Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereAfrika

Afrika


Ada gerakan doa syafaat dari "Gerakan Ethnê ke Ethnê" buat suku-suku terabaikan di Tanzania pada bulan Januari 2010 ,

Mali

Mali (13,5 juta), Ibu kota Bamako (1,2 juta), agama: Islam 80%, Animis 18%, Kristen 1,2%, bahasa: Bambara 40%, Perancis 10%, banyak bahasa lain. Pada hari minggu di radio lokal dibacakan Firman TUHAN, sesudah itu seorang penginjil menjelaskan Firman ini buat para pendengar. Di perpustakaan Kristen di kota Kayes juga ada buku pengajaran untuk vak Jerman dan Inggris. Sekarang ini siswa-siswa yang tidak membeli buku-buku ini bisa datang ke perpustakaan dan bisa mengerjakan pekerjaan rumah (PR) di situ. Di samping ini, mereka juga mendengar berita Injil atau bisa membaca buku Kristen.

Guinea Bissau

Guinea Bissau (1,7 juta), Ibu kota Bissau (0,4 juta), agama Islam 48%, Animis 42%, Katolik 7%, Kristen 2,5%. Bapak Pdt. Titus Dima (WEC), mengajar setiap hari di Youth Center untuk menyiapkan anak muda untuk masa depan mereka. Ada tiga orang dari Amerika, Jerman, dan Selandia Baru menolong dia selama sebelas bulan. Doakan mereka agar dapat menyesuaikan diri dengan situasi setempat dan iklim. Akhir Desember ada kamp muda/i, doakan semua persiapannya. Pdt. Mamadu Camara sudah diangkat sebagai gembala jemaat di Ingore, karena itu beban buat Bapak Titus diringankan. Bulan Desember/Januari Bapak Titus akan ke Singapura dan Indonesia melayani pengobatan. Ibu Ritha M (WEC), bersama satu keluarga sedang mendalami bahasa Pulaar -- bahasa orang Fulakunda. Mereka memerlukan hikmat untuk menentukan strategi dalam menjangkau orang Fulakunda. Ibu Salomi T (WEC), membantu di pusat WEC di kota Bissau sebagai bendahara dan mengurus tamu. Ia tetap berbeban melayani di antara orang Susu dan Nalu. Bulan Oktober yang lalu ia sempat mengunjungi tempat pelayanan sebelumnya dan melihat bagaimana perkembangan pelayanan di situ.

Nigeria

Nigeria (155 juta), Ibukota Abuja (0,5 juta), Agama: Islam 45%, Kristen 28%, Katolik 12%, bidat 11%. Sejak didirikan hukum agama, kelompok tertentu dalam 12 negara bagian di Utara dari 36 negara bagian, berulang kali melakukan serangan brutal terhadap orang Kristen, tetapi juga ada pertikaian antara polisi dengan kelompok fanatik. Beberapa bulan lalu dalam satu pertikaian menelan korban 700 jiwa.

Djibouti

Djibouti (0,9 juta), Negara di Afrika Timur, agama utama Islam. Di antara pengungsi yang berasal dari Ethiopia ada orang Kristen. Berdoalah agar mereka tetap beriman di tengah penderitaan sebagai pengungsi untuk memberitakan Injil di antara orang-orang di Djibouti, agar mereka bertobat.

Tanzania

Tanzania (33 juta), Ibukota Dodoma (0,3 juta), kota lain: Dar es Salaam (3 juta), agama: Islam 32%, Katolik 32%, Kristen 20%, Animis. Kiranya Tuhan menguatkan para pendeta yang sangat bersedih karena dua gereja bulan September 2009 dibakar. Biarlah mereka terus bergantung pada Tuhan.

Kenia

Kenia (40 juta), Ibu kota Nairobi (3 juta), agama: Kristen 39%, bidat 22%, Katolik 22% Animism 11%, Islam 8%. Di daerah perbatasan dengan Somalia ada ketegangan antara suku-suku yang tinggal di situ. Daerah itu juga berbahaya buat pekerja LSM dan orang Kristen yang datang dari luar.

Somalia

Somalia (8,3 juta), Ibukota Mogadishu (1,2 juta), agama Islam. Belum lama seorang Kristen, yang sudah 45 tahun mengikuti Kristus, ditangkap dan dibunuh, serta dikuburkan bersama Alkitab, karena membawa 25 buah Alkitab untuk satu jemaat tersembunyi. Sanak saudara tidak berani menghadiri penguburan, karena takut akan dibunuh. Tembak-menembak di antara suku dan gerombolan pemberontak makin jadi dan banyak orang yang menjadi korban. Seorang Kristen baru-baru ini ditangkap, karena ia meninggalkan agama lamanya. Karena takut akan dibunuh, orang Kristen mencoba mengungsi ke luar negeri.

Eritrea

Eritrea (4,9 juta), agama: Islam 51%, Ortodoks 40%, Katolik 4,6%, Kristen 1,5% (Injili 20.000 orang), Animis. Jangan berhenti berseru, karena ada sekitar 3.000 tahanan Kristen tetap menderita. Pada bulan September, seorang Kristen meninggal dunia dalam tahanan polisi karena infesksi di otak yang tidak diobati. Masih ada enam orang tahanan lain yang mati karena penyakit yang sama.

Ethiopia

Ethiopia (74,3 juta), Ibukota Addis Adeba (3 juta), agama: Ortodoks 57%, Islam 31%, Kristen 20%, Animism 3%. Seorang yang sebelum beragama lain sudah masuk penjara, karena dituduh membagikan Alkitab. Ia terkenal sebagai orang yang beritakan Injil dengan berani. Ia dilaporkan kepada polisi oleh sanak saudara sendiri, karena mereka takut akan ada lebih banyak orang mau menjadi Kristen. Sepasangan suami-istri anggota jemaat gereja Ortodoks di aniaya ketika memutuskan untuk mengikuti Yesus. Mereka dikucilkan, tidak diberi bantuan, dan dipaksa untuk menyangkal iman mereka.

Afrika Selatan

Afrika Selatan (47 juta), kota-kota besar: Pretoria (2 juta), Cape Town (2,9 juta). Bapak Nim dan Ibu Nur sekeluarga cuti di Indonesia sejak 27 November. Satu tim di Afrika Selatan menyiapkan diri untuk memberitakan Injil di antara pemain dan penonton kejuruan dunia sepak bola Juni/Juli 2010. Nim anggota tim ini.