Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereBelorusia Tahun 2006

Belorusia Tahun 2006


Belarusia -- Dua puluh tahun berlalu sejak bencana nuklir di Ukraina menimbulkan musibah di daerah bekas wilayah Uni Soviet tersebut. Global Aid Network, disingkat GAiN USA, sejak dua belas tahun telah membantu panti asuhan dan rumah sakit-rumah sakit di negara yang telah ditinggalkan sekitar 60% rakyatnya setelah kejatuhan negeri itu. Duane Zook dari GAiN telah diundang untuk memperingati kejadian tersebut di Belarusia. Ia mengatakan bahwa tujuan akhirnya bukan hanya untuk membantu secara fisik. "Apa yang kami lakukan adalah menjalin kerja sama yang erat dengan gereja di sana untuk membantu mereka membuka pintu kepada masyarakat di sana serta menyatakan kasih dan kebaikan Tuhan." Meski baru-baru ini telah terjadi perubahan politik, GAiN USA tetap terus bekerja di sana. "Tekanan terhadap gereja memang terjadi, namun dalam kunjungan saya yang terakhir, permintaan terus berdatangan -- untuk melanjutkan penempatan orang Amerika, melanjutkan pemberian bantuan -- dan melanjutkan pelayanan di negara itu." GAiN membutuhkan ahli kardiologi dan onkologi untuk membantu pelayanan outreach mereka.
[Sumber: Mission Network News, Mei 2006]

Pokok Doa:

  • Bersyukur atas perlindungan dan pemeliharaan Tuhan selama dua belas tahun kepada GAiN USA. Doakan agar mereka semakin bersukacita dan berhikmat dalam pelayanan yang mereka lakukan.

  • Doakan pula agar GAiN USA dapat menjalin kerjasama yang baik dan erat dengan gereja-gereja lokal di Rusia, juga agar kasih Allah dapat dinyatakan kepada mereka yang belum percaya.

e-JEMMi 20/2006



Pengamat Pemilu di Eropa menaruh perhatian atas proses pemungutan suara yang diadakan bulan ini di Belarusia ketika ada empat pengamat pemilu dan seorang kandidat presiden ditahan. Kejadian ini menutupi tindak penahanan terhadap Pendeta Georgi Viazovski karena melanggar UU yang baru. Wakil Russian Ministries, Sergey Rakhuba, mengatakan, "Peraturan ini menyebutkan bahwa Anda tak dapat mengadakan aktivitas keagamaan di luar gereja. Dalam hal ini jemaat gereja tak dapat menikmati fasilitas miliknya sendiri. Dan, karena mereka sangat menginginkan adanya pengajaran Alkitab dan penyembahan bersama, mereka mengadakan pertemuan di rumah pendeta, dan karena itu jugalah Pak Pendeta ditahan." Takut dengan meletusnya revolusi seperti di Ukraina, Presiden Lukashenko meloloskan aturan UU yang membatasi kebebasan, dan telah menyerang 72 organisasi non-pemerintah dengan tuduhan mata-mata. Rakhuba mengatakan bahwa hal ini berarti satu hal untuk Russian Ministries, "Ini berarti bahwa kami harus melatih orang-orang dengan lebih giat lagi. Kami harus tetap mendukung mereka, melatih generasi pemimpin gereja selanjutnya yang akan dengan berani melanjutkan penyebaran Injil."

Sumber:Mission Network News, March 2006

Pokok Doa:

  • Terus berdoa untuk saudara-saudara kita di Belarusia yang sampai saat ini masih terus mengalami gejolak yang menguji kesetiaan iman mereka pada Kristus. Berdoa agar mereka tetap berpegang teguh dalam Kristus dan terus berharap pada salib.

  • Generasi pemimpin gereja Belarusia selanjutnya juga butuh dukungan dari kita agar mereka dapat dengan berani melanjutkan penyebaran Injil.

e-JEMMi 11/2006