Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAsia Tengah

Asia Tengah


Azerbaijan
Azerbaijan (8,5 juta), Ibukota Baku (2 juta). Agama Islam (sebagian besar aliran Shia) 80%, Kristen 0,1% (termasuk 7-8000 orang Azari). Dari berita Injil selama tiga menit lewat telepon dan web site ada 20 orang mau mengikuti kursus Alkitab on-line. Baru-baru ini seorang buta minta Injil dalam kaset, sesudah ia mempelajarinya, ia minta bahan Kristen buat kawan-kawan, juga tambahan untuk diri sendiri. Sekarang ini di sekolah buta makin banyak orang yang berminat tentang Injil. Tim tidak boleh masuk sekolah lagi, sekarang ini mereka bertemu di salah satu tempat di luar sekolah. Ada lima anak muda laki-laki yang mempelajari satu website dengan Firman TUHAN dan banyak bahan Kristiani lain dalam bahasa Azari, sesudah surat-menyurat lewat e-mail beberapa kali dan sesudah bertemu dengan seorang Kristen mereka sudah terima Yesus sebagai Juruselamat. Dalam upacara tiga tahun "tiga menit lewat telepon" peserta mendengar sekian kesaksian dari para pendengar yang diberkati lewat proyek telepon ini. Doakan pelayanan lanjutan di antara orang peminat. Doakan alat komputer dan program khusus yang harus di-up-grade.

Kirghizstan
Kirghizstan (5,2 juta), Ibukota Bishkek (0,9 juta), agama Islam 78%, Ortodoks 5%, tanpa agama 13%, Kristen 1%, orang Kirghiz asli yang Kristen 5 000 orang. Tahun ini musim dingin lagi dingin betul, malam hari -20° - -30°, siang hari -10° - -20°, libur sekolah diperpanjang, karena ruang kelas meskipun ada pemanas hanya 0°, juga sebagian perusahan diliburkan masalah kedinginan. Sekarang ini sudah musim semi. Di bagian Selatan tinggal cukup banyak orang Uzbeki, Injil diberitakan di antara mereka. Dalam 15 tahun ini 2000 gedung mesjid dibangun, inilah lebih banyak daripada bangunan gedung sekolah. Dari pihak pemerintah orang Injili dianggap bidat. Kel. Pdt. Mex & Josina Gaspersz, WEC: Bapak Mex tetap mengajar komputer dan bahasa Inggris di salah satu sekolah. Persekutuan tetap diadakan secara rutin di sekian desa. Acara ini tidak bisa diadakan secara bersama, karena tekanan oleh masyarakat. Mereka sedang mengurus visa buat anak mereka, Moureen, agar ia bisa meneruskan sekolah di Kanada. Kel. P. Hengkesa, YPPII, memelihara 6 anak asuh dan melayani dalam jemaat Logos. Ibu Pdt. Heidy Tang-kere, YPPII, melayani di jemaat Antiokhia di kota Bishkek. Masalah visa: Dari Department Agama ia mendapat izin pelayanan di gereja untuk satu tahun, tetapi dari kementerian luar negeri ia dapat perpanjangan visa hanya sebulan-sebulan.

Uzbekistan
Uzbekistan (25,3 juta), Ibukota Tashkent (2,2 juta), agama: Islam Sunni 88%, Ortodoks 8%, Kristen 0,3%, yang suku Uzbeki, 10 ribu. Sebagian besar orang Kristen adalah orang Rusia dan Korea, di antara mereka dan orang Kristen Uzbeki ada kecurigaan. Berdoa, agar mereka saling percaya.

Tajikistan
Tajikistan (6,3 juta), Ibukota Dushambe (0,6 juta). Agama Islam 89%, tanpa agama 9%, Ortodoks 1,2%. Kristen 0,03%. Gereja kecil yang bertumbuh. Tahun 1992 hanya ada tiga orang percaya, sekarang ini ada ratusan orang percaya di Tajikistan dan di luar negeri. Satu-satunya toko buku Kristen di negara dicabut izin operasionalnya. Berdoa, agar pintu toko buku ini dapat dibuka kembali.

Kazakhstan
Kazakhstan (15,1 juta), Ibukota Astana (0,7 juta), kota Almaty (1,2 juta), Agama Ortodoks 39 %, Islam 56%, Kristen 2%. 10 000 orang percaya dari suku Kazakhi dalam 40 jemaat, tahun 1991 masih nol. Dalam negara yang luas ini, masih banyak daerah belum dijamah. Perlu jauh lebih banyak orang Kazakhi siap menjadi perintis jemaat di daeah yang masih kosong. Pemerintah berjanji mau memelihara HAM. Satu badan P.I. mengirim tiga sekali seminggu SMS-SMS dengan ayat-ayat Firman TUHAN, khusus kepada mahasiswa yang sendirian di uni sebagai orang percaya, juga orang percaya di daerah yang jauh dari jemaat, orang Kristen yang harus bekerja hari Minggu dll. Banyak orang lewat ini dikuatkan dalam iman mereka. Lewat pelayanan mahasiswa Perkantas setempat makin banyak mahasiswa mendengar berita hidup, ada yang bertobat dan bertumbuh dalam Kristus.

Turkmenistan
Turkmenistan (4,9 juta), Ibukota Ashkhabad (0,4 juta), Agama: Islam 92%, Ortodoks 2%, non-agama 5%, dalam sepuluh tahun jumlah orang Kristen Turkmen mulai dari nol menjadi l.k. 500. Presiden baru sudah pernah memberi janji akan diberikan kebebasan dalam negara, tetapi belum ada kenyataan. Berdoalah jemaat-jemaat yang masih muda dapat bertumbuh dalam imam dan jumlah dan dikuatkan oleh Bapak kita di surga, meskipun ada banyak tekanan dan kesusahan.