Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.33 Vol.04/2001 / Suku Pasemah (Sumatera Selatan)

Suku Pasemah (Sumatera Selatan)


Suku Pasemah, sebagian tinggal di wilayah propinsi Sumatera Selatan, lainnya tinggal di Bengkulu. Daerah pusat kediaman suku Pasemah di sekitar kawasan gunung berapi yang masih aktif, gunung Dempo.

Suku Pasemah merupakan orang-orang yang penuh semangat dan antusias. mereka memegang peranan penting di bidang politik Sumatera Selatan dan memegang peranan utama dalam kepemimpinan penting di berbagai departemen pemerintah dan lembaga pendidikan di Bengkulu. Pertanian merupakan pusat kegiatan ekonomi mereka, dan tiga masa panen utama mereka adalah beras, karet, dan kopi.

Di dataran tinggi Pasemah ada 26 situs dengan batu pahatan, kuburan, dan stupa-stupa yang dianggap suci sejak sebelum 100 Masehi. Orang Pasemah masih menggunakan patung pahatan besar untuk tempat sumpah suci penebusan, memanggil arwah leluhur untuk menganugerahkan berkat dan untuk mencegah nasib sial. Kuil Megalitik merupakan obyek dari perayaan keagamaan dan tempat bernazar (sumpah).

Salah satu kebutuhan pokok mereka adalah pelayanan dan perawatan kesehatan yang lebih baik. Selain itu, suku Pasemah membutuhkan pengadaan teknologi dan latihan keterampilan dasar guna mengelola hasil-hasil pertanian agar lebih maksimal.

Populasi : 650.000 jiwa
Bahasa : Melayu: Pasemah
Anggota Gereja : 50 orang
Alkitab : Tidak Ada
Film Yesus : Tidak Ada
Radio : Tidak Ada

Pokok Doa:

  1. Masih banyak orang-orang dari suku Pasemah yang belum mengenal Yesus. Karena itu, mari kita mendoakan program-program PI yang saat ini kemungkinan sedang dirintis, seperti program penginjilan radio dalam bahasa Pasemah.

  2. Doakan adanya lembaga/orang yang tergerak untuk menerjemahkan Alkitab dalam bahasa Pasemah.

  3. Doakan agar pemerintah setempat memerhatikan dan mengusahakan pemenuhan kebutuhan suku Pasemah di bidang kesehatan dan teknologi pertanian.

Sumber: CD-ROM SABDA

e-JEMMi 33/2001