Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.09 Vol.04/2001 / Suku Jawa Pesisir Lor (Jawa Tengah)

Suku Jawa Pesisir Lor (Jawa Tengah)


Secara geografis, suku Jawa pesisir lor terdiri dari dua bagian: dari Semarang ke barat dengan pusatnya Pekalongan -- Tegal dan dari Semarang ke timur dengan pusatnya Demak -- Kudus. Etnis Jawa pesisir Lor bagian barat terletak di lereng-lereng pegunungan Slamet -- Dieng, yang menghadap ke utara hingga pantai Laut Jawa dari Kendal sampai Brebes. Demikian juga di bagian Timur orang-orang pesisir lor yang berdiam di lereng-lereng pegunungan Kapur Utara dari Demak sampai dengan Tuban.

Orang Jawa santri pesisir lor, dalam hubungan dengan sesama, terlihat :

  1. Berani menyatakan pendapat, walaupun kadang bertentangan dengan pendapat orang tua.

  2. Berbicara apa adanya dan terus terang, ya atau tidak.

  3. Terbuka walau ada isu yang peka.

  4. Mengungkapkan keyakinannya dengan perbuatan dan emosi, bukan hanya kata-kata semata.

Umumnya, penduduk Jawa pesisir lor bermata pencaharian di sektor pertanian. Cara pengolahan tanahnya sudah mengikuti pola tanam yang baik, dan sudah didukung peralatan modern. Sektor industripun mengalami perkembangan pesat, baik industri berat maupun industri kecil.

Hampir 100 persen orang Jawa pesisir lor mengaku sebagai umat Islam Sunni, walaupun ada juga sebagian yang mengaku Islam sufi, Kejawen, Kristen, dan Katolik. Mereka masih memelihara upacara-upacara adat dan keagamaan. Praktik okultisme masih dilakukan, demikian juga agama sinkretis Hindu -- Islam.

Untuk meningkatkan penghasilan dari sektor pertanian, suku Jawa pesisir lor membutuhkan lebih banyak lagi bendungan termasuk juga sistem irigasinya yang baik, agar para petani bisa panen lebih dari dua-tiga kali setahun. Kemudian untuk mengurangi jumlah kaum muda yang urbanisasi, dengan mencari pekerjaan di luar daerah, diperlukan lebih banyak lagi pabrik di sekitar kota-kota sepanjang pesisir lor pulau Jawa.

Populasi : 1.860.000 jiwa
Bahasa Jawa : Ngoko Pesisir Lor
Anggota Gereja : 4.200 (0,02 persen)
Alkitab : Ada
Film Yesus : Ada
Radio : Ada

Pokok Doa:

  1. Berdoa khusus untuk 4.200 orang yang telah mengenal Kristus dari suku Jawa pesisir lor, agar iman mereka semakin bertumbuh. Doakan supaya mereka dapat menjadi saksi-saksi-Nya di tengah-tengah lingkungan mereka.

  2. Doakan agar lebih banyak lagi pabrik berdiri di sekitar kota-kota sepanjang pesisir lor pulau Jawa, supaya tidak banyak kaum muda yang berurbanisasi ke kota besar untuk mencari nafkah.

Sumber: CD-ROM SABDA

e-JEMMi 09/2001