Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereTimur Tengah dan Afrika Utara

Timur Tengah dan Afrika Utara


Lewat Mesjid sering penduduk setempat diperingati jangan terima literatur Kristen, ini mengakibatkan, bahwa makin banyak orang justru mau terima literatur ini, untuk melihat apa itu.

Satu bahan PI bisa melaporkan bahwa tahun 2007 dalam daerah ini 339 jemaat baru dapat dirikan, biasanya hanya kecil dan hanya diam-diam saja. Doakan semua orang percaya, agar mereka tumbuh.

Aljazair
Aljazair (33,7 juta), Ibukota Algiers (3 juta, Ratusan orang Kristen tinggal di Ibukota), penduduk orang Arab 70%, orang Berber 25%, Touareg 3%, agama Islam 99,6%, orang Kristen k.l. 70 000 orang. Sebagian besar orang Kristen di negara ini berasal dari suku Berber-Kabile yang tinggal dalam pegunungan. Orang Kristen berhadapan dengan berbagai tekanan: di media ada berita yang melawan gereja Kristen; sudah ada beberapa persekutuan/jemaat ditutup selama satu tahun. Seorang guru sudah diperhentikan di sekolah, karena dituduh membawa Injil ke sekolah. Lima orang lain diseret ke pengadilan dengan tuduhan penginjilan. Meskipun demikian seterusnya orang Islam bertobat dan terima Kristus, terutama dari suku Berber-Kabile. 70% dari orang Kristen berumur di bawah 30 tahun. Ratusan orang antri untuk masuk gedung mengikuti kebaktian Kristen.

Mesir
Mesir (75 juta), Ibukota Kairo (16 juta), agama: Islam 86%, Koptik 10%, Kristen 0,8%. Gereja Koptik sudah berdiri 2000 tahun dan tetap hidup, meskipun ratusan tahun tekanan. Akhir-akhirnya tekanan terhadap orang Kristen meningkat lagi. Sulit sekali untuk orang yang masuk Islam sesudah itu mereka kembali Kristen, bahwa kartu penduduk dirobah tentang agama. Kalau dirobah ditulis ex-Islam, bukan Kristen. Yang asal Islam menjadi Kristen tidak dirobah kartu penduduknya, hakim memutuskan, dalam hati ia boleh percaya apa pun, tetapi di atas kertas ia tetap Islam. Pada tanggal 25.01-04.02 sudah diadakan satu pameran buku yang besaran, penerbit-penerbit Kristen juga bisa mengambil bagian dalamnya. Mereka bisa menjual ratusan Alkitab kepada orang yang non-Kristen, juga banyak buku Kristen, di samping ini di stan-stan orang Kristen diadakan banyak percakapan tentang iman. Orang Kristen Kairo membantu para petugas penerbit dalam pembicaraan dengan peminat-peminat. Pelayan TUHAN bersaksi dengan berani tentang kebenaran dari Alkitab.

Sudan
Sudan (38,5 juta), Ibukota Khartoum (4,8 juta), agama: Islam 70%, Katolik 5%, Kristen 10%, Animis 15%. Tahun ini dua badan P.I. akan membagikan 250 ribu Alkitab kepada orang Kristen di bagian Selatan, karena dalam perang saudara mereka sudah kehilangan Alkitab mereka sendiri. Puji TUHAN, tekanan terhadap orang Kristen berkurang, khusus di bagian Selatan. Sekarang ini ada percobaan baru untuk orang Kristen, karena ekonomi di bagian Selatan meningkat, ada orang Kristen menjadi kurang aktif di jemaat, karena sibuk dengan hal yang lain, yaitu mencari uang. Tolong tetap mendoakan suku Fur, karena daerah mereka tetap banyak kekerasan dan kekurangan.

Israel
Israel (6 juta), agama: Yahudi 81,4%, Islam 14,5%, Druze 1,6%, Katolik 1,3%, Ortodoks 0,8%, Kristen 0,2%, suku: Yahudi 79%, Arab 20%. Jemaat-jemaat Kristen Injili ada, tetapi dalam negara ini ada banyak oposisi dan tekanan terhadap mereka. Jalur Gaza (1,3 juta), Palestina (3 juta, Islam 95+%, Kristen berbagai aliran 1-2%, 1967 masih 12%). Bagian Barat dikuasai oleh Fatah, Jalur Gaza dikuasai oleh Hamas, Masyarakat umum rindu damai. Sampai kini pembunuh dari pemimpin toko Alkitab di Gaza belum ketemu. Pada tanggal 15 Februari toko buku dan perpustakaan Kristen lain dibom dan ribuan buku hancur. Tujuh keluarga Kristen sudah meninggalkan Gaza, karena berulang kali mendapat ancaman dan yang berwajib mengatakan, mereka tidak sanggup untuk melindungan mereka dari serangan.

Iraq
Iraq (24,5 juta), Ibukota Baghdad (4,8 juta), orang Arab 75-80%, orang Kurdi 15-20%, orang Asyur dll 5%, agama Islam 97% (aliran Syiah 62%, aliran Sunni 35%), Katolik 1%, Ortodoks 0,5%, Kristen 0,05%. Sebenarnya orang Kristen memiliki hak untuk berbakti secara bebas, tetapi karena kekerasan dan ancaman sudah tigaperempat orang Kristen melarikan diri dari negara ini. Jangan berhenti berseru kepada Yesus: Sayang, sampai kini tidak ada tanda bahwa kekerasan berdarah mau berhenti, dikatakan keamanan sudah membaik, tetapi sebenarnya belum baik.

Orang Kurdi
Orang Kurdi (4 juta) hidup di bagian Utara di Iraq, agama utama: Islam dalam berbagai aliran, Kristen 200 orang. Injil tetap diberitakan dengan cara hati-hati. Daerah otonom Kurdi sampai sekarang cukup aman, tetapi juga sekali-kali sudah ada peledakan bom. Kami bersyukur bahwa pertengkaran berdarah antara orang Kurdi dan negara Turki sudah berhenti.

Cryout (teriak) merupakan satu jaringan doa dengan anggota dari seluruh dunia yang mendoakan masyarakat di Suriah, Lebanon, Jordan, dan Iraq. Ikutilah: www.cryoutnow.org.

Yaman
Yaman, (20 juta), Ibukota Sana'a (1,3 juta), agama Islam (62% Sunni, 37% Syiah), 200 orang Kristen, sebagian masih tersembunyi. Negara ini kurang aman, sering ada pembunuhan di antara kelompok keluarga karena balas dendam, misalnya dalam tiga tahun dalam satu desa saja 30 orang terbunuh termasuk wanita dan anak-anak. Ada 60 juta pucuk senjata api di tangan penduduk. Ribuan orang pernah ikut perang di Afghanistan, sekarang ini mereka membawa filsafat dari situ. Di daerah pegunungan ada gerombolan teroris bergerak yang mau menggulingkan pemerintah, sering ada tembak-menembak antara mereka dan tentara. Kelompok ekstrim agama bertambah, mereka menekan masyarakat, lagi masyarakat karena takut mereka secara terpaksa mengikuti aliran mereka dengan berbagai peraturan mereka. Minta damai. Berdoa bahwa pemerintah tidak menjadi kendor mengejar teroris dalam negara ini. Perjalanan dalam negara ini kurang aman, penuh dengan bahaya.

Bahrain
Bahrain (1 juta), Ibukota Manama (0,2 juta), agama Islam (Syiah 65%, Sunni 35%). 62% orang Bahrain, 38% orang asing. Rumah Sakit Kristen setempat sudah berdiri lebih dari seratus tahun, pelayanan medis ini cukup terkenal dan merupakan satu kesaksian yang dihormati. Berdoa, agar pelayanan tidak diganggu oleh apa pun dan TUHAN memberi buah kekal lewat kesaksian sensitive.

Arab Saudi
Arab Saudi (27,6 juta, termasuk 5,6 juta orang asing), Ibukota Riyadh (2,8 juta), agama Islam, sedikit orang Kristen secara diam-diam. Meskipun percaya kepada Kristus dilarang keras dan dihalangi dengan banyak cara, jumlah orang Kristen bertambah sedikit demi sedikit. Kalau ketahuan seorang Saudi percaya kepada Kristus, ia diancam dihukum mati. Terpaksa mereka harus berbakti secara diam-diam di tempat tersembunyi. Satu juta orang Pilipina bekerja di negara ini, diperkirakan 8% dari mereka orang Kristen Injili yang memakai kesempatan untuk memberitakan Injil.

Iran
Iran (69 juta), Ibukota Teheran (8 juta), agama Islam 98%, Ortodoks Armenia 0,2%, Kristen 100 ribu orang, jumlah ini meningkat terus, karena masyarakat umum kecewa dengan agama mereka sendiri. Pemerintah sedang menyiapkan satu undang-undang, di mana orang Islam yang menjadi Kristen diancam dengan hukuman mati. Berdoalah, agar UU ini tidak disahkan. Para penginjil yang berjalan memberitakan Injil ini memerlukan perlindungan khusus. Anak muda Kristen sulit mendapat pekerjaan atau sering kali akhirnya kehilangan pekerjaan ketika kantor tempat mereka bekerja mengetahui mereka orang Kristen. Berdoa agar mereka, meskipun sulit situasi ini, mendapat pekerjaan dan tetap dapat bertahan di tempat pekerjaan mereka.

Turki
Turki (74 juta), Ibukota Ankara (3 juta), Istanbul (10 juta), agama: Islam 99,8% berbagai aliran dan dicampuri dengan berbagai kepercayaan kebatinan, okultisme, dan tahyul. Orang Kristen Turki dan para Hamba TUHAN tetap memerlukan dukungan doa syafaat dari umat Kristen sedunia. Ancaman terhadap orang Kristen dan pemberitaan fitnah dan cerita dusta tentang gereja di media meningkat lagi. Di bagian Timur tetap ada satu pertikaian berdarah antara pemerintah Turki dengan orang Kurdi dan seterusnya jatuh banyak korban jiwa. Sedang dikerjakan revisi PB dalam bahasa Sorani dan penerjemahan PL, karena kurang pekerja kemajuan pelan-pelan saja. Orang Kurdi di Turki memakai bahasa Kurmanji, Injil juga diberitakan lewat radio dan juga lewat INTERNET. Perlu tenaga tambahan yang bisa menyiapkan bahan ini yang akan disiarkan.

Doakan Mauritania (2,6 juta), Maroko (31 juta), Tunisia (9,7 juta), Libia (5,6 juta), Lebanon (4,5 juta), Suriah (19,5 juta), Jordania (4,8 juta), Kuwait (2,7 juta), Qatar (0,7 juta), Uni Emirat Arab (3 juta), Oman (3 juta), Iran (69 juta), agar masyarakat di negara-negara ini dapat kesempatan hidup tenteram dan Injil bisa diberitakan antara mereka dengan jelas, agar mereka bisa memperoleh pengetahuan akan kebenaran dan keselamatan, lihat 1 Timotius 2:1-8.