Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Sebuah Papan Iklan Bagi Kristus

Sebuah Papan Iklan Bagi Kristus


Ada banyak cara untuk menarik perhatian orang supaya mereka tahu bahwa kita adalah pengikut-pengikut Kristus. Perhatikan daftar di bawah ini. Praktikkanlah itu dan sesuaikan dengan cara Anda bersaksi sehari-hari.

  1. DOA.

    Dengan terang-terangan menundukkan kepala di hadapan umum, misalnya pada waktu hendak makan di sebuah rumah makan, membuat orang di sekeliling Anda mengetahui bahwa Anda adalah seorang pengikut Kristus. Tiap orang akan diam melihat kekhidmatan itu. Orang tidak akan mengejek bila Anda mengucapkan terima kasih kepada Allah. Tunjukkan diri Anda sebagai seorang saksi Kristus, misalnya melalui doa pada waktu makan siang maupun pada waktu mengundang teman makan.

    Dr. Paul Gupta, rektor Hindustan Bible Institute, bekas teman sekolah saya, pada suatu hari sedang makan siang bersama saya di rumah makan Clifton. Pada waktu hendak makan kami berdoa lebih dahulu. Dr. Gupta membuka serbannya (ikat kepalanya) dan tanpa malu mengucapkan terima kasih kepada Allah dengan suara yang keras. Ia benar-benar berdoa dengan suara yang keras. Saya membuka mata dan melihat melalui celah-celah jari saya bagaimana orang di dalam rumah makan itu berhenti makan, mendengar doa Dr. Gupta itu. Bahkan para pelayan pun berhenti melayani dan berdiri tidak bergerak. Seluruh ruangan makan menjadi hening. Saya tidak tahu apakah saya sendiri menjadi malu atau terkejut. Mungkin kedua-duanya. Tetapi saya melihat betapa besar pengaruhnya mengiklankan Kristus dengan cara ini.

    Banyak orang datang ke meja kami dan menceritakan kekaguman mereka melihat seorang yang tidak merasa malu untuk bersaksi tentang Juruselamatnya. Beberapa di antara pelayan-pelayan adalah orang Kristen dan mereka berkata bahwa mereka akan lebih banyak bersaksi tentang Tuhan Yesus di dalam pekerjaan mereka. Mereka begitu terdorong melihat contoh keberanian Dr. Gupta. Meja kami menjadi begitu ramai dikelilingi oleh orang-orang yang mengucapkan terima kasihnya kepada Dr. Gupta, sehingga hampir saja kami tidak dapat makan lagi. Tetapi sebaliknya menyenangkan sekali mendengar begitu banyak pembicaraan tentang Tuhan Yesus. Timbul pikiran dalam benak saya, betapa indahnya kalau suatu waktu Tuhan Yesus merupakan bahan pembicaraan pokok dari semua orang Kristen!

    Saya menceritakan pengalaman ini bukan dengan maksud supaya Anda juga akan menjadi suatu tontonan karena doa-doa Anda. Yang saya maksudkan ialah supaya Anda dapat melihat betapa besar pengaruh dari kesaksian semacam ini, dan juga supaya Anda mau membiarkan orang lain melihat Anda berdoa tanpa merasa malu sedikit pun juga. Semakin besar kekhidmatan yang dapat Anda persembahkan, semakin baik. Doa Anda tidak perlu panjang. Roh Kudus akan menggunakan doa itu sebagai suatu kesaksian yang sesuai dengan rencana-Nya.

  2. ALKITAB YANG DIPAMERKAN.

    Jika Anda bekerja pada suatu kantor, sebuah Alkitab dapat diletakkan di atas meja tulis Anda. Jika hal ini kurang tepat, sebuah kitab Perjanjian Baru yang kecil dapat ditempatkan agak menonjol ke luar dari saku kemeja Anda. Ini akan merupakan semacam iklan juga. Jika Anda mempunyai mobil, taruhlah sebuah Alkitab di tempat duduk sebelah depan. Kemudian pindahkanlah Alkitab itu bila ada orang yang hendak duduk di situ.

  3. Dengan pertolongan Roh Kudus hal ini dapat digunakan sebagai pembuka jalan untuk mengajak orang berbicara tentang Tuhan Yesus. Sangat mudah untuk memamerkan secara menyolok sebuah Alkitab di rumah Anda. Membawa sebuah Alkitab ke gereja tidak sama besar pengaruhnya daripada jika Anda membawa dan mengeluarkannya dari tas kantor Anda. Memperkenalkan diri Anda sebagai saksi Kristus melalui Alkitab yang Anda bawa merupakan suatu kesaksian tentang persekutuan Anda dengan Firman Allah yang hidup.

  4. LAMBANG-LAMBANG.

    Piagam, semboyan, panji-panji dan papan-papan nama yang diletakkan di atas meja tulis Anda atau digantung pada dinding rumah dapat merupakan suatu kesaksian pula. Demikian pula gambar atau lukisan tentang Kristus dapat pula merupakan kesaksian yang menarik. Juga almanak dan kartu-kartu nama yang berisi gambar Kristus atau ayat- ayat Alkitab akan merupakan iklan bagi Kristus. Nanti bila Anda menjadi seorang pemenang jiwa, alat-alat tersebut di atas ini akan dapat menciptakan suatu cara yang baik untuk memenangkan jiwa. Ada pula orang yang memakai tanda-tanda atau semboyan-semboyan yang menarik hati di mobil mereka. Misalnya kata-kata berikut: "Anda naik mobil ini adalah atas risiko Anda sendiri, sewaktu-waktu Allah dapat memanggil pulang pengemudi itu", dapat ditulis pada kertas dan ditempelkan pada kaca depan mobil. Seorang pengemudi Kristen akan dapat bertanya kepada penumpang: "Anda cemas membaca tulisan itu?" Dengan demikian sebuah percakapan rohani akan dapat dimulai.

  5. MUSIK.

    Bila radio Anda dipasang pada sebuah pemancar radio Kristen, hal ini akan merupakan pula semacam iklan bagi Kristus. Di kantor sebuah transistor dapat digunakan. Bila Anda bersenandung dan menyanyikan lagu-lagu Kristen, itu pun akan membuat orang mengetahui bahwa Anda seorang pengikut Kristus.

  6. PERLENGKAPAN.

    Pakaian dapat menjadi iklan bagi Kristus. Sebuah cincin atau lencana juga dapat dijadikan sebagai iklan bagi Kristus. Demikian pula penjepit dasi, rantai kunci atau pena yang mempunyai gambar tentang Kristus atau ayat-ayat Alkitab dapat merupakan alat-alat kesaksian.

  7. TRAKTAT.

    Bila Anda memberikan sebuah traktat kepada seseorang, Anda telah memperkenalkan diri Anda sebagai pengikut Kristus. Tetapi ada pula cara lain yang dapat digunakan dengan traktat untuk menarik perhatian orang, misalnya dengan menggunakan traktat yang mempunyai judul yang menarik hati dan membiarkan judul itu terlihat menonjol dari saku kemeja Anda. Pakailah pula kantong-kantong plastik yang menarik untuk menyimpan traktat Anda. Ada orang yang senang mencetakkan ayat-ayat Alkitab pada kartu-kartu namanya. Salah sebuah kartu nama yang menarik hati saya tertulis: "Jika Anda memerlukan pertolongan mengenai kehidupan rohani Anda ... hubungilah ..." dan kemudian dibawahnya dicantumkan nama pemilik kartu nama itu.

  8. KANTOR.

    Sebuah kantor perusahaan dapat dijadikan semacam pos pekabaran Injil bagi Kristus. Pada meja ruang tunggu kantor, Anda dapat meletakkan majalah-majalah Kristen dan sebuah rak kecil tempat traktat-traktat. Bahkan ada pula pengusaha Kristen yang mencantumkan rencana keselamatan dibalik kartu namanya.

    Anda tidak akan malu melakukan hal ini bila Anda tahu bahwa Roh Kudus akan menolong Anda menggunakan kesempatan untuk bersaksi. Jika timbul perasaan malu atau kurang enak pada diri Anda, tentu Anda akan dapat mengatasi keadaan itu dengan pertolongan Roh Kudus.

  9. PERCAKAPAN.

    Perkataan yang diucapkan oleh seseorang kepada orang lain itu sangat berkesan. Roh Kudus dapat menggunakan keadaan-keadaan tertentu ataupun alat-alat kesaksian seperti traktat dan lain- lainnya, tetapi Ia lebih suka memakai manusia untuk bersaksi. Ia senang menggunakan kata-kata yang sederhana melalui mulut seseorang di dalam kesaksiannya dan dengan penuh kuasa membuat kata-kata itu berpengaruh besar di dalam hati pendengarnya. Hal ini adalah menyenangkan Roh Kudus. Saya tidak berbicara tentang suatu percakapan yang telah lebih dulu direncanakan, melainkan tentang percakapan biasa atau kebetulan saja yang tidak mengakibatkan banyak kemungkinan ancaman terhadap harga diri kita, akan tetapi memperkenalkan kita sebagai pengikut Kristus.

    1. Undangan ke gereja-gereja.

      Bila Anda mengajak seseorang datang ke gereja, ini menunjukkan bahwa Anda adalah seorang anggota gereja dan bagi beberapa orang mereka menganggap bahwa orang yang pergi ke gereja itu adalah pengikut-pengikut Kristus.

    2. Penyebutan doa di dalam percakapan.

      Ini juga memperkenalkan kita sebagai orang Kristen. Banyak orang merasa bahwa orang-orang yang berdoa itu adalah orang-orang Kristen. Contoh: Jika ada seseorang di dekat Anda yang selalu mengeluh, Anda dapat berkata kepadanya dengan acuh, "Saya akan berdoa bagi Anda ...." Sikap Anda yang acuh itu tidak membawa ancaman terhadap harga diri Anda, tetapi tawaran Anda untuk berdoa bagi orang itu tentu diperhatikannya. Dengan demikian Anda telah pula memperkenalkan diri Anda sebagai pengikut Kristus.

    3. Pokok-pokok pembicaraan Kristen.

      Seringkali ada kesempatan untuk mengobrol sebentar di tempat pompa bensin, pasar atau tempat- tempat lain. Ceritakanlah tentang gereja Anda atau Sekolah Minggu Anda.

Kita telah membicarakan delapan cara untuk memperkenalkan diri Anda sebagai seorang Kristen. Beberapa di antaranya sesuai dengan kemampuan Anda. Perkembangan yang paling besar adalah melihat melalui pengalaman bagaimana Roh Kudus mulai menolong kita.

Untuk mempraktikkan cara-cara itu, berusahalah melihat bagaimana Roh Kudus bekerja di hadapan mata Anda. Mulailah pula membuat catatan- catatan. Segera setelah orang yang Anda beri kesaksian itu pergi, catatlah kata-kata yang telah diucapkannya. Anda akan merasa heran melihat bagaimana banyak gagasan yang baru akan timbul. Ini berarti bahwa Roh Kudus sedang bekerja di dalam diri Anda.

Kekristenan bukanlah hal yang mudah. Kita dipanggil untuk berbuat sesuatu yang bertentangan dengan keinginan dan kehendak dunia ini. Tugas untuk menyatakan diri kita sebagai pengikut Kristus dapat merupakan suatu tugas yang berat dan menakutkan karena dunia justru menolak Kristus. Itulah sebabnya mengapa bersaksi bagi Kristus itu tidak dapat dilakukan tanpa pertolongan kuasa Allah. Bila kita bersaksi tanpa pertolongan Allah, kesaksian kita akan gagal. Kecuali bila kita mempunyai kesadaran yang sungguh-sungguh tentang hadirat Roh Kudus di dalam hidup kita dan mengetahui melalui pengalaman apa yang dapat dilakukan oleh Roh Kudus bagi kita pada saat akan bersaksi, kita akan menarik diri untuk bersaksi lagi dan akan tetap tinggal diam. Oleh karenanya keberhasilan kesaksian Kristen terletak di dalam hal:

  1. Sadar akan kehadiran-Nya dan kesediaan-Nya untuk menolong kita.

  2. Ketergantungan kita pada pertolongan-Nya pada saat kita bersaksi.

  3. Pengalaman yang bertambah meningkat yang mengajarkan kepada kita bagaimana bergantung kepada-Nya.

Sekarang Anda dapat melihat tujuan yang sesungguhnya dari langkah ini yaitu untuk berhubungan lebih erat dengan Roh Kudus yang menjadi Penghibur kita melalui latihan-latihan yang praktis. Lihatlah bagaimana Ia menggunakan cara Anda "mengiklankan" Tuhan Yesus kepada orang lain. Perhatikanlah bagaimana ia menjadikan Anda seorang yang disenangi oleh orang yang Anda beri kesaksian. Biarlah Roh Kudus mengajar Anda untuk dapat membaca wajah orang sementara Anda sedang bersaksi. Dalam waktu yang amat singkat Anda dan Roh Kudus akan bekerja sama dengan erat sekali dalam bersaksi bagi Kristus. Roh Kudus tidak lagi merupakan suatu doktrin saja, karena sekarang Ia menjadi Sahabat pribadi Anda.

Apakah yang lebih menggembirakan daripada mendapat pengampunan atas segala dosa dan mengalami damai yang sempurna dengan Allah? Tidak ada yang lebih menggembirakan daripada itu. "Tidak ada damai sejahtera bagi orang-orang fasik!" firman Tuhan (Yesaya 48:22). Tetapi sekarang Anda memiliki damai itu. Alangkah indahnya hal itu. Karena itu berpikirlah. Kita bersemangat pada waktu menonton pertandingan sepakbola dan berteriak menyokong kesebelasan kita. Banyak hal yang aneh kita lakukan untuk menyenangkan hati seorang bayi. Jika kita memiliki Tuhan Yesus di dalam hati, itu merupakan hal yang paling indah di dalam hidup kita, apa salahnya kalau kita juga menunjukkan kegembiraan hati kita itu?

Tidak ada salahnya! Anda tahu hal itu. Hanya saja sampai sekarang Anda merasa takut untuk mempertunjukkan kegembiraan hati Anda karena telah memiliki Tuhan Yesus. Tetapi Roh Kudus memungkinkan Anda untuk menyatakan sukacita hati Anda itu. Segera juga Anda akan dapat melihat bagaimana Anda dapat berbicara tentang Tuhan Yesus dengan lincah dan gembira sama seperti bila Anda berbicara tentang baju, rumah, atau liburan. Bekerja sama dengan Roh Kudus akan memudahkan Anda untuk menyatakan sukacita Anda di dalam Tuhan Yesus kepada orang lain. Bukankah ini merupakan hal yang indah?

Catatlah di dalam buku catatan pribadi Anda sekurang-kurangnya sepuluh macam pengalaman bersaksi yang berbeda di mana "papan iklan" Anda diperhatikan orang. Latihlah otot-otot pribadi Anda dan biarkanlah Penghibur kita itu melenyapkan segala ketakutan Anda. Setelah mengalami kesepuluh macam pengalaman ini Anda akan senang dengan pikiran untuk secara terang-terangan menyatakan diri sebagai saksi Kristus.

Roh Kudus akan menolong Anda mendapatkannya sebagai suatu hadiah bagi Anda. Mengapa? "Setiap orang yang mengaku Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah." (Lukas 12:8)

Diedit dari sumber:

Judul Buku : Bersaksi Dengan Mudah
Penerbit : Yayasan Kalam Hidup
Penulis : C.S. Lovett, M.A.
Judul Artikel: Sebuah Papan Iklan Bagi Kristus
Hal : 72-83

e-JEMMi 19/2004