Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.25 Vol.06/2003 / Pontianak

Pontianak


Pontianak adalah salah satu kota besar berdasarkan survey yang dilakukan Urban Mission Indonesia. Pontianak merupakan ibukota propinsi Kalimantan Barat. Kota yang didirikan oleh Syarif Abdurrahman Ibnu Al Habib Alkadrie ini memang beruntung karena terletak di tengah-tengah Kabupaten Pontianak dan dilalui oleh Sungai Kapuas yang menjadi pusat jalur perdagangan dan transportasi propinsi. Selain itu kota ini juga ditunjang oleh fasilitas pelabuhan ekspor terbesar di propinsi Kalimantan Barat.

Kerusuhan sosial tahun 2000 dan 2001 yang berkobar di kota Sambas, menjadikan kota Pontianak sebagai tempat pengungsian. Hal ini membuat wajah kota menjadi kumuh dan ikut meningkatkan kasus kriminal dan sosial. Penyelesaian atau penanganan yang tertunda- tunda terhadap masalah pengungsi akan menjadi bom waktu bagi kota Pontianak itu sendiri.

Di kota ini juga terdapat berbagai sinode gereja. Pertumbuhan gereja (orang percaya) di Pontianak dapat dikatakan cukup, namun kurang memuaskan. Walau banyak "gereja kota" yang hadir selain gereja lokal yang sudah lama ada, namun belum banyak perubahan berarti yang terjadi di dalam kota ini. Dengan hadirnya berbagai organisasi masyarakat Kristen, setidaknya dapat menciptakan sebuah momentum dalam membawa perubahan tersendiri bagi Pontianak.

Sebagai kota air, Pontianak, anehnya tidak memiliki sama sekali hutan kota atau sejenisnya sebagai pusat rekreasi. Sebuah kebun binatang yang didirikan kurang lebih 25 tahun yang lalu untuk menjadi tempat wisata warga kota Pontianak pun jarang diperhatikan.

Bagaimana Anda dapat terlibat dalam pelayanan kota, Anda dapat memulainya dengan mendoakan kota-kota, berinteraksi dengan orang dari kota tersebut bahkan menjadi Hamba Tuhan bagi kota tersebut.

Pokok Doa:

  1. Doakan anak-anak Tuhan yang masuk dan terlibat di dalam pemerintahan kota supaya mereka bisa menjadi terang dan garam. Berdoa dan minta kepada Allah untuk memberikan hikmat kepada aparat pemerintah sehingga mereka bisa secara bijaksana menyelesaikan segala persoalan yang dihadapi.

  2. Berdoa agar para pengusaha Kristen bisa bekerja sama dengan berbagai pihak dan bersatu hati untuk membangun kota Pontianak, misalnya dengan mendirikan sarana-sarana/fasilitas-fasilitas umum, tempat rekreasi, dll..

  3. Doakan pelayanan YWAM Pontianak dan cabangnya, panti asuhan yang ada, pelatihan yang diberikan, dan pengembangan masyarakat.

  4. Berdoa agar Allah melawat kota Pontianak -- setiap rumah dan penduduknya.

Diambil dari:

Nama Buletin : Masah International, Edisi 4/Th.II/2003
Penerbit : Pelayanan Komunikasi dan Informasi YWAM Indonesia, Jakarta 2003
Halaman : 10

e-JEMMi 25/2003