Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


TV Kristen SAT-7
TV Kristen SAT-7 dalam bahasa Arab ditonton di semua negara berbahasa Arab, tetapi juga di luar Timur Tengah, misalnya juga di Swedia. Di salah kota kecil 10 orang Arab melalui TV ini percaya kepada Kristus dan mulai satu jemaat baru dalam bahasa Arab. Juga di negara-negara lain di Eropa ada orang bertobat karena menonton SAT-7, Puji TUHAN. Program selain lewat Satelit bisa juga diikuti lewat Internet: www.sat7.com (bahasa Arab) dan www.sat7.org (bahasa Inggris).

Maroko
Maroko (31 juta), Ibukota Rabat (1,4 juta), agama 99% Islam, Katolik 0,3%. Masyarakat bangga bahwa negara mereka merupakan salah satu pusat pelajaran agama Islam di dunia ini.

Aljazair
Aljazair (33,7 juta), Ibukota Algiers (3 juta, Ratusan orang Kristen tinggal di Ibukota), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 70 000 orang. Sebagian besar orang Kristen di negara ini berasal dari suku Berber-Kabile yang tinggal dalam pegunungan. Diharapkan bahwa semua Kristen lokal menjadi terang untuk masyarakat luas. Kegiatan Kristen sangat dibatasi dengan ancaman denda dan penjara yang tinggi.

Mesir
Mesir (75 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Orang Koptik di Mesir merupakan kelompok Kristen terbesar di Timur Tengah. Gereja Koptik sudah berdiri 2000 tahun dan tetap hidup, meskipun ratusan tahun tekanan. Di negara ini hidup satu juta orang pengungsi dari Sudan, mereka dalam keadaan yang prihatin, tidak ada satu hak yang melindungi mereka, pelayanan medis kurang betul, tidak ada sekolah umum buat anak-anak mereka.

Sudan
Sudan (38,5 juta), Ibukota Khartoum (4,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Daerah Dafur - Sudan Barat - sudah menderita karena perang antara pemberontak dan gerombolan Arab, lebih dari 200 000 orang sudah menjadi korban dan paling sedikit dua setengah juta orang sudah mengungsi di negara sendiri atau ke luar negeri, termasuk Chad. Sekarang ini satu kiriman Alkitab tiba di daerah itu. Dahulu orang setempat tertutup terhadap Injil, sekarang ini karena penderitaan mereka menjadi terbuka dan mau mendengar berita Injil. Jawaban doa syafaat.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Karena pengungsi dari Sudan di Mesir menderita, mereka mencoba melarikan diri ke Israel, sudah 350 orang berhasil masuk secara ilegal. Mereka dianggap sebagai pelintas negara dari negara yang bermusuhan lalu dipenjarakan. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95+%, Kristen berbagai aliran 1-2%, 1967 masih 12%). Bagian Barat dikuasai oleh Fatah, Jalur Gaza dikuasai oleh Hamas, Hamas dan Fatah adalah bermusuhan, tidak ada hubungan lagi di antara kedua gerakan. Masyarakat umum baik di Israel maupun di Palestina rindu damai.

Suriah
Suriah (19,5 juta), Ibukota Damaskus (2,5 juta), agama: Islam 87,5%, Druze 3%, Katolik 3,9%, Ortodoks 4,9%, Kristen 0,2%. Juga termasuk 7% aliran Alawi. Aliran Alawi dianggap dari orang Islam sebagai bidat. Satu masalah besar: Sudah 2 juta orang Iraq mengungsi ke Suriah, karena mereka mencari keamanan. Berdoalah, bahwa pemerintahan tidak mengirim mereka kembali.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Sebenarnya orang Kristen memiliki hak untuk berbakti secara bebas, tetapi karena kekerasan dan ancaman sudah tigaperempat orang Kristen melarikan diri dari negara ini. Dahulu pernah ada 650 000 penduduk menjadi anggota salah satu aliran gereja. Jangan berhenti berseru kepada Yesus: Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah mau berhenti, rata-rata setiap hari 120 orang sipil terbunuh, belum dihitung orang militer. Sudah 2,3 juta orang mengungsi ke luar negeri, seperti Jordania, Suriah dan banyak negara lain, karena kekerasan dalam negeri.

Orang Kurdi
Orang Kurdi (4 juta) hidup di bagian Utara di Iraq, agama utama: Islam dalam berbagai aliran, Kristen 200 orang. Puji TUHAN, makin lama orang Kurdi tertarik oleh Injil. Para pemberita Injil memerlukan hikmat, bagaimana membina mereka yang sudah dijamah oleh berita Injil. Daerah otonom Kurdi sampai sekarang cukup aman, tetapi juga sekali-kali sudah ada peledakan bom. Pertikaian antara orang Kurdi dengan Turki belum reda, sudah jatuh korban jiwa di dua belah pihak.

Qatar
Qatar (0,7 juta) Ibukota Doha (0,3 juta), agama: Islam. Orang Islam tidak boleh pindah agama. Hanya satu orang di antara lima penduduk lahir di negara ini, yang lain ada pekerja dari India, Iran, Pilipina, Afrika, Eropa dan negara-negara lain. Sedikit orang Qatar sudah menjadi Kristen, di antara orang asing diperkirakan 8% orang Kristen, mereka boleh berbakti secara bebas.

Yaman
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana`a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, sebagian masih tersembunyi. Doakan pelayanan medis Kristen dalam negara ini, gerak-gerik mereka terbatas, karena kurang aman. 8% dari penduduk mendengarkan radio Kristen dari luar negeri. Ada 60 juta pucuk senjata api di tangan penduduk (jual-beli), ribuan orang pernah ikut perang di Afghanistan, sekarang ini mereka membawa filsafat dari situ. Berdoalah bahwa pemerintah tidak menjadi kendor mengejar teroris dalam negara ini. Di daerah pegunungan masih ada kelompok teroris bergerak. Perjalanan dalam negara ini kurang aman.

Arab Saudi
Arab Saudi (27,6 juta, termasuk 5,6 juta orang asing), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit orang Kristen secara diam-diam. Satu juta orang Pilipina bekerja di negara ini, sebagian besar orang Pilipina adalah orang Katolik. Meskipun percaya kepada Kristus dilarang keras dan dihalangi dengan banyak cara, jumlah orang Kristen bertambah sedikit demi sedikit. Kalau ketahuan seorang Saudi percaya kepada Kristus, ia diancam dihukum mati. Terpaksa mereka harus berbakti secara diam-diam di tempat tersembunyi. Injil Kristus diberitakan lewat kesaksian pribadi, buku, Alkitab, kaset, video, radio, CD, DVD, dan TV satelit. Berdoalah orang Kristen yang dipenjarakan, agar mereka tetap dalam iman akan Kristus, malah memberitakan Injil kepada penghuni lain di penjara. Mempunyai Alkitab sudah dianggap sebagai pidana, kalau ketahuan dipenjarakan. Ada hadiah untuk mereka yang melaporkan kepada yang berwajib kelompok orang yang berdoa bersama dalam nama Yesus. Apakah yang berwajib takut akan doa orang Kristen?

Iran
Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 100 ribu orang, jumlah ini meningkat terus, karena orang kecewa dengan agama mereka sendiri. Para penginjil yang berjalan memberitakan Injil ini memerlukan perlindungan khusus. Majemuk suku bangsa, dari 65 suku bangsa hanya 8 suku mempunyai beberapa orang percaya, yang sisanya masih menunggu kedatangan Firman TUHAN untuk mereka. Ada tugas yang luas yang belum terselesai.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan tahyul. Suku bangsa: Turki 78%, Kurdi 18%, Arab 1,8%, Cerkessen 0,5%, Tatar (5 juta), Zaza (2 juta), dan sekian suku lain. Orang Kristen Injili jumlah bertambah sedikit menjadi 3500 orang. Hanya ada di 15 propinsi dari 80 propinsi ada satu jemaat Kristen, yang biasanya masih kecil. Orang Kristen Turki dan para Hamba TUHAN seterusnya memerlukan dukungan doa syafaat dari umat Kristen sedunia. Ancaman terhadap orang Kristen dan pemberitaan fitnah dan cerita dusta tentang gereja meningkat lagi. Kawanan pembunuh orang Kristen sedang di pengadilan, rupanya masih lama samapai ada vonis. P.T. "Meshur" mempunyai izin resmi untuk mengedarkan PB, Alkitab dan bagian Alkitab di mana saja. Sudah dibuka 70 Depot Alkitab sebagai cabang P.T. "Meshur". "Penerbit Hidup Baru" sudah menerbitkan lebih dari 100 judul buku Kristen di Turki, pergumulan bagaimana semua buku yang sudah diterbitkan bisa sampai ke tangan masyarakat umum. Satu kesempatan yang baik adalah pameran buku umum, di mana Lembaga Alkitab Turki dan penerbit-penerbit Kristen mengambil bagian. Cukup banyak orang mampir di stan dan membeli Alkitab, Perjanjian Baru atau buku-buku Kristen, yang tidak membeli sesuatu paling-paling mendapat satu dua surat selebaran dengan cerita Injil. Masih tetap ada pertikaian antara orang Turki dengan orang Kurdi dan seterusnya jatuh banyak korban jiwa.

Doakan Mauritania (2,6 juta), Tunisia (9,7 juta), Libia (5,6 juta), Lebanon (4,5 juta), Jordania (4,8 juta), Kuwait (2,7 juta), Bahrain (1 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Oman (3 juta), Iran (69 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan, lihat 1 Timotius 2:1-8.