Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No. 01 Vol.19/2016 / Suku Bade di Nigeria

Suku Bade di Nigeria


Suku Bade tinggal di negara bagian Yobe dan negara bagian Jigawa, Nigeria. Sebagian besar penduduknya adalah petani. Namun, mereka biasanya mengerjakan pekerjaan lain selama musim kemarau. Mereka menanam padi-padian sebagai tanaman pokok mereka dan melengkapinya dengan sorgum, jagung, dan kacang tanah. Mereka memelihara domba, kambing, dan beberapa kuda.

Ukuran pemukiman mereka bervariasi, tetapi kebanyakan materi berupa dinding dikelilingi dengan lumpur atau rumah-rumah yang terbuat dari rumput jerami dengan atap berbentuk kerucut. Rumah-rumah ini sangat dingin selama bulan-bulan panas. Lahan pertanian mengelilingi setiap pemukiman.

Kota-kota menjadi tempat pasar lokal yang berada di pusat pemerintahan. Di sana terdapat sekolah lokal dan masjid. Di sebelah masjid terdapat sekolah yang sangat kecil untuk pembelajaran agama.

Rumah tangga (bukan keluarga sendiri) adalah unit ekonomi yang penting. Semakin besar jumlah anggota keluarga, semakin tinggi status sosial yang diberikan kepada kepala keluarga.

Bahasa Bade (yang biasa diucapkan Bede atau Bedde) adalah bahasa West Chadic yang digunakan oleh suku Bade. Terdapat tiga dialek utama orang Bade: Bade Barat, Gashua Bade, dan Bade Selatan. Para penutur sekarang berpindah ke Hausa.

Apakah kepercayaan mereka?

Perpaduan antara animisme dan M. Beberapa takhayul masih dipercayai terkait dengan M. Jimat dan pengasih digunakan di sekitar leher atau di dalam saku untuk berbagai alasan. Ada sebuah jimat yang digunakan untuk menjamin kehamilan yang baik untuk seorang ibu. Alasan yang lain adalah untuk menjaga roh orang mati agar tidak menghantui keturunannya.

Meskipun ada sekian ratus orang percaya di Bade, gereja-gereja di daerah mereka tinggal beribadah dengan menggunakan bahasa Hausa. Tidak ada pengetahuan mengenai organisasi penginjilan secara khusus yang berfokus pada suku Bade dengan strategi perintisan jemaat.

Pokok Doa

  1. Berdoalah kepada Allah untuk memanggil orang-orang yang memiliki keinginan untuk pergi ke Afrika dan mewartakan kasih Yesus kepada suku Bade.
  2. Berdoalah bahwa Allah akan menggunakan sejumlah kecil orang-orang percaya di Bade untuk mewartakan Injil dengan teman-teman dan keluarga mereka.
  3. Mintalah Roh Kudus untuk melembutkan hati orang-orang suku Bade terhadap orang-orang Kristen sehingga mereka dapat menerima Injil.
  4. Mintalah Allah untuk membangkitkan tim pendoa yang akan memulai usaha-usaha perintisan melalui doa syafaat. (t/Hossiana)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Joshua Project
Alamat URL : https://joshuaproject.net/people_groups/10548/NI
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 25 Juni 2015