Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are herePi Bagi Suku-Suku Indian

Pi Bagi Suku-Suku Indian


Anak Indian melompat ke tengah jalan yang ramai sambil merenggut secarik kertas warna-warni yang sedang dibagikan. Namun, saat ia melihat kertas tersebut, wajahnya langsung murung. Kertas tersebut penuh titik-titik kecil yang tidak dipahami maksudnya baik olehnya maupun oleh ayahnya.

Dari satu juta Indian yang berada di negara bagian Oaxaca, sebagian besar penduduknya buta huruf. Di beberapa kelompok suku, sebagian besar penduduknya hanya dapat berkomunikasi dengan bahasa lokal. Bahkan mereka yang berdarah Spanyol hanya memiliki kemampuan baca yang sangat rendah.

Di sekitar pasar kota Tlaxiaco, terdapat lebih dari 100.000 penduduk Mixteca Indian yang terbagi menjadi 15 kelompok suku. Tiga dari ke- 15 suku tersebut tidak terjangkau dan hampir seluruh penduduknya tidak dapat membaca dan menulis.

Para penduduk yang tidak dapat membaca dan menulis ini berkomunikasi dengan bahasa lisan. Ahli bercerita di sana sangat dihargai karena merekalah yang menyampaikan informasi-informasi budaya kepada generasi yang akan datang. Cara-cara efektif untuk melakukan penginjilan di daerah tersebut, biasanya dalam bentuk kaset, film tentang Yesus, buku-buku bergambar, flanel-flanel bergambar, drama, dan cerita-cerita. Semuanya disampaikan dalam bahasa lokal. Materi- materi pemuridan yang diambil dari Alkitab juga disampaikan dalam bahasa yang biasa mereka gunakan.

Naikkan doa pada Tuhan dan minta agar Dia menolong para penerjemah dan para perekam dalam mempersiapkan materi yang sesuai bagi tiga kelompok etnis Mixteca yang tak terjangkau ini. Berdoa juga agar materi-materi yang mereka persiapkan dapat segera sampai ke tangan suku-suku ini dan menyentuh hati mereka.

Sumber: Global Prayer Digest, February 10, 2001