Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan
Azerbaijan (8,5 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8000 orang Azari). Sudah tiga tahun orang bisa menelpon dengan nomor tertentu dan mereka mendengar satu berita Injil selama tiga minet. Dalam upacara tiga tahun mereka mendengar sekian kesaksian dari para pendengar yang diberkati lewat proyek telepon ini. Doakan pelayanan lanjutan di antara orang peminat. Doakan alat komputer dan program harus di-up-grade. Satu media lain ada web-site dengan Firman TUHAN dan banyak bahan Kristiani lain yang bisa membantu mereka yang mencari kebenaran. Semua yang sudah pernah mengirim e-mail sudah mendapat ucapan Natal lewat e-mail, ada beberapa yang berterima kasih atas perhatian ini. Di Inggris ada satu jaringan doa yang mendoakan khusus orang Azari dan pelayanan di antara mereka.

Kirghizstan
Kirghizstan (5,2 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Kel. Pdt. Mex & Josina Gaspersz, WEC: Bapak Mex tetap mengajar sebagai guru komputer di salah satu sekolah, di samping ini ia mengajar bahasa Inggris. Persekutuan tetap diadakan secara rutin di sekian desa. Acara ini tidak bisa diadakan secara bersama, karena tekanan oleh masyarakat. Puji TUHAN, mereka sudah bisa sewa rumah dengan pemanas sentral. Kel. P. Hengkesa, YPPII, memelihara 6 anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos. Ibu Pdt. Heidy Tangkere, YPPII, tetap melayani di jemaat Antiokhia di kota Bishkek. Tolong doakan juga kesehatan Ibu Heidy, bahwa ia terlindungi dari serangan Iblis. Sekarang ini semua pelayan di negara ini menghadapi lagi musim dingin, apa lagi selama bulan Februari dan Maret masih ada banyak salju dan es. Perjalanan lebih sulit dan berbahaya.

Uzbekistan
Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Suku-suku terabaikan: Uzbeki (21 juta), Tajiki (1,3 juta), Kazakhi (1,1 juta), Tatar (0,7 juta), Karakalpak (0,5 juta), Kirghiz (0,3 juta), Turkmen (0,2 juta), dan lain-lain. Negara ini menjadi daulat dari Uni Sovyet pada tahun 1991. Sejak waktu itu negara ini dipimpin Islom Karimov, sebagai orang satu-satunya. Sesuai peraturan ada pidana kalau dikatakan sesuatu melewan presiden. Doakan dia, agar ia bertobat. Kegiatan orang Kristen sangat dibatasi dan ada banyak tekanan dari yang berwajib. Alkitab dan literatur Kristen sangat dibutuhkan, tetapi tidak boleh dicetak. Semua literatur Kristen harus dicetak di Kirghizstan dan secara diam-diam dibawa ke sini.

Tajikistan
Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Hanya 10-15% yang beragama Islam mempraktekkan Islam, biasanya mereka mengikuti semacam kebatinan. Suku-suku terabaikan: Tajiki, Kazakhi, Uzbeki, Kirghiz, dan Tatar. Puji TUHAN, 1992 hanya dua tiga orang Tajiki dikenali sebagai orang Kristen, sekarang ini sudah menjadi 400 orang Tajiki, selain di negara ini, juga ada negara lain. Kel. I & M, O.M. Indonesia, membantu dalam tugas dan pelayanan satu LSM sosial/CADA. Obat bius heroin yang dihasilkan di negara tetangga Afghanistan dibawa lewat negara ini ke Rusia. Bahaya untuk penduduk negara ini.

Kazakhstan
Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 10 000 orang percaya dari suku Kazakhi. Karena negara ini luas betul, masih sangat diperlukan perintis jemaat baru, khusus di kota kecil dan di pedesaan. Sampai kini hampir semua orang percaya dari suku Kazakhi tinggal di kota besar. Pemerintah berjanji mau memelihara HAM. Majalah Kristen anak SCHARAPAT sudah mengedar selama satu tahun dan masuk sampai ke desa-desa terpencil. Pelayanan mahasiswa Perkantas setempat mengadakan satu program "AIDS awareness program", karena masalah AIDS berkembang. Lewat program ini diharapkan para mahasiswa dihindari dari serangan penyakit mati ini.

Turkmenistan
Turkmenistan (4,9 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, dalam sepuluh tahun jumlah orang Kristen Turkmen mulai dari nol menjadi l.k. 500. Suku-suku terabaikan: Turmen, Uzbeki, Kazakhi, Tatar, Azari dan lain-lain. 80% dari negara ini gurun pasir dan gunung, tetapi kekayaan sumber alam (gas bumi dan minyak tanah) tidak dimanfaatkan, maka negara ini tetap miskin. Dalam penginjilan tetap banyak kesusahan!