Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereEropa

Eropa


Ada gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" buat suku-suku terabaikan
di Eropa Barat, pada bulan April 08. Info: ethne@ethne.net - www.ethne.net.

Satu masalah di Eropa: Wanita, sering masih anak muda, dibujuk dari Eropa Timur ke Eropa Barat, sesudah itu ditahan dengan berbagai cara dan dipaksakan bekerja sebagai wanita penghibur.

Jerman
Jerman (82,5 juta), Ibukota Berlin (3,4 juta), agama: Kristen 33%, Katolik 33%, tanpa agama 28%, agama Islam 3,5 juta, yang berasal dari berbagai negara, paling banyak dari Turki. Kel. Jakob Octavianus, YPPII/WEC memberitakan Injil di antara orang imigran dan di Asia Tengah. Kel. Pdt. S. Obadja melayani di Gereja Misi Indonesia (GMI) di Frankfurt. Ada perintisan pekabaran Injil.

KM LOGOS HOPE
KM LOGOS HOPE di pelabuhan Kiel/Jerman. Semua ruangan dalam kapal harus disiapkan, agar kapal ini menjadi cocok untuk pelayanan di pelabuhan-pelabuhan sedunia. Pekerjaan maju, tetapi masih banyak harus dikerjakan. Sudah diselenggarakan konperensi anak muda di atas kapal. Diharapkan kapal bisa layar ke Edinburgh, Skotlandia bulan September tahun ini.

Moldavia
Moldavia (4,2 juta,), Ibukota Chisinau (0,6 juta), agama: Ortodoks 70,4%, Katolik 5,8%, Kristen 3,2%. O.M. sudah membuka pusat kegiatan baru, tetapi hubungan gas belum terpasang, karena itu gedung ini dingin betul dan selama musim dingin hampir tidak bisa dipakai. Ini merupakan pokok doa urgen, bahwa gas akan dipasang. Meskipun sekarang sudah mulai musim semi, tetapi pemanas tetap diperlukan. Pelayanan literatur terhambat, karena buku-buku bahasa Rusia sudah kosong dan buku bahasa Romania (bahasa resmi) kurang persediaan. Bapak Butje L. bersama isterinya, (O.M. Indonesia) terlibat sebagai tata usaha dan dalam berbagai pelayanan bersama tim O.M. setempat.

Bosnia-Herzegovina
Bosnia-Herzegovina (3,8 juta), Ibukota Sarajevo (0,4 juta), agama: Islam 44%, Ortodoks 31%, Katolik 17%, Kristen hanya 1000 orang. Akhir Januari sudah diadakan satu konperensi doa syafaat, yang hadir 130 orang percaya, ini merupakan 13% dari orang percaya negara ini. Di Bosnia-Herzegovina hidup berbagai suku bangsa: Bosnia, Serbia, Kroasia, Roma, dll. Masih diperlukan satu usaha pemberitaan Injil di antara berbagai suku bangsa dalam negara ini. Perlu tenaga! Di antara mereka masih ada rasa bermusuhan pascaperang saudara, perlu kesiapan untuk saling mengampuni dan penyembuhan dari berbagai trauma pascaperang. Perlu tenaga! PB diterjemahkan ke dalam bahasa Bosnia, harap dalam waktu dekat bisa dicetak.

Bulgaria
Bulgaria (7,6 juta), Ibukota Sofia (1,1 juta), agama: Ortodoks 71%, Islam 13%, Kristen 2%, Katolik 1%. Agama Islam: suku Millet (300 ribu) dan Turki (0,9 juta), dua-dua berbahasa Turki, orang Pomak (250 ribu) berbahasa Bulgaria. Orang Ortodoks memberitakan di koran fitnah tentang Kristen.

Rusia
Rusia (142 juta), Ibukota Moskow (10,4 juta), agama: Ortodoks 41%, Katolik 1%, Kristen 0,7%, Islam 15%, Budhis 0,7%, Animis 1%, tanpa agama 31%. Ekonomi makin membaik, tetapi hanya sebagian kecil penduduk bisa menikmati kemajuan. Para penginjil bisa mengunjungi suku-suku terpencil di Siberia bagian Utara selama musim dingin. Karena di musim dingan sungai-sungai tertutup dengan es, karena itu bisa dilewati dengan mobil, jalan-jalan juga keras karena es. Untuk mereka yang berpengalaman bisa ke tempat-tempat yang biasanya tidak bisa dijangkaui, karena jalan-jalan penuh lumpur di musim lain dan sungai-sungai tidak mempunyai jembatan. Meskipun dingin sampai 38 anak-anak dan orang dewasa mendengar berita Injil. Doakan mereka-mereka yang sudah mendengar berita Injil. Di Rusia tinggal 76 suku terabaikan, jumah penduduk dari suku-suku terabaikan bersama 13 juta. Ada 40 suku di Siberia, biasanya mengikuti cara Animisme sebagian masih terabaikan, di Kaukasus Utara ada 40 suku terabaikan, mereka semua beragama Islam, aliran Sufi. Di Siberia di daerah Amursk tinggal suku Nanai, penduduk 12000, agama Animis, Cuma 1% dari mereka sudah percaya akan Kristus. Ada seorang penginjil yang memberitakan Injil keselamatan kepada mereka. Ada yang datang dan bertanya bagaimana bisa dilepaskan dari kuasa dosa. Musim dingin yang lalu lebih dingin daripada biasanya, para pelayan dan penginjil cukup menderita dengan iklim yang kasar. Doakan beberapa proyek penerjemahan Alkitab ke dalam sekian bahasa Kaukasus. Di Rusia direncanakan merintis satu jemaat di antara orang Kurd.