Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereEropa

Eropa


Jerman

Jerman (82,5 juta), Ibukota Berlin (3,4 juta), agama: Kristen 33%, Katolik 33%, tanpa agama 28%, agama Islam 3,5 juta, yang berasal dari berbagai negara, paling banyak dari Turki. Kel. Jakob Octavianus, YPPII/WEC memberitakan Injil di antara orang imigran dan di Asia Tengah. Kel. Pdt. S. Obadja melayani di Gereja Misi Indonesia (GMI) di Frankfurt. Ada per-intisan pekabaran Injil.

KM LOGOS HOPE

di pelabuhan Landskrona, Swedia, satu generator baru sudah di-pasang. Akhir bulan Juni Logos Hope sudah melayari ke Koege, pelabuhan kecil dekat Kopenhagen, Denmark, untuk dikerjakan semua yang diperlukan untuk mendapat sertifikat berlayar dari instansi wajib. Diharapkan kapal ini bisa melayari ke Edinburgh, Skotlandia, bulan September tahun ini.

Latvia

Latvia (2,3 juta), Ibukota Riga (0,8 juta), agama: Kristen 20%, Ortodoks 15%, Ka-tolik 20%, tidak beragama 43,7%. Suku-suku: 57% orang Latvia, 29,6% orang Rusia, 4% orang Belaru-sia, 2,7% orang Ukraina, 2,5% orang Polandia, 1,5% orang Lithuania. Di negara ini banyak perma-salahan di antara suku-suku ini. 40% dari penduduk merupakan rumpun Slav, sebagian besar orang Rusia. Mereka sekarang ini dikesampingkan dalam negara ini, karena mereka dipersalahkan atas se-mua kesusahan selama kuasa Uni Sovyet. Sebagian di antara mereka sudah meninggalkan Latvia. Orang Latvia mencari idenditas sendiri, di samping ini mereka harus memberi tempat juga untuk suku-suku lain yang tinggal dalam negara ini. Di Riga ada satu gereja Baptis dengan lebih dari 1000 anggota, mereka aktif dalam penginjilan, hampir semua anggota orang Rusia, orang Latvia sendiri kurang terbuka terhadap Injil. Hanya 2% dari penduduk masuk gedung gereja untuk mengikuti kebaktian.

Estonia

Estonia (1,4 juta), agama: Kristen (gereja Lutheran) 38,7%, Ortodoks 20,3%, Ka-tolik 1%, tidak beragama 38,7% biasanya orang Rusia. Orang Estonia 65%, orang Rusia 28%, orang Ukraina 2,5%, orang Belorusia 1,5%. Kapitalisme dan materialisme memberi kekayaan kepada se-bagian orang, tetapi banyak orang lain jatuh miskin. Standar moral menurun, pernikahan yang dicerai meningkat dan juga kejahatan. Di gereja utama Luteran sebagian besar anggota Kristen KTP saja. Yang sungguh-sungguh percaya masih kurang. Hanya ada 100 jemaat Injili di seluruh negara.

Lithuania

Lithuania (3,5 juta), Ibukota Vilnius (0,6 juta), agama: Katolik 80%, Ortodoks 5%, tidak beragama 13,4%, Kristen 1,1%. Katolik mempunyai satu peranan yang menentukan. Kebebasan agama dipelihara dalam negara ini, yang bertumbuh ada kelompok karismatik dan gereja Penta-kosta.

Moldavia

Moldavia (4,2 juta,), Ibukota Chisinau (0,6 juta), agama: Ortodoks 70,4%, Katolik 5,8%, Kristen 3,2%. Bapak Butje L. bersama isterinya, Liuba, (O.M. Indonesia) bertanggung jawab atas tata usaha dan terlibat dalam berbagai pelayanan bersama tim O.M. setempat. Liuba adalah orang Moldavia, ia sedang belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, di rumah mereka memakai bahasa Moldavia.

Bosnia-Herzegovina

Bosnia-Herzegovina (3,8 juta), Ibukota Sarajevo (0,4 juta), agama: Islam 44%, Ortodoks 31%, Katolik 17%, Kristen hanya 1,000 orang. Polisi sudah menangkap empat orang aliran Wahhabi dari Saudi Arabia, mereka sudah menyiapkan berbagai senjata serba modern untuk teror-isme. Negara ini memerlukan perlindungan, karena secara politik masih tidak stabil, agar mereka dapat hidup tenteram.

Rusia

Rusia (142 juta), Ibukota Moskow (10,4 juta), agama: Ortodoks 41%, Katolik 1%, Kristen 0,7%, Islam 15%, Budhis 0,7%, Animis 1%, tanpa agama 31%. Ekonomi negara ini makin membaik, tetapi hanya sebagian kecil penduduk bisa menikmati kemajuan ini dan menjadi kaya raya, yang lain sering tetap miskin. Satu badan P.I. mengadakan di bagian Timur kamp anak-anak, diharapkan bahwa anak-anak terima Yesus sebagai Juruselamat dan menjadi saksi di rumah mereka.

Rekaman Injil sudah memindahkan cerita-cerita Injil dari berbagai bahasa Siberia dari kaset ke 5000 CD yang akan dibagikan di antara suku-suku terabaikan di Siberia.

Malta

Malta (0,4 juta), Ibukota Valletta, agama: hampir semua beragama Katolik, sedikit Kristen. Malta merupakan negara pertama di Eropa yang menjadi negara Kristen. Hampir semua kukuk dan setia dalam agama Katolik. Meskipun mereka rajin dalam agama mereka, sebagian besar tidak mengerti, mengapa Yesus datang dalam dunia dan bagaimana mendapat hidup baru dan pengampunan dosa. Mereka takut untuk mempelajari Injil secara dalam, doakanlah mereka, agar mereka dilepaskan.