Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereKembalinya Sang Raja (Wah 21:1-8; 22:6-21)

Kembalinya Sang Raja (Wah 21:1-8; 22:6-21)



"Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman : "Ya, Aku datang segera!" Amin Datanglah, Tuhan Yesus!" (Wah 22:20)


Yohanes telah dibuang ke pulau Patmos di Laut Aegia oleh karena imannya. Tetapi Allah masih terus menerus berbicara kepada gereja-gerejaNya melalui pelayananNya yang setia itu. Dalam kedudukanNya sebagai Raja Agung Yang Kekal, Yesus Kristus menampakkan rangkaian peristiwa sejarah yang terjadi sampai dengan terwujudnya kerajaanNya yang baru. Pada visi yang terakhir, Yohanes melihat suatu pemandangan alam pada masa akhir sejarah yang sangat indah, ketika langit serta bumi yang lama berlalu dan langit serta bumi yang baru tercipta. Itulah tujuan Allah yang terakhir untuk manusia yang telah diselamatkan.

Tentu saja Yohanes menggunakan bahasa manusia untuk melukiskan atau menceritakan kenyataan-kenyataan rohaniah itu, karena hanya bahasa manusialah yang dapat kita mengerti ! Jadi, tafsirkanlah uraian-uraian yang bersifat jasmaniah itu sebagai simbol-simbol saja, dengan mengingat bahwa realitas rohaniah selalu lebih besar daripada simbolnya.

Catatan Mengenai Ayat-ayat:


Wah 21:2 Kota yang kudus, Yerusalem yang baru : Gereja; menyatakan kelangsungan hidup jemaat di antara orang-orang percaya dari Perjanjian Lama dan Baru. Perhatikanlah Wah 21:10-14; 22:14.
Wah 21:2 Pengantin perempuan : Gereja, tubuh Kristus. Perhatikan Wah 22:17.
Wah 21:6 Alfa dan Omega : Huruf-huruf pertama dan terakhir dalam abjad Yunani; sebutan yang dikenakan pada Yesus Kristus sebagai Yang mengawali dan mengakhiri segala sesuatu. Lihatlah juga Wah 1:8,17; 2:2,8; 22:13.
Wah 21:8 Kematian yang kedua : Terpisah selamanya dari Allah. Lihatlah Mat 25:41,46.
Wah 22:14 Mereka yang membasuh jubahnya : mereka yang memandang (Wah 6:11 dan 21:7).
Wah 22:14 Pohon-pohon kehidupan : Lihatlah Kej 2:9; 3:22-24; Wahyu 22:2.
Wah 22:16 Tunas, ............keturunan Daud : Penggenapan dari Yes 11:1 Lihatlah pelajaran 4.
Wah 22:16 Bintang timur yang gilang gemilang : Lambang dari suatu hari yang baru.
Wah 22:19 Kitab nubuat ini : Kitab Wahyu kepada Yohanes.

Aku Menjadikan Segala Sesuatu Baru (Wah 21:1-8)


  1. Bacalah Wah 21:1-8 untuk memeriksa dan membandingkan catatan-catatan di atas. Pengulangan suatu gambaran atau bagian kalimat menunjukkan pentingnya gambaran atau bagian kalimat tersebut. Catatlah istilah-istilah yang disebutkan berulang kali mengenai ide-ide yang serupa yang Anda jumpai dalam bacaan itu.
  2. Jawab: __

    Bagaimanakah hubungan antara Allah dengan manusia di dalam dunia yang baru itu?

    Jawab: __

  3. Dalam gambaran yang amat jelas mengenai dunia baru itu, kita dapat melihat maksud Allah telah terpenuhi untuk manusia. Sebutkanlah gambaran-gambaran yang berbeda tentang Allah yang Anda lihat!
  4. Jawab: __

    Bagaimanakah perbedaan antara dunia baru itu dengan dunia dimana kita hidup sekarang?

    Jawab: __

  5. Kalimat-kalimat manakah yang menggambarkan orang-orang yang memenuhi syarat untuk kehidupan kekal di dalam duniaNya yang baru?
  6. Jawab: __

    Apakah kalimat-kalimat itu menggambarkan tentang diri Anda sendiri? Jika demikian jelaskanlah?

    Jawab: __

    Siapakah yang tidak memenuhi syarat? Apa alasannya?

    Jawab: __

    Aku Datang Segera (Wah 22:6-15,20)

  7. Apakah yang dapat kita pelajari tentang Tuhan Yesus dari ayat-ayat Wahy 22:6-15,20?
  8. Jawab: __

    Fakta apakah yang menonjol tentang Yesus Kristus yang disebutkan berulang kali di dalam bacaan itu?

    Jawab: __

    Subjek-subjek apakah yang dihubungkan dengan masing-masing sebutan dari fakta tersebut?

    Jawab: __

    Bagaimanakah seharusnya pengharapan akan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali mempengaruhi kehidupan Anda secara pribadi?

    Jawab: __

    Datanglah, Tuhan Yesus! (Wah 22:16-21)

  9. Di samping dua pokok utama mengenai saat kedatangan kembali Tuhan kita yang sudah dekat dan pengertian-pengertian morilnya bagi umatNya, masih ada pokok ketiga seperti yang dapat kita lihat pada ayat-ayat Wah 22:16-21. Sebutkan pokok tersebut, yang uraiannya dimulai pada ayat-ayat 6-7, lalu dilanjutkan dengan ayat-ayat 9-10 dan akhirnya mencapai pada ayat-ayat 18-19!
  10. Jawab: __

    Mengapa Tuhan sendiri begitu menekankan hal tersebut?

    Jawab: __

  11. Bila Tuhan kita telah demikian menekankan kepastian dari nubuat-nubuatNya, bukankah orang-orang percaya juga melihat penggenapanNya? Perhatikan ayat-ayat 17-19. Siapakah yang secara bersama-sama mendesak Tuhan Yesus untuk datang kembali ke bumi?
  12. Jawab: __

    Siapa lagi yang diajak untuk bersama-sama memohon kedatanganNya?

    Jawab: __

  13. Sebutkanlah beberapa kebenaran penting tentang Tuhan Yesus dan kerajaanNya serta diri Anda sendiri selama mempelajari rangkaian pelajaran ini!
  14. Jawab: __

    Apakah kebenaran-kebenaran itu telah menguasai diri Anda, sehingga tidak sabar lagi Andapun dapat berkata seperti Yohanes : "Datanglah, Tuhan Yesus"?

    Jawab: __

    Renungan/Penerapan

  15. Bagaimanakah gereja masa kini mungkin juga melakukan kesalahan dengan menambahkan atau mengurangi sesuatu dari nubuat yang terdapat di dalam kitab Wahyu?
  16. Jawab: __

  17. Tumpangkanlah gambaran yang kita lihat pada Yes 11:1-16 (pelajaran 4) diatas gambaran yang terdapat pada ayat-ayat Wah 21:3-7. Dengan melihat hal itu, bagaimanakah sambutan Anda terhadap sang Raja Dunia Baru?
  18. Jawab: __

  19. Apakah yang selanjutnya masih harus dilakukan gereja sebelum pengantin laki-lakinya, Tuhan Yesus, datang kembali? Bagaimanakah seharusnya gereja mempersiapkan diri?
  20. Jawab: __