Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are heree-JEMMi No.23 Vol.16/2013 / Belide Di Indonesia

Belide Di Indonesia


Sejarah

Orang-orang Belide tinggal di Barat Daya Palembang, di sepanjang Sungai Musi. Salah satu dari kerajaan-kerajaan terbesar di sejarah wilayah itu, Kerajaan Buddha Sriwijaya, menjadi makmur dan berkembang di tepi Sungai Musi, di Sumatera Selatan selama ribuan tahun yang lalu. Kerajaan Sriwijaya adalah penguasa maritim utama yang mengendalikan selat-selat terdekat dari Malaka, yang merupakan jalan air utama antara Asia dan Eropa. Latar belakang sejarah wilayah ini kaya dan menarik. Kerajaan Sriwijaya melakukan perdagangan yang cukup ramai dan menguntungkan dengan China kuno selama era dinasti yang berkuasa, dan pada tahun 672, sarjana China, I Tsing, mencatat bahwa ribuan rahib dan para sarjana agama terlihat mempelajari Sanskerta di tempat yang sekarang adalah ibu kota Sumatera Selatan, yaitu Palembang. Namun, hanya ada sedikit sisa peninggalan dari era tersebut yang masih bertahan.

Seperti Apa Kehidupan Mereka?

Orang-orang Belide bukan nomad, sebaliknya mereka cenderung tinggal di wilayah yang sama seumur hidup mereka. Total kelompok orang-orang Belide terdiri atas kira-kira 20 desa. Rumah-rumah adat dibuat dari kayu dengan atap daun kelapa. Rumah-rumah dibangun di atas tiang-tiang dari bata atau kayu di atas permukaan tanah. Lebih dari setengah pria Belide bekerja sebagai penyadap pohon karet atau buruh-buruh di perkebunan nanas. Yang lain bekerja sebagai pedagang atau pegawai pemerintah. Masyarakat Belide secara khusus dipimpin oleh tiga orang. Seorang pemimpin politik dipilih dan dibayar oleh pemerintah, dan seorang kepala desa dipilih oleh masyarakat. Kepala desa tidak dibayar, tetapi menerima 10% pajak atas penjualan tanah di dalam desa tersebut. Namun, pemimpin ketiga, pemimpin agama, jelas memiliki pengaruh yang lebih besar daripada dua pemimpin yang lain. Konflik-konflik keluarga diselesaikan oleh kepala keluarga, dan seorang pemimpin kerohanian dapat menangani persoalan-persoalan tingkat desa. Hukuman untuk pelanggaran ringan ditangani oleh penduduk desa, tetapi kejahatan yang lebih serius dirujuk ke polisi.

Orang muda Belide dapat memilih pasangan mereka sendiri dengan persetujuan dari keluarga mereka. Jika ada seorang anggota keluarga yang tidak setuju, kepala desa diminta untuk memutuskan. Jika ia menyetujui, keluarga itu harus mengizinkan pernikahan yang diajukan. Calon mempelai pria harus membayar mas kawin. Mempelai wanita akan menggunakan uang itu untuk membeli kebutuhan-kebutuhan rumah tangga mereka. Pemimpin-pemimpin kerohanian ditanya untuk menentukan hari paling baik untuk pernikahan tersebut. Hal yang umum bagi orang-orang Belide bahwa pesta-pesta pernikahan berlangsung dua atau tiga hari. Laki-laki Belide menjalankan poligami, tetapi walaupun diperbolehkan, hal itu jarang terjadi.

Apa Keyakinan Mereka?


Kebiasaan dan adat telah diwariskan dari generasi ke generasi dan telah diharmonikan dengan hukum Islam. Meskipun orang-orang Belide adalah Muslim, banyak dari mereka masih percaya dengan takhayul dan roh-roh jahat. Misalnya, beberapa percaya bahwa bersiul di dalam rumah pada malam hari akan mengundang roh-roh jahat atau berjalan melingkar pada hari jadi seseorang akan membawa nasib sial untuk orang tersebut. Banyak tulisan ayat Alquran (Buku Suci Islam) di secarik kertas dan membawanya sebagai perlindungan terhadap si jahat. Seorang dukun (cenayang/tabib/okultis) sering kali dipanggil untuk menyembuhkan yang sakit dan mengusir roh-roh jahat.

Apa Kebutuhan Mereka?


Orang-orang Belide perlu bantuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pertanian mereka. Infrastruktur yang lebih baik di bidang pendidikan dan transportasi juga benar-benar dibutuhkan. (t/Anna)

Pokok Doa:

  1. Berdoalah kepada Tuhan Yesus agar Ia berkenan membuka hati orang-orang Belide kepada Injil.
  2. Mintalah kepada Tuhan supaya ada pekerja-pekerja misi yang mau pergi dan melayani Suku Belide.
  3. Doakanlah agar ada infrastuktur dalam bidang transportasi dan pendidikan yang memadai bagi masyarakat Belide.

Diterjemahkan dan diringkas dari:

Nama situs : JoshuaProject.net
Alamat URL : http://joshuaproject.net/people-profile.php
Judul asli artikel : Belide of Indonesia
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 15 November 2012