Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2010

Indonesia Tahun 2010


Tahun Baru 2011

Tuhan telah memberikan begitu banyak kesempatan dalam kehidupan kita. Dan rahmat kasih-Nya semakin bertambah dari hari lepas hari. Sudah semestinya kita bersyukur kepada Tuhan, apabila kesempatan itu boleh kita nikmati dan terima sampai saat ini. Kini kita tiba di penghujung tahun 2010. Beberapa hari lagi kita akan menikmati tahun yang baru. Mari kita menata hidup yang lebih baik lagi menyambut hari yang akan datang, supaya kita lebih maksimal dalam melayani Tuhan. Dan yakini bahwa di tahun baru nanti membawa kita untuk lebih menyaksikan dan menerima keajaiban-keajaiban tangan Tuhan yang lebih luar biasa.

Sumber: Publikasi KADOS Edisi 43 Tahun 2010

[Selengkapnya: http://www.sabda.org/publikasi/kados/043/]

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk penyertaan Tuhan sepanjang tahun 2010 dan apa yang sudah Tuhan lakukan dalam hidup kita. Doakan agar di tahun 2011, setiap umat percaya bisa lebih sungguh-sungguh mengasihi Dia.

  2. Doakan para pemimpin yang ada di aras atas, supaya mereka boleh semakin memberikan teladan yang baik bagi rakyatnya di tahun 2011. Doakan setiap program yang masih tertunda di tahun 2010, supaya segera dapat dilaksanakan di tahun 2011.

  3. Di tahun 2011, doakan agar rakyat Indonesia semakin terdidik dalam hidup sebagai warga negara yang bertanggung jawab dan cinta tanah air Indonesia. Berdoa untuk persatuan dan kesatuan antar umat beragama, supaya di tahun 2011 dapat terjalin lebih baik lagi.

  4. Doakan untuk persatuan antar suku di Indonesia, supaya Tuhan menolong para pemimpin untuk memiliki keberanian menjaga perdamaian dengan gigih.

  5. Doakan agar di tahun 2011, setiap gereja Tuhan semakin giat melayani mereka yang belum terlayani, dan semakin mencerminkan kasih Kristus di lingkungan mereka.

  6. Doakan agar terjadi pemulihan atas Indonesia di tahun 2011, sehingga bisa mengembalikan nama baik Indonesia dan meningkatkan kepercayaan di mata Internasional.

  7. Doakan juga agar konflik yang terjadi antara Indonesia dan negara tetangga di tahun 2010 bisa segera terselesaikan dengan baik, sehingga terjalin hubungan yang baik antar negara-negara tetangga.

e-JEMMi 51/2010


Menyambut Natal

Natal telah tiba. Berbagai pernak-pernik Natal telah menghiasi beberapa sudut toko dan mungkin juga ruangan rumah kita. Biasanya menjelang Natal, kita cukup disibukkan dengan berbagai macam kegiatan guna menyambut datangnya hari yang istimewa tersebut. Kita berharap Natal tahun ini tidak hanya akan diisi dengan kegiatan perayaan, tapi biarlah Kabar Baik yang membawa sukacita kekal dan perubahan transformasi hidup, baik untuk diri kita secara pribadi, keluarga, maupun untuk Indonesia, dapat terwujud.

Sumber: Publikasi KADOS Edisi 42 Tahun 2010

[Selengkapnya: http://www.sabda.org/publikasi/kados/042/]

Pokok Doa:

  1. Doakan persiapan Natal tahun 2010, supaya Tuhan memberikan hikmat kepada gereja maupun orang-orang percaya, agar mereka tidak hanya disibukkan dengan berbagai kegiatan perayaan, tetapi boleh ingat dengan arti Natal yang sesungguhnya.

  2. Doakan perayaan Natal di berbagai tempat di Indonesia, agar acara tersebut dapat membawa Berita Sukacita di hati setiap umat percaya dan masyarakat sekitarnya.

  3. Berdoa agar setiap gereja Tuhan dan umat percaya di Indonesia dapat memanfaatkan masa Natal ini untuk membagikan kasih Kristus kepada mereka yang masih terhilang.

  4. Doakan agar Tuhan ikut berintervensi dan memberikan cuaca yang baik sehingga banyak orang bisa menghadiri ibadah Natal tanpa dihalangi oleh cuaca buruk.

  5. Doakan untuk keamanan menjelang perayaan Natal 25 Desember. Berdoa agar Tuhan memberi kekuatan kepada aparat berwajib supaya bisa mengamankan situasi dan menjaga ketertiban jalan.

  6. Berdoa untuk saudara-saudara kita yang tidak dapat merayakan Natal bersama-sama di gereja maupun keluarga, kiranya sukacita Natal tetap dapat hadir di hati mereka.

  7. Doakan Natal tahun ini membawa transformasi dan pengharapan baru bagi Indonesia supaya negara dan rakyat Indonesia dapat hidup takut akan Tuhan.

e-JEMMi 50/2010


Daerah Istimewa Yogyakarta

Wacana tentang kasus keistimewaan justru diluncurkan ketika perhatian pemerintah dan masyarakat DIY sedang tertuju pada upaya rehabilitasi dan konstruksi atas bencana Merapi. Konsentrasipun pecah. Silang pendapat terutama menyangkut persoalan apakah gubernur dan wakil gubernur ditetapkan seperti yang sudah berlangsung selama ini atau harus dipilih secara demokratis. Perdebatan ini tidak hanya menimbulkan silang pendapat di kalangan elite dan pusat kekuasaan, tetapi telah memecah belah masyarakat antar kelompok pendukung dan penentang sistem pemilihan gubernur dan wakil gubernur DIY.

Sumber: Kompas, Rabu, 1 Desember 2010, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar permasalahan ini bisa segera terselesaikan dengan jujur dan bijaksana, sehingga tidak memicu munculnya konflik lain yang sengaja dimunculkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  2. Doakan agar pemerintah bersikap objektif dan memikirkan kepentingan rakyat sehingga terjadi komunikasi yang baik untuk mencari jalan keluar yang menguntungkan masyarakat luas.

  3. Doakan masyarakat Indonesia, terkhusus warga Yogyakarta, agar bisa bersikap bijaksana dan tenang dalam menghadapi persoalan ini, sehingga tidak mudah diprovokasi oleh oknum yang hanya mencari keuntungan pribadi.

e-JEMMi 49/2010



Melonjaknya Harga Beras

Belum lepas ingatan kita dari beberapa bencana yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia, masyarakat kembali dipusingkan dengan lonjakan harga kebutuhan pokok di pasar, khususnya beras. Krisis beras mulai dirasakan di sejumlah daerah. Untuk mengatasi lonjakan harga beras kelas medium yang banyak dikonsumsi rakyat menengah ke bawah ini, pemerintah membuka jalur beras impor dalam jumlah terbatas dan menggelar operasi pasar di sejumlah daerah. Tanpa langkah-langkah ini, harga dikhawatirkan tak terkendali mengingat Indonesia memasuki masa paceklik, sampai panen raya Maret. Belum lagi jika mempertimbangkan mundurnya musim tanam di sejumlah daerah akibat bencana alam dan juga serangan hama tanaman.

Sumber: Kompas, Kamis, 25 November 2010, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk kebijakan yang telah diambil pemerintah untuk mengantisipasi masalah krisis beras di Indonesia. Doakan agar Tuhan terus memberi hikmat dan bijaksana kepada pemerintah dalam mengatur pendistribusian beras ke berbagai daerah dengan baik.

  2. Berdoa agar Tuhan memberikan ketabahan kepada para petani, terutama dengan perubahan cuaca yang tidak menguntungkan dan seringnya gagal tanam dan gagal panen padi.

  3. Doakan agar pemerintah -- baik pusat maupun daerah, bisa memikirkan jenis tanaman pokok lain yang bisa ditanam oleh petani sehingga mereka tetap bisa bertahan hidup dan memiliki pemasukan untuk menghidupi keluarganya.

  4. Doakan juga agar masyarakat Indonesia bersikap bijaksana dan hemat dalam memanfaatkan beras yang mereka miliki.

  5. Berdoa bagi para pedagang beras, untuk tidak menimbun dan berusaha untuk mempermainkan harga yang dapat merugikan negara dan masyarakat umum.

e-JEMMi 48/2010



Korban Tsunami Mentawai

Pengungsi korban Tsunami yang dikonsentrasikan di kilometer 37 Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat, beberapa hari terakhir ini tidak mendapat makan dan minum yang cukup. Salah satu penyebabnya lagi-lagi adalah minimnya koordinasi di lapangan. Di kawasan itu setidaknya ada 500 pengungsi, termasuk anak-anak dan balita. Akibat jumlah konsumsi yang sangat terbatas, maka mereka memprioritaskan anak-anak terlebih dahulu untuk mendapatkan jatah makanan. Itu pun tidak semua anak kebagian. Stok air mineral bahkan habis total. Tak sedikit anak balita yang menangis kelaparan. Mari kita berdoa agar pertolongan datang dari Tuhan saja.

Sumber: Kompas, Jumat, 19 November 2010, Halaman 24

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan menggerakkan masyarakat luas yang mampu memberikan bantuan transportasi kepada para regu penolong sehingga semua bantuan dan kebutuhan makanan bisa sampai kepada para korban Tsunami di Pulau Pagai Selatan dan Kabupaten Mentawai.

  2. Sementara menunggu bantuan dari luar daerah, doakan agar para pengungsi bisa bertahan dan tangan Tuhan terus terulur menolong memelihara dengan kuasa-Nya yang dari atas.

  3. Berdoa bagi para wanita yang bekerja di dapur umum (yang memasak makanan untuk para korban), agar Tuhan memberi hikmat bijaksana sehingga dapat memanfaatkan apa saja yang bisa dimakan untuk mereka dapat bertahan hidup.

  4. Doakan juga agar Tuhan memberi hikmat kepada penduduk setempat untuk terus berusaha membuka jalan bagi pendistribusian bahan pangan ke daerah ini, baik lewat darat, air maupun udara.

  5. Berdoa agar Tuhan menggerakkan hati para pengungsi untuk terus bersemangat dan menjaga kesatuan untuk saling menolong dan mendorong satu dengan yang lain.

  6. Doakan agar hikmat Tuhan mendorong para pengungsi untuk menjaga kebersihan di tempat pengungsian, sehingga bisa meminimalkan penyebaran kuman penyakit.

  7. Berdoa agar di tengah kesempitan dan kesulitan yang mereka hadapi Tuhan terus menghibur dan menguatkan iman mereka.

e-JEMMi 47/2010



Bencana Banjir

Cuaca ekstrem yang ditandai hujan deras, petir, dan angin kencang masih akan mengancam kota Semarang hingga Maret 2011. Cuaca ekstrem akan berdampak lebih parah akibat kondisi sebagian sungai di kota Semarang yang kemampuannya menurun akibat perubahan tata guna lahan di daerah aliran sungai.

Sumber: Kompas, 11 November 2010, Halaman C

Pokok Doa:

  1. Doakan agar masyarakat Indonesia, terkhusus yang bermukim di Semarang bersikap waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

  2. Berdoa agar masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di sembarang tempat, sehingga ketika hujan datang, air bisa mengalir dengan baik.

  3. Berdoa juga agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan pola hidup, guna mencegah timbulnya penyakit yang biasa disebabkan oleh perubahan cuaca.

  4. Doakan agar pemerintah kota agar diberi hikmat untuk segera menyusun rencana guna mengantisipasi dampak dari perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

e-JEMMi 46/2010



Tsunami dan Gempa Bumi di Mentawai

Senin, 25 Oktober 2010 Tsunami berkekuatan 7,2 SR dengan tinggi ombak 7 meter melanda kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 22.00 WIB. Episentrum gempa terletak pada kedalaman 10 kilometer, meluluhlantakan pemukiman, infrastuktur jalan, kapal nelayan, dan bangunan apa saja yang ada di sekitar pesisir. Hingga Rabu, 3 November 2010 sedikitnya 498 warga terluka dan 75 warga hilang, 720 rumah hancur, dan 15.097 warga mengungsi. Pemerintah sejauh ini sudah berupaya meringankan warga korban Tsunami.

Sumber:

  • Kompas, 30 Oktober 2010, hal. 1
  • Kompas, 3 November 2010, hal. 1

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk upaya pemerintah dalam menangani bencana Tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu. Doakan agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah agar penanganan bisa lebih maksimal lagi.

  2. Bersyukur untuk perhatian dan bantuan yang diberikan dari negara lain untuk membantu Indonesia. Doakan agar semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk memberikan bantuan, sehingga korban bisa segera ditolong dan dan lokasi bencana bisa dipulihkan.

  3. Masih banyak pengiriman bantuan yang terhambat karena kendala cuaca dan transportasi. Doakan supaya Tuhan memberikan cuaca yang baik untuk regu penolong bisa sampai di tempat yang membutuhkan. Doakan juga agar pemerintah bersama rakyat setempat dapat menyediakan alat transportasi yang lebih memadai.

  4. Doakan masyarakat Mentawai yang membutuhkan bantuan medis dan logistik tapi belum bisa dijangkau, kiranya Tuhan memberi kekuatan dan perlindungan untuk mereka bisa bertahan sampai bantuan bisa sampai ke mereka.

  5. Doakan masyarakat Mentawai yang kehilangan anggota keluarga mereka, agar Tuhan memberi kesabaran dan penghiburan. Doakan juga untuk pemulihan fisik dan psikis masyarakat Mentawai.

  6. Berdoa untuk gereja-gereja di seluruh Indonesia agar bersatu menyebarkan kasih Kristus melalui bantuan yang bisa diberikan kepada rakyat Mentawai yang menjadi korban bencana. Doakan agar bantuan-bantuan itu bisa sampai kepada yang membutuhkan.

e-JEMMi 45/2010



Gunung Merapi Meletus

Selasa, 26 Oktober 2010, sekitar pukul 18.00 WIB, Yogyakarta dikejutkan dengan meletusnya Gunung Merapi. Hingga Kamis, 28 Oktober 2010 terindentifikasi 32 korban tewas akibat terkena awan panas dan ratusan orang dilaporkan hilang. Sebagian korban yang tewas adalah masyarakat yang tinggal di dalam radius yang berdekatan dengan Gunung Merapi. Minggu 31 Oktober 2010 Gunung Merapi kembali berulah. Erupsi eksplosif terjadi sebanyak tiga kali, yakni pada pukul 14.28, 15.16, dan 15.23 WIB, menyebabkan daerah bahaya akibat letusan semakin meluas sampai radius 10 kilometer dari puncak Merapi. Senin, 1 November 2010, erupsi Gunung Merapi kembali terjadi secara eksplosif untuk keempat kalinya pada pukul 10.03 WIB. Skala letusan semakin kecil dibandingkan tiga letusan terdahulu. Materi vulkanik yang berupa debu, pasir, dan asap solfatara menyebar ke berbagai daerah, mengakibatkan penduduk di beberapa kabupaten kembali panik menyelamatkan diri. Warga yang selamat dari letusan Gunung Merapi telah diungsikan ke beberapa posko pengungsian.

Sumber:

  • Kompas, 27 Oktober 2010, hal. 1 dan 22
  • Kompas, 28 Oktober 2010, hal. 1
  • Kompas, 1 November 2010, hal. 1
  • Kompas, 2 November 2010, hal. 1

Pokok Doa:

  1. Doakan pemerintah pusat maupun pemerintah setempat untuk dapat bertindak dengan efektif dan bijaksana dalam menolong korban bencana.

  2. Doakan untuk kebutuhan air bersih, pangan, obat-obatan, selimut, dll., agar Tuhan memampukan mereka yang bertugas menyalurkan kebutuhan tersebut, sehingga dapat sampai ke tangan yang tepat dan digunakan sebaik mungkin.

  3. Mengucap syukur untuk masyarakat sekitar dan para relawan yang membantu proses evakuasi. Doakan agar Tuhan melindungi dan memberi kekuatan kepada mereka.

  4. Doakan agar Tuhan memberikan cuaca yang baik, sehingga proses evakuasi bisa segera diselesaikan, dan yang belum ditemukan bisa segera ditemukan.

  5. Mengucap syukur untuk petugas medis yang telah menolong para korban yang terluka pada saat Merapi meletus dan yang telah mengidentifikasi korban yang meninggal. Doakan agar Tuhan memberi ketrampilan kepada mereka dalam merawat korban yang masih harus menjalani perawatan medis.

  6. Doakan masyarakat yang selamat dari bencana Merapi, agar bisa segera pulih dari luka fisik dan trauma psikis yang dialami. Doakan juga mereka yang kehilangan anggota keluarga, agar Tuhan memberi ketabahan.

  7. Doakan kebutuhan dana agar pemerintah bersama masyarakat setempat dapat mengelolanya dengan baik sehingga semua pengungsi bisa mendapat perhatian yang selayaknya.

  8. Berdoa juga agar para pengungsi yang tinggal di tenda-tenda sementara dapat saling menghibur supaya terhindar dari kebosanan dan keputusasaan.

e-JEMMi 44/2010



Satu Tahun Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono

Genap satu tahun (Rabu, 20 Oktober 2010) pemerintahan SBY dan Boediono, diwarnai dengan unjuk rasa di beberapa kota di Indonesia. Sempat terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi, namun situasi masih terkendali. Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa, aktivis lembaga swadaya masyarakat, dan buruh tidak sampai berdampak kepada aktivitas politik, ekonomi, dan masyarakat seperti yang diperkirakan sebelumnya. Meskipun pengunjuk rasa memberi penilaian yang kurang terhadap kinerja pemerintah saat ini, namun tidak dapat disangkal bahwa pemerintah cukup berhasil di sektor-sektor lain. Masih banyak tugas yang harus diselesaikan pemerintah untuk menumbuhkan kembali harapan rakyat terhadap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. Dukungan doa kita semua untuk pemerintah akan menjadi sumbangsih yang besar bagi negara kita.

Sumber: Kompas, Kamis 21 Oktober 2010, halaman 6

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk unjuk rasa yang dapat berjalan dengan "tertib" tanpa ada korban jiwa dan gangguan yang berarti. Mengucap syukur juga untuk aparat kepolisian yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

  2. Bersyukur untuk keberhasilan yang sejauh ini telah diraih oleh pemerintah presiden SBY. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan, kesehatan, perlindungan dan hikmat agar pemerintah dapat melakukan tugas-tugasnya dengan lebih baik lagi demi kesejahteraan dan keamanan bangsa Indonesia.

  3. Doakan agar tercipta kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah. Biarlah masing-masing pihak dapat berperan aktif untuk saling mendukung kemajuan bangsa ini.

  4. Berdoa supaya tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk memprovokasi masyarakat lemah untuk menyerang dan mengganggu jalannya pemerintahan saat ini.

  5. Doakan juga agar setiap orang percaya mendukung dalam doa untuk pemerintah dan ikut aktif berperan menjadi warga negara yang baik sehingga menciptakan situasi yang kondusif bagi kemajuan bangsa.

e-JEMMi 43/2010



Gereja Kristen Indonesia Tegal Terbakar

Rabu, 13 Oktober 2010 pukul 19.00 WIB, bangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Tegal terbakar. Bangunan bersejarah peninggalan Belanda itu diduga terbakar akibat hubungan arus pendek listrik. Petugas pemadam kebakaran dari Tegal, Brebes, dan Pemalang, berupaya untuk memadamkan kobaran api, namun mereka masih belum dapat segera memadamkan kobaran api tersebut. Walikota Tegal dan ketua DPRD menyayangkan kejadian tersebut. Untuk rencana renovasi gedung agar jemaat dapat beribadah lagi, Pemkot Tegal akan memberikan bantuan secara simultan bekerjasama dengan jemaat GKI Tegal.

Sumber: http://suaramerdeka.com/

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk bantuan petugas pemadam kebakaran dan warga sekitar dalam pemadaman api, sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

  2. Berdoa untuk keperluan tempat ibadah sementara bagi jemaat GKI Tegal, agar mereka mendapatkan izin menggunakan fasilitas umum untuk beribadah.

  3. Doakan juga agar selama jemaat beribadah di tempat sementara, tidak ada ganggan dari pihak tertentu yang ingin memanfaatkan situasi untuk merusak rasa kerukunan hidup beragama.

  4. Doakan untuk renovasi gedung gereja GKI Tegal, agar ada kerja sama yang baik antara jemaat, warga, dan Pemkot Tegal. Biarlah melalui kerjasama ini jemaat GKI Tegal bisa mendapatkan tempat untuk beribadah lagi.

  5. Doakan untuk kebutuhan gereja seperti meja, kursi, alat musik, dll., agar Tuhan menggerakkan hati jemaat umat percaya untuk membantu melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan.

  6. Biarlah melalui peristiwa ini umat Tuhan boleh terus belajar tentang arti kedaulatan Tuhan dan hidup taat pada kehendak-Nya.

e-JEMMi 42/2010



Bencana Banjir di Wasior, Papua Barat

Senin, 4 Oktober 2010 pukul 08.30, banjir bandang melanda salah satu wilayah di Indonesia tepatnya di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Banjir tersebut diakibatkan oleh hujan yang terus-menerus mengguyur daerah tersebut sejak Minggu, sehingga mengakibatkan sungai Batang Salai yang berhulu di Pegunungan Wondiboy meluap. Meluapnya air sungai juga diakibatkan karena rusaknya hutan Suaka Alam di kawasan pegunungan tersebut yang telah mengalami alih fungsi. Hingga Jumat, 8 Oktober 2010 jumlah korban mencapai 87 orang meninggal dunia, 66 orang hilang, 837 orang luka ringan, dan 56 orang luka berat yang sebagian telah di evakuasi ke Nabire, Papua.

Sumber:

  1. Kompas, Kamis 7 Oktober 2010, Halaman 1 dan 6
  2. http://regional.kompas.com/read/2010/10/07/1146119

Pokok Doa:

  1. Proses evakuasi untuk mencari korban yang belum ditemukan masih terus berlangsung. Doakan agar Tuhan memberikan cuaca yang baik, dan memampukan setiap orang yang terlibat di dalamnya, sehingga proses evakuasi bisa berjalan lancar tanpa halangan.

  2. Berdoa bagi keluarga korban yang anggota keluarganya belum ditemukan dan bagi mereka yang harus kehilangan anggota keluarganya, agar Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan kepada mereka.

  3. Doakan untuk penyaluran bantuan logistik kepada para korban, agar dapat segera diterima oleh para korban banjir. Doakan agar tidak ada penyelewengan-penyelewengan sehingga kasih Tuhan dapat nyata atas mereka.

  4. Mengucap syukur untuk upaya pemerintah pusat dan daerah dalam menanggapi dan menanggulangi bencana ini. Doakan agar Tuhan memberkati pemerintah dalam mengambil kebijakan dan keputusan, agar bencana serupa tidak terulang kembali di kemudian hari.

  5. Doakan agar Tuhan menjaga para korban bencana dari sakit penyakit selama mereka berada di posko-posko pengungsian. Doakan juga untuk kebutuhan MCK yang sangat diperlukan, agar tidak menimbulkan konflik di antara para pengungsi.

  6. Doakan agar Tuhan menyediakan kebutuhan yang diperlukan khususnya untuk mengevakuasi para korban yang sakit parah agar bisa segera di bawa ke rumah sakit terdekat. Doakan juga untuk kebutuhan obat-obatan guna menolong mereka yang saat ini dapat dirawat di tempat pengungsian.

  7. Berdoa bagi pemulihan trauma psikis yang dialami oleh para korban, agar Tuhan memulihkan luka psikis tersebut, dan memampukan setiap mereka untuk lebih berpengharapan hanya di dalam Dia.

  8. Doakan agar melalui bencana ini, para korban bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan dapat memanfaatkan hidup mereka untuk bisa menjadi berkat bagi sesama. Doakan juga untuk kesempatan menceritakan Kabar Baik kepada para korban.

e-JEMMi 41/2010



Kerusuhan di Tarakan

Pada 26 September 2010 telah terjadi pertikaian antara dua kelompok masyarakat di Tarakan. Bentrokan yang melibatkan warga setempat dan warga pendatang itu dilatari persoalan antarindividu yang kemudian meluas menjadi antaretnis. Hingga Kamis, 30 September 2010, dikabarkan jumlah korban tewas 6 orang dan 2 orang korban luka-luka. Bentrokan juga dipicu oleh kematian seorang tokoh adat yang juga seorang tokoh agama. Massa yang berempati kepada tokoh tersebut mendatangi Kantor Polresta Tarakan dan menuntut agar tersangka diserahkan kepada mereka. Keadaan semakin mencekam karena ratusan warga Tarakan sedang menyisir salah satu daerah untuk mencari pelaku pembunuhan, dengan berbekal senjata tajam seperti tombak, parang, samurai, dan lainnya. Jajaran Polri yang dibantu TNI sedang berusaha mengendalikan kedua kelompok masyarakat yang sedang bertikai.

Sumber: http://regional.kompas.com/

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk Polri dan TNI Tarakan, agar Tuhan melindungi mereka serta memampukan mereka mengendalikan dua kekuatan massa yang sedang bertikai.

  2. Doakan agar Tuhan menolong pihak berwajib dan masyarakat untuk menangkap para pelaku pembunuhan tanpa harus menggunakan kekerasan.

  3. Doakan keluarga-keluarga korban, agar Tuhan memberikan ketabahan dan penghiburan. Berdoa juga agar Tuhan memampukan mereka untuk dapat mengasihi dan mengampuni para pelaku.

  4. Minta belas kasih Tuhan untuk para pelaku pembunuhan, agar Tuhan menjamah hati mereka dan hidup mereka boleh diubahkan.

  5. Doakan kesatuan hati di antara masyarakat Tarakan, agar tidak mudah terprovokasi oleh isu SARA. Berdoa juga agar tercipta kedamaian di kota Tarakan dan aktivitas masyarakat dapat pulih seperti sediakala.

  6. Dukung doa bagi pemerintah Indonesia agar lebih waspada, sehingga konflik-konflik semacam ini tidak mudah terjadi lagi dan tidak meluas ke wilayah-wilayah lain.

e-JEMMi 40/2010



Penyerangan di Markas Kepolisian

Penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab ke Markas Kepolisian Sektor Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu, 22 September 2010 dini hari sekitar pukul 00.35, menimbulkan kehebohan karena menewaskan tiga aparat kepolisian. Kantor polisi dilaporkan rusak berantakan dan dua mobil patroli terbakar. Akibat dari peristiwa ini menimbulkan guncangan, karena insiden ini dinilai sebagai aksi teroris. Upaya penangkapan secara tuntas pelaku serangan sangatlah diperlukan dalam membantu mengidentifikasi tantangan, terutama dalam memerangi gerakan terorisme sebagai kejahatan yang sangat menakutkan.

Sumber: Kompas, Kamis, 23 September 2010, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Minta hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan, agar presiden dapat mengambil keputusan bijaksana dalam menangani kasus ini.

  2. Doakan Polri, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Badan Intelijen Negara (BIN), agar terjalin kerja sama yang solid dalam penyelidikan dan penangkapan pelaku penembakan yang masih merajalela di beberapa tempat di Sumatra Utara.

  3. Mohon penyertaan Tuhan untuk setiap polisi selama bertugas, agar senantiasa dilindungi dan dimampukan untuk dapat bertugas dengan baik. Juga penyertaan Tuhan bagi setiap keluarga polisi, supaya mereka dapat mendukung dengan sepenuh hati.

  4. Berdoa agar tercipta kerja sama yang baik antara aparat pemerintah dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ikut mendukung semua kegiatan penyelidikan dan pengejaran terhadap para pelaku penembakan.

  5. Meskipun situasi sedang mencekam dan mengkhawatirkan, doakan supaya masyarakat tetap tenang dan selalu waspada dalam menghadapi situasi ini dan juga terhadap orang asing (orang yang belum dikenal), serta tidak gegabah dalam bertindak.

  6. Doakan keluarga korban, agar tabah menghadapi situasi ini. Doakan juga agar Tuhan memampukan mereka untuk dapat mengampuni dan tidak menyimpan kepahitan terhadap para pelaku penembakan.

  7. Berdoa bagi upaya aparat di daerah-daerah lain agar semakin waspada terhadap keadaan sehingga dapat mengetahui dengan dini jika ada tanda-tanda kegiatan yang terkait kasus penembakan ini.

  8. Berdoa agar Tuhan memberi kesempatan kepada pelaku untuk sadar dan bertobat dari tindakannya yang merugikan sesama dan bangsa.

  9. Mohon belas kasihan Tuhan untuk bangsa Indonesia, agar Tuhan menolong bangsa ini untuk ingat akan kepentingan hidup bernegara yang benar dan adil sehingga menjunjung tinggi martabat manusia secara umum.

e-JEMMi 39/2010



Musim Penghujan

Perubahan iklim sangat drastis terjadi hampir di seluruh penjuru dunia, termasuk di wilayah Indonesia. Walaupun seharusnya saat ini kita mengalami musim kemarau, tapi ternyata hujan lebih kerap turun bahkan disertai angin puting beliung di beberapa wilayah. Ini berarti ada ancaman bencana pohon tumbang, tanah longsor dan banjir di beberapa daerah. Waspadalah untuk mengantisipasi dampak dari perubahan cuaca yang tidak menentu ini.

Sumber: Redaksi

Pokok Doa:

  1. Doakan juga agar pemerintah segera mengambil tindakan preventif untuk mempersiapkan masyarakat sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindarkan.

  2. Doakan agar masyarakat Indonesia sendiri sadar dan waspada untuk mengantisipasi berbagai kesulitan, seperti rumah roboh, tanah longsor dan banjir.

  3. Doakan khususnya untuk mereka yang bermukim di wilayah "langganan" banjir dan rawan bencana, kiranya Tuhan melindungi mereka.

  4. Doakan para kontraktor dan pihak yang berwenang, agar ketika mereka hendak melaksanakan pembangunan di Indonesia, mereka mempertimbangkan aspek-aspek ramah lingkungan, sehingga bencana di kemudian hari dapat dihindarkan.

  5. Berdoa agar masyarakat Kristen membuka diri untuk ikut ambil menolong orang lain yang dalam kesulitan, baik melalui dana, tenaga maupun pelayanan lain-lain.

e-JEMMi 38/2010



Jemaat HKBP Bekasi

Jemaat HKBP baru-baru ini diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal dalam perjalanan menuju ke gereja mereka di kawasan Bekasi pada Minggu pagi (12 September 2010). Akibat dari penyerangan ini, dua orang terluka, dan kedua korban telah mendapatkan perawatan intensif di sebuah rumah sakit di daerah Bekasi.

Sumber: http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/958

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan memberikan kesembuhan dari luka fisik dan pemulihan dari trauma psikis yang dialami oleh dua korban penyerangan di Minggu pagi di Bekasi.

  2. Doakan juga agar kedua korban, yang adalah jemaat HKBP Bekasi, memiliki hati yang besar dan tidak memprovokasi jemaat lain untuk memperbesar masalah, sebaliknya kiranya Roh Kudus mengajarkan mereka untuk mengampuni.

  3. Berdoa agar Tuhan menjaga hati umat Kristen pada umumnya untuk tidak melakukan tindakan-tindakan di luar kasih, baik di kehidupan nyata maupun di dunia maya, supaya mereka tidak terpancing untuk menyimpan dendam dan kebencian pada pihak-pihak tertentu.

  4. Berdoa agar Tuhan memampukan pihak berwajib untuk berlaku tegas dan melakukan tugasnya secara bertanggung jawab dan tidak pilih kasih supaya terjadi keadilan dan menangkap para pelaku yang memang bersalah.

  5. Doakan agar Tuhan mengampuni dan menjamah hati para pelaku penyerangan, sehingga mereka sadar dan meninggalkan sikap permusuhan terhadap sesama mereka.

e-JEMMi 37/2010



Gunung Sinabung Kembali Meletus

Subuh tanggal 3 September 2010, Gunung Sinabung kembali meletus. Menurut berita, letusannya lebih besar dari yang sebelumnya (29 Agustus 2010), padahal sejak kemarin, pengungsi di luar ring radius 6 km sudah berangsur dikembalikan ke desa masing masing.

Tentunya pengungsi akan berdesakan lagi di posko-posko penampungan di kota Kabanjahe dan Brastagi. Dari pengamatan, kondisi pengungsi sangat menderita. Walah ada bantuan logistik dari pemerintah, tetaplah sulit untuk menyediakan makanan bagi puluhan ribu pengungsi. Kondisi ini diperparah lagi dengan keterbatasan sanitasi untuk mandi, cuci, dsb.. Pada malam hari udara sangat dingin karena kedua kota tersebut berada di dataran tinggi.

Kiriman: Ikuten Barus, Alumni PESTA dan putra daerah yang berasal dari desa Bakerah di punggung gunung Sinabung.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan kepada masyarakat di sekitar gunung Sinabung yang menjadi korban letusan gunung ini.

  2. Doakan juga agar Tuhan memampukan pemerintah setempat dalam memberikan tempat perlindungan yang aman kepada masyarakat melalui upaya-upaya evakuasi.

  3. Berdoa agar Tuhan melindungi para korban letusan gunung Sinabung dari sakit-penyakit yang diakibatkan minimnya fasilitas dan kondisi cuaca di posko-posko.

  4. Berdoa juga bagi bantuan logistik yang akan disalurkan supaya benar-benar membantu para pengungsi yang membutuhkan.

  5. Doakan juga agar melalui peristiwa ini, masyarakat di sana semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, dan bisa memaknai dan menggunakan hidup mereka selanjutnya untuk lebih setia dalam melayani Tuhan.

e-JEMMi 36/2010



Keamanan Menjelang Lebaran

Perampokan sejak Mei hingga pertengahan Agustus 2010 kian marak dan kian mengganas. Bahkan pada hari Senin (23/8) saja, di beberapa wilayah di Indonesia telah terjadi lima perampokan besar dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam, dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Sumber: Kompas, Selasa 24 Agustus 2010, halaman 1

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk upaya polisi menangkap para pelaku perampokan yang terjadi akhir-akhir ini. Doakan agar Tuhan memampukan mereka untuk melakukan tugasnya.

  2. Doakan agar masyarakat Indonesia bersikap waspada, karena menjelang Lebaran ini aksi perampokan, penjambretan dan tindakan kriminal lainnya semakin meningkat.

  3. Berdoa agar Tuhan melindungi para polisi dan petugas keamanan yang bertugas menjelang dan selama Lebaran, terutama di pusat-pusat keramaian. Kiranya kuasa Tuhan turun atas mereka.

  4. Doakan untuk orang-orang Kristen yang hidup di lingkungan keamanan yang tidak kondusif, biarlah mereka terus waspada dan mempercayakan hidup mereka pada Tuhan dan menjadi teladan di lingkungannya.

  5. Doakan agar Roh Kudus menjaga hati kita untuk tidak menghambur-hamburkan uang yang Tuhan percayakan kepada kita, sebaliknya menggunakannya untuk membantu para kaum miskin dan mereka yang membutuhkan.

e-JEMMi 35/2010



Ibadah di Pinggir Jalan

Sejak 11 April 2010, warga jemaat sebuah gereja di Jawa Barat harus melaksanakan ibadah hari Minggu di pinggir jalan. Alasannya, karena gedung gereja yang biasa mereka gunakan untuk beribadah telah disegel oleh pihak tertentu. Meski gereja tersebut sebenarnya telah memiliki izin resmi dan lengkap, ada sekelompok orang yang keberatan dengan kehadiran gereja tersebut. Mari berdoa agar jemaat ini dapat segera beribadah di tempat yang memadai.

Sumber: http://www.compassdirect.org/

Pokok Doa:

  1. Doakan jemaat ini agar diberikan kesabaran dan kekuatan dari Tuhan. Biarlah Tuhan yang menjaga hati mereka untuk tetap mengasihi orang-orang yang memusuhi mereka.

  2. Doakan agar upaya yang telah dan sedang dilakukan oleh pihak gereja dan pemerintah setempat dapat menghasilkan solusi yang terbaik.

  3. Berdoa bagi masyarakat Indonesia, terkhusus umat percaya, agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita dan aksi-aksi yang dilakukan oleh pihak tertentu. Biarlah kita bisa menyikapinya dengan bijaksana

  4. Doakan agar pemerintah Indonesia dapat lebih memerhatikan dan bersikap bijaksana, terhadap masalah penutupan dan perizinan pendirian gereja di Indonesia.

  5. Doakan agar Tuhan menolong jemaat gereja di Jawa Barat ini untuk menemukan tempat ibadah sementara yang memadai. Biarlah mereka juga tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin memperkeruh masalah yang ada.

  6. Berdoa agar damai Kristus yang memerintah semua pihak yang terlibat dalam masalah ini.

e-JEMMi 34/2010



Dirgahayu Indonesia ke-65

Sudah 65 tahun Indonesia merdeka. Kita patut bersyukur untuk kemerdekaan yang sudah Tuhan berikan bagi bangsa Indonesia. Dalam kesempatan ini kami mengajak Anda untuk berdoa secara khusus bagi negara dan bangsa Indonesia, karena Allah sangat mengasihi Indonesia.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk kemerdekaan yang sudah Tuhan berikan atas bangsa Indonesia. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan kepada bangsa Indonesia untuk dapat mengisi dan melanjutkan perjuangan bangsa ini untuk hal-hal yang berkenan kepada Tuhan.

  2. Doakan terjadi pemulihan dalam bangsa Indonesia, khususnya dari luka-luka penjajahan supaya Tuhan bisa bekerja dengan lebih leluasa untuk memenangkan bangsa ini bagi kemuliaan Tuhan.

  3. Doakan agar Tuhan memberi kekuatan dan hikmat kepada para pemimpin Indonesia untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya memimpin bangsa Indonesia dengan baik sehingga dihormati oleh bangsa-bangsa lain.

  4. Berdoa agar Tuhan terus menunjuk orang-orang yang dikehendaki-Nya untuk memerintah dengan takut akan Tuhan.

  5. Berdoa agar Tuhan ikut campur dalam masalah-masalah yang masih terus merongrong sehingga bangsa Indonesia kurang bisa berkembang dengan baik, misalnya kemiskinan, kekerasan, ketidakadilan, korupsi, narkoba dll..

  6. Doakan agar masyarakat Indonesia, terkhusus umat percaya, untuk belajar mengucapkan berkat bagi Indonesia. Kiranya sikap kerja sama dapat terpupuk sehingga semua mau terlibat memajukan bangsa Indonesia.

e-JEMMi 33/2010



Penutupan Rumah Ibadah

Pada hari Senin (19 Juli 2010) terjadi bentrokan akibat adanya upaya pembongkaran salah satu rumah ibadah di daerah Bogor yang mengakibatkan beberapa petugas keamanan dan masyarakat terluka. Seorang pejabat operasional di Bogor mengatakan bahwa pemerintah dipaksa menutup bangunan karena tidak adanya izin sebagai tempat beribadah.

Akibat dari penutupan itu, saat ini sekitar 200 jemaat tidak memiliki tempat untuk beribadah. Tempat terdekat untuk beribadah cukup jauh bagi para jemaat yang banyak bekerja di tempat pembuangan sampah Bantar Gebang. (t\Uly)

Sumber: http://www.compassdirect.org/english/country/indonesia/23065/

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan memberi kesabaran kepada jemaat yang rumah ibadanya ditutup. Biarlah mereka tetap tenang dan tidak membuat masalah baru.

  2. Doakan agar Tuhan memampukan pemerintah setempat untuk dapat segera menyelesaikan masalah ini dengan adil dan bijaksana.

  3. Berdoa agar Tuhan menjaga hati warga sekitar sehingga tidak terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu, untuk semakin mengeruhkan persoalan ini.

  4. Berdoa agar jemaat tidak menyimpan sakit hati dan dendam kepada mereka yang membongkar secara paksa tempat ibadah mereka, melainkan mengambil tindakan kasih untuk mengampuni.

e-JEMMi 32/2010



Gagal Berdiskusi, Lagi-Lagi Gereja Ditutup

Setelah perundingan antara pemerintah Indonesia dan perwakilan sebuah gereja di daerah Bekasi gagal, pemerintah resmi menutup rumah yang berfungsi sebagai tempat jemaat bersekutu tersebut.

Pada tanggal 20 Juni, pemerintah Bekasi menyegel tempat itu. Seorang pejabat pemerintahan kota mengakui bahwa tindakan tersebut diambil karena tekanan dari organisasi-organisasi tertentu yang marah atas meluasnya pengaruh Kristen. Pemerintah menutupnya dengan meletakkan tanda di depan bangunan yang menyatakan bahwa daerah tersebut melanggar ketetapan daerah, izin, serta peraturan-peraturan konstruksi bangunan.

Berita selengkapnya: http://www.compassdirect.org/english/country/indonesia/22451/

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pemerintah daerah dan pusat, segera mengambil tindakan yang bijaksana untuk menyelesaikan kasus penutupan gereja di kota Bekasi ini.

  2. Doakan agar Tuhan menjaga hati jemaat setempat agar tidak mudah terpancing emosi, karena gereja mereka yang ditutup.

  3. Doakan agar Tuhan menjamah hati aparat pemerintah yang bertugas dalam perizinan pembangunan tempat ibadah, supaya mereka lebih teliti dan tegas sehingga tidak lagi terjadi kasus yang serupa.

  4. Berdoa agar kasus penutupan gereja tidak menjadi isu yang merebak dan menggelisahkan masyarakat beragama minoritas.

  5. Berdoa agar Tuhan memberi hikmat kepada masyarakat Indonesia agar tidak mudah diprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan pribadi/kelompok.

e-JEMMi 31/2010



Pelayanan RB di Aceh

RB telah dipakai Tuhan untuk menginjili sebuah keluarga dari agama lain dan mereka pun menerima Kristus sebagai Tuhan Juru Selamat mereka. Walaupun demikian, tantangan besar datang, sehingga mereka diusir dari rumah mereka oleh warga setempat. Apabila mereka ingin kembali ke rumah maka mereka akan menanggung risiko yang sangat berat. Selain itu, ada ibu yang bernama AR yang datang pada Tuhan Yesus lewat penginjilan pribadi oleh RB. Setelah 12 hari AR datang pada Tuhan Yesus, tetangganya mulai curiga dan memberitahukan kepada suaminya, maka tidak lama kemudian suaminya membakar pakaian ibu itu dan juga pakaian anak-anaknya serta mengusir mereka dari rumahnya. Ibu tersebut ditelantarkan oleh suaminya, akan tetapi Ibu AR tidak mau menyangkali imannya dan terus datang pada Tuhan Yesus. Ancaman juga datang kepada RB dari masyarakat agama lain supaya RB menghentikan penginjilan. RB sekeluarga tidak gentar menghadapinya sebab itu merupakan tugas Amanat Agung. Bagi RB, hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Doakan RB yang saat ini melayani di Aceh.

Sumber: Kasih Dalam Perbuatan, Edisi Mei - Juni 2010

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk kerelaan RB dan keluarga untuk memberitakan berita sukacita di Aceh. Doakan agar Tuhan semakin memakai dan memperlengkapi mereka dalam pelayanannya di Aceh.

  2. Berdoa agar Ibu AR tetap kuat di dalam Tuhan. Berdoa juga agar Tuhan melembutkan hati keluarganya sehingga mau melihat kasih Tuhan melalui AR.

  3. Doakan agar Ibu AR semakin bertumbuh di dalam pengenalan akan Tuhan dan memiliki kehidupan yang berdampak bagi orang-orang di sekitarnya.

  4. Berdoa agar Tuhan memberi kekuatan kepada para petobat baru di tengah tekanan dan acaman yang menuntut mereka untuk kembali ke iman lama mereka.

  5. Berdoa agar Tuhan memampukan dan memberi kekuatan kepada hamba-hamba-Nya yang melayani di Aceh. Doakan agar melalui pelayanan mereka semakin banyak orang yang bisa mendengar Injil Yesus Kristus.

  6. Doakan juga agar Tuhan memberi keberanian kepada orang percaya di Aceh, sehingga mereka mau berbagi anugerah keselamatan yang telah mereka terima walaupun ada banyak ancaman.

e-JEMMi 30/2010



Kebutuhan Pokok

Harga beberapa bahan pokok di Indonesia yang melonjak beberapa waktu belakangan ini menyebabkan keresahan, terkhusus bagi rumah tangga dan para pedagang makanan. Pemerintah berusaha mengatasi hal ini, di antaranya dengan cara memperbaiki infrastruktur agar jalur distribusi lancar, melakukan persuasi kepada masyarakat, membuat aturan kebijakan agar tidak memicu spekulasi, memberantas pungutan liar dan pungutan resmi penyebab ekonomi biaya tinggi, dan tidak kalah pentingnya memberikan insentif kepada para petani agar bergairah menanam komoditas dengan tingkat penghasilan memadai, melebihi risiko tinggi yang dihadapinya. Doakan agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah dalam mengambil kebijakan menstabilkan harga kebutuhan pokok di Indonesia.

Sumber: Kompas, Rabu, 14 Juli 2010, Halaman 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan memberi ketabahan dan kesabaran kepada para petani di Indonesia yang banyak mengalami gagal panen akibat perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

  2. Berdoa untuk kerja sama dari berbagai pihak agar kebutuhan biaya yang diperlukan oleh para petani di Indonesia untuk kebutuhan pembibitan, pupuk, dll. dapat terpenuhi dengan baik.

  3. Doakan juga agar pemerintah memberikan kebijakan yang jelas bagi para pedagang dalam menaikkan harga, sehingga tidak memberatkan masyarakat.

  4. Berdoa agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah untuk segera mengambil tindakan guna menangani lonjakan harga kebutuhan pokok yang sangat memberatkan masyarakat secara umum.

  5. Doakan agar pemeliharaan Tuhan nyata, khususnya bagi mereka yang kurang mampu untuk membeli bahan makanan bagi keluarga mereka.

  6. Doakan juga agar melalui peristiwa ini masyarakat Indonesia disadarkan untuk bersikap bijaksana dan tidak dengan gampangnya menyia-nyiakan berkat jasmani yang sudah Tuhan berikan.

  7. Doakan agar umat percaya dapat menjadi berkat terhadap tetangga mereka maupun orang-orang di sekitar mereka yang benar-benar membutuhkan pertolongan.

e-JEMMi 29/2010



Berdoa bagi Ibu S di Jawa Timur

YS melayani seorang ibu bernama S (52 tahun) yang telah menerima Injil dan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya. Ibu ini berani membayar harga dalam mengikut Kristus. Dia rela dikucilkan oleh keluarga dan lingkungan masyarakatnya. Ibu ini tidak lagi mendapatkan jatah beras 5 kg dari pemerintah karena namanya dicoret dari daftar. Ibu S tetap teguh imannya kepada Tuhan dan tetap setia dalam ibadah.

Sumber: Kasih Dalam Perbuatan, Edisi Mei - Juni 2010

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk keteguhan iman dan kesetiaan Ibu S dalam mengikut Tuhan, meskipun ia harus dikucilkan oleh keluarga maupun lingkungannya.

  2. Doakan agar Ibu S tetap kuat menghadapi orang-orang yang mencoba untuk menggoyahkan imannya dengan berbagai cara.

  3. Doakan juga agar Ibu S semakin bertumbuh di dalam pengenalan akan Tuhan, dan menjadi berkat untuk sekitarnya.

  4. Berdoa agar Tuhan menggerakkan umat percaya untuk membantu dan menolong mencukupkan kebutuhan hidup yang diperlukan oleh Ibu S.

  5. Doakan agar Tuhan menjamah keluarga Ibu S, sehingga bisa menerima keputusan yang telah diambil oleh Ibu S. Doakan juga agar keluarganya mau membuka hati untuk mengetahui siapa itu Yesus.

  6. Doakan agar Tuhan memberi kesehatan dan kekuatan kepada YS untuk terus melayani mereka yang terhilang. Doakan juga agar Tuhan melindungi keluarga YS, dan mencukupkan setiap keperluan yang dibutuhkan.

  7. Doakan agar Tuhan memberikan komunitas kepada Ibu S, sehingga melalui komunitas ini mereka bisa saling mendoakan dan menguatkan.

  8. Doakan juga agar Tuhan mengirimkan lebih banyak orang-orang seperti YS, yang mau melayani mereka yang terhilang.

e-JEMMi 28/2010



Pelayanan DW di Sulawesi

Kami (DW) keluarga hamba Tuhan dipercayakan melayani di salah satu daerah yang rawan konflik. Gereja dan rumah-rumah jemaat yang kami layani sudah habis dibakar oleh kelompok radikal agama lain. Namun, kami tetap bertahan di wilayah kami dan hidup berharap kepada Tuhan, hingga Tuhan pulihkan keadaan kami.

Sumber: Kasih Dalam Perbuatan (KDP), Edisi Mei - Juni 2010

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk pemulihan yang Tuhan berikan bagi DW sekeluarga. Mengucap syukur juga untuk teladan yang telah DW berikan kepada kita, untuk tetap setia melayani Dia, meskipun harga yang harus ia bayar demi ketaatannya kepada Kristus, tidaklah ringan.

  2. Doakan agar DW semakin giat dalam melayani Tuhan. Berdoalah agar Tuhan melindungi dan memberi kekuatan kepada DW selama melayani di ladang-Nya.

  3. Doakan untuk jemaat Tuhan yang ada di daerah rawan konflik ini, agar tetap setia melayani Tuhan, meskipun intimidasi dan tekanan terus membayangi mereka.

  4. Doakan kelompok-kelompok radikal di daerah tersebut, agar Tuhan menjamah hati mereka, sehingga mereka juga bisa beroleh anugerah keselamatan.

  5. Mengucap syukur untuk dukungan doa yang diberikan oleh umat percaya kepada umat Kristen teraniaya di Indonesia. Berdoalah agar Tuhan memberikan kekuatan dan ketekukan untuk kita tetap berdoa bagi mereka.

e-JEMMi 27/2010



Pelayanan SY di Jawa Tengah

SY melayani di salah satu daerah di Jawa Tengah yang merupakan kota santri. Di daerah tersebut SY merintis sebuah tempat pembinaan iman. SY mengawali dengan membina 3 keluarga, akan tetapi mereka mendapat tantangan yang sangat berat dari lingkungan mereka. SY berhadapan dengan massa yang menentang mereka sampai tiga kali. Massa menentang adanya persekutuan doa di lingkungan mereka, bahkan maket gereja dari pihak pengembang mereka ambil dan mereka mendirikan tempat ibadah agama lain. Oleh karena intimidasi yang sangat kuat, tidak sedikit orang Kristen di daerah ini yang berpindah ke agama lain. Tantangan ini membuat SY semakin berkobar-kobar merebut jiwa mereka kembali bagi hormat dan kemuliaan nama Tuhan, sekarang sudah 20 jiwa yang SY menangkan. Dukung dan doakanlah pelayanan SY dan rekan-rekannya.

Sumber: Kasih Dalam Perbuatan (KDP), Edisi Mei - Juni 2010

Pokok Doa:

  1. Berdoa bagi pelayanan yang saat ini sedang dilakukan SY dan timnya. Doakan agar Tuhan melindungi dan memberi kekuatan kepada mereka untuk terus melayani yang terhilang serta mencukupkan dan memberkati setiap kebutuhan yang diperlukan SY dalam melayani.

  2. Doakan juga agar Tuhan memberi hikmat kepada SY dan timnya sehingga ketika kebenaran disampaikan, orang-orang yang mendengar dapat menerima dan membuka hati mereka untuk lebih lagi mengetahui kebenaran tersebut.

  3. Berdoa agar Tuhan menjamah hati umat percaya yang telah meninggalkan Kristus karena tidak tahan dengan tekanan yang dialami, sehingga mereka menyadari bahwa apa yang telah mereka lakukan adalah tindakan yang keliru dan percuma.

  4. Bersyukur untuk umat percaya yang terus bertahan dan memercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka, meskipun mereka harus membayar harga yang tidak murah karena keputusan mereka. Doakanlah agar iman mereka tetap kuat dan terus terpelihara.

  5. Doakan juga agar Tuhan memberikan hati yang mengasihi jiwa-jiwa yang terhilang kepada setiap umat percaya di tempat SY melayani, sehingga setiap umat percaya dapat terlibat untuk ikut ambil bagian dalam menyampaikan berita sukacita.

  6. Doakan agar ke-20 petobat baru tersebut terus bertumbuh di dalam pengenalan mereka akan Tuhan dan tetap setia untuk mengikut Tuhan, sekalipun ini bukan hal yang mudah untuk mereka jalani. Kiranya melalui teladan hidup mereka banyak orang yang belum menerima Kristus dapat melihat kasih Kristus dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka.

  7. Berdoa agar Tuhan membuka jalan untuk lahan yang akan digunakan untuk mendirikan gereja yang diambil alih oleh masyarakat setempat sehingga gereja Tuhan dapat dirintis di tempat itu.

e-JEMMi 26/2010



Gempa Tektonik di Papua

Gempa berkekuatan 6,2 -- 7,1 skala Richter (sR) yang mengguncang wilayah Biak, Provinsi Papua, Rabu (16/6), memicu kebakaran 35 rumah warga, menewaskan 2 orang, dan menghancurkan ratusan rumah di Serui, ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen. Gempa ini diperkirakan juga telah menghancurkan rumah-rumah warga di pedalaman Kepulauan Yapen yang dekat dengan pusat gempa. Masyarakat masih trauma dengan peristiwa gempa yang mengagetkan itu. Pemerintah Kabupaten Yapen telah mengirim bantuan makanan dan tenda bagi warga di Serui.

Sumber: Kompas, Kamis 17 Juni 2010. Halaman 1

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan memberikan kekuatan dan ketabahan kepada masyarakat korban gempa di Papua.

  2. Mengucap syukur untuk pemerintah Papua yang langsung tanggap dan memberikan bantuan semampunya kepada para korban gempa. Doakan agar lebih banyak pihak yang terlibat membantu.

  3. Doakan juga agar di tengah-tengah demam Piala Dunia 2010, masyarakat Indonesia, terkhusus umat percaya, tidak mengabaikan saudara kita di Papua yang sedang ditimpa musibah ini.

  4. Berdoa juga agar melalui peristiwa ini, masyarakat di Papua semakin disadarkan untuk lebih mengenal Tuhan dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

  5. Doakan kerukunan dan kesatuan gereja-gereja Tuhan di Papua agar ikut terlibat membantu korban gempa sehingga dapat menjadi berkat dan kesaksian bagi masyarakat sekitar.

e-JEMMi 25/2010



Pelayanan di Suku Korowai Batu

Berdoalah untuk pelayanan Gereja Injili di Indonesia di suku Korowai Batu. Saat ini diperlukan guru-guru untuk membuka sekolah baru. Diperlukan juga ahli medis karena banyak orang terkena malaria, kurang gizi, dll..

Sumber: http://www.facebook.com/photo.php?pid=5733001&id=775400675

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan melindungi dan memberi kesehatan bagi tim PI dari Gereja Injili di Indonesia yang melayani di tengah-tengah suku Korowai Batu selama mereka bekerja di ladang-Nya.

  2. Berdoa bagi kebutuhan guru-guru untuk mengajar di sekolah yang akan dirintis, agar Tuhan mengirimkan orang yang memiliki hati seorang pendidik dan cinta Tuhan.

  3. Doakan untuk kebutuhan tenaga medis yang bersedia melayani di antara suku Korowai Batu.

  4. Berdoa juga untuk setiap kebutuhan yang diperlukan untuk melayani di antara suku Korowai Batu, agar Tuhan mencukupkan dan memberkati.

e-JEMMi 24/2010



Pelaksanaan Pilkada di Indonesia

Tahun 2010 merupakan tahun yang marak dengan pesta pemilihan kepala daerah (pilkada) di berbagai penjuru Nusantara, baik di tingkat kabupaten, kotamadya, maupun provinsi. Pilkada ini menandakan bahwa demokrasi di Indonesia terus berjalan maju meskipun masih banyak yang perlu dibenahi di sana sini. Bersyukur atas pilkada yang telah selesai dilaksanakan. Biarlah para pemimpin yang terpilih sungguh- sungguh memimpin daerahnya untuk maju. Terus berdoa bagi penyelenggaraan pilkada yang belum selesai di berbagai tempat. Kiranya seluruh agenda pilkada berjalan dengan lancar dan kepala daerah dipilih sesuai dengan kehendak Tuhan.

Sumber: KADOS, 7 Juni 2010

Alamat URL: http://www.sabda.org/publikasi/kados/022/

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk pilkada yang telah selesai dilaksanakan di beberapa daerah. Biarlah para pemimpin yang terpilih sungguh- sungguh mencintai rakyatnya dan mau memimpin daerahnya untuk maju.

  2. Terus berdoa bagi penyelenggaraan pilkada yang belum selesai di berbagai tempat. Kiranya seluruh agenda pilkada berjalan dengan lancar dan kepala daerah dipilih secara adil dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

  3. Doakan agar masyarakat Indonesia tidak mudah terprovokasi oleh oknum tertentu yang mencoba untuk menggagalkan pilkada tahun ini.

  4. Berdoa agar pilkada di Indonesia tahun ini dapat dipakai menjadi moment di mana masyarakat belajar tentang demokrasi dan hidup bernegara dengan baik.

  5. Doakan bagi mereka yang mendaftarkan diri menjadi kepala daerah, agar bersaing secara sportif dan tidak menggunakan cara-cara yang tidak bertanggung jawab.

  6. Doakan bagi panitia pilkada, agar Tuhan memberi sikap adil dan benar sehingga menghitung jumlah suara dengan tepat, dan melaporkan hasil pilkada dengan betul.

e-JEMMi 23/2010



Gas Elpiji

Penggunaan elipiji dalam tabung gas berukuran 3 kilogram untuk masyarakat merupakan langkah pemerintah untuk mengurangi subsidi BBM di Indonesia. Namun, kebijakan ini kiranya juga diimbangi dengan mutu dan informasi yang memadai. Banyak peristiwa ledakan yang bersumber dari tabung gas yang diberikan oleh pemerintah. Beberapa penyebab memang sudah diketahui, di antaranya kondisi selang dan regulator yang cacat, katup tabung gas yang tidak sesuai Standar Nasional Indonesia, faktor cuaca (kelembaban), dan perilaku konsumen yang keliru karena kurangnya pengetahuan dalam menggunakan tabung dan kompor gas secara aman. Karena faktor keamanan dalam penggunaan tabung gas sangat penting, hendaknya setiap orang juga ambil bagian untuk berhati-hati, selektif dalam membeli tabung gas, dan belajar cara menggunakan tabung gas dengan benar. Selain itu, pemerintah perlu melakukan koordinasi antara Pertamina dengan instansi-instansi terkait lainnya supaya program konversi ini dapat benar-benar berjalan sesuai dengan semestinya tanpa menimbulkan bahaya bagi masyarakat.

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar pemerintah Indonesia semakin peduli dengan kebijakan baru tentang penggunaan tabung gas bagi masyarakat, terutama untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat sehingga mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi.

  2. Mengucap syukur kepada Tuhan atas terciptanya program konversi energi sehingga Indonesia dapat menghemat BBM sebesar Rp 24 triliun per tahun.

  3. Berdoa untuk masyarakat Indonesia agar lebih bijak dalam menggunakan fasilitas yang diberikan pemerintah, sehingga dapat menghindarkan diri dari hal-hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain.

  4. Doakan agar pemerintah dapat mengawasi proses pendistribusian gas elpiji, agar tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum tertentu, yang merugikan konsumen, dapat diminimalkan.

  5. Berdoa agar Tuhan menjamah hati mereka yang sering melakukan kecurangan sehubungan dengan penjualan gas elpiji dan perangkatnya, supaya mereka berhenti dan melakukan apa yang benar.

e-JEMMi 22/2010



Bencana Alam di Jawa Tengah

Bencana alam yang kerap melanda wilayah Jawa Tengah selalu membawa dampak kerugian yang besar kepada masyarakat. Selain korban jiwa, banyak warga kehilangan tempat tinggal dan lahan garapan. Hingga Maret 2010, setidaknya telah terjadi 185 bencana seperti banjir, tanah longsor, dan angin topan yang merengut nyawa dan korban luka-luka. Kerugian materi yang ditimbulkan sedikitnya mencapai 352 miliar rupiah.

Sumber: Kompas, Rabu, 19 Mei 2010, Halaman A

Pokok Doa:

  1. Doakan masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Tengah, terkhusus mereka yang bermukim di wilayah rawan bencana, agar dapat lebih bersikap bijaksana dan waspada.

  2. Doakan agar Tuhan melindungi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, sehingga setiap masyarakat dapat hidup dengan tenang, tanpa khawatir akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  3. Doakan agar umat percaya yang tinggal di daerah rawan bencana, dapat menjadi berkat bagi masyarakat sekitar mereka, dan dapat membagikan anugerah keselamatan yang telah mereka terima.

  4. Berdoa untuk kesatuan hati jemaat dan geraja Tuhan di Jawa Tengah, agar senantiasa mencerminkan teladan Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

  5. Berdoa juga agar setiap umat percaya di Jawa Tengah, tetap tekun berdoa bagi orang-orang yang ada di sekitar mereka, untuk terbukanya pintu Injil kepada mereka, terkhusus yang belum percaya.

e-JEMMi 21/2010



Teroris di Indonesia

Keberhasilan pihak berwajib menangkap beberapa anggota teroris di Indonesia, merupakan suatu prestasi yang cukup membanggakan. Namun demikian, masalah teroris bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, karena meskipun sebagian pemimpinnya ada yang telah tertangkap, namun aksi para anggotanya tidak berhenti sampai di situ. Kita, sebagai umat percaya, sudah seharusnya mendukung upaya pihak berwajib dalam memberantas para teroris yang masih berkeliaran di Indonesia. Mari bersatu hati berdoa untuk aparat berwajib dan masyarakat untuk saling membantu membongkar gembong teroris di Indonesia.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk kebaikan Tuhan karena memberi keberhasilan kepada pihak berwajib untuk membongkar dan menangkap beberapa anggota-anggota teroris di Indonesia.

  2. Doakan agar Tuhan memampukan, melindungi, dan memberikan kekuatan kepada pihak berwajib dalam melanjutkan pemberantasan anggota teroris lainnya yang masih merencanakan teror di Indonesia.

  3. Doakan juga agar setiap warga negara Indonesia, baik kelompok maupun individu untuk ikut ambil tanggung jawab membantu pihak pemerintah di wilayah mereka masing-masing.

  4. Berdoa agar Tuhan menyadarkan dan menjamah hati para anggota teroris, bahwa apa yang mereka lakukan adalah suatu tindakan yang merugikan diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

  5. Doakan agar terjadi kebangunan kesadaran moral di tengah bangsa Indonesia agar masyarakat tidak terpancing dengan provokasi yang merugikan moral bangsa Indonesia.

e-JEMMi 20/2010



Pelayanan Kepada Salah Satu Suku di Sumatera

Beberapa waktu yang lalu, kami mengadakan pertemuan dengan para hamba Tuhan yang melayani di pedesaan. Kebanyakan mereka melayani suku asli di Sumatera. Suku ini identik dengan segala sesuatu yang negatif -- malas, bodoh, kasar, jahat, dll.. Karena itulah tidak banyak orang yang mau melayani suku ini. Hanya sedikit di antara hamba Tuhan yang bertahan lama untuk tetap melayani di antara suku ini. Di antara para hamba Tuhan itu ada yang melakukan penginjilan langsung, ada juga melalui pelayanan pengembangan masyarakat pedesaan.

Kiriman: LN

Pokok Doa:

  1. Mari kita mengucap syukur untuk anak-anak-Nya yang hingga kini tetap punya beban melayani di antara suku ini

  2. Sikap asli suku ini seringkali membuat patah semangat karena tuaian hampir tidak terlihat -- karena begitu lama. Doakan agar anak-anak-Nya tetap setia dan hati mereka dikuatkan untuk terus menjangkau suku yang terabaikan ini.

  3. Berdoa untuk hamba Tuhan yang bekerja sama dengan seorang dokter membuka pelayanan kesehatan masyarakat yang harganya sangat bisa dijangkau oleh penduduk setempat. Doakan untuk kelangsungan pelayanan ini.

  4. Doakan agar Tuhan boleh kirimkan lebih banyak lagi orang-orang yang mau memberitakan Kabar Keselamatan di antara suku ini.

  5. Doakan ada hikmat keberanian dan kebijaksanaan bagi anak-anak-Nya dalam memberitakan Injil. Doakan keselamatan dan keamanan keluarga mereka juga.

e-JEMMi 19/2010



Hasil Ujian Nasional di Indonesia

Tingkat kelulusan siswa SMA/MA/SMK di Indonesia tahun ini perlu mendapat perhatian yang lebih. Sebanyak 267 sekolah, 100 persen siswanya tidak lulus Ujian Negara, yang terdiri dari 51 sekolah negeri dan 216 sekolah swasta (Kompas, 28 April 2010, hal 1). Melihat kondisi semacam ini perlu adanya kerja sama antara pemerintah, pihak sekolah, siswa, dan orang tua untuk memberikan dukungan terhadap siswa yang tidak lulus. Dukungan sangat dibutuhkan bagi siswa yang tidak lulus supaya mereka memiliki motivasi untuk mengerjakan UN susulan dengan baik. Adanya UN susulan yang akan diadakan tanggal 10 -- 14 Mei mendatang kiranya dapat diikuti dengan sebaik-baiknya oleh siswa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pokok Doa:

  1. Doakan semua siswa SMA/MA/SMK yang tidak lulus agar mereka tidak putus asa dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk belajar lebih giat, sehingga pada UN susulan nanti mereka dapat lulus.

  2. Berdoa untuk orang tua siswa yang tidak lulus, kiranya para orang tua lebih memberikan perhatian dan motivasi untuk mendukung anak-anak mereka.

  3. Berdoa untuk semua pihak sekolah, orang tua, siswa, dan pemerintah agar mereka bisa saling kerja sama demi kemajuan siswa dan pendidikan bangsa Indonesia.

  4. Mengucap syukur kepada Tuhan atas berlangsungnya UN yang telah diterima siswa. Kiranya mereka semakin ulet dalam mencapai cita-cita mereka.

  5. Doakan pemerintah Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan supaya pihak terkait dapat memberikan perhatian yang merata kepada setiap sekolah. Baik sekolah di perkotaan maupun di daerah terpencil.

e-JEMMi 18/2010



Peran Wanita dalam Penginjilan

Allah menciptakan wanita sebagai penolong yang sepadan bagi laki-laki (Kejadian 2:20). Namun demikian, seiring berjalannya waktu, banyak yang telah melakukan penyimpangan dengan tidak mengikuti Kejadian 2:20. Pada masa Tuhan Yesus, kedudukan kaum wanita di dalam masyarakat dianggap lebih rendah daripada kaum laki-laki; kaum wanita terkungkung dari dunia luar; mereka ditempatkan lebih rendah daripada kaum laki-laki. Di dalam Perjanjian Baru, kedudukan wanita dipulihkan kembali seperti semula sebagaimana dilakukan oleh Yesus sendiri. Peran wanita sudah terlihat jelas bahkan sejak sebelum kelahiran Kristus, sampai dengan kenaikan-Nya ke surga. Peran kaum wanita dalam pelayanan penginjilan ialah sebagai penolong, pembina, dan pembawa firman Allah. Kaum wanita adalah rekan sekerja, bukan di bawah atau menjadi saingan bagi kaum pria. Untuk itu mari berdoa bagi kaum wanita agar selalu bersiap sedia menyokong pekabaran Injil dengan bahu-membahu bekerja sama dengan kaum pria untuk memenangkan jiwa dan memuliakan Tuhan.

Sumber: Redaksi

Pokok Doa:

  1. Bersyukurlah atas kebaikan Tuhan yang telah menjadikan wanita menjadi penolong yang sepadan dengan pria. Doakan agar wanita dan pria dapat saling melengkapi untuk memenangkan jiwa bagi Tuhan.

  2. Doakan wanita Kristen yang sekarang masih mengalami tekanan, pelecehan, dan kekerasan secara budaya, kiranya mereka selalu bersabar dan senantiasa mengandalkan Tuhan.

  3. Doakan wanita Kristen yang melakukan penginjilan agar mereka dapat menjadi rekan kerja Allah sehingga semakin memunyai karakter Kristen yang taat, berhikmat, dan bersandar pada kekuatan Tuhan.

  4. Berdoa agar kaum pria dan wanita bisa semakin saling menghargai kedudukan masing-masing, berbagi beban dan saling menolong untuk memenangkan jiwa bagi Kerajaan Tuhan.

  5. Doakan agar gereja-gereja Tuhan membuka kesempatan pelayanan lebih besar bagi kaum wanita untuk membantu menangani pekerjaan penginjilan di ladang-ladang yang sudah menguning.

  6. Berdoa juga untuk wanita-wanita yang memiliki panggilan sebagai pendoa syafaat di rumah masing-masing. Sekalipun mereka melayani di belakang layar, kiranya mereka tidak jemu-jemu berdoa.

e-JEMMi 17/2010



Kerusuhan Priok

Kompleks gudang Vepak Terminal Jakarta, yang terletak di sudut jalan Dobo, Koja, Jakarta International Terminal Container (JICT) dikelilingi api yang berasal dari kendaraan yang dibakar. Peristiwa pembakaran puluhan kendaraan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan polisi di wilayah tersebut merupakan puncak dari bentrokan antara aparat dengan warga Koja, Jakarta Utara yang terjadi pada Rabu, 14 April 2010 pukul 16.00 WIB. Peristiwa ini dipicu oleh rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggusur sebagian lokasi makam Mbah Priok yang dikeramatkan dengan tujuan untuk memperluas terminal peti kemas dan mempercantik makam sehingga tetap dapat dikunjungi untuk ziarah warga. Namun karena belum ada penyelesaian tentang hak kepemilikan tanah di lokasi makam Mbah Priok antara pihak ahli waris makam dengan PT. Pelindo II, maka bentrokan antara warga Koja dan aparat yang berwenang pun tidak dapat dihindarkan. Kerusuhan Priok ini menyebabkan adanya korban meninggal dan puluhan korban luka lainnya yang masih dirawat di IGD RSUD Koja.

Sumber: Kompas, Kamis 15 April 2010, Halaman 1 dan 15

Pokok Doa:

  1. Pentingnya rasa kebersamaan dan saling menghormati diperlukan untuk menjaga stabilitas bangsa ini. Doakan agar Tuhan memampukan warga Indonesia untuk mengutamakan kesatuan dan rasa saling menghormati dan memiliki terhadap bangsa ini.

  2. Doakan agar Tuhan memampukan pemerintah menjalankan tugas-tugasnya dengan sepenuh hati dan dapat mengayomi masyarakat sebagaimana semestinya.

  3. Berdoa untuk keluarga korban yang meninggal dalam kerusuhan Priok yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan dan ketabahan.

  4. Doakan para korban luka yang masih dirawat di RSUD Koja agar mereka segera disembuhkan dan dipulihkan oleh Tuhan.

  5. Berdoa juga agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah agar menyelesaikan persoalan ini dengan tuntas, sehingga di kemudian hari peristiwa itu tidak terulang kembali.

  6. Berdoa agar melalui peristiwa dan persoalan yang menimpa bangsa ini kita semakin disadarkan untuk tekun berdoa bagi pemulihan Indonesia.

e-JEMMi 16/2010



Waspadai Kemunculan Demam Berdarah

Masyarakat perlu tetap mewaspadai berjangkitnya demam berdarah dengue di tengah perubahan cuaca belakangan ini. Terutama di daerah-daerah yang selama ini rawan demam berdarah. Peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) perlu menjadi perhatian dan diantisipasi oleh otoritas kesehatan, terutama di daerah, sehingga tidak terjadi ledakan kasus.

Sumber: Kompas, Jumat 26 Maret 2010, Halaman 13

Pokok Doa:

  1. Doakan agar masyarakat Indonesia lebih meningkatkan kebersihan dan menjaga kesehatan di daerah mereka masing-masing.

  2. Doakan agar Tuhan memberi hikmat kepada pihak terkait, untuk segera mengambil tindakan guna mengantisipasi dan meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

  3. Berdoa agar Tuhan melindungi setiap masyarakat Indonesia dari wabah sakit penyakit, di tengah perubahan cuaca yang sedang terjadi di Indonesia.

e-JEMMi 15/2010



Bencana Gempa Bumi

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter melanda Aceh pada hari Rabu (7/4) kemarin. Sebanyak 17 warga Simeulue luka, empat di antaranya luka berat. Tidak ada korban jiwa dalam gempa ini.

[Sumber: Dari berbagai sumber]

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk perlindungan Tuhan bagi masyarakat Aceh, karena meskipun dilanda gempa, namun tidak menimbulkan kerugian materi yang cukup banyak dan korban jiwa.

  2. Doakan agar Tuhan memulihkan keadaan para korban gempa yang menderita luka ringan maupun luka berat.

  3. Doakan juga agar Tuhan melindungi masyarakat Aceh yang masih berada di tempat pengungsian supaya terhindar dari sakit-penyakit, dan mencukupkan setiap kebutuhan yang mereka perlukan selama berada di tempat pengungsian.

  4. Berdoa agar Tuhan memberi kekuatan kepada pemerintah di Aceh dan para relawan dalam menolong para korban gempa.

e-JEMMi 14/2010



Perayaan Paskah di Indonesia

Tanggal 4 April mendatang, seluruh umat Kristen dan gereja Tuhan akan merayakan Paskah. Banyak hal yang telah dipersiapkan untuk menyambut datangnya hari tersebut. Agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar, mari kita dukung bersama di dalam doa, semoga Paskah tahun ini, bisa membawa dampak pertumbuhan bagi iman kita dan pertambahan jiwa bagi Kristus.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar setiap gereja Tuhan tidak hanya sibuk mempersiapkan sejumlah acara maupun perayaan untuk menyambut Paskah, tetapi juga mempersiapkan hati agar setiap jemaat mengerti arti Paskah yang sesungguhnya.

  2. Doakan agar setiap pendeta atau hamba Tuhan yang akan menyampaikan khotbah menjelang dan pada saat Paskah, dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sehingga khotbah yang disampaikan merupakan khotbah yang hidup dan berasal dari firman Allah.

  3. Doakan agar jemaat Tuhan dapat mengatur waktu mereka dengan baik, sehingga bisa melayani Tuhan dengan maksimal. Doakan juga untuk kesiapan hati mereka sehingga mereka bisa mempersiapkan hati untuk menyambut Paskah dan mengerti kasih Allah yang sesungguhnya.

  4. Doakan agar setiap orang percaya dapat memanfaatkan Paskah tahun ini untuk membagikan Kabar Baik kepada orang-orang yang belum percaya.

  5. Berdoa agar Tuhan melindungi umat-Nya dari tindakan-tindakan orang yang tidak bertanggung. Berdoa juga agar Tuhan memberi kekuatan kepada pihak berwajib yang bertugas mengamankan perayaan Paskah tahun ini.

e-JEMMi 13/2010



Pelaksanaan Ujian Nasional

Menjelang pelaksanaan ujian nasional, baik guru, kepala sekolah, maupun dinas pendidikan tidak diperbolehkan menarik pungutan atau biaya apa pun dari orang tua siswa, sebab biaya ujian nasional itu sudah disediakan pemerintah. Jika masih ada sekolah yang menarik pungutan atau biaya atas nama ujian nasional, akan dikenai sanksi peringatan atau sanksi lain tergantung dari tingkat kesalahannya.

Sumber: Kompas, Kamis, 18 Maret 2010, halaman 12

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pihak penyelenggara ujian nasional dapat melaksanakan tugas mereka secara bertanggung jawab.

  2. Berdoa agar ujian nasional tahun ini dapat berjalan baik dan jujur, dan tidak terjadi kecurangan oleh pihak tertentu.

  3. Berdoa juga agar Tuhan memampukan setiap guru mendidik dan mempersiapkan anak-anak didiknya untuk menghadapi ujian nasional dengan baik.

  4. Doakan agar sekolah belajar untuk bertanggung jawab sehingga pelaksanaan ujian nasional tidak menjadi ajang penyelewengan kepentingan.

  5. Doakan untuk siswa-siswa Kristen agar mereka menjadi saksi Kristus untuk jujur dan memberikan kemampuan mereka secara maksimal demi memuliakan nama-Nya.

e-JEMMi 12/2010



Teroris di Indonesia

Keberhasilan pihak berwajib dalam menumpas teroris yang hendak mengacaukan Negara Kesatuan Republik Indonesia pantas diacungi jempol. Meskipun demikian, rakyat Indonesia juga harus tetap waspada, karena kemungkinan besar masih ada teroris yang berkeliaran sampai saat ini.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur atas pertolongan Tuhan sehingga pihak berwajib dapat menangkap beberapa pelaku terorisme di Indonesia. Doakan agar pemerintah tidak berpuas diri dan terus berusaha menemukan pelaku terorisme lain yang masih berkeliaran di Indonesia.

  2. Doakan juga agar Tuhan menolong serta memampukan pihak berwajib untuk menangkap otak dan pendukung dana teroris di Indonesia.

  3. Berdoa agar Tuhan memberi perlindungan kepada masyarakat Aceh, khususnya mereka yang bermukim di desa-desa yang diduga menjadi tempat pelarian teroris, yang masih dicekam rasa takut pascapenumpasan teroris.

  4. Doakan juga agar Tuhan memberi kekuatan, kesehatan, dan perlindungan kepada aparat yang berupaya untuk meningkatkan keamanan di Indonesia. Doakan agar Tuhan melindungi dan memberkati anggota keluarga mereka.

e-JEMMi 11/2010



Guru Kristen Dibebaskan

Setelah hampir setahun dipenjara, WH (49 tahun), seorang guru Kristen mendapatkan kembali kebebasannya. WH, seorang guru sekolah dasar, telah dituduh melakukan penghinaan terhadap agama lain, saat ia memberikan les privat kepada muridnya tanggal 10 November 2008. Akibat isu yang merebak, pada tanggal 9 Desember massa melakukan protes dengan cara membakar desa L -- tempat pemukiman orang Kristen. Di bawah tekanan dan paksaan WH dipaksa mengakui dakwaan tersebut. Saat ini WH, dengan bantuan gereja lokal, dipercaya menjadi guru pada sebuah sekolah Kristen.

Diambil dari:

Judul buletin : Frontline Faith, Edisi Maret - April 2010
Penulis : Tidak dicantumkan
Penurbit : Yayasan Open Doors Indonesia
Halaman : 4

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur untuk kebebasan WH. Doakan agar melalui peristiwa ini setiap orang percaya dapat belajar bahwa Allah tidak pernah membiarkan dan meninggalkan anak-anak-Nya meskipun dalam masa sulit.

  2. Berdoa agar Tuhan melindungi dan memberkati keluarga WH supaya menjadi keluarga yang dapat memancarkan terang dan kasih Kristus.

  3. Berdoa agar anak-anak WH tumbuh menjadi anak yang takut akan Tuhan dan berbakti kepada orang tuanya.

  4. Doakan masyarakat Kristen di desa L agar dapat mengampuni orang-orang yang telah membakar desa mereka beberapa waktu yang lalu dan tetap berdoa bagi pertobatan orang-orang yang melakukan aksi kerusuhan.

  5. Doakan agar Tuhan memampukan dan memberi hikmat kepada WH yang saat ini mengajar di salah satu sekolah Kristen, sehingga setiap anak yang dididiknya dapat menjadi anak-anak yang mengasihi Tuhan dan dapat menjadi berkat.

  6. Berdoa juga agar Tuhan memberkati gereja lokal di desa L dan memampukan serta memberi keberanian setiap jemaatnya untuk mau memberitakan Kabar Baik kepada mereka yang belum percaya.

  7. Tetaplah berdoa agar iman setiap umat percaya di mana pun mereka berada saat ini tetap terpelihara dan mengalami pertumbuhan rohani yang semakin berakar dan berbuah lebat.

e-JEMMi 10/2010



Korban Narkoba Tidak Dikriminalkan Lagi

Pengguna atau korban narkoba tidak akan dikriminalkan lagi saat ditangkap petugas. Tempat mereka bukan di rumah tahanan, melainkan di panti rehabilitasi. Untuk merealisasikan hal itu, kalangan penegak hukum membuat petunjuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kini Polri, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, serta Kementerian Hukum dan HAM sedang membuat cara untuk menangani pengguna atau korban narkoba saat dan sesudah ditangkap.

Sumber: Kompas, Rabu 17 Februari 2010, Halaman 27

Pokok Doa:

  1. Doakan agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah dalam menyusun dan menerapkan Undang-Undang tentang Narkotika kepada para pengguna atau korban narkoba.

  2. Berdoa agar pihak yang bertugas menangkap sekaligus mempercepat proses rehabilitasi korban di lapangan tidak menyalahgunakan wewenang yang telah diberikan kepada mereka. Doakan juga upaya pihak terkait untuk melakukan pencegahan penggunaan narkoba dengan lebih gencar lagi.

  3. Doakan juga agar Tuhan memberi pemulihan kepada mereka yang saat ini sedang menjalani masa rehabilitasi.

  4. Berdoalah agar Tuhan menjamah hati para pengguna dan bandar narkoba dan mereka bersedia meninggalkan kehidupan mereka yang sesat.

  5. Doakan agar rumah-rumah panti rehabilitasi yang dibuka oleh orang-orang Kristen dapat menjadi tempat untuk pemulihan raga dan jiwa para pengguna narkoba.

e-JEMMi 09/2010



Bencana Tanah Longsor

Bencana tanah longsor yang terjadi di kawasan perkebunan dan pabrik teh Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, hari Selasa (23/2) pukul 08.00 WIB. Musibah tersebut mengakibatkan kerugian materi dan korban jiwa. Upaya evakuasi telah dilakukan, namun sedikit terhambat karena medan yang cukup berat dan kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Sampai hari Rabu (24/2), diperkirakan ada warga yang masih tertimbun tanah longsor.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar proses evakuasi korban longsor dapat terus dilakukan, sehingga para korban dapat segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan yang mereka perlukan.

  2. Doakan juga agar Tuhan memberi ketabahan dan kekuatan kepada keluarga para korban.

  3. Berdoa agar Tuhan melindungi, memberi kekuatan, dan kesehatan bagi mereka yang membantu proses evakuasi, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas evakuasi dengan optimal.

  4. Doakan agar Tuhan menjaga hati orang-orang yang bertanggung jawab dalam menyalurkan bantuan kepada para korban longsor sehingga terhindar dari tindakan yang tidak terpuji.

  5. Berdoa agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah maupun para donatur dapat segera sampai ke tangan mereka yang membutuhkan.

  6. Doakan juga supaya Tuhan menjaga kesehatan para korban di tempat pengungsian agar mereka terhindar dari sakit penyakit.

  7. Berdoa agar Tuhan melindungi mereka yang bermukim di wilayah rawan longsor, mengingat hujan lebat masih akan terjadi di Indonesia.

  8. Doakan agar Tuhan memampukan orang percaya yang menjadi korban tanah longsor ini untuk menyampaikan Kabar Baik kepada mereka yang belum percaya, dan semoga Tuhan menjamah hati mereka, sehingga mau terbuka terhadap kebenaran.

  9. Berdoa agar umat percaya dan gereja-gereja di Indonesia dapat menggunakan peristiwa ini untuk berbagi Kabar Baik melalui bantuan apa saja yang dapat mereka berikan.

  10. Demikian juga untuk kondisi psikis para korban tanah longsor, doakan agar Tuhan memulihkan, sehingga mereka tidak dibayang-bayangi rasa takut yang berkepanjangan.

e-JEMMi 08/2010



Penyalahgunaan "Facebook"

Situs jejaring sosial, salah satunya Facebook, merupakan sarana untuk menjalin relasi dan komunikasi dengan berbagai orang di berbagai tempat melalui dunia maya. Namun, perkembangan saat ini, Facebook disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk merugikan pihak lain. Yang saat ini tengah ramai diberitakan adalah penculikan anak-anak remaja yang bermula dari perkenalan dengan orang-orang tertentu di Facebook. Kondisi ini cukup meresahkan, terkhusus bagi para orang tua.

Sumber: Berbagai sumber.

Pokok Doa:

  1. Berdoalah agar para pengguna situs jejaring sosial, terkhusus para remaja dapat lebih waspada dan bijaksana dalam menjalin relasi dengan orang-orang di dunia maya.

  2. Berdoa juga bagi para remaja, agar Tuhan melindungi, karena mereka cenderung menjadi sasaran empuk bagi para pelaku tindak kriminal melalui dunia maya.

  3. Doakan agar Tuhan memampukan setiap orang tua mengawasi anak-anak mereka, mengingat saat ini banyak sekali sarana yang dapat menjerumuskan anak-anak mereka untuk melakukan tindakan yang tidak benar.

  4. Berdoa agar Tuhan memampukan pihak berwajib dalam menanggulangi kasus kriminal yang terjadi di dunia maya, baik pornografi maupun bisnis prostitusi.

  5. Berdoa juga agar Tuhan menjamah hati setiap mereka yang telah dan sedang melakukan tindakan yang tidak terpuji melalui dunia maya, sehingga mereka menyadari bahwa apa yang mereka lakukan dapat merugikan orang lain.

  6. Biarlah perkembangan situs jejaring sosial dapat menjadi kesempatan indah bagi setiap orang percaya untuk menyebarkan kasih Kristus kepada setiap orang yang mereka kenal dalam dunia maya.

e-JEMMi 07/2010



Pembobolan Mesin ATM

Kasus pembobolan mesin ATM yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab beberapa waktu lalu, sempat membuat masyarakat Indonesia panik, khususnya bagi mereka yang menggunakan kartu ATM. Kasus pembobolan itu sendiri diduga melibatkan jaringan internasional. Hingga kini aparat berwajib masih terus mengumpulkan bukti-bukti untuk pengusutan kasus ini.

(Dari berbagai sumber)

Pokok Doa:

  1. Doakan pihak berwajib yang berupaya mengusut kasus pembobolan mesin ATM tersebut, agar Tuhan memampukan mereka menyelesaikan masalah ini.

  2. Kiranya Tuhan membuka jalan dalam setiap upaya pengumpulan bukti-bukti untuk menangkap pihak-pihak yang melakukan tindak kriminal ini. Berdoalah agar sehingga proses pengumpulan bukti-bukti itu dapat berjalan dengan lancar.

  3. Mengucap syukur atas upaya pihak berwajib yang telah menangkap beberapa pelaku pembobolan ATM. Doakan agar melalui penangkapan ini, pelaku-pelaku yang lain dapat segera diamankan.

  4. Doakan masyarakat Indonesia pengguna kartu ATM, agar Tuhan menolong mereka untuk tidak panik dan terus berhati-hati dalam melakukan transaksi lewat ATM.

  5. Doakan juga pihak perbankan yang berupaya untuk melindungi dan meningkatkan keamanan para nasabah, terkait masalah yang menimpa institusi ini beberapa waktu lalu.

e-JEMMi 06/2010



Penambangan di Kalimantan

Alam di Kalimantan, demikian pula banyak pulau lain di seluruh Tanah Air, sangat mengagumkan. Pertama, karena keindahan dan keanekaragamannya. Kedua, karena kekayaan alamnya. Yang terakhir ini meliputi hutan-hutannya hingga sumber daya mineralnya. Di sana ada banyak minyak, gas, dan batu bara. Sungguh karunia yang luar biasa. Pada satu sisi, bangsa Indonesia dipercayakan berkat yang besar ini untuk dipetik manfaatnya, tetapi pada sisi lain bangsa ini juga diuji untuk memanfaatkan berkat keindahan dan kekayaan alam tersebut secara bijak.

Diambil dari: Kompas, Rabu 26 Januari 2010, h. 6

Pokok Doa:

  1. Doakan agar warga yang bermukim di Kalimantan maupun para pengolah kekayaan alam Kalimantan dapat menjaga kelestarian hutan maupun lingkungan, sehingga kekayaan alam Kalimantan dapat tetap terjaga.

  2. Berdoa agar pemerintah Indonesia dapat menindak tegas para pelaku perusakan hutan, sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi di masa mendatang.

  3. Penambangan batu bara di Kalimantan yang tidak terkendali akhir-akhir ini sangat memprihatinkan, karena sudah merusak kawasan hutan dan konservasi. Doakan agar Tuhan memampukan pemerintah untuk segera mengambil tindakan tegas guna menangani kasus ini.

  4. Berdoa agar Tuhan memberi hikmat kepada pemerintah dalam membuat peraturan yang lebih saksama mengenai izin penambangan hasil bumi, sehingga kerusakan lingkungan hidup dapat diminimalkan.

  5. Berdoa agar pemerintah tidak mudah terbujuk dan lemah dalam menindak kasus praktik penambangan ilegal, karena jika hal ini terus-menerus dibiarkan akan terjadi kerugian besar bagi rakyat Indonesia.

e-JEMMi 05/2010



Penculikan Anak

Kasus penculikan bayi yang terjadi di lingkungan rumah sakit dan hilangnya anak-anak di bawah umur, kembali menjadi sorotan. Kasus semacam ini kerap diikuti isu yang mengaitkan penculikan dengan dugaan perdagangan organ tubuh, seperti ginjal, kornea mata, hati, dan jantung. Isu itu masih perlu ditelusuri lagi kebenarannya.

Sumber: Kompas, Rabu 20 Januari 2010, Halaman 13

Pokok Doa:

  1. Sulitnya pengawasan dan kurang tegasnya pemerintah dalam menegakkan peraturan pencangkokan organ, larangan jual beli organ, serta asal-usul organ yang dicangkokkan, membuka celah bagi oknum tertentu untuk menangguk keuntungan. Doakan agar Tuhan memampukan pemerintah dalam menetapkan aturan-aturan yang tepat, guna melindungi warganya dari tindakan-tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh oknum tertentu.

  2. Doakan agar orang tua dapat bersikap bijaksana dalam mengawasi anak-anaknya, terutama di lokasi yang tidak memiliki pengamanan yang baik.

  3. Berdoalah agar aparat penegak hukum dapat menindak tegas para pelaku penculikan anak, sehingga diharapkan kejadian serupa tidak terulang kembali di kemudian hari.

  4. Doakan bagi para orang tua yang pernah mengalami kasus kehilangan anak agar Tuhan memberi kekuatan dan penghiburan. Kiranya Tuhan menolong untuk menemukan anak mereka kembali.

e-JEMMi 04/2010



Kerusakan Lingkungan Bisa Mendatangkan Banjir

Tingginya curah hujan di beberapa daerah di Jawa Tengah yang sering terjadi belakangan ini, berpotensi menimbulkan banjir meskipun infrastruktur perairan sudah dibenahi sejak tahun 2009. Ketersediaan infrastruktur seperti waduk dikhawatirkan tidak bisa mencegah banjir karena penyebab banjir lebih banyak dipicu oleh perubahan iklim yang didukung oleh kerusakan lingkungan, serta tata ruang yang tidak tepat. Kondisi ini membuat keseimbangan alam lingkungan sungai terganggu, yang ditandai dengan sering meluapnya air sungai ketika musim hujan tiba.

Diambil dan disunting seperlunya dari: Kompas, Rabu 13 Januari 2010, Halaman A

Pokok Doa:

  1. Doakan agar setiap orang di Indonesia dapat bersikap lebih waspada dan bijaksana dalam menghadapi datangnya musim penghujan.

  2. Doakanlah agar setiap dari kita tidak membuang sampah di sembarang tempat, mengingat perbuatan ini dapat menimbulkan masalah yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain.

  3. Berdoalah agar setiap pengguna jalan umum dapat lebih sabar dan berhati-hati, karena selama musim penghujan kondisi jalanan cenderung lebih licin.

  4. Berdoa juga agar pemerintah segera membenahi fasilitas umum -- seperti jalanan yang mulai rusak -- karena hal itu kerap mencelakakan para pengendara sepeda motor.

e-JEMMi 03/2010



Rapat Kerja Yayasan Lembaga SABDA 2010

Tanggal 8 s/d 9 Januari 2010, seluruh staf YLSA mengadakan rapat kerja (raker) di Kaliurang (Yogyakarta) untuk membicarakan evaluasi tahun 2009 dan rencana-rencana pelayanan YLSA selama tahun 2010. Kami mengucap syukur karena raker boleh berlangsung dengan baik. Dari acara raker tersebut ada banyak hal yang kami rindu kerjakan selama tahun 2010, tapi kami memerlukan hikmat Tuhan supaya rencana Tuhanlah yang kami jalankan. Oleh sebab itu, kami meminta dukungan doa dari para pelanggan e-JEMMi, agar kami dapat peka mendengar pimpinan Tuhan sehingga yang kami laksanakan adalah yang Tuhan kehendaki saja.

Pokok Doa:

  1. Mengucap syukur karena raker YLSA tanggal 8 s/d 9 Januari 2009 di Kaliurang dapat berlangsung dengan baik. Kiranya hasil yang kami dapatkan dalam raker akan menolong kami melihat rencana Tuhan yang lebih besar.

  2. Berdoalah untuk setiap staf YLSA agar Tuhan memberikan kesehatan, hikmat, dan kemampuan supaya dapat bekerja dengan baik, dan setiap kebutuhannya terpenuhi untuk dapat melaksanakan rencana yang dikehendaki Tuhan.

  3. Doakan untuk jajaran pimpinan YLSA, agar Tuhan bekerja melalui mereka sehingga mereka dapat mengoordininasi dan mengarahkan setiap staf YLSA untuk sehati dan sepikir bekerja bagi Tuhan melalui YLSA.

  4. Doakanlah mitra-mitra YLSA agar mereka pun memiliki rencana kerja yang sesuai dengan kehendak Tuhan sehingga secara bersama-sama dapat bergandeng tangan dengan YLSA melayani Tuhan pada tahun 2010 ini.

  5. Doakan kebutuhan dana untuk pelayanan YLSA 2010. Kiranya Tuhan yang akan membukakan tingkap-tingkap langit sehingga kebutuhan untuk melaksanakan pekerjaan Tuhan ini dapat dipenuhi sesuai dengan kasih karunia Tuhan.

  6. Berdoa juga untuk kebutuhan staf baru di YLSA, yaitu programmer, desainer, penerjemah, dan editor yang andal agar rencana kerja YLSA dapat terlaksana dengan baik.

e-JEMMi 02/2010



Tahun Baru 2010

Saat ini kita sudah memasuki tahun yang baru. Setiap orang percaya pasti memiliki banyak harapan dalam menapaki tahun ini. Merupakan satu anugerah jika Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk hidup dan berkarya bagi Dia di dunia ini. Oleh sebab itu marilah kita menggunakan kesempatan yang sudah Tuhan berikan kepada kita untuk dapat menjadi berkat bagi sesama kita.

Pokok Doa:

  1. Berdoalah agar pada tahun 2010, setiap gereja Tuhan dapat lebih berani dan bersemangat dalam memberitakan Kabar Baik kepada orang-orang di sekitar mereka, terkhusus bagi mereka yang belum pernah menerimannya.

  2. Mengucap syukur atas program-program yang telah direncanakan oleh gereja-gereja dan organisasi-organisasi Kristen untuk melaksanakan Amanat Agung Kristus tahun ini. Berdoalah agar Tuhan membuka lebih banyak pintu bagi masuknya Injil, terutama di daerah-daerah yang belum terjangkau Injil.

  3. Pada tahun 2010 ini, biarlah semua organisasi Kristen dapat bersama-sama melayani Tuhan tanpa memandang perbedaan yang ada di antara mereka supaya terjadi sinergi pelayanan bagi kemuliaan Tuhan.

  4. Doakanlah untuk pemulihan bagi saudara-saudara seiman yang ditimpa oleh kemalangan dan masalah berat di tahun yang lalu. Biarlah Tuhan memberi kekuatan dan keberanian untuk menapaki tahun 2010 ini.

  5. Berdoalah agar setiap orang percaya memiliki kerinduan untuk mengenal Tuhan dan mengalami pertumbuhan rohani yang lebih pesat lagi di tahun 2010.

  6. Secara pribadi, mari kita mengucap syukur atas setiap campur Tuhan dalam hidup kita selama tahun 2009. Biarlah kita semakin peka melihat tuntunan Tuhan untuk tahun 2010 sehingga arah hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya.

  7. Biarlah melalui momentum tahun baru ini, kita memiliki hati yang rela dibentuk oleh Tuhan, sehingga karakter Kristus terpancar dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga kita dapat menjadi saksi Kristus yang efektif.

e-JEMMi 01/2010