Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Selatan dan Tenggara

Asia Selatan dan Tenggara


Afghanistan
Afghanistan (30 juta), Ibukota Kabul (3 juta). Agama Islam secara radikal, tidak ada satu agama lain yang diizinkan. Sayang, tetap terus-menerus ada kekerasan, tembak-menembak, pemboman. Jangan berhenti berseru untuk damai dalam negara ini. Doakan masyarakat yang menderita!

Pakistan
Pakistan (160 juta), Ibukota Islamabad (0,9 juta), agama: Islam 97%, Hindu 1,5%, Katolik 0,5%, Kristen 1%. Negara ini sudah melewati banyak kekacauan karena politik, puncak pembunuhan dari pemimpin oposisi Benazir Bhutto. Sesudah itu banyak pembunuhan antara kelompok. Dalam kekacauan juga orang Kristen ikut dihantam, meskipun mereka tidak ada bagian di dalam pertikaian.

India
India (1,2 milyard), Ibukota Delhi (11 juta), Agama: Hindu 81%, Islam 13%, Budhis 0,8%, Sikh 1,1%, Katolik 1%, Kristen 1,5%, dll. 65% dari penduduk bisa membaca, ini merupakan satu tantangan besar untuk menyiapkan literatur dalam puluhan bahasa, agar mereka yang bisa membaca bisa mendapatnya. Biasanya yang tidak bisa membaca mempunyai di keluarga seorang yang bisa membaca dan mereka minta literatur dibacakan. "Undang-undang orang tidak boleh pindah agama" makin diperlakukan dalam negara-negara bagian, sekarang ini di Chattisgarh, Orissa, Madhya Pradesh dan Arunachal Pradesh, lalu Himachal Pradesh yang paling baru. Doakanlah masalah ini!

Di negara bagian Karnataka dua pendeta dan seorang Kristen dipukuli sampai mereka terlukai, sesudah itu mereka dibawa ke stasion polisi dan ditahan, tetapi tidak diberikan pengobatan. Baru sesudah seorang pemimpin polisi datang mereka bisa pergi dan mencari pengobatan.

Di negara bagian Orissa Natal 2007 satu massa orang radikal menghancurkan 165 gedung gereja, 2000 orang yang sedang berbakti dipukuli, enam orang dibunuh, 600 rumah orang Kristen dirusak.

Di negara-negara bagian Uttar Pradesh dan Uttaranchal hidup 173 juta. Gereja Kristus masih kecil betul, hanya 230,000 orang dari seluruh penduduk; sayang di antara mereka 80-90% nominal saja.

Di India bukan main banyak bahasa: Rekaman Injil India mau merekam cerita Injil ke dalam 1200 bahasa dalam negara ini pada tahun 2020. Sudah direkam cerita Injil di 400 bahasa dari 1600 bahasa yang ada dalam negara ini. Masih lebih banyak perekam diperlukan untuk mengerjakan hal ini, mintalah dan doakanlah! Daftar bahasa-bahasa di India: http://globalrecordings.net/country/IN.

Doakan penginjilan dan perintisan jemaat baru di daerah-daerah kumuh oleh Friendship Center India di Mumbai dan di Pune yang dipimpin oleh Bapak & Ibu Pdt. J. & P. Gladstone, (YPPII), www.friendshipcentre.org. Jemaat-jemaat tetap bertumbuh, meskipun ada banyak tekanan dari luar, tahun 2006 dibaptis 700 orang, tahun 2007 300 orang. Tujuan untuk tahun 2008 antara lain: 10 jemaat baru dan 15 penginjil baru dilatih. Dua asrama untuk anak-anak yang terlantar, dengan 48 puteri dan 22 putra. Rencana memperluas kompleks asrama, agar bisa terima sampai 400 anak terlantar.

Bangladesh
Bangladesh (145 juta), Ibukota Dhaka (11 juta, banyak di antara mereka tinggal di daerah kumuh), agama: Islam 87%, Hindu 12%, Animis 0,6%, Budhis 0,6%, Kristen 0,3%, Katolik 0,2%. Bulan November penduduk di negara ini menderita lagi dengan angin keras yang datang dari lautan, 2300+ meninggal dunia, banyak harta benda rusak. Bulan September penduduk sudah pernah menderita luar biasa karena semua sungai banjir, separoh dari negara ditutupi dengan air. Pada tanggal 14.12.2007 sudah tamat 28 mahasiswa dari sekolah tinggi teologia CDC, mereka sudah terjun di lading TUHAN, khusus dalam perintisan. 29 mahasiswa baru sudah mulai pada tanggal 21 Januari.

Nepal
Nepal: (24 juta), Ibukota Kathmandu (0,6 juta), agama: Hindu 80%, Budhis 10%, Islam 4,5%, Kristen 1,9% (l.k. 500 ribu). Sebelum 1960 tidak ada orang Kristen bisa tinggal di negara ini, sekarang ini sudah ada kebebasan agama, tetapi meskipun demikian masih sulit memberitakan Injil kepada masyarakat umum. Seterusnya berdoa, agar persetujuan damai antara pemerintahan dan Maois bertahan. Perlu ada saling pengertian antara semua suku, parpol, pemerintah, dan gerakan Maois. Kel. Sammy dan Phoebe Han, Navigator: Membina orang Kristen agar mereka menjadi melalui kehidupan murni satu saksi hidup. Mereka memimpin kelompok PA buat laki-laki dan wanita, sering anggota kelompok menjadi pembina buat orang lain lagi. Pak Sammy memberi kuliah dalam program Master kepada mahasiswa yang terbaik dalam negaranya. Pertengahan 2008 mereka kembali ke Indonesia dan akan mengajar di universitas asal lagi yang sampai kini mengutus mereka ke Nepal selama 14 tahun. Kel. Dr. Budhi dan Ully, Navigator, akan datang ke Nepal dan akan menggabungkan diri dengan kelompok Navigator setempat. Visa untuk orang asing dipersulit.

Sri Langka
Sri Langka (20 juta), Ibukota Colombo (1 juta), agama: Budhis 71%, Hindu 12%, Islam 8%, Katolik 5,5%, Kristen 1,5%. Suku-suku utama: Singalese, Tamil, Moor. Sejak tahun 2002 sudah terjadi 160 serangan terhadap gedung gereja-gereja. Perang saudara sudah menjadi hangat lagi. Akhirnya lagi ada tembak-menembak dan peledakan bom. Sejak 1983 sudah jatuh 75000 korban jiwa. Anak-anak diculik dan dipaksakan menjadi prajurit di barisan pemberontak. Anak-anak ini menderita luar biasa.

Laos
Laos (6,1 juta), Ibukota Vientiane (0,7 juta), Budhis 58,7%, Animis 33%, tanpa agama 5,1%, Islam 1%, Katolik 1%, Kristen 1%, hanya agama Budhis dan Animis diperbolehkan. Pemerintahan tetap paham komunis, semua agama lain, apa lagi kepercayaan akan Yesus dianggap ilegal.

Kamboja
Kamboja (14,8 juta), Ibukota Phnom Penh (1,5 juta), agama Budhis 85%, Animis 4,3%, Islam 3,9%, Kristen 400 000. Kel. Heryanto & Susie, Navigator, membantu orang miskin lewat salah satu LSM. Kel. Suyatno, Navigator, bisa berinteraksi dengan orang Kamboja dan beritakan Injil kepada mereka di warung Bengawan Solo. Sdr. Heru membantu dalam pelayanan di warung.

Vietnam
Vietnam (86 juta), Ibukota Hanoi (2,3 juta), Ho Chi Minh City (7 juta), tetap paham komunis. Agama Budhis 55%, Katolik 5%, Kristen 0,8 juta. Meskipun orang Kristen dianiaya, tetapi khusus di pegunungan jemaat Kristen bertumbuh. Kuasa TUHAN jauh lebih besar daripada kuasa pemerintah.

Pilipina
Pilipina (87 juta), Ibukota Manila (1,7 juta), agama: Katolik 83%, Islam 8%, Protestant 7,5%, dll. Kel. Pdt. Mekkie Famdale, YPPII, memimpin GKI-P di Manila, anggota jemaat terutama mahasiswa Indonesia yang studi di Manila, karena sebagian besar anggota jemaat mahasiswa sering ada fluktuasi anggota jemaat. Ibu Ria Zebua, OMF, melayani di antara orang Manobo, lewat sekolah umum, seminar, TK, dan memutarkan film. Pelatihan Guru-guru Sekolah Minggu 5 kali berturut-turut. Secara keseluruhan ada 35 peserta. Separoh dari jumlah ini tidak kembali sesudah ikut pelatihan satu kali saja. Dibutuhkan peserta tetap selama 5 kali berturut-turut, supaya materi pelajaran bisa dipelajari seluruhnya. Bck sedang cuti di Indonesia. Doakanlah orang Sama!

Thailand
Thailand (66,2 juta), Ibukota Bangkok (7 juta), agama: Budhis 92%, Islam 4%, Kristen 1,6%. Karena tipuan atau kemiskinan orang terpaksa menjadi pekerja sex. Berdoa, agar TUHAN memanggil orang Kristen yang bisa membantu mereka, agar mereka keluar dari jerat ini. Di bagian Selatan tinggal orang Melayu yang beragama Islam. Di daerah ini Injil tetap diberitakan, meskipun ada kerusuhan yang berdarah. Hampir setiap hari ada tembak-menembak atau peledakan bom. Rekaman Injil Thailand sudah menjalin hubungan dengan suku-suku Chong, Nyaw, Nyeu, Phunoi, Saek, Tonga, Ugong, Mpi, Moken, and Yoy, tahun ini mereka mau merekam cerita Injil ke dalam bahasa-bahasa mereka. Kel. Nara bersyukur kepada TUHAN atas semua perlindungan di tengah-tengah kekurangamanan. Mereka membina orang Kristen di daerah mereka, yang biasanya tinggal di berbagai tempat, agar mereka bisa bertumbuh dalam iman. Orang Kristen sering terisolir.

Timor Leste
Timor Leste (1 juta), Ibukota Dili (50 ribu). Agama: Katolik 90%, Kristen 4%, Islam 1%. Sebagian besar orang Katolik lebih yakin dengan roh-roh arwah daripada Allah, mereka biasanya di rumah ada berhala. Tetap ada ketegangan politik. Di kota Dili sering ada kemalingan dan penodongan. Tolong berdoa bahwa negara ini akan terlepas dari para pengacau. Tim WEC sudah membuka pusat pelayanan anak dan pemuda/i, yaitu Esperanca Projekt. Kakak Thelly melayani dalam Esperanca Projekt. Di dalam proyek ini dilayani anak-anak dan pemuda/i. Sangat diperlukan tambahan tenaga yang mempunyai satu beban memberitakan Injil antara mereka yang masih jauh dari Yesus.

Malaysia
Malaysia (27 juta), Ibukota Kuala Lumpur (2,2 juta), agama: Islam 55%, Budhis 29%, Hindu 7%, Kristen 4%, Katolik 3,5%. 61% dari penduduk adalah orang Melayu, Suku-suku lain: China, Tamil, Iban, Banjar Melayu, Minangkabau, Indonesia, Tausug dan lain-lain. Doakan Kel. Sim memimpin dua jemaat. Kel. Pdt. Seken Bangun menjangkaui orang berasal dari Pilipina, Malaysia, dan Indonesia di Kota Sandakan. Kel. Pabian-Melisa berbeban untuk menjangkau suku-suku terabaikan di Vietnam Rencana mereka tahun ini akan pindah ke Vietnam untuk belajar bahasa Vietnam di situ.