orang Rejang beragama Islam. Namun demikian, kepercayaan animisme masih menjadi bagian integral dari kepercayaan dan kebiasaan hidup orang Rejang.

Tingkat pengangguran di sini cukup tinggi. Banyak anak muda yang tidak melanjutkan sekolah serta mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena kurang keterampilan. Mereka membutuhkan pelatihan khusus dan lembaga-lembaga pendidikan informal dengan biaya yang bisa terjangkau oleh mereka. Selain itu, guru-guru agama Kristen juga diperlukan di sini untuk mengajar agama Kristen bagi anak-anak Kristen yang belajar di sekolah negeri.

Populasi : 500.000 jiwa
Bahasa : Rejang
Agama Mayoritas : Islam
Anggota Gereja : 47 (0,01 persen)
Alkitab dalam bahasa Rejang : Tidak Ada
Film Yesus dalam bahasa Rejang : Tidak Ada
Siaran radio pelayanan dalam bahasa Rejang : Tidak Ada

Pokok Doa:

  1. Berdoa khusus untuk 47 orang yang telah mengenal Kristus, agar iman mereka semakin bertumbuh. Doakan supaya mereka dapat menjadi saksi-saksi-Nya di tengah-tengah lingkungan mereka.

  2. Doakan adanya lembaga-lembaga pendidikan informal dan pelatihan khusus dengan biaya yang bisa terjangkau oleh anak-anak muda Rejang, sehingga dapat menolong mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

  3. Ada guru-guru agama Kristen yang terbeban dan bersedia mengajar anak-anak Kristen Rejang yang belajar di sekolah negeri.

Sumber: CD-ROM SABDA

e-JEMMi 05/2001