Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMI No.16 Vol.10/2007 / Global Missiopedia

Global Missiopedia


Missiopedia adalah proyek yang betul-betul baru yang diluncurkan oleh Justin Long, "associate editor" dari the World Christian Encyclopedia, manajer dari www.strategicnetwork.org, dan juga editor dari publikasi Momentum, yaitu publikasi elektronik yang berfokus pada misi untuk mereka yang belum terjangkau.

Apa yang bisa Anda lakukan di Missiopedia? Di bagian pengantarnya, Justin Long berkata, "Siapa pun -- yaitu Anda! -- dapat memberikan kontribusi apa saja di Missiopedia. Anda diundang untuk dengan berani mengedit artikel sendiri, menyumbangkan pengetahuan yang terkait dan bermanfaat dengan cara kolaboratif -- jadi, silakan ambil bagian berpartisipasi."

Proyek besar yang saat ini sedang dikerjakan di Missiopedia, yang belum pernah dikerjakan orang lain sebelumnya, adalah melengkapi direktori Agen Misi dan juga direktori Denominasi Gereja. Justin mengharapkan ada bagian yang dapat memperlihatkan sejarah dari masing-masing agen misi berikut lahirnya denominasi-denominasi gereja yang ada saat ini, khususnya di masing-masing negara. Di bagian "Who`s Who", di bawah kategori Biografi Pemimpin sesudah tahun 1000 Masehi, telah ditambahkan tautan (link) untuk "pahlawan misionaris", misalnya ada nama-nama Carey, Judson, dan lain-lain. Kata Justin, "Saya yakin pasti ada catatan yang cukup memadai tentang misionaris-misionaris di tempat-tempat tertentu di mana semua orang bisa menambahkan dan menyebutkan tentang mereka. Termasuk misionaris-misionaris yang mungkin kurang dikenal pada periode 1000 -- 2000 Masehi. Apakah Anda memiliki usulan-usulan yang bisa dilakukan di Missiopedia ini?

Isi bahan yang ada di Missiopedia adalah gratis dan dimaksudkan untuk ditulis secara kolaboratif (kerja sama) oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Missiopedia adalah sebuah wiki, yang artinya semua orang yang memiliki akses internet dapat mengedit, mengoreksi, dan juga memperbaiki informasi ke dalam keseluruhan ensiklopedia, hanya dengan mengeklik di edit halaman link ini. Jangan simpan pengetahuan hanya untuk diri sendiri, tapi bagikan ke umat seiman di mana pun mereka berada. Setiap kita pasti tergabung dalam suatu denominasi, mengapa tidak Anda bagikan fakta-fakta tentang denominasi Anda dan keterlibatannya dalam misi untuk menjangkau mereka yang belum terjangkau? Ada banyak di antara kita yang juga memiliki kontak dengan satu atau lebih organisasi atau jaringan misi, mengapa tidak membagikan keterlibatannya dalam penjangkauan mereka yang paling tidak terjangkau?

Bagi Anda yang sudah pernah bekerja dengan Wikipedia tentu tidak merasa asing karena program ini program yang sama dan setiap orang dapat berkunjung ke Missiopedia. Bagi yang memerlukan bantuan untuk memulainya bisa mendapatkan tutorial singkat yang mudah dimengerti di dalamnya. Mulailah dengan menulis artikel pendek, nanti Anda bisa kembali untuk mengedit dan menambahnya. Bahkan orang lain bisa mengedit yang perlu dan menambahnya lebih banyak.

Missiopedia adalah sebuah proses. Setiap hari isinya akan bertambah banyak karena setiap orang yang mau bisa menjadi bagian dalam proses ini. Missiopedia juga memiliki mesin pencari. Ada banyak informasi yang bisa Anda gali di sini. Tapi pada saat yang sama Anda juga akan menemui informasi yang kurang lengkap. Nah, inilah tantangan bagi Anda untuk bisa memberikan kontribusi atau menemukan orang yang bisa memberi kontribusi untuk mengisi kekurangan-kekurangan tersebut. Dengan demikian, dalam Missiopedia semua orang Kristen dari berbagai tempat di dunia dapat saling memperkaya dan saling membangun. Selamat berbagi berkat.

Jika Anda juga ingin bergabung dalam diskusi e-group mereka, silakan mengirim ke:
>< missiopedia-subscribe(at)strategicnetwork.org >.

Anda pun bisa mendapatkan halaman-halaman baru yang berubah dengan berlangganan RSS di alamat:

==> http://www.momentum-mag.org/wiki/Special:Newpages?feed=rss

==>http://www.momentum-mag.org/wiki/index.php

e-JEMMi 16/2007