Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Misi Dunia / Nigeria Tahun 2012

Nigeria Tahun 2012


Kelompok Boko Haram menyatakan bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri yang terjadi di negara bagian Plateu, Nigeria.

Menurut laporan kepolisian, pelaku bom bunuh diri itu mengendarai mobil menuju Gereja Kristus di Nigeria (Church of Chrita in Nigeria/COCIN) di kota Jos, pada saat kebaktian penyembahan. Saksi mata mengatakan bahwa sejumlah jemaat gereja terbunuh dan sedikitnya 38 orang mengalami luka-luka. Gereja tersebut adalah tempat beribadah Gubernur Negara Bagian Plateu, Jonah Jang.

Sementara itu, usaha pemboman terhadap cabang lain dari COCIN di negara bagian Bauchi berhasil digagalkan oleh pihak kepolisian. Pihak berwenang menahan delapan orang yang terkait dengan usaha pemboman tersebut, yang terjadi enam jam setelah serangan di kota Jos.

CDN melaporkan bahwa salah seorang dari pelaku ditembak mati dan seorang lagi terluka oleh tembakan pihak militer yang bertugas menjaga tempat tersebut, sebelum bom itu meledak dan membunuh penyerang kedua itu.

Boko Haram -- yang jika diterjemahkan secara harafiah berarti "Pendidikan barat adalah haram" -- sedang berusaha menerapkan sebuah versi syariah yang sangat ketat di Nigeria.

Yang menjadi perhatian saat ini adalah bagaimana mengurangi ketegangan antaragama di Nigeria, ketegangan yang sama juga melanda negara bagian yang mempraktikkan hukum syariah di bagian utara Nigeria, yang sering kali mengakibatkan terbunuhnya belasan orang dalam serangan balasan.

Pengamat hak asasi manusia memperkirakan sekitar 5 juta pemeluk agama Kristen berada dalam tekanan yang sangat luar biasa karena iman mereka. (t/Yudo)

Sumber: http://mnnonline.org/article/16877

Pokok Doa:

  1. Berdoalah demi pemulihan keluarga-keluarga Kristen yang mengalami kesedihan dan penderitaan, yang diakibatkan serangan tanpa belas kasihan.

  2. Naikkanlah syukur karena gereja-gereja di Nigeria tetap bertumbuh, sehingga orang-orang Kristen dapat mengekspresikan iman mereka dengan leluasa di tengah tekanan yang besar.

  3. Doakan juga presiden Goodluck Jonathan yang adalah seorang Kristen, agar diberi hikmat untuk memimpin sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama lain.

e-JEMMi 10/2012