Malaysia

Luas 330.000 km2. Terdiri dua daerah yang terpisah: Semenanjung Malaysia (SM) dan Malaysia Timur (MT) yang terdiri dari daerah Sarawak dan Sabah.

Jumlah Penduduk: 19.186.000 (1995)

Suku bangsa: Melayu, China, India (Tamil, Panjabi, Malayali, Telugu), Indonesia, Filipina, Inggris, Thailand, Myanmar, Srilangka, Pakistan, dan Vietnam.

Bebas buta huruf 73 persen.

Bahasa nasional: Bahasa Melayu.

Jumlah bahasa: 145.

Bahasa dengan Kitab Suci: 12 Alkitab, 10 PB, 13 bag.

Ibu kota: Kuala Lumpur 1.475.000.

Penduduk perkotaan 38 persen. Sebagian besar orang China dan India.

Ekonomi Malaysia mengalami pertumbuhan pesat sejak kemerdekaan melalui perkembangan usaha perkayuan, minyak, pertambangan, pertanian, dan industri. Perkembangan tersebut menarik begitu banyak orang pendatang gelap dari negara miskin di sekitarnya. Pengangguran 8 persen. Hutang per orang US $ 904. Pendapatan per orang US $ 2.230 (hanya 10 persen dibanding USA).

Merdeka dari Inggris pada tahun 1957 sebagai Federasi Melayu. Tahun 1963 Sabah dan Sarawak bergabung untuk membentuk Malaysia, sebuah federasi yang terdiri dari 13 negara bagian, berbentuk kerajaan berdasarkan undang-undang. Pada tahun-tahun terakhir ini orang Melayu yang berkuasa dalam bidang politik, berusaha memperluas pengaruhnya atas orang-orang (non-Melayu yang merupakan separuh dari penduduk) khususnya dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan agama. Tumbuhnya kekuasaan partai politik fundamentalis Islam telah menimbulkan pertentangan lebih lanjut dalam negara ini, dengan ketegangan antar suku dan antar agama.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar ada kerukunan antar ras dan kebebasan beragama.

  2. Semua orang non-Islam dan khususnya orang Kristen menderita atas terkikisnya kebebasan beragama. Gertakan diskriminasi dan hambatan birokrasi terjadi bukan hanya di SM, tetapi juga di MT. Doakanlah:

    1. Pemulihan kebebasan beragama.

    2. Penghapusan pembatasan terhadap pertemuan-pertemuan orang Kristen.

    3. Persatuan orang Kristen dalam menghadapi penindasan.

    4. Keberanian pemimpin-pemimpin Kristen untuk terus memberitakan Injil.

  3. Pelatihan kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting karena tenaga utusan Injil berkurang. Ada sekitar 16 sekolah Alkitab atau seminari di negara ini (enam diantaranya dari SIB di MT).

  4. Sejak bahasa Melayu dijadikan satu-satunya bahasa nasional, orang Kristen terdesak dalam serangkaian krisis. Doakan untuk penyelesaian dalam hal:

    1. Kebutuhan akan literatur Kristen dalam bahasa Melayu.

    2. Pencabutan larangan terhadap literatur Kristen.

    3. Bahasa yang digunakan dalam kebaktian di Gereja.

  5. Misi lintas budaya masih diperlukan. Doakanlah:

    1. Tenaga asing yang masih tinggal dan perpanjangan visa mereka, dan juga agar semua pelayanan mereka berguna dan agar orang Kristen setempat dapat dipersiapkan dengan baik untuk mengambil alih semua pelayanan.

    2. Orang Kristen Malaysia agar bangkit menerima tantangan misi lintas budaya baik di dalam Malaysia maupun di luar negeri. Doakan gereja di Malaysia agar visi dan misi menjadi kuat.

Bahan diringkas dari sumber:

Judul buku : Doakanlah Asia!
Penulis : Patrick Johnstone
Penerbit : Yakin dan WEC, 1995; WEC International, 2001
Alamat URL : http://www.operationworld.org/

CD-ROM SABDA [Nomor Topik: 18935]

e-JEMMi 47/2001