Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.23 Vol.04/2001 / Suku Palembang (Sumatera)

Suku Palembang (Sumatera)


Palembang merupakan kota dengan pendapatan perkapita paling tinggi di seluruh Indonesia. Lokasinya di tepi sungai Musi, propinsi Sumatera Selatan. Kelompok suku Palembang memenuhi 40-50 persen daerah kota atau 12 juta orang. Suku Palembang dibagi dalam dua kelompok: Wong Jeroo merupakan keturunan bangsawan/hartawan dan Wong Jabo adalah rakyat biasa. Seorang yang ahli asal usul orang Palembang mengakui bahwa suku Palembang merupakan hasil dari peleburan bangsa Arab, China, suku Jawa, dan kelompok-kelompok suku lainnya di Indonesia.

Orang Palembang umumnya beragama Islam. Mereka memegang teguh semboyan "sondok piyogo" yang maksudnya adalah: Adat dipangku, syari'at dijunjung, artinya. Meskipun mereka sudah mengecap pendidikan tinggi, mereka tetap mempertahankan adat kebiasaan suku Palembang.

Yang mereka butuhkan adalah lapangan pekerjaan karena pengangguran menjadi masalah bagi orang Palembang. Mereka dikenal sebagai orang yang sulit/tidak mau melakukan pekerjaan kasar. Para pemimpin di Palembang khawatir akan kemerosotan kebudayaan karena perubahan yang begitu cepat akibat modernisasi.

Populasi : 624.600 jiwa
Bahasa : Melayu Palembang
Anggota Gereja : 25
Alkitab : Tidak Ada
Film Yesus : Tidak Ada
Radio : Tidak Ada

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk pelayanan di antara orang-orang Palembang, agar Allah menyiapkan hati mereka untuk mendengarkan berita Injil.

  2. Berdoalah untuk organisasi/lembaga Kristen yang ada di Palembang agar mereka dapat melayani dengan sepenuh hati dan tenaga.

  3. Berdoalah bagi penerjemahan Alkitab dalam bahasa Palembang, agar orang Palembang dapat menikmati Alkitab dalam bahasanya sendiri.

  4. Doakan untuk tersedianya lapangan pekerjaan yang cukup agar angka pengangguran dapat ditekan.

Sumber: CD-ROM SABDA

e-JEMMi 23/2001