Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereJuruselamat Bagi Segala Suku Bangsa Bagian Kedua: Kebenaran Yang Diajarkan Yesus

Juruselamat Bagi Segala Suku Bangsa Bagian Kedua: Kebenaran Yang Diajarkan Yesus


Bacaan: Yohanes 17:20-26; Matius 28:16-20

Allah telah memulai rencana-Nya bagi dunia ini ketika Ia berjanji kepada Abraham bahwa Ia akan menjadikan Abraham sebagai berkat bagi segala suku bangsa di bumi ini. Dapatkah saudara merangkum hal-hal utama dari rencana Allah tersebut di dalam satu kalimat?
Jawab: __

Abraham menjalankan tugasnya dengan baik tetapi Israel sering kali gagal menjadi sumber berkat bagi segenap bangsa. Kemudian, dalam pelajaran yang lalu, kita melihat bahwa Tuhan Yesus Kristus merupakan puncak dari rencana Allah. Hanya melalui Dia saja keselamatan itu dapat diperoleh oleh orang-orang Yahudi dan orang-orang yang bukan Yahudi!

Kita telah mempelajari teladan keperdulian yang ditunjukkan Yesus bagi seluruh dunia. Sekarang kita akan melihat apa yang diajarkan Yesus mengenai Misi.

  1. Mengapa Yesus datang ke dunia? Lukas 19:10; Yohanes 3:16; 6:38; Matius 20:28
    Jawab: __
  2. Yesus datang sebagai Yang Diutus dari surga ke dalam dunia. Inilah yang disebut dengan misionaris, yaitu seorang yang telah diutus untuk menye-barkan kabar baik tentang keselamatan. Untuk siapakah keselamatan ini ditujukan? Yohanes 3:14-17
    Jawab: __

    Apakah Yesus menyadari bahwa misi-Nya ini bersifat darurat? Markus 1:35-39; Yohanes 4:33-36; 9:4
    Jawab: __

    Yohanes 4:35 Yesus menunjukkan perhatian kepada orang banyak yang masih menunggu untuk mendengarkan firman Tuhan. Ia mengumpama-kan mereka sebagai ladang yang telah siap dituai. Apakah anda sadar bahwa hingga kini, 2000 tahun kemudian, lebih dari setengah penduduk dunia masih termasuk dalam kategori tersebut? Lebih dari 2.000 suku bangsa yang masih belum memiliki jemaat gereja yang dapat menyampai-kan berita keselamatan kepada mereka. Mereka adalah penduduk bumi yang tersembunyi atau yang belum terjangkau. Sebutkan tiga langkah yang dapat kita ambil untuk menanggapi kenyataan ini.

    Matius 9:35-38 (Perhatikan apa yang dilakukan Yesus, apa yang dirasakan-Nya, dan apa yang diperintahkan- Nya untuk dilakukan oleh para pengikut-Nya)
    Jawab: __

  3. Yesus menawarkan keselamatan kepada orang Yahudi, tetapi sebagian besar menolak-Nya. Mereka menolak untuk menerima Dia sebagai Juru-selamat dan Tuhan mereka. Berkali-kali Yesus menggunakan perumpa-maan mengenai orang- orang yang bukan Yahudi untuk memperingatkan orang-orang Yahudi tersebut akan ketidak-percayaan mereka. Kita telah melihat beberapa contoh mengenai hal ini dalam pelajaran- pelajaran yang lalu (Matius 15:28; Lukas 7:9). Bagaimanakah Yesus memakai orang-orang Niniwe dan Ratu Selatan sebagai contoh? Matius 12:38-42
    Jawab: __
  4. Bagaimanakah Yesus memakai kehidupan Elia dan Elisa untuk mengajar-kan bahwa Allah mempunyai hati seorang misionari? Mereka menjadi berkat kepada suku bangsa mana? Lukas 4:24-27
    Jawab: __

    Bagaimanakah tanggapan orang Yahudi terhadap pengajaran ini? Lukas 4:28-30
    Jawab: __

    Ajaran tersebut, yang mengatakan bahwa setiap orang percaya bertanggung jawab untuk menjangkau bangsa-bangsa lain, tidak begitu diterima pada masa itu dan bahkan sampai sekarang. Mengapa?
    Jawab: __

    Lihat kembali ajaran-ajaran yang ditekankan oleh Yesus mengenai iman seorang perwira yang bukan orang Yahudi didalam Matius 8:5-13. Siapakah yang akan datang dari timur dan barat untuk menghadiri pesta surgawi?
    Jawab: __

  5. Sebelum Yesus disalibkan untuk menanggung dosa manusia Ia berdoa bagi murid-murid-Nya. Ia juga mendoakan semua orang yang akan percaya kepada-Nya melalui pemberitaan murid-murid-Nya, jika anda orang percaya, berarti Ia juga telah mendoakan anda! Ia berdoa agar kita yang percaya kepada-Nya menjadi satu supaya siapa akan mempercayai apa? Yohanes 17:20-23
    Jawab: __
  6. Mengapakah hubungan kita dengan orang-orang beriman lainnya mempunyai arti yang sangat penting?
    Jawab: __

  7. Jika anda diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan terakhir sebelum ajal anda menjelang kepada keluarga dan teman-teman anda, apakah yang akan anda sampaikan?
    Jawab: __
  8. Mengapakah kita begitu menghargai pesan terakhir dari seseorang?
    Jawab: __

    Selama 40 hari terakhir dari kehidupan Yesus di dunia ini, Ia juga beberapa kali memberi pesan-pesan terakhir kepada para pengikut-Nya. Apakah isi pesan tersebut? Matius 28:18- 20; Markus 16:15-16; Yohanes 20:21; Lukas 24:46-49
    Jawab: __

    Sebutkan tujuh kata yang terakhir yang diucapkan Yesus sebelum Ia kembali ke surga? Kisah 1:8
    Jawab: __

    Mengapakah pesan tersebut sangat penting?
    Jawab: __


    Renungan: Apakah anda bersedia dipakai untuk memenuhi permintaan terkahir Yesus tersebut? Jika tidak, apakah alasan anda? Jika ya, gunakan kata-kata lakukan, rasakan, dan perintah yang terdapat didalam Matius 9:35-38 (Lihat pertanyaan bagian terakhir pada nomer satu) dan di dalam doa berikan tanggapan anda kepada Tuhan.