Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are herePetunjuk Bagi Anggota Kelompok

Petunjuk Bagi Anggota Kelompok


Tentu saja anggota kelompok pun mempunyai tanggung jawab. Tugas Anda yang utama dalam setiap studi atau diskusi adalah menyelidiki bahan bacaan dan bersama-sama memikirkan arti dan maksudnya. Jadi, kedatangan Anda ke pertemuan kelompok haruslah disertai dengan harapan untuk belajar dan memperoleh pengatahuan baru. Datanglah dengan kerendahan hati untuk mendengarkan dan membagi diri dengan anggota yang lain. Datanglah dengan ketetapan hati untuk mengubah dan diubah. Semakin banyak Anda berpartisipasi, Anda akan dapat semakin menikmati pertemuan tersebut.

Partisipasi para anggota kelompok secara maksimum memang sangat diharapkan. Tetapi, lebih banyak bicara tidaklah selalu menghasilkan kemajuan kelompok, sebab suatu diskusi hanya akan bermanfaat bila bersifat reflektif, yaitu anggota kelompok saling mendengarkan dengan cermat, merenungkan hal-hal yang diucapkan dan kemudian menggabungkan hasil pemikiran bersama mengenai bahan bacaan yang dibahas.

Anda menggabungkan diri dengan teman-teman Anda serta pemikiran-pemikiran mereka, bila Anda menambahkan, mengembangkan, menanyakan, mengkoreksi (dengan bijaksana), menjelaskan atau memperkuat apa yang mereka katakan. Anda memberikan konstribusi, bila Anda melontarkan suatu pendapat baru dan bila Anda mengajukan pertanyaan yang relevan untuk meminta keterangan, penjelasan atau pemikiran yang lebih mendalam. Kadang-kadang Anda juga dapat membantu teman Anda untuk memperbaiki atau merumuskan kembali suatu pertanyaan yang sulit atau kaku. Kembangkanlah kepekaan terhadap teman-teman Anda bantulah meredakan ketegangan-ketegangan yang mungkin terjadi.

Ciri suatu diskusi yang baik adalah bila anggota kelompok melontarkan kata-kata "Saya mempunyai pendapat lain mengenai hal ini" atau "Saya benar-benar tidak mengerti. Dapatkah Anda menjelaskannya dengan cara lain?" atau "Saya pikir, barangkali si penulis mempunyai maksud lain" atau "Hal yang membingungkan saya mengenai ayat ini adalah . . ."