Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereDoa Bagi Misi Dunia / Berdoa untuk Para Utusan Misi

Berdoa untuk Para Utusan Misi


Oleh: Ayub A. Tanjung



Alkitab dibelenggu

Seorang utusan misi adalah ujung tombak dalam sebuah peperangan di medan tempur, merekalah pasukan garda depan yang saat ini berjuang dalam medan misi di banyak suku bangsa di dunia. Salah satu langkah konkret kita dalam mendukung pekerjaan besar Tuhan ini adalah dengan menyediakan hati, pikiran, dan waktu kita untuk mendukung doa para misionaris. Untuk itu, mari kita berdoa untuk beberapa gerakan doa misi di bawah ini:



Alkitab dibelenggu

  1. Para Misionaris Lokal

    Misionaris lokal adalah para utusan misi yang hari ini mengerjakan ladang misi di Indonesia, terkhusus di daerah-daerah yang mengalami konflik sosial dan ekstrem. Doakan:

    • Supaya Tuhan menguatkan setiap utusan misi yang saat ini sedang berjuang memberitakan Kabar Baik bagi suku atau kelompok masyarakat tertentu di Indonesia.
    • Perlindungan khusus bagi utusan misi dan keluarganya.
    • Supaya setiap gereja di Indonesia membuka hati untuk memperhatikan rekan seperjuangannya yang bekerja di ladang misi.
    • Untuk setiap peperangan rohani yang harus mereka hadapi.
    • Supaya untuk kebutuhan finansial mereka tercukupi, tak dimungkiri mereka sering kali menghadapi kesulitan finansial dan banyak gereja hanya diam saja.
  2. Para Misionaris Mancanegara

    Di luar Indonesia, ada banyak utusan misi yang hari ini juga mengalami hal yang sama, mereka sangat membutuhkan dukungan dari saudara sekalian. Mereka bertaruh nyawa, mengerjakan hal apa pun, dan hidup dalam budaya tertentu untuk menjangkau jiwa. Beberapa misionaris juga mengerjakan ladang di zona 10/40, satu daerah yang memang sulit sekali dan memiliki tantangan besar supaya Injil dapat diberitakan di sana. Mari berdoa untuk:

    • Setiap utusan misi yang saat ini sedang berjuang memberitakan Kabar Baik bagi suku atau kelompok masyarakat tertentu di setiap benua dan negara. Berdoalah agar belas kasih Tuhan menolong setiap misionaris untuk tetap teguh dan kuat di dalam panggilan hidupnya.
    • Perlindungan khusus bagi utusan misi dan keluarganya. Ancaman bahaya sering kali harus mereka temui, mulai dari keadaan geografis sampai kepada ekstremisme kelompok radikal yang membenci kekristenan.
    • Setiap gereja-gereja lokal supaya membuka hati untuk memperhatikan rekan seperjuangannya yang bekerja di ladang misi.
    • Peperangan mereka melawan kuasa-kuasa gelap yang membelenggu suku-suku tertentu.
  3. Misi Era Digital

    Puji Tuhan, hari ini zaman telah memasuki era digital, jarak dan waktu saat ini tidak menjadi penghalang bagi siapa pun untuk menyebarkan informasi, dan saat ini generasi mudalah yang menguasai dunia digital. Tuhan menciptakan teknologi bukan tanpa maksud, dan tidak bermaksud jahat. Bahkan, saat ini tidak ada alasan lagi bagi orang Kristen yang malas untuk tidak memberitakan Injil melalui media digital yang sudah Tuhan sediakan. Mari berdoa:

    • Supaya Tuhan menggerakkan gerejanya untuk kembali pada Alkitab. Misi Allah dan hati misi lahir dan diawali melalui pergumulan seseorang dengan Alkitab. Tanpa Alkitab, seseorang tidak akan melihat hati Allah. Hari ini, Alkitab elektronik, studi Alkitab, dan hal lain tentang kehidupan Kristen dapat diakses dengan mudah melalui teknologi digital.
    • Tuhan memanggil setiap generasi digital untuk boleh mendengar "Mandat Injil" bagi bangsa-bangsa.
    • Tuhan memberi hikmat pada generasi muda dan gereja-gereja untuk turut melihat ladang misi yang begitu luas ini, yaitu ladang misi digital, supaya Injil sesegera mungkin disampaikan kepada banyak tuaian.