Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No. 03 Vol.19/2016 / Suku Kashmir di Pakistan

Suku Kashmir di Pakistan


Pendahuluan/Sejarah

Suku Kashmir hidup di Kashmir, suatu wilayah menakjubkan yang terletak di sebelah Barat Pegunungan Himalaya, di sebelah Barat Laut India dan Timur Laut Pakistan.

Sayangnya, wilayah ini merupakan wilayah yang sangat disengketakan. Wilayah ini telah menjadi medan pertempuran antara India, Pakistan, dan China sejak terpisahnya India dan Pakistan pada 1947. Ketika India dan Pakistan terpisah, Kashmir diberi pilihan untuk berpihak pada salah satu dari kedua negara tersebut. Karena kelompok yang berkuasa adalah kaum Hindu, mereka memihak pada India. Akan tetapi, kebanyakan masyarakatnya beragama I dan merasa lebih berpihak pada Pakistan. Saat ini, sebagian dari Kashmir dikendalikan oleh India, sebagian oleh Pakistan, dan sebagian yang lain oleh China; dan pertempuran yang sengit masih berlanjut di antara ketiganya. Lebih dari 90 persen wilayah Kashmir adalah pegunungan. Wilayah tersebut mencakup Pegunungan Karakoram, yang memiliki K2, puncak tertinggi kedua di dunia. Sebagian besar wilayahnya tertutup salju dan gletser sepanjang tahun karena ketinggiannya yang ekstrem.


e-JEMMi_19_03_Suku_kashmir.jpg

Seperti Apa Kehidupan Mereka?

Orang-orang Kashmir tinggal di daerah-daerah pedesaan; kira-kira hanya seperlima yang tinggal di kota. Mereka adalah keturunan imigran Indo-Arya dan secara umum memiliki postur tubuh yang tinggi, berkulit cerah, dan memiliki ciri-ciri orang Asia Tengah.

Sebagian besar orang Kashmir adalah petani. Mereka menanam padi, gandum, jagung, jelai, kacang-kacangan, dan buah-buahan seperti apel, persik, dan aprikot. Danau-danau di Kashmir menyediakan banyak ikan dan kastanye air. Domba, kambing, dan lembu berbulu panjang diternakkan di dataran yang lebih tinggi. Ternak-ternak ini menghasilkan kain "cashmere", kain wol halus yang sangat populer juga di dunia Barat. Kaum pria pada umumnya cenderung berladang, dan kaum wanita biasanya tinggal di rumah dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Karena kebanyakan desa orang Kashmir terletak di daerah-daerah terpencil, maka pesta-pesta perayaan dan ziarah ke pura-pura merupakan saat-saat untuk menyatukan komunitas-komunitas yang ada. Para penduduk desa senang berkumpul di sekeliling api unggun dan berbagi cerita atau balada rakyat. Mereka juga menikmati musik dan tarian. Kriket dan sepak bola merupakan salah satu dari beberapa olahraga favorit mereka.

Keluarga besar umumnya tinggal bersama. Gaya rumah mereka beragam sesuai ketinggian dataran mereka. Di daerah-daerah pegunungan yang terdapat banyak salju, atap-atap rumah berbentuk segitiga dan curam. Rumah-rumah di daerah lembah pedesaan biasanya memiliki tempat penyimpanan untuk gabah, makanan ternak, bahan bakar, kayu, dedaunan, arang, dan kotoran kering. Bahan-bahan tersebut diperlukan ketika musim dingin semakin parah. Rumah-rumah biasanya terbuat dari batu, bata, jerami, dan balok kayu.

Orang-orang Kashmir merupakan masyarakat yang sangat ramah dan suka menjamu tamu-tamunya dengan minum teh. Makanan mereka hampir sama dengan orang-orang India yang lain. Kayu, kotoran, dan minyak tanah merupakan sumber bahan bakar utama untuk memasak.

Selain bercocok tanam, banyak orang Kashmir adalah perajin mebel kayu, karpet wol, dan baju hangat yang andal. Perkembangan industri sangat terbatas di Kashmir, tetapi jumlah hutan kayu dan sungai yang banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan pembangkit listrik tenaga air. Pariwisata juga merupakan industri yang penting meskipun sudah menurun beberapa tahun terakhir karena kekacauan di wilayah tersebut.

Apa Kepercayaan Mereka?

Sebagian besar orang Kashmir adalah orang-orang M Suni yang taat, yang mengikuti kode etik yang ketat. Mereka yakin bahwa Alkitab salah karena bertentangan dengan Al-Quran. Mereka yang berpindah memeluk agama Kristen dipandang sebagai orang-orang yang tidak bermoral dan bobrok; orang-orang Kristen di daerah ini sering dianiaya. Banyak orang Kashmir telah mendengar tentang Yesus Kristus, tetapi mereka memandang-Nya hanya sebagai seorang nabi dan guru.

Pakistan adalah sebuah negara yang didirikan untuk tujuan tertentu, untuk membangun negara yang terpisah bagi kaum M India. Di sana, I bukan sekadar agama; I adalah cara hidup. Kata "Allah" dipercaya memiliki kuasa adikodrati dan digunakan untuk menangkal atau menyembuhkan segala jenis masalah atau penyakit.

Apa Kebutuhan Mereka?

Saat ini, hanya ada sedikit orang-orang Kashmir yang percaya di wilayah ini. Kubu I atas mereka hanya akan dapat dirobohkan melalui doa.

Pokok-Pokok Doa

  1. Mintalah kepada Roh Kudus untuk memberikan hikmat dan dukungan kepada lembaga-lembaga misi yang sekarang ini sedang bekerja di antara orang-orang Kashmir.
  2. Berdoalah agar Allah memberikan keberanian kepada orang-orang percaya Kashmir untuk membagikan Injil kepada orang-orang mereka sendiri.
  3. Mintalah Allah untuk membebaskan orang-orang Kristen di daerah Kashmir dari penganiayaan.
  4. Berdoalah untuk keefektifan film-film tentang Yesus di antara orang-orang Kashmir.
  5. Mintalah agar Allah membangkitkan tim-tim pendoa yang akan mulai meruntuhkan tembok-tembok melalui penyembahan dan doa syafaat.
  6. Berdoalah supaya Allah memberikan kepada orang-orang yang berharga ini pewahyuan tentang siapa Yesus sebenarnya: Tuhan dan Kristus mereka.
  7. Mintalah kepada Tuhan untuk melahirkan gereja Kashmir yang berjaya demi kemuliaan nama-Nya! (t/Odysius)

Sumber: Bethany World Prayer Center

Diterjemahkan dan disunting dari:
Nama situs : Joshua Project
Alamat URL : https://joshuaproject.net/people_groups/12558/PK
Judul artikel : Kashmiri in Pakistan
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 21 Oktober 2015