Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.28 Vol.04/2001 / Suku Komering (Sumatera Selatan)

Suku Komering (Sumatera Selatan)


Sebagian besar suku ini tinggal di bagian tenggara pulau Sumatera. Nama Komering berasal dari sungai Komering karena kehidupan mereka sangat bergantung pada sungai itu. Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar: Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja.

Mata pencaharian mereka pada umumnya adalah bertani dan berdagang. Mereka cenderung menanam padi dan kopi, karena tanah di mana mereka tinggal umumnya berpaya-paya dan tanah datar yang cocok untuk penanaman padi. Karet dan kayu gelondongan juga penting untuk perekonomian mereka. Hasil panen mereka umumnya dijual di pasar setempat atau di toko-toko. Kehidupan mereka cukup keras dan pendapatan mereka rendah; banyak anak harus meninggalkan sekolah mereka supaya bisa bekerja dan membantu menambah penghasilan keluarga.

Sebagian besar rumah orang Komering terletak di sepanjang sungai Komering dan terletak di atas tiang yang tinggi untuk menghindari banjir pada waktu air sungai meluap. Rumah mereka hanya boleh terdiri dari satu kamar tidur dan satu ruang keluarga yang besar. Lantai dan dinding terbuat dari kayu atau bambu yang diratakan. Atap rumah adalah genteng yang terbuat dari tanah liat atau atap lalang terbuat dari semacam daun palem.

Suku Komering memiliki kepercayaan yang kuat pada tahayul dan roh-roh. Dukun-dukun sering dipanggil untuk menyembuhkan orang sakit atau untuk mengusir setan. Karena ketakutan mereka akan roh-roh jahat, mereka hidup sangat jujur.

Kebutuhan fisik orang Komering masih banyak, sebab sepertiga dari orang Komering hidupnya masih tergolong miskin dan membutuhkan perawatan kesehatan dan air bersih. Rumah mereka kebanyakan rusak dan sangat sedikit kesempatan bagi anak-anak orang Komering untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Populasi : 800.000 jiwa
Bahasa : Komering
Anggota Gereja : 65 (0,01 persen)
Alkitab : Dalam proses
Film Yesus : Ada
Radio : Ada

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar hati suku Komering disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara, sehingga mereka dapat menerima dan merasakan kasih itu

  2. Doakan proses penerjemahan Alkitab dalam bahasa Komering, agar dapat segera diselesaikan, sehingga dapat menolong suku Komering untuk semakin mengenal Allah.

  3. Berdoa untuk pemenuhan kebutuhan fisik bagi suku Komering terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan hidup, kesehatan, dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan bagi anak-anak.

Sumber: CD-ROM SABDA

e-JEMMi 28/2001