Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Penginjilan Anak: Sentuhlah Hidup Anak-Anak untuk Kekekalan

Penginjilan Anak: Sentuhlah Hidup Anak-Anak untuk Kekekalan


Diringkas oleh: Kristina Dwi Lestari

Dampak dramatis pelayanan dan penginjilan anak sangat memotivasi gereja dan pelayan anak! Kini, lebih dari 85% orang Kristen menerima Kristus pada usia 14 tahun atau bahkan lebih muda. (Sumber: Child Evangelism Fellowship). Pelayanan anak yang kuat juga merupakan cara yang sangat baik untuk menjangkau seluruh keluarga bagi Kristus.

Kehidupan seorang anak yang dijamah, dapat membawa banyak orang kepada Kristus. Melayani anak-anak dan remaja adalah pelayanan yang sangat bermanfaat. Yesus mengatakan, "... biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku ..." (Matius 19:14). Saat Anda terlibat dalam penginjilan anak dan menjangkau anak-anak, Anda sedang membantu memenuhi amanat Yesus.

Berikut dua belas strategi untuk mengabarkan Injil kepada anak-anak.

Semangat anak-anak dalam penerapan strategi-strategi dan program-program ini akan menciptakan kesempatan yang luar biasa bagi pelayanan dan penginjilan anak. Anak-anak bisa menjadi sangat terbuka terhadap Injil. Yesus sungguh mengasihi anak-anak!

  1. Izinkan dan Dorong Anak-Anak Terlibat dalam Pelayanan

    Anak-anak bukanlah gereja masa depan -- mereka adalah bagian dari gereja yang sekarang. Dengan mengizinkan dan mendorong anak-anak untuk terlibat dalam pelayanan, mereka menjadi sadar bahwa mereka itu penting. Menurut penelitian dan pengamatan, anak-anak yang aktif terlibat dalam pelayanan, kemungkinan besar akan tetap aktif di gereja saat mereka tumbuh dewasa. Ada banyak anak-anak Kristen yang jauh dari Kristus. Namun, saat anak-anak diizinkan, bahkan didorong untuk aktif dalam iman mereka, hal ini menolong mereka membangun hubungan yang kekal dan lebih dalam bersama Kristus.

    Pelayanan di mana anak-anak terlibat harus cocok untuk anak-anak. Namun, mereka juga dapat membantu pelayanan orang dewasa. Misalnya, berdiri bersama para among tamu untuk membantu menyambut jemaat atau membagikan warta gereja. Atau membagikan CD khotbah setelah ibadah. Bahkan, terlibat dalam penginjilan dengan membagikan Injil bersama dengan teman-teman mereka.

  2. Pelayanan Antar Jemput

    Banyak anak mungkin membutuhkan sarana untuk bisa ke gereja. Pelayanan antar jemput dapat membantu anak-anak untuk bisa sampai ke gereja. Banyak orang tua akan mengizinkan anak-anak mereka ke gereja bila tidak menyusahkan mereka. Pelayanan antar jemput akan membuat orang tua lebih mudah dalam mengizinkan anak-anak mereka ke gereja. Pelayanan antar jemput bagi anak-anak bisa menjadi langkah pertama sebelum seluruh keluarga terlibat dalam gereja! Agar penjangkauan anak-anak dapat terwujud, anak-anak harus dapat dekat dengan Anda.

  3. Acara Khusus dan Pesta Liburan - Natal, Paskah, dll.

    Pesta dan perayaan liburan bisa digunakan untuk menjangkau anak-anak. Acara-acara ini bisa diadakan tiap tahun. Banyak orang dewasa yang bisa berbagi pengalaman indah tentang pesta atau perayaan Paskah atau Natal tahunan yang pernah mereka lalui. Dengan mengadakan perayaan Natal atau Paskah yang kreatif, gereja Anda akan menciptakan kenangan-kenangan akan yang terus ada dalam ingatan setiap anak.

  4. Acara Khusus oleh Anak-Anak

    Sebagai ganti sebuah pesta untuk anak-anak, mungkin bisa diadakan program khusus yang dibawakan oleh anak-anak. Meski orang tuanya tidak ke gereja, sering kali mereka akan hadir dalam acara di mana anak-anak mereka terlibat di dalamnya. Acara Natal dan Paskah adalah beberapa dari program yang paling populer untuk pelayanan anak seperti ini. Acara seperti ini juga merupakan strategi penjangkauan anak yang baik, karena melaluinya, anak-anak dapat mengalami kisah-kisah Alkitab secara lebih dekat.

  5. Sekolah Alkitab Liburan dan Kamp Alkitab

    Ribuan gereja memiliki program sekolah Alkitab liburan. Sekolah ini menciptakan suasana menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar Alkitab. Pengalaman positif di gereja tidak hanya memengaruhi anak-anak, tetapi juga mereka. Sekolah seperti ini adalah sebuah cara yang sangat bagus untuk anak-anak mengalami kuasa Injil yang mengubahkan hidup. Sering kali, penginjilan anak adalah sisi alamiah sekolah Alkitab liburan. Selain itu, sekolah seperti ini juga membantu orang tua atau pengasuh anak untuk dapat beristirahat selama beberapa hari dari tugas rutin mengasuh anak.

    Kamp Alkitab sering kali diperuntukkan anak-anak yang sedikit lebih tua dari peserta sekolah Alkitab liburan. Bisa diadakan selama sehari atau seminggu. Biasanya, kegiatan-kegiatan kamp luar ruangan digabung dengan kegiatan yang melibatkan Alkitab.

  6. Sekolah Minggu

    Sekolah minggu mungkin adalah pelayanan anak yang paling penting di gereja Anda. Sayangnya, dengan semakin populernya kelompok kecil sore hari dan kurangnya perhatian pada sekolah minggu, di beberapa gereja, anak-anak sedikit terlupakan. Gereja yang hanya memberi sedikit penekanan pada sekolah minggu dan lebih banyak memerhatikan kelompok kecil sore hari bagi orang dewasa, harus lebih kreatif dalam menjangkau dan melatih anak-anak dalam firman Tuhan. Sekolah minggu penting bagi pelayanan dan penjangkauan anak. Di abad dua puluh, penginjilan anak sering kali paling efektif dilakukan melalui sekolah minggu.

    Ada banyak bahan-bahan sekolah minggu yang menarik untuk melatih para guru sekolah minggu dan anak-anak. Sekolah minggu adalah tempat yang tepat untuk mengajarkan dasar-dasar Injil kepada anak-anak.

  7. Persekutuan Alkitab Setelah Sekolah

    Gereja Anda bisa lebih terlibat lagi dengan sekolah-sekolah umum untuk menjamah hidup anak-anak. Ada ribuan persekutuan Alkitab setelah sekolah di seluruh pelosok negeri. Persekutuan-persekutuan itu melengkapi pendidikan formal anak-anak dengan prinsip-prinsip Alkitab. Saat anak-anak mempelajari prinsip-prinsip Alkitab, hal ini cenderung berdampak positif terhadap proses belajar mereka di sekolah, membantu mereka membangun kemampuan bersosialisasi, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan keluarga mereka dengan lebih baik lagi. Pertumbuhan kehidupan rohani akan membantu anak-anak dalam banyak bidang kehidupan mereka, termasuk perkembangan keterampilan hidup.

  8. Program-Program Lingkungan Sekitar

    Banyak gereja juga mengadakan program-program di lingkungan sekitar untuk menjangkau anak-anak. Anak-anak diundang dalam persekutuan mingguan. Sering kali, program-program di lingkungan sekitar ini adalah persekutuan Alkitab (lihat atas) yang diadakan di lingkungan sekitar. Dalam persekutuan ini, anak-anak bertemu dengan anak-anak lain, bernyanyi, dan mempelajari Alkitab. Ini adalah pendekatan kreatif dalam melayani anak-anak dan merupakan pendekatan penuh kuasa dalam menginjili anak-anak.

  9. Malam Anak-Anak Mingguan

    Salah satu cara untuk menjangkau anak-anak dan keluarga di komunitas Anda adalah dengan mengadakan "malam anak-anak" (bisa diadakan mingguan, bulanan, atau tiga bulanan). Kegiatan ini bisa memberi kesempatan pada orang tua untuk dapat bebas selama semalam. Di banyak komunitas, ada program "malam anak-anak" sekuler yang menuntut keterlibatan orang tua dalam menjaga anak-anak mereka. Bila gereja Anda dapat menawarkan program "malam anak-anak" yang memungkinkan orang tua untuk bebas dari tugas mengasuh anak selama beberapa saat, hal itu akan sangat baik sekali.

    Anak-anak biasanya menikmati kegiatan-kegiatan, permainan, dan kesempatan untuk belajar lebih dalam lagi tentang Yesus dan Alkitab. Pastikan Anda memiliki cukup relawan jika akan mengadakan acara seperti ini. Orang tua sangat menghargai pelayanan anak jenis ini. Kegiatan ini cenderung menjadi kegiatan yang populer!

  10. Pelayanan Boneka dan Badut

    Pelayanan boneka dan badut adalah cara yang tepat untuk berhubungan dengan anak-anak. Beberapa gereja memiliki acara boneka dan badut khusus atau menggabungkan keduanya dengan kegiatan pelayanan lain. Segmen pertunjukan boneka atau badut yang sesekali disisipkan dalam ibadat utama mingguan akan menunjukkan komitmen gereja Anda terhadap pelayanan anak. Pelayanan seperti ini juga merupakan cara yang tepat untuk menginjili anak-anak atau membawa pelayanan anak di komunitas lokal Anda. Penjangkauan anak seperti ini dapat meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

  11. Gereja Anak-Anak

    Banyak gereja memiliki gedung gereja khusus untuk anak selama kebaktian. Anak-anak diundang untuk menghadiri gereja khusus anak segera sebelum kebaktian dimulai. Ini adalah cara yang sangat baik untuk membuat keluarga-keluarga yang memiliki anak-anak merasa diterima di gereja Anda. Dan lagi, anak-anak menerima pesan dan pelayanan yang memang disediakan untuk mereka. Beberapa anak sangat menyukainya

  12. Program Audio Anak

    Ada program-program audio alkitabiah yang sangat bagus bagi anak-anak, yang dapat digandakan dan didistribusikan. Anda dapat memberikan CD atau kaset itu kepada anak-anak dan/atau keluarga mereka.

Beberapa anak suka mendengarkan audio itu berulang kali. Karena ada yang dikemas dalam bentuk kisah petualangan yang didasari prinsip-prinsip Alkitab. Audio itu juga dapat menjadi bacaan pengantar tidur yang sangat baik. Beberapa audio itu juga cocok untuk menginjili anak-anak.

Gereja Anda juga bisa membuat audio sendiri untuk anak-anak. Mungkin, ada seorang penutur cerita di gereja Anda yang suka mengembangkan cerita anak-anak. Dia bisa merekam beberapa audio untuk anak-anak. Audio seperti ini tidak hanya bermanfaat dalam menjangkau anak-anak, namun juga menunjukkan betapa gereja Anda peduli dengan pelayanan anak. (t/Ratri)

Diterjemahkan dan diringkas dari:

Nama Situs : Evangelism for Church Growth
Alamat URL : http://www.evangelism-for-church-growth.com/child-evangelism.html
Judul Artikel : Child Evangelism -- Touch young lives for eternity with these 12 strategies!
Penulis : Tidak dicantumkan

Dipublikasikan di: http://pepak.sabda.org/penginjilan_anak_sentuhlah_hidup_anak_anak_untuk_kekekalan