Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Indonesia / Indonesia Tahun 2004

Indonesia Tahun 2004


Persiapan Natal di Gereja

Memasuki minggu kedua bulan Desember, gaung Natal semakin terasa. Gereja-gereja mulai berbenah-benah untuk mempersiapkan perayaan Natal, bahkan kemungkinan sudah ada yang telah merayakannya. Pada kesempatan ini, kami mengajak Anda untuk mendoakan persiapan-persiapan perayaan Natal yang dilakukan oleh gereja-gereja tersebut.

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk setiap jemaat gereja agar mempersiapkan hati dalam menyambut Natal tahun ini. Kiranya mereka dapat semakin bersyukur untuk kasih Allah yang begitu besar melalui kehadiran Yesus Kristus di dunia.

  2. Berdoa supaya semangat memberi menjadi pendorong utama dalam penyelenggaraan kegiatan Natal tahun ini.

  3. Doakan agar sukacita Natal bisa dirasakan tidak hanya oleh jemaat gereja tetapi juga oleh orang-orang yang berada di sekitar jemaat tersebut. Kiranya damai dan sukacita Natal dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan jemaat Tuhan dan memperbarui semangat penginjilan mereka untuk menjangkau orang-orang di sekitar mereka.

  4. Doakan agar setiap umat Kristen yang merayakan Natal tahun ini tidak memfokuskan diri pada hal-hal yang fana, tapi biarlah mereka memiliki hati untuk lebih banyak memberi terutama pada orang-orang yang saat ini sedang membutuhkan uluran tangan (antara lain para korban bencana alam dan mereka yang sedang menganggur).

  5. Berdoa supaya Natal tahun ini lebih mempersatukan gereja dan jemaatnya dalam bekerjasama dengan gereja-gereja dari denominasi lain, khususnya dalam memberi perhatian pada kebutuhan masyarakat setempat yang sedang kekurangan.
    Natal juga merupakan saat untuk menyatakan kasih kepada keluarga. Berdoa supaya kita masing-masing bisa saling memberikan kasih dan perhatian kepada keluarga kita.

e-JEMMi 50/2004



Gempa di Nabire

Pada hari Jumat 26 November 2004 pukul 11.25 WIT, terjadi goncangan gempa bumi yang hebat di daerah Nabire, Papua. Gempa berkisar antara 6.4 - 7.3 SR ini telah merobohkan 3 jembatan, menghancurkan gedung pemerintahan, memutuskan hubungan listrik, telepon, dan saat ini warga telah mendirikan tenda darurat. Bandara dan pelabuhan belum dapat difungsikan. Gempa susulan masih terjadi hingga berita ini diturunkan. Nabire yang pada Februari 2004 lalu diguncang lebih dari 60 kali gempa, saat ini mengalami kerusakan yang amat parah. Kebutuhan yang diperlukan: sembako, tenda, pakaian, obat-obatan dan vitamin, alat penerang, serta selimut.

Jika Anda tergerak untuk membantu dan meringankan beban dari para korban gempa di Nabire, silakan menghubungi Perkumpulan Anak Indonesia Membangun, melalui sms: 0816 1995424

Sumber: Perkumpulan Anak Indonesia Membangun

Pokok Doa:

  1. Mintalah kepada Allah untuk menghibur hati dan menghapus air mata para korban gempa serta menguatkan hati mereka agar bisa menerima pencobaan yang dihadapi sekarang ini.

  2. Doakan aparat pemerintah setempat yang membantu para korban dengan menyediakan tempat penampungan sementara dan kebutuhan sehari-hari untuk menopang kehidupan para korban. Doakan juga untuk usaha evakuasi, agar dapat berjalan dengan baik.

  3. Berdoa untuk tenaga medis yang bekerja keras membantu para korban yang terluka. Sulitnya wilayah-wilayah korban gempa untuk dijangkau telah menghambat para tenaga medis untuk memberikan pertolongan kepada para penduduk yang terluka. Doakan agar Tuhan mengirimkan lebih banyak tenaga medis ke lapangan untuk menjangkau penduduk yang memerlukan pertolongan.

  4. Tersedianya obat-obatan yang diperlukan dan dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat setempat. Selain itu, doakan juga untuk kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan supaya tidak terjadi terjangkitnya penyakit-penyakit menular, seperti diare dll..

  5. Doakanlah gereja-gereja lokal dan jemaat yang tinggal di sekitar lokasi gempa bisa ikut terlibat dalam aksi kemanusiaan untuk membantu korban gempa.

  6. Berdoa agar Tuhan menguatkan iman orang-orang percaya di Nabire agar terus berharap kepada Tuhan dan tidak dihantui rasa takut yang terus menerus.

e-JEMMi 49/2004



Mobilisasi Doa 23

Dalam upaya menjangkau lebih banyak jiwa yang terlibat dalam doa dan misi, selain mengadakan doa sebulan sekali, Mobilisasi Doa 23 juga mengadakan pelayanan ke daerah-daerah di sekitar Kalimantan. Setelah melakukan serangkaian acara Seminar dan KKR Doa Misi, akhirnya terbentuk kepengurusan Mobilisasi Doa 23 di daerah-daerah tersebut.

Sumber: Buletin VIP Edisi November 2004

Pokok Doa:

  1. Berdoa bagi program Mobilisasi Doa 23 guna menjangkau banyak jiwa untuk terlibat dalam pelayanan doa dan misi. Kiranya melalui program tersebut, banyak orang yang bersedia terlibat secara aktif dalam persekutuan doa tersebut.

  2. Berdoa untuk kebutuhan tenaga lapangan yang bisa membantu pelayanan di beberapa daerah di Kalimantan. Hal ini terkait dengan tidak mencukupinya SDM untuk melayani setiap daerah di Kalimantan.

  3. Doakan para pengurus Mobilisasi Doa 23 dalam mengatasi kendala- kendala beragam yang dihadapi oleh setiap daerah.

  4. Doakan dana yang dibutuhkan untuk pelayanan ke daerah dan juga follow-up rutin melalui kunjungan ke daerah-daerah hasil perintisan Mobilisasi Doa 23.

e-JEMMi 48/2004



Pembebasan Pendeta Rinaldy Damanik

Pemerintah Indonesia membebaskan Pendeta Rinaldy Damanik setahun lebih cepat dari masa penahanannya. Banyak orang percaya kalau dia dipenjara karena kesalahan yang tidak dilakukannya. Pemenjaraan tersebut telah menjadikan Pendeta Rinaldy Damanik sebagai figur menonjol dalam negosiasi perdamaian antara komunitas Muslim dan Kristen di Sulawesi.

Yang sangat berpengaruh dalam pembebasan Pendeta Damanik adalah seorang pemimpin Muslim yang bernama Idrus R. al Habsy. Setelah mendengar kampanye Pendeta Damanik tentang perdamaian, Idrus mendukung pembebasan Damanik. Idrus menulis permohonan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk membela Pendeta Damanik dan menyatakan bahwa Damanik adalah "seseorang yang berkarakter baik" sehingga dia seharusnya "dibebaskan dari hukuman". Tiga hari setelah menuliskan surat permohonan tersebut, Idrus menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit serius yang dideritanya. Namun, tindakan yang telah dilakukannya itu membuka jalan untuk membebaskan Pendeta Damanik lebih awal dari masa hukumannya.

Menurut perwakilan dari Open Doors, pembebasan Pendeta Damanik merupakan jawaban luar biasa dari doa ribuan umat Kristen di seluruh dunia. Pembebasan tersebut terjadi sehari sebelum diadakannya Hari Doa Internasional bagi Gereja Teraniaya (International Day of prayer for the Persecuted Church) pada tanggal 14 November 2004. Pendeta Damanik dan keluarganya sungguh bersyukur dan berterima kasih atas semua orang yang mendoakan pembebasannya.

Ketika Pendeta Damanik dipenjarakan, Open Doors USA membuka korespondensi untuk mendukung dia. Pendeta Damanik menerima sekitar 26.866 surat dan kartu dari umat Kristen di seluruh dunia yang meresponi acara korespondensi tersebut. Pendeta Damanik mengatakan bahwa dukungan dan semangat yang diterimanya saat di penjara sungguh menyentuh hatinya. Dia bersyukur kepada semua orang yang telah mendukungnya. Saat ini, Pendeta Damanik merencanakan untuk meneruskan pelayanan yang telah dilakukannya -- mengusahakan terwujudnya kedamaian dan keadilan di Indonesia.

Beberapa orang kuatir bahwa dia akan menjadi target berikutnya dari serangkaian pembunuhan misterius yang terjadi sejak April 2004 yang lalu. Sejak bulan dimana terjadi pembunuhan tersebut, ada 6 orang Kristen yang meninggal dunia dan 11 orang terluka.

Sumber: Mission Network News, November 12th, 2004

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk Pendeta Damanik yang telah dibebaskan lebih awal dari masa hukuman seharusnya. Doakan untuk perjuangannya dalam mewujudkan perdamaian di wilayah Sulawesi.

  2. Berdoa supaya Allah memberi perlindungan, hikmat, dan kekuatan bagi Pendeta Damanik dan orang-orang kunci di Sulawesi agar dapat menjadi jalan dimana kuasa Allah dapat dinyatakan di wilayah yang berkonflik ini.

  3. Doakan agar Roh Kudus bekerja melembutkan hati orang-orang yang memiliki kebencian, yang mengobarkan permusuhan antara orang Muslim dan Kristen di Sulawesi. Doakan agar ada rekonsiliasi di antara mereka.

  4. Doakan untuk pemerintah agar ikut campur dalam penyelesaian konflik di Sulawesi dan dapat mencari jalan tengah untuk solusi perdamaian, yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

e-JEMMi 47/2004



Ekonomi Indonesia

Salah satu masalah ekonomi sekarang ini sedang hangat dibicarakan adalah tentang kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik. Menurut direktur utama PLN, bila harga bahan bakar minyak naik, maka ada indikasi tarif listrik diperkirakan akan naik juga tahun depan. Hal ini disebabkan karena sebagian pembangkit listrik milik PLN menggunakan bahan bakar minyak. Rencana penyesuaian harga bahan bakar minyak dan tarif listrik tersebut akan terlebih dahulu dibicarakan dengan DPR dan tim ekonomi kabinet baru pimpinan Presiden SBY.

Sumber: Surat Kabar/11 Nov. 2004 dan KJDN Edisi November 2004]

Pokok Doa:

  1. Doakan DPR dan tim ekonomi kabinet baru yang akan membahas kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik. Doakan untuk solusi terbaik bagi berbagai pihak terkait, termasuk masyarakat yang kurang mampu.

  2. Upaya pemberantasan korupsi dalam program "100 hari" agar pemerintah bertindak tegas, bijaksana dan adil. Dengan pemberantasan korupsi di segala lapisan ini diharapkan ekonomi bangsa Indonesia bisa berjalan lebih lancar, sehingga kenaikan harga minyak dan listrik pun dapat diterima baik oleh masyarakat luas.

  3. Doakan agar pemerintah dan tim ekonomi dapat dengan bijaksana menggunakan uang yang tadinya digunakan untuk subsidi minyak dapat dipakai untuk kepentingan membangun ekonomi bangsa.

  4. Kesatuan hati umat Kristen untuk meminta agar Allah mencurahkan berkat atas Indonesia dan memberikan hikmat kepada pemerintah baru untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi yang ada supaya tidak semakin terpuruk.

e-JEMMi 46/2004



Pemerintah Baru Indonesia

Sejak pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada sidang MPR tanggal 20 Oktober 2004 lalu, maka pemerintah baru mulai memfokuskan diri untuk melaksanakan program kerja 100 hari. Fokus utama program itu adalah melakukan peninjauan terhadap APBN, menetapkan langkah- langkah awal pemberantasan korupsi, menghidupkan ekonomi dan investasi, serta meningkatkan mutu pendidikan.

Sumber: KJDN November 2004

Pokok Doa:

  1. Berdoa agar Allah memberi kemampuan kepada pemerintah baru untuk merealisasikan program kerja 100 hari yang telah direncanakan.

  2. Doakan kesehatian dan kerja sama yang baik antara pemerintah baru dengan anggota dewan, baik DPR maupun DPD dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya.

  3. Berdoa supaya presiden, wakil presiden, dan para menteri yang terpilih bisa tetap mengedepankan kepentingan rakyat dan keutuhan negara kesatuan RI dalam menjalankan tugasnya.

  4. Ada harapan baru bagi pemerintah baru Indonesia. Berdoa dan minta kepada Allah agar memberkati pemerintah baru ini, memberi hikmat dan bijaksana bagi mereka dalam mengatur dan mengatasi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

e-JEMMi 45/2004



Anak Kristen Indonesia

Setelah menerima sebuah booklet Injil, Punijan, seorang anak yang berumur 10 tahun tidak hanya menerima Yesus, tetapi dia memulai sebuah reaksi berantai spiritual di rumah dan desanya sehingga bisa membawa 88 orang diselamatkan.

Sumber: E-vangelism Update October 2004

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk anak-anak yang telah dipakai Tuhan untuk memenangkan keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

  2. Doakan supaya ada banyak "Punijan" di berbagai tempat di Indonesia, sehingga mereka bisa menjadi saksi-saksi Kristus yang hidup di lingkungan mereka masing-masing.

  3. Berdoa untuk proses follow-up bagi orang-orang yang telah dimenangkan di berbagai tempat. Doakan agar gereja-gereja lokal juga turut berpartisipasi dalam menggembalakan petobat baru tersebut.

  4. Doakan pelayanan anak dan Sekolah Minggu di berbagai gereja supaya bisa menjadi semakin efektif dalam memenangkan murid-muridnya dan mengajarkan misi penginjilan sejak dini kepada anak-anak itu.

e-JEMMi 44/2004



Gereja-gereja di Indonesia

Bertepatan dengan peringatan Hari Reformasi Gereja yang diadakan setiap tanggal 31 Oktober, maka pada kesempatan ini, kami sekali lagi mengajak Anda untuk mendoakan gereja-gereja di Indonesia.

Pokok Doa:

  1. Kesatuan dan persatuan gereja-gereja di seluruh Indonesia dalam menjalankan Amanat Agung. Doakan supaya gereja-gereja terus melakukan reformasi untuk menjadi lebih benar, lebih baik, dan semakin berkenan kepada Tuhan.

  2. Gereja-gereja bisa menjadi garam dan terang di tengah-tengah situasi yang penuh ketidakpastian saat ini.

  3. Setiap jemaat dapat menjadi saksi-saksi nyata bagi lingkungan di sekitarnya.

  4. Kiranya peringatan Hari Reformasi Gereja tahun ini memberikan semangat baru bagi semua gereja dan umat Kristen di Indonesia agar iman mereka bisa semakin berakar, bertumbuh, dan berbuah di dalam Kristus.

e-JEMMi 43/2004


Para Penderita HIV/AIDS

Dalam KJDN Edisi Oktober 2004 tertulis bahwa pada tanggal 10 Oktober 2004 yang lalu diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa sedunia. Pada saat ini, jumlah penderita HIV/AIDS mencapai 42 juta orang di dunia. Setiap tahun bertambah lima juta orang dengan angka kematian 3,1 juta. Sedangkan jumlah penderita HIV/AIDS di seluruh Indonesia mencapai 130.000 jiwa. Mereka tersebar di 25 propinsi, dan yang positif terkena AIDS mencapai 1.413 kasus.

Pokok Doa:

  1. Tim medis di Indonesia bisa menyediakan perawatan bagi para penderita HIV/AIDS di Indonesia untuk memperingan rasa sakit yang mereka alami.

  2. Penderita HIV/AIDS tidak kehilangan pengharapan dan tidak putus asa. Doakan supaya melalui penyakit tersebut, mereka bisa mengenal Yesus yang bisa merasakan segala beban mereka saat ini.

  3. Pusat rehabilitasi/lembaga/gereja yang mempunyai pelayanan untuk merawat para penderita HIV/AIDS agar bisa merawat para pasiennya dengan kasih dan kesabaran.

  4. Ada indikasi bahwa jumlah penderita HIV/AIDS semakin bertambah. Doakan supaya para generasi muda Indonesia mempunyai dasar iman yang kuat, sehingga mereka bisa menjaga kekudusan hidup mereka dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif yang membahayakan kesehatan jasmani ataupun rohani mereka.

e-JEMMi 42/2004



Penutupan Gereja di Indonesia

Belum berlalu peristiwa penutupan sekitar 13 buah gereja di Bandung. Baru-baru ini, kita mendengar berita bahwa Yayasan Sang Timur di Tangerang tidak bisa dipakai lagi sebagai tempat beribadah oleh warga Katholik. Para warga setempat memprotes keberadaan yayasan tersebut termasuk keberadaan gedung sekolah yang ada di kompleks tersebut.

Sumber: Tangerang, Sinar Harapan, 4 dan 5 Oktober 2004

Pokok Doa:

  1. Para jemaat di Bandung yang gerejanya ditutup supaya mempunyai hati yang sabar dan iman yang kokoh dalam menghadapi masalah penutupan gereja tersebut. Mereka juga diberi kemampuan agar bisa mengampuni secara tulus dan bisa mendapatkan tempat ibadah sementara.

  2. Para warga Katholik di Tangerang bisa bersikap tenang dan mau mengampuni secara tulus atas tindakan semena-mena yang mereka terima dari warga setempat yang memprotes keberadaan pelayanan Yayasan Sangat Timur.

  3. Warga Katholik di Tangerang yang ikut beribadah di sana agar tetap bersandar pada kekuatan Tuhan dan dapat mengatasi masalah pergantian tempat beribadah mereka.

  4. Pemerintah dan aparat keamanan setempat agar bisa menjadi penengah yang baik dalam menyelesaikan kemelut yang menimpa Yayasan Sang Timur.

e-JEMMi 41/2004



Korupsi di Indonesia

Menurut laporan Badan Pemeriksa Keuangan, penyimpangan keuangan negara telah mencapai Rp 166,53 triliun atau sekitar 50% dari APBN tahun 2003. Ironisnya, belum ada pemerintah pada masa lalu yang berani untuk menangani kasus korupsi tersebut. (Kompas, Sabtu, 2 Oktober 2004).

Sumber: Kalender Jaringan Doa Nasional, Edisi September 2004

Pokok Doa:

  1. Pemerintahan yang baru mempunyai keberanian untuk mengatasi masalah korupsi dana APBN.

  2. Aparat hukum, supaya bertindak bijaksana dan adil dalam mengadili pelaku tindak korupsi tersebut.

  3. Tim pemberantasan korupsi yang nantinya akan dibentuk pada pemerintahan yang baru, supaya dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

  4. Para pelaku tindak korupsi, supaya mereka menyadari dan menyesali bahwa perbuatan mereka telah merugikan masyarakat banyak.

e-JEMMi 40/2004


Umat Kristiani di Pulau Nias

Pada tanggal 27 September 2004, umat Kristen di Pulau Nias merayakan 139 tahun masuknya Injil di Pulau Nias. Diperkirakan, 95% penduduk di Pulau Nias beragama Kristen. Namun, saat ini kehidupan rohani gereja dan umat Kristen lebih cenderung menjadi adat kebiasaan. Nilai-nilai Kristiani mulai memudar, dan hal ini semakin didorong lagi dengan kemiskinan dan kebodohan yang masih menjadi masalah utama masyarakat Nias. Kiranya, momentum peringatan tersebut menggugah masyarakat Nias untuk hidup berdasarkan Injil yang menyelamatkan dan mentransformasikan hidup manusia.

Sumber: Kalender Jaringan Doa Nasional, Edisi September 2004

Pokok Doa:

  1. Bersyukurlah atas kasih Tuhan yang telah mengirimkan hamba-Nya, yaitu Pdt. L. Denninger (27 September 1865), seorang misionaris Injil Rheinische Mission Gesellschaft (RMG) dari Jerman, untuk memberitakan Injil di Pulau Nias, sehingga banyak jiwa yang diselamatkan.

  2. Doakan agar Injil dipegang teguh dan menjadi pedoman yang mengubah hidup masyarakat Nias dalam menjalankan kehidupan mereka sehari-hari.

  3. Berdoa agar Allah memberikan hikmat dan kebijaksanaan pada pemerintah Nias untuk mengentaskan penduduknya dari masalah kemiskinan dan kebodohan.

  4. Doakan untuk kehidupan beribadah di gereja agar bisa ditingkatkan lagi, tidak hanya menjadi adat kebiasaan namun sekaligus menjadi tempat dimana penduduk Nias bisa belajar tentang Injil dan mereguk kasih dan kedamaian sejati di dalam Kristus.

e-JEMMi 39/2004



Pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia telah memasuki kategori Tahap Gawat Darurat. Hal ini disebabkan oleh kerusakan kelas, kelangkaan guru di daerah-daerah pelosok, banyaknya anak yang putus sekolah, dan rendahnya kesejahteraan guru. Saat ini, sebanyak 535.825 ruang kelas (dari sekitar 900 ribu ruang kelas SD) dalam kondisi rusak. Sebanyak 700 ribu anak putus Sekolah Dasar setiap tahunnya. Menurut Balai Litbang Departemen Pendidikan, jumlah penduduk yang belum terdidik adalah 57.446.463 orang.

Sumber: Kalender Jaringan Doa Nasional (KJDN) Edisi September 2004

Pokok Doa:

  1. Pemerintah dan pihak-pihak yang terkait bisa segera mengatasi masalah kerusakan ruang kelas di berbagai wilayah Indonesia.

  2. Departemen pendidikan dan organisasi yang bergerak di bidang pendidikan mempunyai solusi yang terbaik untuk membantu ribuan anak yang putus sekolah dan puluhan juta penduduk yang sampai saat ini belum mengenyam pendidikan.

  3. Murid-murid sekolah yang ruangan kelas atau sekolahnya mengalami kerusakan, agar mereka tetap bisa menuntut ilmu di tempat-tempat darurat yang disediakan.

  4. Yayasan Kristen yang bergerak di bidang pendidikan, supaya bisa menyediakan sarana, prasarana, fasilitas dan tenaga pendidik profesional untuk mengajar generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa.

  5. Para guru di Indonesia. Bersyukur atas setiap pengabdian yang mereka berikan untuk anak-anak bangsa, meskipun kesejahteraan mereka kurang mendapat perhatian.

  6. Kerinduan dan kemauan untuk menjadi guru di tempat-tempat terpencil yang saat ini sangat membutuhkan pendidikan.

e-JEMMi 38/2004


Korban Peledakan Bom

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pada tanggal 9 September 2004 telah terjadi ledakan bom di depan Kedubes Australia, Jakarta. Jeritan hati dan tangisan pilu dari para korban yang selamat dan keluarga dari korban yang meninggal masih terdengar sampai saat ini.

Pokok Doa:

  1. Para korban yang terluka dalam peristiwa peledakan bom tersebut, supaya mereka bisa mendapatkan perawatan yang diperlukan, baik secara jasmani maupun rohani.

  2. Keluarga dari korban yang meninggal akibat peristiwa peledakan bom tersebut, supaya Allah memberikan kekuatan dan penghiburan kepada mereka.

  3. Pemerintah Indonesia perlu didoakan agar memiliki hikmat bijaksana dalam menindaklanjuti kasus peledakan bom tersebut, supaya ada kerjasama dari berbagai pihak untuk menangani tindak kekerasan tersebut.

  4. Peristiwa peledakan ini kiranya tidak mempengaruhi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Australia.

e-JEMMi 37/2004


Pemilu Presiden dan Wapres

Pada tanggal 20 September 2004 nanti, bangsa Indonesia akan mengadakan pemungutan suara tahap dua untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI. Panitia Pemilu di berbagai tempat telah melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan.

Pokok Doa:

  1. Campur tangan Tuhan untuk pelaksanaan Pemilu capres dan cawapres yang akan diadakan pada tanggal 20 September 2004 mendatangkan, supaya berjalan lancar dan tidak ada gangguan keamaanan.

  2. Panitia Pemilu yang bertugas mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah dalam mempersiapkan TPS, kartu suara, dan perlengkapan lain yang diperlukan.

  3. Panitia Pemilu agar mempunyai stamina yang baik selama masa persiapan sampai dengan proses penghitungan suara.

  4. Kedua pasangan kandidat capres dan cawapres serta seluruh timnya agar dapat berkampanye dengan jujur dan benar-benar memberikan janji yang dapat ditepati untuk mengutamakan kepentingan rakyat dan kemajuan pemerintah Indonesia.

  5. Presiden dan Wakil Presiden yang akan terpilih, kiranya memiliki hati yang takut akan Tuhan dalam menjalankan pemerintahan dengan bijaksana sehingga memajukan bangsa dan negara Indonesia.

  6. Warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih agar bisa menggunakan haknya secara bertanggung jawab dan memilih pasangan calon pemimpin Indonesia sesuai dengan hati nuraninya.

e-JEMMi 36/2004


KONI Pusat dan para Atlet Indonesia

Olimpiade di Athena telah berakhir pada tanggal 29 Agustus yang lalu. Bersyukur untuk putra-putra Indonesia yang ikut mengharumkan nama bangsa dengan mempersembahkan medali untuk Indonesia.

Olimpiade telah menjadi ajang kampanye bagi bangsa-bangsa di dunia untuk menunjukkan eksistensi mereka. Melihat fakta tersebut, maka kita perlu berdoa untuk KONI Pusat supaya dapat melatih putra-putri Indonesia agar bisa membawa bangsa Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di kancah olahraga.

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk para atlet Indonesia yang telah mempersembahkan medali-medali bagi bangsa kita tercinta dalam Olimpiade Athena 2004 kemarin.

  2. Berdoa supaya melalui KONI, pemerintah dapat menyediakan sarana dan pra sarana yang memadai untuk mengembangkan dunia olah raga di Indonesia.

  3. Berdoa untuk pengurus KONI, supaya diberi hikmat dalam mencari atlet-atlet daerah yang berpotensi di bidang olah raga.

  4. Berdoa juga supaya pengurus KONI pusat dapat menjalin komunikasi yang baik dengan KONI daerah.

  5. Berdoa untuk anak-anak Tuhan yang terlibat dalam KONI, baik sebagai pengurus atau pun atlet, supaya dipakai Allah untuk menjadi berkat bagi orang lain melalui profesi mereka.

e-JEMMi 35/2004


TVRI dan Stasiun-stasiun Televisi Swasta di Indonesia

Tanggal 24 Agustus kemarin, TVRI memperingati hari ulang tahunnya yang ke-42. Tujuan perayaan ulang tahun kali ini adalah mensosialisasikan keberadaan TVRI. Saat ini, TVRI memiliki 23 buah stasiun di 23 propinsi. Selain TVRI, hadirnya stasiun-stasiun televisi swasta telah menambah semaraknya dunia pertelevisian di Indonesia, antara lain RCTI, SCTV, TPI, Indosiar, TV7, Lativi, Trans TV, AN Teve, dan Metro TV. Tidak hanya itu saja, beberapa tahun terakhir ini juga telah bermunculan televisi-televisi lokal di beberapa daerah. Mari kita doakan agar melalui televisi, pelayanan pekerjaan Tuhan juga bisa ikut ambil bagian di sana.

Pokok Doa:

  1. Kita berdoa agar pengelola TVRI dan pemilik stasiun-stasiun televisi swasta di Indonesia tidak hanya memikirkan keuntungan komersial saja. Sebaliknya, marilah kita berdoa agar mereka lebih memikirkan pelayanan TV sebagai sarana yang lebih edukatif dan informatif bagi pemirsanya.

  2. Berdoa supaya dipikirkan program-program yang dapat mencerdaskan bangsa dan memberikan pendidikan yang lebih berkualitas, khususnya bagi anak-anak dan kaum pemuda.

  3. Doakan supaya pemerintah ikut ambil bagian dalam memberikan rujukan-rujuan peraturan yang tegas, misalnya tentang iklan-iklan yang hanya mendorong konsumerisme, jenis-jenis program yang tidak patut ditayangkan, baik secara etika maupun moralitas bangsa.

  4. Berdoa untuk stasiun-stasiun televisi yang menyediakan kesempatan bagi tayangan-tayangan program Kristen, kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kristen.

  5. Berdoa untuk organisasi-organisasi yang memproduksi program- program Kristen untuk televisi, antara lain Gospel Overseas (GO) Studio, Cahaya Bagi Negeri (CBN), dll.. Doakan supaya melalui siaran-siaran rohani yang disampaikan, banyak pemirsa mendapatkan jalan untuk mengenal Yesus.

  6. Doakan untuk orang-orang Kristen yang ikut ambil bagian dalam berbagai bidang pekerjaan hiburan (artis-artis, sutradara, produser Kristen), kiranya dapat menjadi teladan dalam pekerjaan mereka dan memuliakan Tuhan.

e-JEMMi 34/2004


Kemerdekaan Indonesia

Tanggal 17 Agustus 2004 kemarin, bersama-sama kita telah merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-59. Meskipun perayaannya telah berlalu, tetapi gaung semangat untuk mensyukuri arti kemerdekaan ini mudah-mudahan masih terus kita rasakan.

Pokok Doa:

  1. Naikkan syukur kepada Allah, sebab saat ini bangsa Indonesia telah menikmati 59 tahun masa kemerdekaannya. Bersyukur atas setiap kemajuan dan keberhasilan yang dapat dicapai hingga kini.

  2. Tidak dapat dipungkiri bahwa dibalik kemajuan itu ada juga krisis- krisis yang dialami bangsa ini (simak Pokok Doa Bagi Indonesia yang terbit dalam Buletin e-JEMMi minggu lalu -- edisi 32/2004). Doakan agar setiap warga negara Indonesia menyadari tanggung jawabnya masing-masing dalam mengatasi krisis tersebut.

  3. Berdoa untuk kesatuan bangsa agar tetap kokoh, di samping kepelbagaian budaya, ras dan agama yang dimiliki. Biarlah ada toleransi untuk saling menghargai dan menghormati keanekaragaman yang ada ini.

  4. Doakan pemerintah Indonesia, mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah, supaya mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan disiplin dan bertanggung jawab.

  5. Doakan agar masyarakat Indonesia terus menjunjung tinggi kebebasan warganya untuk memeluk agama dan beribadah dengan damai.

  6. Doakan agar keberadaan masyarakat Kristen di Indonesia dapat menjadi saluran berkat dan mendukung keberhasilan bangsa Indonesia, khususnya dalam mengatasi krisis-krisis yang ada.

  7. Berdoa supaya gereja-gereja di Indonesia bisa menjadi alat Tuhan untuk menyatakan kebenaran dan kasih Tuhan bagi lingkungan sekitarnya.

  8. Bersyukur untuk anak-anak Tuhan yang memegang pucuk-pucuk pimpinan, baik di pemerintahan maupun di masyarakat, kiranya Tuhan terus memakai mereka untuk memuliakan nama Tuhan melalui pekerjaan dan hidup mereka.

e-JEMMi 33/2004


Kepedulian Umat akan Krisis Kebangsaan

Pada tanggal 28 Juni yang lalu telah diadakan Seminar Nasional Masa Depan Kebangsaan Indonesia, dengan tema "Revitalisasi Semangat, Jiwa, dan Rasa Kebangsaan demi Kejayaan Indonesia Raya" di gedung Lemhanas Jakarta. Seminar ini diselenggarakan oleh Daniel and Joseph Network. Rangkuman dari seluruh sesi seminar ini adalah adanya indikasi bahwa bangsa Indonesia mengalami krisis di bidang ideologi, politik, sosial dan budaya, serta pertahanan dan keamanan. Karena itu, perlu dicari solusinya.

Hal yang penting dari tujuan pembangunan ini adalah agar YLSA dapat menambah beberapa staf baru untuk bersama-sama staf yang lama mengembangkan pelayanan YLSA, menjangkau masyarakat Kristen Indonesia melalui visi misi yang Tuhan berikan kepada YLSA, bagi kemuliaan nama Tuhan!

Sumber: Buletin VIP, Edisi Agustus 2004

Pokok Doa:

  1. Berdoa supaya pemerintah dapat bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun kembali sistem politik yang mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan.

  2. Doakan agar masyarakat Indonesia bisa saling bahu-membahu untuk menciptakan sikap toleransi, rekonsiliasi, dan rekonstruksi nasional, sehingga bisa menciptakan keadaan damai di sekitarnya.

  3. Berdoa untuk para pejabat yang berkecimpung dalam faktor ekonomi dan pengurus keuangan negara agar bisa mencari strategi-strategi yang efektif dalam melakukan pembayaran hutang-hutang negara.

e-JEMMi 32/2004


Pembangunan Kantor YLSA (Yayasan Lembaga SABDA)

Buletin e-JEMMi adalah salah satu publikasi yang diterbitkan oleh YLSA. Seiring dengan berjalannya waktu, pelayanan YLSA juga semakin berkembang. Dengan berkembangnya pelayanan YLSA, kami merasakan bahwa tempat yang selama ini dipakai untuk melaksanakan tugas operasional YLSA menjadi sangat sempit. Kami telah banyak berdoa untuk waktu yang cukup lama, memohon hikmat Tuhan tentang kebutuhan yang mendesak untuk kantor yang lebih luas. Syukur kepada Tuhan, akhirnya kami berani melangkah dengan iman untuk melakukan pembangunan perluasan kantor YLSA!

Hal yang penting dari tujuan pembangunan ini adalah agar YLSA dapat menambah beberapa staf baru untuk bersama-sama staf yang lama mengembangkan pelayanan YLSA, menjangkau masyarakat Kristen Indonesia melalui visi misi yang Tuhan berikan kepada YLSA, bagi kemuliaan nama Tuhan!

Pokok Doa:

  1. Doakan pelaksanaan proyek pembangunan kantor YLSA, supaya dapat berjalan lancar dan bisa segera diselesaikan.

  2. Berdoa khususnya untuk dana yang diperlukan (biaya keseluruhan diperkirakan 134 juta rupiah) agar bisa terpenuhi tepat pada waktunya.

  3. Bersyukur saat ini untuk penambahan staf baru YLSA dan terus doakan supaya Allah mengirimkan SDM baru yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan pelayanan YLSA.

  4. Berdoa untuk proses restrukturisasi pelayanan YLSA agar dapat semakin mempermantap salah satu misinya untuk menyebarluaskan informasi dan bahan-bahan seputar kekristenan dengan membangun "Electronic Resource Centers for Christian Information".

  5. Doakan pelaksanaan visi untuk mewujudkan "Electronic Servants to the Body of Christ" ("hamba elektronik" bagi Tubuh Kristus/ Gereja)

e-JEMMi 31/2004


Tenaga Kerja Indonesia

Sampai sekarang, tercatat 2.234.143 kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di mana 33 di antaranya kehilangan nyawa, 107 mengalami penganiayaan disertai pemerkosaan (2001), dan kasus tewas meningkat menjadi 177 kasus (2002). Semenjak krisis moneter, jumlah pengangguran semakin tinggi, sehingga membuat banyak pekerja ingin bekerja di luar negeri. Namun, peningkatan jumlah ini tidak disertai peningkatan perlindungan bagi para TKI korban penganiayaan. Mari kita berdoa untuk para TKI yang menjadi korban penganiayaan supaya Tuhan memberi kekuatan dan membuka jalan agar pemerintah segera menindaklanjuti kasus tersebut.

Sumber: e-KJDN Juli 2004

Pokok Doa:

  1. Doakan supaya pemerintah dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi permasalahan TKI yang bekerja di luar negeri.

  2. Berdoa untuk para penyalur TKI ke luar negeri agar mereka bertanggung jawab dan siap menjamin keselamatan para TKI yang disalurkan. Doakan agar penyalur ini tidak hanya mencari keuntungan saja, tetapi juga mau memikirkan nasib dari para TKI.

  3. Doakan lembaga-lembaga Kristen yang saat ini melakukan pelayanan untuk menjangkau para TKI yang bekerja di luar negeri. Doakan penyelenggaraan KKR untuk para TKI di luar negeri supaya dapat memberikan makanan rohani kepada mereka.

  4. Berdoa untuk para TKI supaya mereka benar-benar mempersiapkan bekal yang mantap, baik ketrampilan maupun mental untuk bekerja di luar negeri.

  5. Doakan TKI Kristen yang ada di berbagai negara supaya mereka juga bisa menjadi saksi-saksi yang efektif bagi rekan-rekan sekerjanya.

e-JEMMi 30/2004


Anak Indonesia

Pada tanggal 23 Juli, bangsa Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Menurut Kepala Perwakilan Dana PBB, untuk saat ini ada sekitar 70.000 anak Indonesia yang diperdagangkan untuk objek seks (T,16/06/04). Selain itu, banyak anak usia sekolah yang dipekerjakan untuk mencari uang. Anak-anak ini dipaksa untuk menjadi pengamen di perempatan jalan, menjadi pengemis, menjadi loper koran, dsb. Di sisi lain, mahalnya biaya pendidikan dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat banyak anak terpaksa putus sekolah. Orangtua mereka tidak sanggup lagi membiayai sekolah mereka.

Yang lebih memprihatinkan lagi, saat ini sudah ada indikasi bahwa anak-anak usia SD mulai mengenal obat-obat terlarang. Para pengedar narkoba mulai melirik anak-anak ini sebagai pangsa pasarnya. Kita perlu waspada dan terus mendoakan anak-anak Indonesia.

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk kesejahteraan anak-anak Indonesia, baik secara fisik maupun mental. Berdoa bagi para orangtua supaya mereka bertanggung jawab untuk anak-anak yang dipercayakan Tuhan ke tangan mereka.

  2. Doakan lembaga-lembaga yang berkecimpung dalam pelayanan anak, khususnya yang mengasuh anak-anak yatim piatu dan anak-anak jalanan. Doakan supaya mereka bisa mendidik anak-anak itu menjadi orang-orang yang berguna bagi masa depan bangsa ini.

  3. Berdoa supaya ada kerja sama yang baik antara orangtua, organisasi pendidikan, dan pihak-pihak terkait yang mengurusi kesejahteraan anak dalam mempersiapkan masa depan yang penuh harapan bagi anak-anak.

  4. Doakan gereja, khususnya komisi pelayanan anak atau komisi Sekolah Minggu. Berdoa supaya gereja benar-benar serius dalam mengurusi jemaat yunior ini dan memberikan makanan rohani yang sehat untuk membantu pertumbuhan iman mereka.

  5. Doakan secara khusus untuk misi-misi penginjilan bagi anak-anak Indonesia. Kiranya kasih Tuhan menjangkau mereka sehingga mereka mengenal Sang Pencipta dan hidup dalam kasih karunia-Nya.

  6. Juga berdoa untuk para orangtua Kristen agar mereka mengutamakan pendidikan rohani untuk anak-anak mereka. Doakan untuk kerjasama gereja dan orangtua agar mereka bisa bersama-sama mempersiapkan anak-anak ini menjadi penerus kepemimpinan gereja yang akan datang.

e-JEMMi 29/2004


Pelayanan Kartidaya

Kartidaya adalah salah satu organisasi di Indonesia yang bergerak dalam pelayanan lintas budaya.

Sumber: Berita KARTIDAYA, Edisi I/2004

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk pelatihan lintas budaya dan linguistik terapan yang telah diadakan pada bulan Mei 2004 yang lalu. Doakan agar setiap peserta pelatihan mendapatkan bekal yang mantap untuk menjadi tenaga lapangan Kartidaya.

  2. Berdoa bagi setiap kantor Kartidaya yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Doakan agar setiap kantor perwakilan ini dapat bekerja lebih luas guna menjangkau suku-suku di Indonesia.

  3. Doakan para tenaga lapangan Kartidaya yang bekerja di tempat pelayanan masing-masing. Doakan agar mereka bersukacita dalam melakukan pelayanan mereka.

  4. Berdoa untuk perwakilan Kartidaya di Dallas, USA, dalam pelayanannya untuk menggerakkan gereja-gereja Indonesia yang ada di negara-negara tersebut sehingga mereka ikut ambil bagian dalam pelayanan Kartidaya -- yaitu menjangkau suku-suku terabaikan di tanah air.

  5. Doakan terjadinya kerja sama yang baik antara Kartidaya dengan instansi-instansi pemerintah di Indonesia. Doakan supaya sebagai organisasi, Kartidaya bisa memberi sumbangsih untuk bangsa Indonesia.

e-JEMMi 28/2004


Hasil Pemilu Calon Presiden dan Wakil Presiden

Sejak tanggal 6-25 Juli 2004 telah dilaksanakan proses penerimaan dan rekapitulasi jumlah suara hasil Pemilu mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, desa/kota, propinsi, sampai tingkat nasional.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk orang-orang yang mendapat tanggung jawab untuk menghitung suara secara nasional. Doakan supaya mereka jujur dan bisa mempertanggungjawabkan setiap pekerjaan yang dilakukan.

  2. Berdoa untuk fasilitas komputer yang digunakan untuk menghitung suara supaya bisa dipakai secara maksimal dan tidak dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu.

  3. Doakan supaya kecurangan dan perselisihan dapat diantisipasi dan diatasi.

  4. Doakan hasil Pemilu ini sehingga presiden dan wakil presiden yang terpilih benar-benar merupakan pilihan rakyat dan bisa didukung oleh semua pihak yang tidak terpilih calonnya.

e-JEMMi 27/2004


Kota Jakarta

Tanggal 22 Juni dirayakan sebagai hari kelahiran kota Jakarta, dan pada tahun 2004 ini kota Jakarta akan merayakan hari ulangtahunnya yang ke 477. Jumlah penghuni kota Jakarta saat ini diperkirakan lebih dari 10 juta jiwa, suatu jumlah yang tidak kecil. Oleh karena itu tidak heran kalau kota ´megapolitan´ ini menyimpan berbagai masalah -- mulai dari kriminalitas, narkoba, free sex, dan masih banyak masalah lainnya. Menurut laporan, setiap tahun di Jakarta terjadi 700-900 kebakaran. Kasus pemerkosaan setiap tahun meningkat. Tahun ini diperkirakan meningkat 25%, dari 107 kasus menjadi 134 kasus. Masyarakat kota Jakarta sangat membutuhkan kasih Tuhan. Mari kita doakan penduduk ibukota Indonesia yang kita kasihi ini.

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk kondisi yang aman dan kondusif di Jakarta sebagai pusat pemerintahan negara.

  2. Doakan agar terjadi kerjasama antar segenap lapisan masyarakat dengan aparatur pemerintah supaya mereka bisa bersama-sama mengatasi segala permasalahan yang terjadi di Jakarta.

  3. Berdoa supaya ada hati yang saling melayani dan tidak saling menyalahkan untuk setiap problem yang terjadi. Doakan agar tanggung jawab bersama dan kesehatian sesama penduduk dan pemerintahan bisa tercipta.

  4. Berdoa agar Roh Kudus menggerakkan anak-anak Tuhan di kota Jakarta sehingga dapat menjadi teladan, menunjukkan kasih-Nya bagi jiwa-jiwa yang haus akan kasih Tuhan.

e-JEMMi 26/2004


Dukungan Misi Dalam Negeri dan Luar Negeri

Pokok Doa:

  1. Doakan orang-orang Kristen Indonesia yang menerima panggilan Tuhan dan siap menjadi misionaris di antara suku-suku terabaikan di dalam dan luar negeri. Berdoa supaya mereka siap diutus ke ladang-ladang misi yang telah dipersiapkan Allah bagi mereka.

  2. Ada banyak kendala yang harus dihadapi mereka: persiapan rohani dan jasmani yang mantap, studi teologia, pelatihan pelayanan, belajar bahasa, dsb. Mereka perlu dukungan doa syafaat dari orang-orang percaya.

  3. Doakan Badan Pengutus Lintas Budaya (BPLB) yang sedang menyiapkan pekerja untuk ladang penginjilan di Asia Timur.

  4. Berdoa untuk Sending WEC Indonesia yang siap mengutus misionaris Indonesia ke daerah-daerah di dalam dan luar negeri yang kurang diinjili, khususnya suku-suku terabaikan.

Sumber: Pokok-pokok Doa Penginjilan Sedunia dari P.D. Timotius (Pokok doa ini dikirim sebulan sekali. Bagi yang berminat, silakan kirim email ke <endah@sabda.org>)

e-JEMMi 25/2004


Gereja-gereja di Indonesia

Pokok Doa:

  1. Doakan perkembangan gereja-gereja di Indonesia. Doakan juga supaya ada kesatuan/kebersamaan di antara beragam denominasi gereja yang ada sehingga melalui kesatuan/kebersamaan ini gereja-gereja Tuhan di Indonesia memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk melaksanakan Amanat Agung ke seluruh pelosok Indonesia.

  2. Jika pada beberapa waktu terakhir ini kita mendengar adanya berita tentang gereja-gereja yang ditutup atau dirusak di beberapa kota, mari kita bersama bersatu hati mendoakan para jemaat dan pendeta dari gereja-gereja tersebut. Berdoa supaya mereka tetap tegar dan mempunyai hati yang mengampuni untuk setiap pribadi yang telah melakukan tindak kekerasan itu.

  3. Berdoa supaya para jemaat dan pendeta yang mengalami pencobaan tersebut dapat terus menjaga imannya dan mereka tetap mengandalkan Yesus sebagai satu-satunya Tuhan dan Juru Selamat.

  4. Doakan agar gereja-gereja di Indonesia menjadi gereja yang misioner sehingga mereka terus dapat meningkatkan pelayanan misi dan penginjilan ke tempat-tempat yang belum dijangkau oleh Injil.

e-JEMMi 24/2004


Anak-anak Jalanan

Akhir-akhir ini semakin banyak anak jalanan yang mengais uang dengan menjadi peminta-minta dan pengamen jalanan. Mereka banyak dijumpai di persimpangan jalan besar, di pom bensin, dan di kendaraan- kendaraan umum. Fenomena apa yang sedang melanda negara kita saat ini? Sebagian dari generasi muda yang juga kelak akan menjadi penerus bangsa ternyata menghabiskan kebanyakan waktu mereka menjadi peminta-minta di pinggir jalan.

Pokok Doa:

  1. Doakan organisasi-organisasi sosial dan organisasi-organisasi Kristen yang saat ini terbeban untuk terlibat dalam pelayanan terhadap anak-anak jalanan ini. Berdoa supaya mereka mempunyai visi dan misi yang jelas untuk menjangkau anak-anak ini.

  2. Berdoa untuk anak-anak jalanan yang telah dilayani agar mereka mengerti pentingnya pelayanan yang diberikan untuk mereka sehingga mereka mau mendisiplin diri untuk bertumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan tak kenal putus asa.

  3. Doakan agar anak-anak jalanan ini bisa ditolong dalam proses pemuridan dimana mereka bisa bertumbuh secara rohani dan semakin merasakan kasih Allah dalam kehidupan mereka. Berdoa juga untuk setiap pekerja yang terlibat dalam pelayanan ini.

  4. Bertepatan dengan hari Doa Sedunia bagi Anak-anak dalam Bahaya pada tanggal 5 Juni nanti, mari kita juga bersatu hati untuk mendoakan anak-anak ini supaya mereka mempunyai kesempatan dalam memperoleh kehidupan yang lebih layak. Juga mereka mempunyai kesempatan untuk mengenal kasih Yesus.

  5. Berdoa supaya kita tidak hanya sebatas memberikan doa namun juga tergerak untuk melakukan tindakan nyata dengan membantu organisasi-organisasi yang membantu anak-anak jalanan ini dengan dana dan tenaga.

e-JEMMi 23/2004


Pemerintah Indonesia

Menjelang pemilu presiden, beberapa menteri yang mencalonkan diri sebagai capres ataupun cawapres telah mengundurkan diri dari kabinet, diantaranya:

  1. Jusuf Kalla yang menjabat sebagai Menko Kesejahteraan Rakyat.

  2. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menko Politik dan Keamanan.

  3. Agum Gumelar sebagai Menteri Perhubungan.

Pokok Doa:

  1. Doakan agar pengunduran diri dan pergantian menteri ini dapat dilakukan dengan cepat dan masalah-masalah yang timbul dari departemen bersangkutan dapat ditangani dengan baik.

  2. Doakan juga Presiden Megawati Soekarnoputri dan Wakil Presiden Hamzah Haz agar dapat terus memberikan perhatian terhadap penyelesaian berbagai masalah yang saat ini sedang melanda bangsa Indonesia, mulai dari konflik warga sampai masalah ekonomi, pendidikan, kesejahteraan, keamanan, dan kesatuan bangsa.

  3. Berdoa supaya KPU pusat dan daerah bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan matang sehubungan dengan pemilu presiden dan wakil presiden pada tanggal 5 Juli mendatang.

  4. Doakan kestabilan pemerintahan selama masa-masa kampanye capres dan cawapres. Berdoa supaya pemerintah bisa mengatasi setiap masalah yang timbul dan juga terus bisa menjalankan pemerintahan dengan baik selama masa kampanye.

e-JEMMi 22/2004


Traktat-traktat di Indonesia

Ada beberapa organisasi/yayasan Kristen di Indonesia yang menerbitkan traktat-traktat Injil, antara lain: Navigator, Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI), Yayasan Berita Hidup, Badan Pengutus OMF Indonesia, Dakwah Ukhuwah, Dalam Nama Yesus, LINK/PJRN, Yayasan Wahana Anak Muda (YWAM), dsb..

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk organisasi-organisasi Kristen yang mencetak traktat-traktat rohani agar diberi hikmat oleh Tuhan untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam membuat traktat sehingga penampilan, format, dan beritanya dapat terpadu dalam penampilan yang menarik.

  2. Berdoa untuk "Berita Keselamatan" yang dimuat dalam traktat-traktat tersebut agar dapat menarik perhatian dan menyentuh kebutuhan terdalam dari mereka yang membacanya.

  3. Berdoa untuk proses pendistribusian traktat-traktat tersebut agar dapat sampai ke berbagai wilayah di Indonesia, khususnya daerah-daerah yang sulit dijangkau Injil.

  4. Doakan supaya banyak orang-orang Kristen dapat memanfaatkan traktat-traktat ini sebagai sarana penginjilan yang efektif.

  5. Berdoa untuk organisasi-organisasi penginjilan agar dapat memberikan training-training singkat kepada jemaat-jemaat tentang bagaimana menggunakan traktat-traktat untuk penginjilan.

  6. Berdoa untuk orang-orang yang akan melakukan follow-up bagi mereka yang meresponi traktat-traktat yang dibagikan.

e-JEMMi 21/2004


Kondisi Politik Indonesia

Berita tentang calon presiden dan wakil presiden telah dan akan terus mewarnai berita-berita surat kabar sampai hari pemilihan presiden yang akan datang. Mari kita terus berdoa untuk proses pemilihan presiden ini.

Pokok Doa:

  1. Berdoa untuk persiapan dan kesiapan KPU dalam menyelenggarakan kampanye dan pelaksanaan Pemilu presiden pada tanggal 5 Juli 2004.

  2. Akhir-akhir ini terjadi beberapa demonstrasi yang menolak capres dan cawapres tertentu. Doakan supaya demontrasi yang menolak capres dan cawapres tertentu tersebut tidak mengarah ke bentuk anarkis.

  3. Berdoa juga untuk pelaksanaan dan keamanan di berbagai kota saat pelaksanaan kampanye capres dan cawapres pada bulan Juni 2004.

  4. Doakan bagi pihak-pihak yang berkompeten dalam pelaksanaan kampanye capres dan cawapres supaya bisa saling bekerja sama dengan baik sehingga semua berjalan seperti yang diharapkan.

e-JEMMi 20/2004



Pos-pos PI

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk pos-pos PI yang saat ini tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Doakan supaya mereka bisa melihat peluang- peluang yang ada di sekelilingnya untuk memberitakan Injil.

  2. Berdoa bagi para pekerja di pos-pos PI supaya mereka tekun dengan pelayanan di pos-pos PI dan tahan saat menghadapi masalah-masalah yang menghadang.

  3. Doakan untuk orang-orang di sekeliling lingkungan pos-pos PI supaya Allah melembutkan hati mereka sehingga mereka siap untuk menerima berita Injil.

e-JEMMi 19/2004


Ambon

Pokok Doa:

  1. Bersyukur untuk situasi keamanan di Ambon saat ini bisa lambat laun diatasi. Berdoa supaya keamanan ini terus bisa dijaga dan penduduk Ambon bisa kembali menjalankan kehidupannya sehari-hari.

  2. Doakan supaya penghiburan Allah bisa dirasakan oleh mereka yang menjadi korban dalam konflik di Ambon.

  3. Berdoa untuk aparat keamanan yang bertugas untuk mengamankan wilayah Ambon supaya mereka bisa bertanggung jawab dalam melakukan tugas mereka.

  4. Doakan pemerintah daerah setempat agar bisa menyelesaikan konflik ini dengan segera, dengan tepat, dan tidak memihak salah satu pihak.

  5. Berdoa untuk pemerintah dan lembaga sosial yang mencoba bekerja sama menolong para korban pertikaian di sana.

e-JEMMi 18/2004


Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden

Pokok doa:

  1. Saat ini merupakan kesempatan bagi kita untuk terus berdoa bagi para capres dan cawapres yang diusulkan untuk memegang tampuk pemerintahan Indonesia. Berdoa supaya yang terpilih nanti adalah mereka yang benar-benar bisa memimpin negara ini dan orang yang memiliki hati yang takut akan Tuhan.

  2. Berdoa bagi calon yang terpilih nanti, agar janji-janji positif untuk membangun bangsa yang diucapkan saat kampanye benar-benar mereka prioritaskan untuk dilaksanakan.

  3. Berdoa supaya berbagai pihak bisa menerima hasil pilihan terbanyak untuk capres dan cawapres yang terpilih. Doakan agar berbagai pihak tetap bisa memberikan dukungan yang terbaik untuk dapat bekerjasama menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di negara kita Indonesia.

e-JEMMi 17/2004


Jaringan Doa Wanita (JDW)

Jaringan Doa Wanita di Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengadakan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Perempuan pada tanggal 17 Februari yang lalu. KKR ini diadakan untuk memperingati hari ulangtahun Pelayanan Wanita Kasih (PWK). Sekitar 600 wanita dari berbagai denominasi gereja hadir dalam acara ini. KKR Perempuan yang baru pertama kali diadakan ini mendapat respon luar biasa dari para peserta. Para ibu peserta ceramah sangat antusias dan terlihat haus akan lawatan Allah.

Pokok doa:

  1. Doakan agar JDW Kupang dapat terus memfasilitasi para wanita untuk berdoa bersama sehingga mereka bisa membawa berkat bagi masyarakat setempat.

  2. Untuk JDW secara umum, bersyukur untuk pimpinan Tuhan dan kasih setia-Nya bagi rencana-rencana pelayanan JDW sepanjang tahun 2004.

  3. Berdoa supaya semakin banyak kaum wanita yang merespon panggilan untuk menjadi berkat bagi kota dan bangsa.

  4. Doakan reli doa puasa yang akan dilaksanakan selama Pemilu 2004 di beberapa kota antara lain Jakarta, Balikpapan, dan Makassar.

  5. Berdoa untuk persiapan dan panitia Konsultasi Nasional JDW ke-4 yang rencananya akan diadakan tahun ini.

e-JEMMi 16/2004


Hasil Pemilu 2004

Pokok doa:

  1. Bersyukur untuk Pemilihan Umum tanggal 5 April 2004 yang bisa berjalan aman. Doakan untuk daerah/wilayah yang masih harus melakukan coblosan ulang atau susulan, semoga semuanya nanti bisa diselesaikan dengan tertib dan cepat.

  2. Bersyukur untuk setiap tim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di berbagai daerah yang telah menyelesaikan tugasnya untuk mengadakan pemungutan dan penghitungan suara di daerahnya masing-masing.

  3. Saat ini kita sedang menunggu hasil final untuk melihat partai-partai yang mendapat dukungan suara terbanyak dari masyarakat Indonesia. Berdoa supaya melalui Pemilu 2004 ini muncul wakil- wakil rakyat yang betul-betul memiliki hati yang mengasihi rakyat dan bangsa Indonesia.

  4. Berdoa untuk KPU agar dapat menghasilkan penghitungan, pencatatan dan pelaporan suara yang jujur (tidak ada kecurangan), tepat, cepat, dan bisa dipertanggungjawabkan.

  5. Doakan supaya masyarakat Indonesia tidak mudah diprovokasi oleh unsur-unsur masyarakat yang kurang puas dengan hasil Pemilu, yang dapat membuat masyarakat resah.

  6. Terus doakan agar kasih Tuhan melingkupi Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan bangsa ini meniti masa depan yang diharapkan lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

e-JEMMi 15/2004



Persiapan Hati Menyambut PASKAH

Di akhir minggu ini kita akan bersama-sama merayakan peristiwa sengsara, kematian, dan kebangkitan Yesus. Semua gereja pasti telah mempersiapkan ibadah-ibadah khusus untuk merayakan peristiwa tersebut.

Pokok Doa:

  1. Peristiwa sengsara, kematian dan kebangkitan Kristus memberikan makna yang penting bagi iman orang Kristen. Berdoa agar setiap ibadah PASKAH yang diadakan di setiap gereja membantu jemaat untuk mengenang kembali arti pengorbanan Yesus di kayu salib bagi hidup mereka.

  2. Melalui perayaan PASKAH ini, jemaat semakin diteguhkan dengan kemenangan Yesus atas maut. Jaminan ini menguatkan mereka untuk mempunyai hidup yang berkemenangan dalam segala aspek.

  3. Berdoa supaya sukacita PASKAH ini bisa terpancar dalam setiap segi kehidupan orang Kristen sehingga menarik minat banyak orang yang belum mengenal Kristus untuk mengetahui sumber sukacita tersebut.

  4. Kiranya moment PASKAH ini semakin mendorong kita untuk memberitakan Kabar Baik dengan giat kepada orang-orang di sekitar kita.

e-JEMMi 14/2004


KPU, KPPS, dan Pemilu 5 April 2004

Tinggal seminggu lagi, Pemilu 2004 yang akan memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD akan dilaksanakan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih mempunyai banyak tugas yang perlu diselesaikan sebelum hari H, salah satunya adalah menyelesaikan pencetakan dan pendistribusian surat suara. Juga setiap Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di berbagai tempat sedang bersibuk diri untuk mempersiapkan pra sarana dan menyosialisasikan sistem baru pencoblosan surat suara untuk Pemilu 2004 ini.

Pokok Doa:

Pencetakan dan Pendistribusian Surat Suara

  1. Doakan KPU dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang masih bermunculan menjelang hari H. Doakan supaya mereka bisa mencari solusi yang sesuai dan tepat waktunya.

  2. Berdoa untuk pencetakan surat-surat suara yang baru karena ratusan ribu surat suara yang telah didistribusikan ke daerah-daerah pemilihan mengalami kerusakan. Berdoa supaya perusahaan percetakan yang dipercaya untuk mencetak surat suara bisa bekerja ekstra keras, hati-hati, dan maksimal sehingga memproduksi surat-surat suara yang bisa dipakai.

  3. Doakan pendistribusian surat suara ke daerah pemilihan-pemilihan supaya bisa tepat waktu dan cukup jumlahnya. Doakan sarana transportasi yang dibutuhkan untuk mempercepat pengiriman supaya tidak melebihi batas waktu yang ditentukan.

Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS)

  1. Berdoa untuk kesatuan hati anggota KPPS di berbagai daerah pemilihan di seluruh Indonesia. Doakan supaya masing-masing anggota bisa bekerja sama untuk mempersiapkan segala pra sarana yang dibutuhkan saat mengadakan pemungutan suara di daerahnya masing-masing.

  2. Doakan KPPS dalam usahanya untuk menyosialisasikan cara-cara pencoblosan surat suara Pemilu 2004 kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

  3. Berdoa untuk stamina dan kesehatan para anggota KPPS pada masa menjelang, masa pelaksanaan, dan penghitungan suara Pemilu 2004.

Hari H -- Pemilu 2004 (5 April 2004)

  1. Doakan sistem keamanan dan ketertiban di semua KPPS saat pelaksanaan pencoblosan surat suara pada tanggal 5 April 2004.

  2. Berdoa agar setiap penduduk bisa ikut berpartisipasi secara aktif dan jujur menggunakan hak suara yang dimilikinya untuk memilih wakil-wakil rakyat yang berkualitas.

  3. Berdoa untuk penghitungan surat suara agar dapat dilaksanakan dengan jujur (tidak ada kecurangan), tepat dan cepat.

  4. Doakan supaya nantinya yang terpilih adalah para wakil rakyat yang benar-benar peduli dengan keadaan di sekitarnya dan menepati janji-janji yang diucapkan pada saat kampanye. Mereka bisa menjadi panutan dan pengayom bagi semua penduduk yang telah memberikan hak suaranya untuk memilih mereka.

e-JEMMi 13/2004


Pelayan Pengembangan Gereja di Pedesaan

Kekristenan semakin berkembang di seluruh dunia, tetapi masih ada sekitar 50%-60% yang belum mengenal Jalan Hidup dan Kebenaran. Oleh karena itu, masih terbuka kesempatan untuk melakukan beragam pelayanan supaya Injil bisa diberitakan di seluruh dunia. Ada dua organisasi di Indonesia yang saat ini menjadikan pelayanan penginjilan di daerah pedalaman dan pedesaan di seluruh Indonesia sebagai salah satu fokus pelayanannya, yaitu:

  1. PESAT (Pelayanan Desa Terpadu)

    Lembaga pelayanan kristiani yang mempunyai visi untuk menjangkau suku-suku belum terjangkau di seluruh Indonesia.

  2. Yayasan Mitra Misi Indonesia (YMMI -- MissionCARE)

    Pelayanan yang dilakukan YMMI antara lain memberi subsidi untuk kehidupan hamba-hamba Tuhan di pedalaman dan pedesaan dan memberikan beasiswa untuk anak pedalaman dan pedesaan yang terbeban untuk melayani Tuhan di daerahnya.

Pokok Doa:

  1. Doakan khususnya untuk program pelayanan pengembangan gereja di pedesaan yang dilakukan oleh PESAT dan YMMI. Doakan untuk setiap staf yang diutus guna melakukan perintisan gereja di tempat-tempat terpencil dan di pedesaan supaya mereka kuat dan setia dalam melaksanakan setiap tugas pelayanannya.

  2. Doakan proses sosialisasi dari kedua lembaga ini sehingga pelayanan mereka bisa dikenal oleh masyarakat Kristen Indonesia dan mendapatkan banyak dukungan.

  3. Berdoa untuk para pemimpin, pengurus, dan staf dari kedua lembaga tersebut supaya mereka terus mencari hikmat Tuhan untuk mengembangkan program pelayanan yang dilakukan.

e-JEMMi 12/2004



Narkoba

Kasus narkotika dan obat-obatan berbahaya di Indonesia masih marak terjadi. Para pengedar datang dari berbagai kalangan. Mulai dari tukang ojek, pelajar, kaum profesional, sampai ibu-ibu. Mereka seakan tak takut dengan hukuman mati yang menanti jika tertangkap.

Pokok Doa:

  1. Teruslah mendoakan masalah ini. Minta agar Roh Kudus benar-benar melawat semua yang terlibat mulai dari pemakai, pengedar, sampai produsennya sehingga mereka bertobat.

  2. Doakan juga pemerintah dan Polri agar semakin tegas menindak para pelaku kasus ini sesuai hukum yang berlaku.

  3. Berdoa untuk keluarga-keluarga di Indonesia khususnya keluarga Kristen supaya mereka sejak dini menanamkan pendidikan rohani yang mantap kepada anak-anaknya. Dengan demikian, mereka tidak mudah terpengaruh oleh arus negatif dari perkembangan zaman.

  4. Doakan organisasi/lembaga/gereja yang saat ini mempunyai pusat rehabilitasi bagi para pecandu narkoba. Doakan para stafnya agar bisa mengasihi dan menolong para pasiennya untuk mengatasi ketergantungan mereka terhadap narkoba. Berdoa supaya para konselor semakin giat untuk mengenalkan Yesus Kristus sebagai penolong sejati untuk mengatasi masalah ini.

Sumber: KJDN (Kalender Jaringan Doa Nasional) Edisi Maret 2004

==> <subscribe-i-kan-buah-doa@xc.org>

==> http://www.sabda.org/publikasi/e-kjdn/

e-JEMMi 11/2004


Persiapan PEMILU 2004

Pesta Demokrasi Rakyat Indonesia sudah diambang pintu. Ke-24 partai peserta PEMILU telah bersiap-siap untuk melakukan kampanye mulai minggu ini. Mari kita bersama-sama bersatu hati berdoa bagi proses persiapan PEMILU 2004 supaya dapat berjalan dengan lancar dan tertib.

Pokok Doa:

  1. Doakan pemerintah dalam usahanya untuk menyediakan dana bagi penyelenggaraan PEMILU 2004 (untuk pengadaan kotak suara, percetakan kartu suara, dan distribusinya ke berbagai wilayah Indonesia).

  2. Berdoa untuk pembentukan panitia-panitia pemilu di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Doakan supaya mereka bisa mengemban tugas dengan baik dalam mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

  3. Berdoa untuk proses sosialisasi pelaksanaan PEMILU 2004 kepada masyarakat umum karena caranya berbeda jauh dengan cara-cara pemilu sebelumnya. Doakan supaya para panitia bisa menjelaskan dengan baik dan penjelasannya dapat diterima dengan baik oleh semua lapisan masyarakat.

  4. Doakan kampanye yang akan dilakukan oleh 24 partai peserta pemilu pada tanggal 11-29 Maret 2004. Berdoa supaya mereka menaati jadwal yang telah ditetapkan dan bisa saling menghormati saat melakukan kampanye.

  5. Berdoa untuk keamanan dan aparat keamanan yang bertugas pada saat kampanye dilakukan. Doakan supaya mereka bisa mengatur lalu lintas dan keamanan semaksimal mungkin.

  6. Doakan bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kristen supaya bisa memanfaatkan hak pilih yang mereka miliki sebaik- baiknya untuk memilih para wakil rakyat yang benar-benar takut kepada Tuhan dan peduli terhadap lingkungan.

e-JEMMi 10/2004


Gereja dan Pelayanan Misi

Pokok Doa:

  1. Doakan pelayanan Komisi Misi yang ada di gereja-gereja di seluruh Indonesia supaya mereka bisa tekun sesuai dengan panggilan pelayanannya untuk menjangkau jiwa-jiwa baru dan mengenalkan mereka kepada Yesus.

  2. Berdoa supaya banyak jemaat mempunyai kerinduan untuk turut berpartisipasi aktif dalam Komisi Misi.

  3. Doakan perkembangan program misi gereja supaya lebih kreatif dalam mencari celah-celah yang bisa dipakai untuk memasukkan Kabar Baik bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya.

  4. Doakan rencana tahunan dan kegiatan misi yang telah disusun di awal tahun 2004 agar bisa benar-benar terlaksana dan banyak jiwa baru yang dimenangkan bisa ikut bersama-sama beribadah.

  5. Berdoa untuk setiap sarana yang dipakai guna menyalurkan bahan doa dan berita misi kepada para jemaat. Doakan untuk warta gereja yang memuat berita-berita misi dan juga doakan Buletin e-JEMMi agar bisa dimanfaatkan oleh para jemaat untuk mendoakan pelayanan dan sumber-sumber misi di banyak negara.

  6. Doakan supaya gereja mempunyai dana yang mencukupi untuk mengadakan perkunjungan tim dari gereja ke daerah-daerah misi tertentu sekaligus memberikan pelayanan follow-up-nya.

e-JEMMi 09/2004


Demam Berdarah Dengue (DBD) Mengganas

Menurut Thomas Suroso, Direktur Pemberantasan Penyakit Bersumber Binatang, Departemen Kesehatan, jumlah penderita demam berdarah dengue di Indonesia yang tercatat hingga Sabtu (21/2) telah mencapai 11.200 orang. Sedangkan korban meninggal dunia akibat penyakit DBD telah mencapai 235 orang. Dikhawatirkan statistik korban penderita demam berdarah akan terus bertambah. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, tahun 2004 inilah yang paling banyak memakan jumlah korban (SP, Senin, 23/2).

Pokok Doa

  1. Doakan agar pemerintah khususnya Departemen Kesehatan dan Departemen Kesejahteraan Rakyat serta pihak-pihak yang terkait bisa bekerja segera dengan efisien dan efektif mengatasi masalah DBD ini, khususnya mencegah penyebaran dampak dari masalah ini ke sektor-sektor lain.

  2. Berdoa untuk tim medis, rumah sakit, puskesmas, dan lembaga kesehatan lainnya yang saat ini sedang menangani para penderita DBD. Berdoa untuk stamina dan kesehatan mereka supaya tetap fit dalam mengobati para penderita. Doakan supaya tersedia cukup fasilitas dan obat-obatan.

  3. Doakan agar masyarakat bisa ikut berpartisipasi aktif dalam menanggulangi wabah ini dengan mendukung program 3M (Menguras, Mengubur, Membakar) yang dicanangkan pemerintah. Berdoa agar mereka sepenuhnya sadar untuk meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing.

  4. Berdoa untuk dana yang dibutuhkan untuk menanggulangi DBD yang mewabah secara nasional ini, misalnya untuk mencukupi pembelian insektisida, penyediaan kantong darah, pelaksanaan operasional fogging (pengasapan) dan peralatannya, dsb. Doakan juga agar ada usaha dana swadaya dari masyarakat, termasuk umat Kristen untuk meringankan beban pemerintah.

  5. Doakan agar umat Kristen di berbagai tempat juga turut berpartisipasi dalam menanggulangi wabah ini -- ikut aktif dalam gerakan kerja bakti, membersihkan lingkungannya, dsb. Berdoa supaya hidup keseharian kita bisa menjadi kesaksian bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kita.

e-JEMMi 08/2004


Para Pekerja di Wilayah-wilayah Terpencil

Pokok Doa

  1. Bersyukur untuk semua pekerja yang saat ini telah terlibat dalam pelayanan di wilayah-wilayah terpencil. Berdoa agar Allah terus menjaga hati mereka dan senantiasa memberikan kekuatan dalam melakukan setiap pelayanan yang diperlukan untuk menjangkau para penduduk di wilayah terpencil ini.

  2. Tidak dipungkiri bahwa ada banyak penghalang yang menghambat proses pelayanan mereka -- baik dari alam, lingkungan masyarakat, maupun perasaan dalam diri setiap pekerja. Doakan supaya Allah memberikan hikmat sehingga mereka bisa mengatasi setiap penghalang pelayanan.

  3. Berdoa agar tercukupi sumber daya manusia dan sarana-sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran pelayanan. Berdoa juga supaya masyarakat Kristen Indonesia semakin tergugah untuk terlibat secara aktif bagi pelayanan ke wilayah-wilayah terpencil.

  4. Doakan terjalinnya kerjasama antara para misionaris, ahli bahasa, penerjemah Alkitab, gereja-gereja lokal terdekat, organisasi-organisasi misi, dsb. untuk semakin mengembangkan pelayanan di wilayah-wilayah terpencil tersebut.

  5. Doakan agar para pekerja memperoleh hikmat untuk melihat celah- celah dan tradisi-tradisi yang bisa dipakai sebagai jembatan untuk mensharingkan tentang Injil kepada para penduduk.

  6. Berdoa supaya Allah menyiapkan hati para penduduk yang dilayani sehingga mereka bisa menerima Injil yang disampaikan.

e-JEMMi 07/2004


Keluarga Kristen

Bertepatan dengan akan dirayakannya hari Kasih Sayang di minggu ini, maka saat ini kami mengajak Anda untuk mendoakan keluarga-keluarga Kristen yang ada di sekitar Anda, termasuk keluarga kita masing-masing.

Pokok Doa

  1. Berdoa supaya keluarga-keluarga Kristen senantiasa menempatkan Allah sebagai kepala keluarga dan ada mezbah-mezbah doa keluarga yang dinaikkan di setiap rumah dengan pujian dan doa-doa penyembahan kepada Allah.

  2. Berdoa agar sesama anggota keluarga bisa saling mengasihi dan saling mendukung dalam menyelesaikan setiap pergumulan yang dihadapi.

  3. Doakan supaya kasih Kristus yang melingkupi keluarga-keluarga ini bisa terpancar keluar dan bisa dirasakan oleh lingkungan sekitarnya.

  4. Doakan masing-masing anggota keluarga supaya mereka bisa menjadi saksi-saksi Kristus yang efektif untuk mensharingkan kasih Yesus kepada tetangga-tetangga di sekitarnya melalui kehidupan mereka sehari-hari.

  5. Berdoa untuk keluarga-keluarga Kristen yang saat ini tinggal di wilayah non-Kristen. Doakan agar Allah terus menguatkan iman mereka dan menjadikan mereka tetap taat dan setia kepada-Nya di tengah kesulitan yang mereka hadapi.

  6. Doakan untuk keluarga-keluarga dengan orangtua tunggal supaya Allah memberikan hikmat dan bijaksana karena mereka berperan ganda sebagai ayah atau juga ibu dalam keluarga. Berdoa kiranya mereka diberi kekuatan untuk membina dan mengarahkan anak-anak mereka. Juga kiranya Allah memberikan penghiburan dan pemulihan terhadap perasaan kehilangan yang dialami keluarga ini.

  7. Doakan untuk keluarga-keluarga broken home, akibat perceraian atau keretakan hubungan orangtua atau antar saudara. Doakan supaya masing-masing anggota keluarga mempunyai hati yang mengampuni sehingga kasih antar anggota keluarga bisa kembali dipulihkan.

e-JEMMi 06/2004



Para Misionaris

Doa minggu ini khusus ditujukan bagi para misionaris Indonesia yang saat ini melayani di berbagai tempat di Indonesia maupun di negara-negara lain.

  1. Bersyukur kepada Allah yang memberikan keberanian dan hati yang mengasihi jiwa-jiwa kepada para misionaris Indonesia untuk pergi melayani ke tempat-tempat yang sulit dijangkau.

  2. Doakan agar Allah terus memberikan hikmat kepada para misionaris ini sehingga mereka senantiasa dikuatkan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka yang membutuhkan.

  3. Berdoa supaya mereka bisa menemukan cara-cara efektif dan cocok dengan keadaan dan situasi dimana mereka melayani sehingga Injil dapat diberitakan dan diterima oleh penduduk setempat.

  4. Berdoa agar mereka bisa menjalin relasi dengan orang-orang yang tepat di tempat-tempat yang tepat sehingga pelayanan mereka memberikan buah bagi kemuliaan nama Tuhan.

  5. Doakan agar Roh Kudus senantiasa memberikan kekuatan untuk bertahan saat mereka menghadapi beragam tantangan dan kesulitan di medan pelayanan.

e-JEMMi 05/2004


Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)

Minggu ini kita akan bersama-sama berdoa secara khusus untuk pelayanan PMK yang ada di berbagai kampus di seluruh Indonesia. Pelayanan PMK merupakan pelayanan yang sangat strategis karena melalui PMK banyak mahasiswa dijangkau dan dimenangkan bagi Kristus. Tapi selain itu PMK juga menjadi wadah untuk menempa, membentuk dan mempersiapkan kerohanian para generasi muda penerus masa depan bangsa.

Pokok Doa

  1. Doakan visi dan misi PMK, khususnya untuk menjangkau jiwa-jiwa di kampus bagi Kristus. Doakan agar para anggota dan pengurus mempunyai kerinduan yang menyala-nyala untuk melayani jiwa-jiwa baru ini.

  2. Berdoa agar para pengurus dan anggota PMK dapat menjadi teladan, baik dalam hal akademis maupun hidup sehari-hari, baik di kampus maupun di tempat kosnya. Berdoa juga supaya mereka bisa mengatur waktu dengan baik untuk studi, pertumbuhan hidup rohani, pelayanan dan kegiatan lain.

  3. Doakan program kerja persekutuan agar bisa menarik dan bermanfaat bagi mahasiswa yang datang dan bersekutu. Selain itu, doakan untuk program follow-up dan pelatihan bagi mahasiswa petobat baru yang dimenangkan, agar mereka semakin bertumbuh dalam pengenalan yang benar kepada Yesus Kristus.

  4. Berdoa supaya PMK bisa menjadi wadah untuk melatih para pengurus dan anggota-anggotanya agar menjadi murid-murid Tuhan yang setia melayani dan siap menyaksikan nama Tuhan dimanapun mereka berada.

  5. Doakan juga agar PMK bisa menyediakan bahan-bahan pelatihan (PI, kepemimpinan, mengelola persekutuan, berorganisasi, dll.) untuk mempersiapkan regenerasi bagi pengurus-pengurus berikutnya.

  6. Doakan lulusan PMK yang kini telah menyelesaikan studi dan meninggalkan kampus, agar mereka siap menjadi saksi-saksi Kristus di tempat kerja atau di manapun mereka ditempatkan Tuhan.

e-JEMMi 04/2004


Para Gembala Jemaat

Minggu ini, kita akan bersama-sama berdoa bagi gembala jemaat di gereja kita masing-masing dan juga bagi para gembala jemaat di Indonesia dalam melakukan pelayanan pekerjaan Tuhan.

Pokok Doa

  1. Kehidupan Rohani
    1. Berdoa agar di tengah-tengah kesibukan melayani jemaat, mereka tetap mempunyai waktu untuk persekutuan pribadi dan mencari kekuatan dari Allah.

    2. Doakan supaya Allah terus memberikan hikmat agar mereka dapat mengembangkan pelayanan yang memenangkan banyak jiwa-jiwa bagi kerajaan-Nya.

    3. Berdoa agar Allah memberikan kekuatan, penghiburan, dan kebijaksanaan di saat mereka mengalami stress rohani dalam menangani masalah-masalah yang ada gereja maupun jemaatnya.

    4. Doakan relasinya dengan rekan kerja, para majelis dan jemaatnya.

    5. Doakan agar mereka bisa membagi waktu dan tugas pelayanan dengan baik dan seimbang -- pelayanan mimbar, konseling pastoral, visitasi, dan pelayanan-pelayanan lainnya.

    6. Berdoa juga untuk para gembala jemaat yang saat ini melayani di wilayah sulit (wilayah yang menolak Injil dan wilayah terpencil), kiranya Tuhan memberi kekuatan dan ketekunan kepada mereka.

  2. Kehidupan Pribadi
    1. Berdoa agar para gembala jemaat ini dapat menjadi berkat, khususnya bagi keluarga sendiri.

    2. Doakan supaya mereka bisa mengatur waktu dengan bijaksana antara pelayanan dan keluarga.

    3. Doakan supaya anggota keluarganya bisa mendukung setiap pelayanan yang dilakukan para gembala jemaat ini.

    4. Berdoa agar Allah mencukupi segala kebutuhan jasmani dan rohani yang diperlukan baik bagi mereka sendiri maupun bagi keluarganya.

  3. Relasi dengan Gereja Lain
    1. Doakan agar para gembala sidang mau mengusahakan kesatuan dengan gereja lain dengan cara saling menghargai, mendengarkan dan menanggalkan rasa kebanggaan hanya kepada denominasinya sendiri.

    2. Berdoa supaya terjadi rekonsiliasi di antara para gembala jemaat khususnya yang pernah berselisih paham.

    3. Berdoa agar gereja-gereja ini bisa saling melayani di tengah- tengah keperbedaan yang mereka miliki.

e-JEMMi 03/2004


WEC Indonesia

WEC Indonesia merupakan bentuk dari pelayanan WEC International di Indonesia. WEC Indonesia bergerak antara lain dalam pelayanan perintisan gereja, penginjilan, pendidikan, anak-anak terlantar, dan masih banyak lagi pelayanan lainnya. WEC Indonesia setiap dua bulan sekali menerbitkan Buletin Terang Lintas Budaya yang berisi informasi tentang misionaris dan pekerja WEC dari Indonesia dan negara-negara yang belum terjangkau oleh Injil. Anda juga bisa berkunjung ke Situs WEC Indonesia di alamat:

==> http://www.wec-indo.org/

Sumber: Buletin Terang Lintas Budaya, Edisi 53/2003

Pokok Doa:

  1. Doakan untuk para misionaris yang diutus WEC Indonesia ke beberapa negara, antara lain: T.D. dan R.M. di Afrika Barat; Kel. R di Afrika Selatan; Kel. G dan Kel. A di Asia Tengah; dan Y di Timur Tengah. Doakan untuk hikmat, kesehatan, keamanan saat mereka melakukan pelayanan di tempatnya masing-masing. Bersyukur juga atas perlindungan Tuhan dalam segala situasi yang dihadapi dan kesempatan untuk memberitakan Injil kepada orang-orang yang membutuhkan.

  2. Berdoa untuk Kantor WEC, terutama mengucap syukur atas campur tangan Tuhan dalam kegiatan rutin di kantor. Bersyukur juga atas pelayanan Tim WEC di gereja-gereja dan di persekutuan-persekutuan.

  3. Doakan para misionaris baru yang telah bergabung dalam pelayanan Tim WEC. Berdoa untuk persiapan keberangkatan mereka khususnya ke Afrika. Juga doakan gereja-gereja di Indonesia agar mereka bisa semakin mengerti apa artinya melibatkan diri dalam misi sedunia dan mendukung para misionaris.

Bagi Anda yang ingin berlangganan Buletin Terang Lintas Budaya ini, silakan menghubungi Redaksi Buletin e-JEMMi <endah@sabda.org> yang nantinya akan kami sampaikan kepada Redaksi Terang Lintas Budaya.

e-JEMMi 02/2004


Pelatihan Kepemimpinan Gereja Masa Depan

Tujuan dari pelatihan ini:

  1. Melengkapi pemimpin muda untuk melayani generasinya, mengembangkan, dan untuk menyelesaikan rencana Allah pada zamannya.

  2. Melengkapi kepemimpinan melalui paradigma baru dalam karunia pelayanan lima jawatan dan gereja di masa depan.

Pembicara: Jonathan Pattiasina, Cornelius Wing, Samuel Saputra, Rubin Ong, Robert Tjahjono, dll..

Materi Kepemimpinan Gereja Masa Depan

  • Filosofi Kepemimpinan

  • Paradigma Jawatan

  • Esensi Gereja

  • Membangun Hubungan

  • Membangun Gereja Masa Depan

  • Pengenalan Karunia Jawatan

  • Pembapaan Generasi

  • Pengenalan Karunia

Pelatihan ini akan diadakan pada:

Tanggal : 26-29 January 2004

Tempat : Wisma Remboken, Cilangkap

Syarat : Pemimpin Jemaat/Youth Leader

Untuk informasi selanjutnya, silakan menghubungi: <history.maker@telkom.net>

Pokok Doa:

  1. Doakan segenap panitia Pelatihan Kepemimpinan Gereja Masa Depan dalam mempersiapkan acara, pembicara, akomodasi, dsb. agar materi-materi yang disajikan semakin memperluas wawasan para pemimpin generasi muda di berbagai tempat.

  2. Berdoa agar Allah mempersiapkan hati para calon peserta pelatihan supaya dapat menyerap semua informasi pelatihan yang disajikan dan dapat mengaplikasikannya dengan tepat dalam pelayanan mereka.

  3. Doakan para pembicara yang akan melayani agar Allah memberikan hikmat kepada mereka dalam mempersiapkan materinya dan menjelaskannya dengan hidup dan menarik.

e-JEMMi 01/2004